TUJUH CAWAN MURKA ALLAH – WAHYU 16

WAHYU 16

 

DARI HAL PENCURAHAN KE 7 BOKOR MURKA ALLAH

  1. PELAKSANAAN BOKOR MURKA ALLAH   I – V BERBICARA TENTANG PEHUKUMAN ANTIKRIS DAN KAWAN-KAWANNYA WAH. 16:1-11.
  2. PERSIAPAN PERANG HARMAGEDON DAN PERANG HARMAGEDON WAH. 16:12-21

 A. BEBERAPA PANDANGAN DAN PERSAMAAN 7 SANGKAKALA DAN 7 BOKOR MURKA ALLAH :

  7 SANGKAKALA   7 BOKOR MURKA ALLAH
1. SANGKAKALA I 1/3 BUMI TUMBUH-TUMBUHAN RUMPUT TERBAKAR WAH.8:7 1. BOKOR IV MANUSIA DIBUMI DIHANGUSKAN OLEH API WAH. 16:8-9
2. SANGKAKALA II  1/3 AIR LAUT JADI DARAH WAH. 8:8-9 2. BOKOR II  LAUT JADI DARAH WAH. 16:3
3. SANGKAKALA III  1/3  SUNGAI & MATA AIR JADI PAHIT WAH. 8:10-11 3. BOKOR III  SEGALA SUNGAI & MATA AIR JADI DARAH WAH. 16:4-7
4. SANGKAKALA IV 1/3 BENDA LANGIT DISIKSA WAH. 8:12-13 4. BOKOR V KERAJAAN ANTIKRIS DIGELAPKAN WAH. 16:10-11
5. SANGKAKALA V SIKSA MANUSIA YANG TIDAK BERMETERAI WAH. 9:1-12 5. BOKOR I SIKSA DAN PENYAKIT WAH. 16:2
6. SANGKAKALA VI 1/3 MANUSIA MATI PERANG DUNIA III WAH. 9:13-21 6. BOKOR VI PERSIAPAN PERANG HARMAGEDON WAH. 16:12-16
7. SANGKAKALA VII MULAI TH II ANTIKRIS SAMPAI AKHIR ANTIKRIS WAH. 11:15-19 7. BOKOR VII ANTIKRIS & KAWAN-KAWANNYA BERAKHIR WAH. 16:17-21

 

B. SUSUNAN PERBEDAAN ANTARA ALLAH DAN SETAN :

    ALLAH SETAN
1. KEALLAHAN BAPA – ANAK – ROH KUDUS MAT. 3:13-17 SETAN – ANTIKRIS – NABI PALSU WAH. 20:10
2. TANDA METERAI TANDA DIDAHI WAH. 7:3 TANDA DIDAHA & TANGAN 666 ANTIKRIS WAH. 13:16-17
3. TANDA AJAIB API DIATAS KEPALA KISAH 2:1-4 API DARI LANGIT WAH.13:13
4. JURU BICARA ROH SUCI YOH. 16:13 NABI PALSU WAH. 13:11-15
5. PENGANTEN GEREJA SEMPURNA WAH. 12:1-2 GEREJA PALSU / SUNDAL / PELACUR WAH. 17:1-3
6. BENDA SUCI CAWAN BERISI AIR ANGGUR MAT. 26::27-28 CAWAN EMAS YANG BERISI HARAM & NEJIS WAH. 17:4
7. TEMPAT TINGGAL YERUSALEM BARU WAH. 21:1-5 NERAKA WAH. 20:10, 14-15
8. KUASA BAPA MEMBERIKAN KUASA KEPADA KU [ TUHAN YESUS ] MAT. 28:18 NAGA / SETAN  BERI KUASA KEPADA ANAK TUNGGALNYA ANTIKRIS WAH. 13:2-3

 

C. PERSAMAAN ANTARA 7 BOKOR MURKA ALLAH DAN BALA-BALA YANG MENIMPA MESIR SAAT NABI MUSA DAN HARUN DITUGASKAN MENGELUARKAN UMAT ISRAEL DARI MESIR :

  A. PERISTIWA DI MESIR   B. PERISTIWA DIZAMAN ANTIKRIA
1. PENYAKIT PURU YANG BERPECAH-PECAH KEL. 9:10-11 1. PENYAKIT PEKUNG BUSUK SEKALI WAH. 16:2
2. AIR SUNGAI JADI DARAH KEL. 7:19-21 2. SEGALA SUNGAI & MATA AIR MENJADI DARAH WAH. 16:4
3. KERAJAAN MESIR MENJADI GELAP SAMA SEKALI KEL. 10:32 3. KERAJAAN ANTIKRIS MENJADI GELAP WAH. 16:10
4. HUJAN RAMBUN YANG AMAT BERAT KEL. 9:18-19 4. HUJAN BATU LEBAT MENIMPA MANUSIA WAH. 16:21

 

D. MASA BERLAKUNYA 7 SANGKAKALA DAN 7 BOKOR MURKA ALLAH :

  7 SANGKAKALA   7 BOKOR MURKA ALLAH
1. SANGKAKALA   I    3 HARI BERJALAN 1. BOKOR   I  7 HARI BERJALAN
2. SANGKAKALA   II   3 HARI BERJALAN 2. BOKOR   II 7 HARI BERJALAN
3. SANGKAKALA   III  3 HARI BERJALAN 3. BOKOR   III  7 HARI BERJALAN
4. SANGKAKALA   IV  3 HARI BERJALAN 4. BOKOR   IV   7 HARI BERJALAN
5. SANGKAKALA   V    150 HARI BERJALAN 5. BOKOR    V   7 HARI BERJALAN
6. SANGKAKALA   VI   198 HARI BERJALAN 6. BOKOR    VI  7 HARI BERJALAN
7. SANGKAKALA   VII  900 HARI BERJALAN 7. BOKOR    VII 7 HARI BERJLAN
  TOTAL                 =   1.260 HARI   TOTAL       =  49 HARI

 

PERHITUNGAN DARI 7 BOKOR MURKA ALLAH HARUS DITARI DARI MUKA KEBELAKANG LIHAT PETA KEGERAKAN BESAR.

1. Tahun pertama pada zaman antiKris.

Pada tahun pertama pemerintahan antiKris  Aku hajar merek dengan 6 sangkakala, termasuk gereja yang tertinggal. Pencurahan 6 sangkakala diminta oleh nabi Musa. Pada tahun pertama zaman antiKris  pada sangkakala ke 6 pecahlah perang dunia III yang telah diterangkan dalam Wah. 9. Perang ini adalah perang antar bangsa [ perang antara manusia & manusia ]. Sangkakala ke 7 berlaku mulai pada tahun kedua zaman antiKris sampai bertemu dengan ke 7 bokor murka Allah pada Wah 16. Adapun masa berlakunya sangkakala ke 7 ini berjalan selama 2 ½ tahun. Sangkakala ke 7 ini diminta oleh nabi Musa dan akan bertemu dengan bokor murka Allah yang ke 7 yang diminta oleh nabi Ku Elia. Setelah peniupan yang pertama dari sangkakala ke 7 ini, maka mulailah masa jayanya aniKris yang telah diterangkan dalam Wah. 13. Pada tahun yang II dan III pada zaman antiKris ini terjadilah pertarungan yang hebat antara nabi Musa & Elia dengan antiKris dan nabi-nabi palsu dimana telah diterangkan dalam Wah. 11.

2. Tahun II & III zaman antiKris.

Pada tahun II & III ini, adalah masa jayanya antiKris dan membawa kuasa mutlak dikeempat penjuru alam. Pada masa ini adalah pertarungan yang luar biasa antara nabi Musa dan Elia melawan nabi-nabi palsu, untuk memenangkan orang pada zaman antiKris. Pertarungan ini akan dimenangkan oleh nabi Musa dan Elia, sehingga sebagian dari penduduk yang dikuasai antiKris dari keempat penjuru alam akan bertobat dan mengikuti nabi Musa dan Elia. Itu sebabnya dikatakan dalam Wah. 18:4 sbb :

Lalu aku dengar suatu suara yang lain pula dari langit berkata, keluarlah dari padanya, hai kaumku, supaya jangan kamu terbabit didalam segala dosanya, dan jangan kamu sama kena segala balanya.

Mereka inilah kelak yang akan menjadi penduduk 1000 Th masa damai, ini akan dijelaskan dalam Wah. 17  &  18.

3. Tahun yang  IV.

Setengah tahun terakhir ini adalah masa suamnya antiKris, sedang menuju kehancuran total, dimana Aku mencurahkan ke 7 bokor murka Allah dan mereka akan hancur sama sekali. Pada setengah tahun keempat inilah pecahnya perang Harmagedon, yaitu perang antara Aku dengan manusia antiKris yang akan ditemui didalam Wah. 16. Adapun kotanya antiKris yaitu di Yerusalem sekarang ini, seperti telah diungkapkan dalam Wah. 11:2.

AntiKris akan menguasai :

  1. Memerintah seluruh dunia yang digambarkan dalam kitab Daniel, pohon yang meliputi seluruh muka bumi. AntiKris adalah penjajah yang terbesar didunia yang telah diterangkan dalam Wah. 13. [ POLITIK ].
  2. Menguasai gereja sundal / pelacur, karena ini merupakan alatnya yang terbesar dan merupakan istrinya antiKris [ permaisuri antiKris ]. [ AGAMA ].
  3. Menguasai perdagangan seluruh dunia, sebab itu antiKris menjadi sangat kaya. [ EKONOMI ].

Adapun kotanya gereja sundal berpusat di Repoblik Itali, yaitu tempatnya kaisar Domitian yang telah mengasingkan rasul Ku Yohanes kepulau Patmos. Karena gereja sundal ini adalah permaisurinya antiKris maka gereja sundak ini mempunyai dua kekuasaan besar :

  1. Menguasai raja-raja dibumi atas bantuan antiKris, karena kamu ketahui bahwa, gereja sundal dan antiKris dibayangkan dengan Izebel dan raja Ahab.
  2. Menguasai gereja-gereja yang tertinggal dari keempat penjuru alam. Sebab itu dia disebutkan babel besar, ibu segala sundal yang akan diterangkan dalam Wah. 17 & 18.

KETERANGAN TENTANG WAHYU 16 :

I. PELAKSANAAN BOKOR MURKA ALLAH I – V, PEHUKUMAN TOTAL ANTIKRIS DAN KAWAN-KAWANNYA WAH. 16:1-11.

Wah. 16:1 : Maka Aku dengar pula suatu suara besar dari dalam rumah Allah itu berkata kepada ke 7 malaekat itu : Pergilah kamu dan curahkan ke 7 bokor murka Allah itu kebumi.

Maka kedengaranlah suatu suara besar dan yang memerintahkan itu adalah malaekat Michael atas perintah Ku juga. Perintah itu dimana ke 7 malaekat itu diperintahkan untuk mencurahkan ke 7 bokor murka Allah itu berturut-turut dicurahkan kemuka bumi dengan selang waktu 7 hari setiap bokor, jadi 7 bokor dicurahkan selama 49 hari lamanya.

Pada saat bokor ke 7 dicurahkan bertemu dengan sangkakala ke 7, disinilah kekuasaan antiKris dan kawan-kawannya diakhiri melalui perang Harmagedon Wah. 16:17-21; Wah. 19:17-21. Perhatikan bahwa ke 7 sangkakala itu dicurahkan tidak teratur, tetapi pencurahan  7 bokor murka Allah teratur. 7 berbicara tentang angka sempurna, berarti pencurahan ke 7 bokor murka Allah adalah pehukuman sempurna, pehukuman tanpa ampun bagaikan pehukuman Sodom dan Gomora dalam Kej. 19.

Wah. 16:2 : Maka malaekat yang I itupun pergilah, lalu mencurahkan bokornya kebumi; maka ia itu menjadi suatu penyakit pekung yang busuk dan bisa keatas segala orang yang ada bertanda binatang itu dan menyembah patungnya itu.

Bokor yang pertama adalah penyakit pekung yang busuk menimpa seluruh umat manusia pada keempat penjuru alam yang memakai tanda 666, lamanya 7 hari. hal ini mempunyai persamaan dengan kejadian di Mesir tatkala Aku mengeluarkan umat Israel dari Mesir. Tapi di Mesir bukan penyakit pekung melainkan penyakit puru yang hampir sama dengan penyakit pekung, semacam penyakit cacar yang besar-besar dan berair. Tapi pada zaman antiKris penyakit pekung ini luar biasa yaitu penyakit yang tergolong kanker berat [ kanker ganas ]. Dan bala ini melanda seluruh umat manusia yang bertanda 666, bagi mereka yang tidak bertanda 666 ini, tidak akan ditimpa dengan penyakit ini perhatikan Wah. 18:4; Maz. 91. Berusahalah kamu supaya terhindar dari pada bala-bala ini, karena orang yang terkena bala-bala ini adalah orang yang akan binasa selama-lamanya. Karena tatkala ke 7 bokor murka Allah dicurahkan, benar-benar pintu kemurahan Ku sudah tertutup.

Wah. 16:3 : Maka malaekat yang kedua itupun mencurahkan bokornya kedalam laut; maka laut itupun berubahlah menjadi darah, seperti darah orang mati, dan segala yang hidup bernyawa sudah mati, yaitu segala yang ada dilaut.

Apabila bokor yang kedua itu dicurahkan maka terjadilah hal-hal sebagai berikut :

  1. Laut menjadi darah, dan darahnya seperti darah orang mati yang berbau busuk. Bau yang tidak dapat tertahan.
  2. Segala yang hidup dalam laut itu mati akibat dari pada air laut itu menjadi darah. Hal ini tidak ada tafsiran atau ungkapan yang lain, karena hal ini memang terjadi sebagaimana yang ditulis. Darah ini berobah menjadi racun, sebab itu segala mahluk dalam laut menjadi mati. Bala ini berlaku hari ke 8 sampai hari ke 14.

Wah. 16:4 : Maka malaikat yang ketiga itupun mencurahkan bokornya kedalam sungai dan segala mata air, maka sekalian itupun berubahlah menjadi darah.

Adapun bala yang ketiga, apabila ia dicurahkan kedalam sungai dan mata air, maka segala sungai dan mata air berobah menjadi darah. Hal ini mempunyai hubungan dengan apa yang terjadi di Mesir dalam Kel. 7:19-21. Hal ini terjadi seperti apa yang tertulis tidak ada tafsiran yang lain.  Bokor murka Allah ini berlaku pada hari ke 15 sampai hari ke 21. Hal ini terjadi seperti apa yang ditulis.

 

Wah. 16:5-7 : Lalu aku dengar malaekat segala air itu mengatakan : Adillah Engkau, yang ada, dan yang sudah sedia ada, dan yang kudus, oleh sebab Engkau sudah menjatuhkan hukum yang demikian, karena orang-orang itu sudah menumpahkan darah orang-orang suci dan nabi-nabi, dan Engkau telah memberi mereka itu minum darah. Hal .persembahan itu, mengatakan : Bahkan ya Allah Tuhan yang mahakuasa, adil dan benarlah segala hukum Mu itu.

Malaekat segala air itupun berseru dengan nyaring dan mengatakan, adilah Engkau yang ada dan yang sudah sedia ada dan yang kudus karena Engkau sudah menjatuhkan hukum yang demikian. Hal ini berarti bahwa ke 7 bokor murka Allah memang dari Aku asalnya karena keluarnya dari rumah Allah. Pencurahan ke 7 bokor murka Allah ini adalah berpadan dengan perbuatan mereka, karena mereka telah membunuh orang-orang suci dan nabi-nabi yang kudus. Kepada mereka ini berlaku : Firman Ku, barang siapa memakai pedang ia juga akan dimakan pedang Mat. 26:52.

Pehukuman ini luar biasa, karena merekitua itu diharuskan minum darah, dan darah ini seperti darah orang mati, karena laut dan segala mata air sudah menjadi darah sehingga antiKris dan kawan-kawannya yang bertanda 666 terpaksa harus minum darah ini untuk melanjutkan kehidupan mereka. Hal ini terjadi sebagaimana tertulis.

Wah. 16:8-9 : Maka malaekat yang ke 4 itupun mencurahkan bokornya keatas matahari, lalu matahari itu beroleh kuasa menghanguskan segala manusia dengan api; maka segala manusia itupun hanguslah dengan hangat yang amat sangat, lalu mereka itu menghujat nama Allah yang berkuasa atas segala bala itu; tiada pula mereka itu bertobat sehingga memberi hormat kepadaNya.

Apabila bokor murka Allah yang ke 4 itu dicurahkan atas matahari lalu matahari itu beroleh kuasa menghanguskan segala manusia dengan api dan berlaku pada hari yang ke 22 sampai ke 28. Ini mempunyai persamaan dengan pencurahan sangkakala ke 4 dalam Wah. 8:12-13 tapi tidak sehebat dengan pencurahan bokor murka Allah yang ke jadi keras.4 ini. Manusia pada saat itu meskipun mereka sudah dikuasai dan dijiwai oleh antiKris. Dan meskipun dibakar dengan api tapi mereka tidak mengalami kematian. Hal ini terjadi sebagaimana tertulis.

Wah. 16:10-11 : Maka malaekat yang ke 5 itupun mencurahkan bokornya keatas tahta binatang itu, maka kerajaannya itupun gelaplah, lalu mereka itu menggigit-gigit lidahnya masing-masing  sebab sakit, serta menghujat Allah yang disorga sebab sakitnya dan pekungnya itu; maka tiada juga mereka itu bertobat dari pada perbuatannya itu.

Tatkala malaekat yang ke 5 mencurahkan bokor murka Allah yang ke 5 itu, yang dicurahkan selama 7 hari yaitu mulai hari yang ke 29 sampai hari yang ke 35, yang ditujukan keatas tahta dari pada antiKris itu dan kerajaannya, maka gelaplah seluruh kerajaannya lalu mereka itu menggigit-gigit lidahnya sebab sakit, sambil mereka meraba-raba karena kegelapan. Sambil mereka itu menghojat  nama Allah yang disorga sebab sakitnya dan pekungnya itu, tiada juga mereka itu bertobat dari pada perbuatan mereka itu, berarti mereka menantang Aku. Hal ini mempunyai persamaan dengan apa yang terjadi di Mesir, pada saat umat Ku dipersiapkan keluar dari Mesir kel. 10:32. Peristiwa ini terjadi sebagaimana yang tertulis.

PERSIAPAN PERANG HARMAGEDON DAN

 KEDATANGAN KU PADA KALI YANG KEDUA WAH. 16:12-21

 

Wah. 16:12 : Maka malaekat yang ke 6 itupun mencurahkan bokornya kedalam sungai yang besar, yaitu sungai ferat, maka airnyapun keringlah, supaya sedia jalan bagi raja-raja yang dari sebelah matahari hidup itu.

Bokor murka Allah yang ke 6 ini berlaku selama 7 hari yaitu hari yang ke 36 sampai hari yang ke 42 . adapun bokor murka Allah yang ke 6 ada hubungan dengan ayat 13-15. Bokor murka Allah yang ke 6 adalah persiapan kedatangan Ku kali yang kedua yaitu pada perang Harmagedon [ perang antara Allah dan manusia ]. Pada saat bokor murka ke 6 dicurahkan maka keringlah sungai ferat. Apa sebab dikeringkan ? Karena :

  1. Sungai Ferat itu dipakai jadi lalu lintas perdagangan yang ramai pada zaman antiKris.
  2. Bahwa raja-raja dibumi dan segala tentaranya akan berkumpul disekitar tempat ini untuk melawan Aku pada perang Harmagedon. Sebab itu sungai ferat itu Aku keringkan sehingga raja-raja dan tentaranya yang berkumpul melawan Aku akan kehausan. Dengan keringnya sungai ferat ini karena kehausannya, mereka akan berbunuh-bunuhan satu sama lain untuk minum darah sesama manusia untuk mempertahankan hidup karena air tidak ada lagi.

Yang dimaksud dengan raja-raja sebelah matahari hidup itu adalah Aku dan pengiring-pengring Ku yaitu Aku, 144.000 dan malaekat-malaekat setia disorga, yang turun berperang melawan antiKris dan pengikutnya. Hal ini mempunyai hubungan dengan Wah. 14:14-19; 19:11-14; 11:15-19.

Raja-raja dari sebelah matahari hidup itu bukanlah raja-raja dari timur atau negara-negara dari Asia. Hal ini berbicara Aku dan pengiring-pengiring Ku, karena Akulah matahari hidup atau matahari kebenaran Malc. 4:2; Maz. 84:12. Jadi sekali lagi Aku tegaskan bahwa Raja-raja dari matahari hidup itu bukanlah raja-raja dari negara sebelah Timur [ Asia ] akan tetapi adalah Aku sendiri dan pengiring-pengiring Ku.

Wah. 16:13-14 : Maka aku tampak keluar dari mulut naga dan dari mulut binatang dan dari mulut nabi-nabi palsu itu, 3 roh yang najis, serupa katak, karena ke 3 nya itu roh setan-setan yang mengadakan beberapa ajaib, yang pergi mendapatkan segala raja-raja seluruh dunia hendak menghimpunkan mereka itu melawan pada hari yang besar itu yaitu hari Allah yang mahakuasa.

Pada pencurahan bokor murka Allah yang ke 6 itu maka rasul Ku Yohanes nampak ke 3 roh najis keluar dari ke 3 oknum setan yaitu mulut naga = setan, mulut binatang  = antiKris, mulut nabi palsu = nabi palsu. Ke roh najis ini mempengaruhi tubuh jiwa dan roh dari mereka yang hidup dizaman antiKris ini. Sebab itu tidak ada kerinduan bagi mereka untuk bertobat meskipun mereka telah mengalami sengsara yang hebat akibat pencurahan bokor-bokor murka Allah tersebut diatas. Hal ini serupa dengan bala yang ke 2 di Mesir dalam Kel. 8:1-15. Pada waktu bala itu terjadi di Mesir baik istana raja maupun pegawainya diserbu Katak-Katak yang membayangi zaman antiKris. Katak adalah satu binatang yang najis dan suka bersembunyi ditempat yang gelap, dan hidup dalam dua alam. Sebab itu Katak ini digambarkan dalam Wah. 16:13 sebagai roh najis. Hal ini berlawanan dengan burung Merpati yang menjadi simbol dari pada Roh Ku Mat. 3:15-17.

Dalam Wah. 5:6 sudah diungkapkan dimana berbicara tentang ke 7 Roh yang dikirim keluar keatas bumi memanggil dan mengumpulkan orang-orang menjadi satu tubuh bagi Aku. Perhatikan Ams. 9:1-6 dan Yes. 11:2; 4:4. Amsal 9:1-6 hikmat disini adalah berbicara Aku sendiri 1Kor. 1:21-24. Amsal 9:3 dayang-dayang berbicara gereja yang bukan penganten.

Demikian juga setan sebagai musuh Ku meniru cara ini juga, dan pegi mendapatkan raja-raja diseluruh bumi untuk dikumpulkan dalam perang Harmagedon melawan Aku. Perhatikan Wah. 16:16. Roh-roh jahat yang serupa katak ini akan memimpin manusia yang tidak bertobat untuk menghojat Aku, dan menyesatkan disertai dengan tanda-tanda mujizat palsu. Apalagi pada akhir zaman ini hendaklah kamu waspada ! Karena roh-roh katak sedang bekerja dike 4 penjuru alam dan mempengaruhi pemerintah-pemerintah dunia. Sebab itu dikatakan dalam Firman Ku jika tidak disingkatkan masanya tiada seorangpun selamat Mat. 24:22.

Ingat ! dimana Roh Ku sedang aktif menyempurnakan gereja penganten demikian sebaliknya setan juga merusak tubuh penganten. Kalau gereja penganten akan bersalut dengan Tri Tunggal Allah Wah. 12:1-2 maka tubuh antiKris itu [ gereja sundal / pelacur ] akan bersekutu dengan 3 roh najis dalam Wah. 16:13. Adapun ke 3 roh-roh setan yang mengadakan mujizat-mujizat palsu, hal ini telah diterangkan dalam Wah. 13. Sebab itu raja-raja dibumi terpengaruh oleh naga. Karena waktu itu hanya dua saksi saja yang bernubuat dike 4 penjuru alam Wah. 11:3-4 yaitu nabi Musa dan nabi Elia. Tidak seperti sekarang ini, dimana-mana ada penginjilan sedangkan penginjilan kedua nabi itu hanya dilihat melalui Televisi karena mereka hanya berada di Palestina.

Wah. 16:15 : Ingatlah oleh Mu, Aku datang seperti seorang pencuri; maka berbahagialah orang yang berjaga-jaga sambil memeliharakan pakaiannya, supaya jangan ia berjalan bertelanjang dan orang nampak kemaluannya.

Ini ditujukan kepada mereka yang hidup pada zaman antiKris, yang bertobat pada pekabaran Musa dan Elia yang telah dijelaskan dalam Wah. 11 yang mempunyai hubungan dengan Wah. 18:4. Karena sebelum pencurahan ke 7 bokor murka Allah, maka mereka itu yang bertobat pada pekabaran Musa dan Elia akan dipisahkan [ dilindungi ] sehingga berlaku Maz. 91 tatkala bokor murka Allah dicurahkan. Maka yang bertobat pada zaman antiKris pada saat pekabaran Musa dan Elia sebenarnya mereka hendak dibinasakan oleh antiKris, akan tetapi sebaliknya gereja palsulah yang dibinasakan oleh antiKris. Perhatikan Wah. 17:16-17. Hal ini akan diterangkan dalam Wah. 17. Mereka yang bertobat pada zaman antikris akan dipelihara pada pencurahan 7 bokor murka Allah, karena mereka dipersiapkan menjadi penduduk 1000 Th Masa damai. Hal ini akan diterangkan dalam Wah. 20. Sebab itu dalam Wah. 18:4 malaekat Jibrael berseru pada kaum ini supaya mereka ini keluar, supaya jangan terbabit lagi dalam gereja palsu yang dipimpin oleh antiKris.

Dalam pencurahan ke 7 bokor murka Allah itu sebenarnya gereja palsu itu sudah menyadari akan keadaannya akan tetapi diketahui oleh antiKris kemudian antiKris menghancurkannya.

Aku datang seperti pencuri terbagi atas 3 bagian :

  1. Maut yang menyambar hidup seseorang pada waktu tidak diketahuinya 1Sam. 20:3b. Tapi bagi gereja Ku yang bersekutu dengan Aku seringkali kematian itu telah diperingatkan kepadanya. Contoh rasul Paulus 2Tim. 4:6-8.
  2. Keangkatan gereja penganten pada saat yang tidak disangka-sangka Mat. 24:26-31. Tetapi memperhatikan pelajaran Wah. 5 dan rahasia Daniel 9:23-27 hari keangkatan gereja Ku telah ditetapkan. Dan itu hanya dapat dimengerti oleh gereja penganten, karena dia adalah kekasih Ku.
  3. Kedatangan Ku yang kedua kali mengakhiri antiKris dalam perang Harmagedon. Dengan pembukaan rahasia ini bagi gereja Ku ini bukan merupakan suatu rahasia lagi perhatikan Wah. 19:11-21.

Wah. 16:16 : Maka roh-roh setan itupun menghimpunkan segala raja-raja itu berhimpun ketempat yang disebutkan dengan bahasa Ibrani Harmagedon.

Ini masih berlaku pada pencurahan bokor murka Allah yang ke 6. Setelah bokor murka Allah yang ke 6 itu dicurahkan maka segala raja-raja dibumi berhimpun ditempat yang disebutkan dalam bahasa Ibrani Harmagedon yaitu disuatu tempat di Palestina dilembah Megido. Nama dari Harmagedon berasal dari nama gunung Megido. Menurut bahasa Ibrani Harma = Gunung. Perang Harmagedon ini mempunyai hubungan dengan Wah. 14:17-20. Lembah Megido adalah pusat perkumpulan raja-raja yang dimaksud dalam ayat 16 ini. Karena gereja pengantenpun yang disingkirkan berada diatas lembah Megido, diawan-awan yang permai. Hal ini telah dijelaskan dalam Wah. 12.

Dalam Wah. 16:12 bahwa sungai Ferat itu termasuk pada tanah perjanjian perhatikan Kel. 23:31; Yusak 1:3-5 hubungkan dengan Zac. 8:7-8; zac. 12; Luk. 21:29-30. Sebab itu dikatakan keringlah sungai Ferat itu karena segala raja-raja dibumi akan ketanah perjanjian. Dan pusat komandonya itu berada dilembah Megido. Jadi Harmagedon adalah mempunyai arti sebagai berikut :

Harma = Gunung ; Gedon = Membunuh / Membinasakan. Dalam Alkitab mulai dari Kejadian sampai Wahyu nama yang mempunyai hubungan dengan nama Harmagedon ini disebutkan 12 kali. Mula-mula Megido adalah suatu tempat dipadang Yizriel dimana Debora dan Barak pernah mendapat kemenangan. Juga raja Yosia sudah kena bunuh dan mengalami kekalahan total dilembah Megido ini karena harap pada kekuatannya sendiri 2Taw. 35:19-24.

Jadi lembah Megido ini ditanah Palestina ini akan terjadi peperangan antara antiKris dan kawan-kawannya yang bersekutu dengan raja-raja dibumi melawan Aku bersama 144.000 dan malaekat-malaekat disorga. Perhatikan ! bahwa gereja penganten yang disingkirkan diatas awan-awan diatas lembah Megido tidak turut serta. Karena peperangan ini terjadi sebelum kebangkitan yang pertama. Sebab itu perhatikan Wah. 19:11-21. Ada pengertian yang salah dari hamba-hamba Ku tentang Wah. 17:14 bahwa mereka menyangka bahwa orang yang dipanggil dan yang terpilih dan yang setia itu adalah anak-anak Ku yang Aku tebus dibumi / gereja penganten. Hal ini akan dijelaskan dalam Wah. 17 tersebut. Mereka itu bukan gereja penganten akan tetapi 144.000 dan malaekat-malaekat yang setia dikerajaan sorga. Sebab itu mengertilah Wah. 19:11-21. Adapun peperangan ini akan berakhir dengan kemusnahan total dari antiKris dan kawan-kawannya, dan kemenangan total dipihak Aku dan pengiring-pengiring Ku. Karena begitu hebatnya peperangan ini maka nabi Ku Zacaria menulis dalam Zac. 12:11 akan ada ratap besar. Peperangan ini adalah perang antara Allah dan manusia yang dipimpin oleh naga, antiKris dan nabi-nabi palsu. Peperangan ini terjadi diluar Yerusalem baru itulah yang dimaksud dalam Wah. 14:17-20. Dan didalam ayat 20 yang disebutkan buah anggur itu diirik orang diluar negeri ini menunjuk diluar Yerusalem. Dalam 2Taw. 20:15 adalah berbicara tentang peperangan yang diadakan oleh raja Yosafat dilembah Megido ini. Raja Yosafat menang karena sebenarnya yang berperang adalah Aku sendiri sehingga Yosafat menang. Hal ini adalah bayangan peperangan Harmagedon dimana antiKris dan kawan-kawan dengan memakai segala kelengkapan perang yang sangat modern hasil ciptaan dizaman antiKris dan sebelum zaman antiKris dipakai melawan Aku dan pengiring-pengiring Ku. Tapi dilembah Megido inilah antiKris dan pengikutnya akan diirik seperti mengirik buah anggur. Perhatikan Firman Ku dalam Yoel 3:9-21; Wah. 14:17-20. Pada waktu perang Harmagedon Aku turun dari sorga dari sebelah Timur yaitu dari Matahari kebenaran atau Matahari hidup itu, dan diatas bukit Zaitun kaki Ku akan berpijak maka terbelahlah bukit Zaitun itu menjadi dua Zac. 14:4. Jadi terjadilah gempa bumi yang besar tatkala kaki Ku akan berpijak pada bukit Zatun. Dalam lembah Megido ini raja Israel Yosia mengalami kekalahan karena harap pada kekuatannya sendiri. Hal ini adalah bayangan dari pada :

  • Bangsa Israel yang binasa pada saat perang Harmagedon karena terpengaruh oleh antiKris perhatikan keterangan dalam Wah. 13 tentang pengaruh antiKris terhadap orang Israel.
  • Segala bangsa yang terpengaruh oleh antiKris dan meawan Aku dalam perang Harmagedon ini, mereka akan mengalami kekalahan total seperti raja Yosia .

Dilembah Megido karena darah akan mengalir kelaut melalui darat sejauh 1600 setadi kira-kira 187 mil panjangnya, yang berbicara jarak tanah Palestina dan Birsyeba dari utara keselatan.

1600 = 4 x 400 atau 4 x 10 x 40.

4 = 4 penjuru alam 10 angka Torat / Pehukuman

40 = angka tamatnya daging.

Ini menunjuk kepada segala daging yang dimaksudkan manusia, semuanya dimusnakan pada perang semesta alam / perang Harmagedon. Dalam Yoel 2:16 dimana umat Ku itu terpelihara. Ini berbicara dalam perang Harmagedon mereka yang bertobat kepada Ku terpelihara dan mereka akan masuk dalam Kerajaan 1000 Th Masa Damai. Perhatikan ! Wah. 18:4 sekali lagi Yosia yang kalah adalah gambaran dari pada umat Israel yang tidak bertobat yang maju dan terlibat dalam perang Harmagedon. Umat Israel ini sebagian akan terpengaruh pada zaman antiKris karena kejayaannya. Pada bokor yang ke 6 inilah persiapan dari pada perang Harmagedon dan nabi Musa dan nabi Elia akan diserang oleh binatang yang keluar dari lubang Wah. 11:7. Karena sesudahnya Bokor Murka Allah ke 7 atas permintaan dari nabi Elia bertemu dengan sangkakala ke 7 yang diminta oleh Musa maka kedua nabi Ku ini diserang dan dibunuh oleh binatang yang buas yang berbicara tentang antiKris dan bersamaan  pula dengan antiKris menghancurkan gereja palsu yang disebut Babel Agama. Hal ini akan ditemui dalam Wah. 17 & 18.

Wah. 16:17-21 : Maka malaekat yang ke 7 itupun mencurahkan bokornya keatas udara, lalu kedengaranlah suatu suara besar dari dalam Rumah Allah, dari pada Arasy itu, berkata : Semuanya sudah genap.

maka sabung menyabunglah kilat, dan kedengaranlah beberapa suara dan guruh, dan gempa bumipun jadilah teramat sangat, seperti yang tiada pernah jadi semenjak manusia ada dibumi ini, yaitu gempa bumi yang sedemikian dan yang sebesar itu.

Maka negeri yang besar itupun pecahlah belah tiga dan segala negeri orang kafir itupun robohlah, dan negeri babel yang besar itu tiada  dilupakan dihadirata Allah, sehingga dia diberi cawan air anggur, yaitu murkanya yang hangat itu.

Segala pulaupun lenyaplah, dan gunung-gunungpun tiada terjumpa lagi

Maka turunlah hujan batu lebat menimpa manusia, berat ketulnya lebih kurang setalenta, maka manusia itupun menghujat Allah dari sebab bala hujan batu itu, karena tersangatlah besar bala itu.

Tatkala bokor murka Allah yang ke 7 itu dicurahkan maka kedengaranlah suara dari Rumah Allah mengatakan semuanya sudah genap. Bahwa sangkakala ke 7 dan bokor murka Allah ke 7 itu bertemu maka robohlah segala negeri orang kafir beserta Babil yang besar yang disebutkan Babil Politik.

Pada bokor murka Allah yang ke 7 ini terjadilah hal-hal sebagai berikut :

  1. Tatkala bokor yang ke 7 itu dicurahkan dan bertemu dengan sangkakala ke 7 maka binatang buas yang keluar dari lubang itu Wah. 11:7 menyerang kedua saksi Ku yang bernubuat 3 ½ Th lamanya dan keduanyapun matilah. Bokor murka Allah yang ke 7 berjalan 7 hari yaitu hari ke 43 sampai hari ke 49.
  2. Tapi kemudian tengah 4 hari,  kedua mayat nabi itupun bangkit lalu naik kesorga. Setelah keduanya sampai kesorga maka Aku dilantik menjadi Raja diatas segala raja yang rahasianya telah diungkapkan dalam Wah. 10 dan Wah. 11:15-19. Kemudian sesudahnya Aku dilantik menjadi Raja diatas segala raja Aku turun mengakhiri antiKris dan kawan-kawannya.

Aku datang dari sebelah Timur yaitu dari Matahari kebenaran  beserta segala pengring yaitu 144.000 dan malaekat-malaekat yang setia dan pada waktu kaki Ku berpijak diatas Bukit Zaitun terjadilah gempa bumi besar yang menimpa manusia yang telah mengikuti antiKris itu.

Yang terjadi pada waktu kedatangan Ku kali yang kedua ialah :

  1. Hancurnya segala negeri kafir.
  2. Hancurnya Babil Politik tempat kedudukannya antiKris.
  3. Segala pulaupun lenyaplah dan segala gunung tidak terjumpa lagi.

Keadaan bumi berobah tetapi bola bumi tetap seperti sediakala. Terjadilah hujan batu yang hebat menimpa manusia yang beratnya 1 Talenta [ kira-kira 46 kg ] beratnya. Bokor murka Allah yang ke 7 ini yang bertemu dengan sangkakala yang ke 7 mengakhiri zaman antiKris yang kejam itu yang memerintah 3 ½ Th. Setelah Aku turun dan menangkap nabi palsu dan binatang itu dan mencampakkan kedalam api neraka yang kekal selama-lamanya Wah. 19:20 dan iblispun tertangkap Aku buang dalam lubang yang tidak terduga dalamnya dan merantainya 1000 Th lamanya. Perhatikan Wah. 20:1-3.

Untuk kebinasaan Babil Agama dan Babil Politik ikutilah penjelasan dalam Wah. 17 & 18 dimana akan diterangkan dengan jelas.

CATATAN : AKU DISINI BERBICARA TENTANG TUHAN YESUS KRISTUS.

About these ads

2 responses to this post.

  1. syalom…trimaksi Tuhan Atas Pengajaran yang langsung dari-Mu…bisa masukkan pelajaran ikan goreng sepotong pak…dari GESBA EFRATA TARAKAN.

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: