Kidung Agung

KITAB KIDUNG AGUNG


PENDAHULUAN

Kitab Kidung Agung adalah kitab syair yg ditulis oleh raja Solaiman. Semasa hidupnya raja Solaiman telah menulis 3000 misal dan 1005 syair 1 Raja 4:32. Syair ini biasanya dinyanyikan pada hari yg ke 8 sesudah hari raya Paskah. Pokok cerita yg terjadi dalam kitab Kidung Agung ini adalah berkisar antara Raja Solaiman dengan orang gadis dari Sunem yg bernama Sulamit. Gadis ini adalah yg tercantik diseluruh Palestina pada waktu itu. Untuk mengerti selanjutnya tentang gadis ini, perhatikan 1 Raja 1:3-4. Dia adalah seorang gadis yg elok, yg diberikan kepada ayahnya Daud, tatkala sakit keras, dan setelah raja Daud meninggal dunia, maka terjadilah perebutan kekuasaan, dimana Adonia anak Hajit yg hendak merebut kedudukan Solaiman yg dilantik menggantikan ayahnya Daud, tetapi dicegah oleh pengikut raja Daud.

Sulamit yg pada waktu itu sudah berada dalam istana, akibat dari keributan perebutan kekuasaan, segera meninggalkan istana dan pulang ke Sunem. Kemudian raja Soleman sesudah menggantikan ayahnya Daud dan pada masa pemerintahannya ia banyak mengusahakan kebun anggur. Salah satu kebun anggur yg terkenal dan yg membawa banyak hasil kepada raja Solaiman, terletak 50 mil dari kota Yerusalem. Kebun anggur itu letaknya di Baal Hamon Kid.Ag. 8:11. Kebun anggur ini disewakan kepada satu keluarga yg sangat miskin, dalam 200 keping perak dalam setahun. Adapun keluarga yg menunggui kebun anggur Solaiman adalah keluarga yg sudah kehilangan kepala rumah tangga. Keluarga itu terdiri dari seorang Ibu dengan 2 anak laki-laki Kid.Ag.1:6 dan 2 anak perempuan Kid.Ag.8:8 ini berbicara tentang adik perempuan dari Sulamit yg belum dewasa. Keluarga ini sangat kejam terhadap Sulamit, sehingga Sulamit dijadikan penunggu kebun anggur raja Solaiman. Disamping menjaga kebun anggur, ia juga menjaga kawan binatang sebagai gembala Kid.Ag.1:8, dimana dikatakan kakak laki-laki dari sulamit tidak berbelaskasihan kepada Sulamit, selalu mereka marah kepadanya dan disuruh pula menjaga kebun anggur. Waktu menjaga kebun anggur inilah ia banyak ditimpa terik matahari, sehingga mukanya nampak kehitam-hitaman. Adapun kebun anggur raja Solaiman, subur tetapi banyak Ruba-Ruba yg selalu berusaha merusakkan kebun anggur, sebab itu Sulamit sangat kewalahan dalam menunggui kebun anggur raja Solaiman, sebab ia juga gembala kambing domba. Kitab Kidung Agung ini adalah kitab yg sangat romantis dinatara segala kitab dalam Alkitab. Dalam Alkitab kita jumpai beberapa kitab Roman yaitu :

1. Kitab Kidung Agung menceritakan hubungan cinta antara raja Solaiman dengan Sulamit.

2. Kitab Rut menceritakan hubungan cinta antara Boas dan Rut

3. Kitab Ester menceritakan hubungan cinta antara raja Ahasyweros dan Ester.

Tetapi dari dari ke 3 ini yg paling hebat adalah kitab Kidung Agung. Dalam kitab Kidung Agung ini menceritakan hubungan percintaan yg sangat mesrah antara raja Solaiman dan Sulamit gadis desa itu. Adapun raja Solaiman adalah seorang laki-laki yg tampan, seperti Absalom, sebab raja Solaiman ini dilahirkan bagi raja Daud dari istrinya yg sangat cantik yakni Batsyeba 2 Sam.14:25. Kitab Kid.Ag ini letaknya kurang sedikit dari pertengahan susunan Alkitab, terletak pada kitab yg ke 22. Kalau dibandingkan dengan tubuh manusia, tepat mengenai jantung. Kepala tubuh manusia berbicara kitab Kejadian sedangkan kaki berbicara kitab Wahyu. Itu sebabnya kitab Kid.Ag. kena pada jantung. Dari semua kitab dari Alkitab yg jumlahnya 66 kitab, maka kitab Kid.Ag. yg tersulit pengertian rohaninya, yg penuh dengan rahasia yg masih tertudung, tetapi karena sudah masanya maka Aku ungkapkan rahasia buku ini kepada kamu hamba-hamba Ku.

Perbandingan :

Kitab Wahyu menceritakan perkawinan Aku dengan Gereja Penganten, sedang kitab Kid.Ag. adalah jalannya bagaimana Gereja Penganten akan menikah dengan Aku, melalui pertunangan. Tanpa jalan ini tidak ada orang beriman sampai pada tujuan. Aku berikan contoh bagaimana jalannya :

Tentang Peti Uang :

Ada seorang yg hendak membuka Peti uang yg ditemuinya, yg penuh berisi uang. Timbullah keinginannya untuk membuka Peti uang itu untuk mengambil uang yg ada didalamnya, karena sangat dibutuhkannya untuk keperluan hidupnya. Tetapi untuk membuka Peti ini seharusnya ia menghubungi kasir yg mengerti membuka Peti, untuk meminta petunjuk bagaimana caranya membuka Peti itu. Tanpa kasir, Peti tidak akan terbuka, walau ada kuncinya sekalipun, Peti tetap tertutup.

1. Kitab Wahyu adalah Peti

2. Kitab Kidung Agung adalah Kasir

3. Roh Kudus adalah kunci

Apa sebabnya Aku lebih dahulu membuka rahasia kitab Wahyu kepada kamu ? Dan bukan kitab Kid.Ag. ? Karena kitab wahyu sudah begitu banyak hamba-hamba Ku yg salah menafsirnya. Mereka itu kira-kira 200 orang, yg sudah menafsirnya, dan banyak yg bertentangan dengan kehendak Ku [ salah tafsir bandingkan dengan apa yg Aku ssudah berikan kepada kamu ]. Penafsir-penafsir itu Aku umpamakan denga pencuri yg datang mencuri Peti uang yg tertutup tetapi kuncinya ada pada kasir. Karena kunci ada ditangan kasir, maka Peti itu tidak bisa dibuka. Karena kewalahan Peti itu dibanting-banting oleh pencuri dan memukul-mukulnya tetapi tidak juga terbuka. Sebelum Peti ini hancur dan rusak, maka Polisi turun tangan dan menangkap pencuri-pencuri ini kemudian memasukkan mereka kedalam penjara. Polisi itu bayangan Aku sendiri. Modelnya, karena mereka tidak dapat membuka Peti itu mereka hanya bisa menafsir berapa kira-kira jumlah uang yg ada dalam Peti. Ada juga karena jengkelnya, mengatakan bahwa Peti itu kosong tidak ada uang lagi. Ada juga yg mengatakan uang yg ada dalam Peti itu tidak dapat dipakai lagi. Beginilah caranya penafsir-penafsir ulung kitab Wahyu yg gagal, mereka hanya mengira-ngira saja. Yang menggelikan hati Ku ada hamba-hamba Ku yg mengatakan kitab Wahyu ini sudah tergenapi. Ini sama saja dengan mengatakan bahwa Peti itu berisi uang yg tidak terpakai lagi atau tidak lagi berlaku.

Kata Kunci

Kata kunci dari kitab Kid. Ag. Ini adalah : Kekasih

Kata kekasih dalam kitab ini terdapat 32 kali. Kitab ini terdiri dari 8 pasal. Angka 8 adalah angka kebangkitan, berarti kitab Kid.Ag. ini membangkitkan kerohanian. Gereja / anak-anak Ku yg mengabaikan kitab ini, tidak mempelajarinya, adalah gereja yg tidak akan mengalami kebangkitan rohani. Sedangkan harapan dari semua gereja diseluruh dunia dewasa ini yaitu  akan menikah dengan Aku. Untuk memasuki pernikahan harus melalui pertunangan, dan dalam pertunangan ini harus ada peraturan-peraturan tertentu yg mengatur hubungan pertunangan itu, sampai mencapai persetujuan untuk memasuki pernikahan yg kudus. Dalam masa pertunangan ini harus ada tempat tertentu dimana kedua kekasih itu mencurahkan isi hati satu dengan yg lain. Demikian pula ini membayangkan antara Aku dan gereja penganten, dimana terjalin semacam ini, perhatikan Firman Ku dalam 2 Kor.11:2. Untuk mengetahui semua rahasia ini, pelajarilah dengan seksama kitab Kid.Ag. ini. Adapun kitab ini berisi nyanyian berderajat tinggi / superlatif song. Syair-syairnya dinyanyikan pada hari ke 8 sesudah hari Paskah, dan hanya dinyanyikan oleh orang-orang yg berumur 30 th keatas, dan ini berarti penyerahan. Gereja yg tidak punya penyerahan sungguh kepada Aku dan dewasa rohani tidak bisa menerima kitab Kid.Ag. Dalam kitab ini menceritakan bagaimana raja Solaiman jatuh cinta kepada Sulamit gadis desa itu, demikian pula kebalikannya, dimana Sulamit jatuh cinta kepada raja Solaiman. Pada sekali peristiwa pada hari anu, raja Solaiman keluar dari Istananya menyamar dirinya seperti gembala dan pergi ke Baal Hamon untuk memeriksa kebun anggurnya dinegeri tersebut, dimana Sulamit gadis desa itu menungguinya. Ini berarti raja Solaiman meninggalkan tahtanya, serta melepaskan MahkotaNya dan menyamar sebagai seorang gembala. Waktu gembala itu tiba dikebun anggur, maka terlihatlah oleh Nya Sulamit, maka hatinyapun terpikatlah kepadanya. Maka terjadilah pandang memandang satu dengan yg lain, dan dari pandang memandang ini, timbullah api gelora cinta, kemudian terjadilah hubungan cinta yg mendalam. Percintaan terjadi dari pandangan mata. Ingat bahwa mata itu Pelita tubuh. Demikianlah dikebun anggur ini terjadi percakapan yg mesrah antara Gembala dan Sulamit. Seperti yg telah diterangkan bahwa Sulamit adalah seorang yg cantik Kid.Ag 1:8.

Arti Rohani :

Ini membayangkan Aku sendiri sudah meninggalkan tahta kemuliaan Surga turun ke dunia yg berdosa ini sebagai Gembala yg baik, perh. Firman Ku dalam Yoh.17:3-5; 10:1,14 Aku sudah turun kedunia untuk kepentingan domba-domba Ku. Pertemuan antara raja Solaiman dan Sulamit adalah dikebun anggur dan kebun anggur adalah bayangan sidang jemaat. Seperti telah diterangkan bahwa kebun di Baal Hamon ini ditunggui oleh Sulamit adalah sangat subur dan itulah yg menarik raja Solaiman sehingga berusaha datang untuk melihatnya. Demikian juga sidang jemaat yg subur rohaninya [subur Firman dan Anugerah-anugerah RohKu] itulah yg menarik Aku. Dalam kebun anggur ini maka terjadilah hubungan percintaan antara raja Solaiman dan Sulamit, maka terjadilah perkara-perkara yg luar biasa. Sulamit mulai tergila-gila kepada raja Solaiman, demikian juga raja Solaiman terhadap Sulamit. Mereka sekarang mabuk cinta asmara. Dalam hubungan percintaan ini Sulamit tidak mengetahui bahwa sebenarnya Gembala itu adalah raja Solaiman sendiri, yg empunya kebun anggur itu. Kemudian Sulamit menawarkan kepada Gembala yg menyamar ini, untuk membantu dia menjaga kawanan kambingnya. Pertemuan mereka dalam kebun anggur ini sangat berkesan, dimana mereka dalam kebun anggur tersebut telah mencurahkan kasih, dimana mereka bercumbu-cumbuan satu dengan yg lain dengan mesrah dimana mereka kecup mengecup, dekap mendekap, peluk memeluk. Intisari dari kitab ini adalah PERNYATAAN.

RAHASIA PERCINTAAN MESRA ANTARA AKU DAN GEREJA KU

Gereja Ku yg Aku maksudkan disini adalah gereja yg bakal menjadi gereja penganten. Perh. Firman Ku dalam Hosea 2:18-19. Setelah selesai pertemuan antara raja Solaiman  dengan Sulamit dikebun anggur [ bercumbu-cumbuan ], maka si Gembala mengundang Sulamit agar ketempat tinggalnya di Yerusalem. Ini disebabkan karena pertemuan dan cumbuan mesra yg pertama, yg mengakibatkan ikatan kasih sayang mendalam antara raja Solaiman dan Sulamit timbal balik. Cinta raja Solaiman telah dicurahkannya sepenuhnya kepada Sulamit menyebabkan istri-istri raja Solaiman dan gundik-gundiknya sakit hati, apalagi sehabis pertemuannya yg pertama kali dengan Sulamit, dimana mengakibatkan raja Solaiman tidak lagi bersekutu / berhungan badan dengan istri-istri dan gundik-gundiknya. Istri dan gundik raja Solaiman ada 1000 orang, 1 Raja 11:3. Apa sebab ? Karena hati raja Solaiman telah dicuri / dipikat oleh Sulamit demikian juga sebaliknya. Tatkala Sulamit dihentar ke yerusalem dan langsung dibawah kepada Solaiman barulah Sulamit kaget dan heran, karena si Gembala kekasihnya tidak lain adalah raja Solaiman sendiri. Pada sangkanya bahwa si gembala itu adalah salah satu dari gembala upahan raja Solaiman. Tatkala Sulamit masuk dalam Istana Raja Solaiman, matanya menjadi silau ketika ia memandang segala keindahan dalam istana raja Solaiman. Sulamit dibawah langsung masuk istana terus sampai ketempat peraduannya raja solaiman, dan dia melalui istri-istri dan gundik-gundik raja Solaiman yg digambarkan seperti putri-putri Yerusalem, yg mengelilingi tempat peraduan raja Solaiman. Adapun Tirai kelambu raja Solaiman berwarna hitam. Ini menjaga supaya penglihatan dari putri yerusalem tidak tembus sampai keperaduan raja Solaiman. Sulamit dibawah masuk dalam tempat peraduan raja Solaiman dimana raja Solaiman berada dan minta supaya raja Solaiman merayunya. Dalam Kid.Ag.1:4 ternyata Sulamit minta ditarik tangannya, sambil minta dikecup, dipeluk, didekap agar supaya menyala birahinya. Ini memasuki ambang hubungan badan. Apa sebabnya demikian ? Memang birahi dinyalakan dulu, agar hubungan badan mencapai puncak kenikmatannya.

ARTI ROHANINYA

Gereja penganten dimana nampak kesuburan rohani, cantik rohani, dimana penuh dengan Firman Ku dan anugerah-anugerah Roh Ku yg benar adalah greja jantung hati Ku. Gereja ini adalah gereja yg mencuri hati Ku. Gereja seperti ini adalah gereja dimana tempatnya bercumbu-cumbuan dengan Aku melalui penyembahan. Sebab saat penyembahan berlangsung, dimana Aku ada dan muncul anugerah-anugerah tersebut : mazmur, nubuatan, karunia lidah, dll. Hal ini merupakan cumbu-cumbuan untuk menyalakan api birahi rohani. Akirnya memasuki persekutuan rohania yg meningkat, dimana penglihatan / wahyu nampak, yaitu kemuliaan Allah atau kemuliaan Ku, dan ini dibayangkan dengan persetubuhan berjalan dimana kekasih hati Ku bersekutu dengan Aku. Karena penglihatan kena kepada Peti Perjanjian dalam ruangan Maha kudus, dimana harus diam dan tidak berkata-kata lagi [demikian juga apabila nampak penglihatan, kata-kata asing berhenti]. Dalam hubungan badan yg nikmat tidak boleh ribut harus diam seperti orang hendak tidur, demikian dalam persekutuan penglihatan, hendaknya jangan ribut harus tenang. Kitab Kid.Ag ini adalah kitab yg sangat penting bagi gereja penganten dan masanya berlaku kitab ini sama dengan masa gereja yakni 2000 th, mulai th 33 M, sampai dengan akhir zaman dimana gereja Ku akan disempurnakan dalam kegerakan besar dalam satu sabat yg terakhir ½ sabat untuk kegerakan besar dan ½ sabat untuk antiKris, Dan. 9:27 & Wah.12:1-2. Jadi kitab Kid.Ag ini berlaku sampai gereja penganten diangkat kepadang pasir  perh. Wah. 12:6,14. Seperti telah diterangkan diatas bahwa pelaku utama dari buku ini adalah raja Solaiman & Sulamit. Raja Solaiman membayangi Aku dan Sulamit membayangi gereja penganten. Itu sebabnya gereja penganten yg bertunangan sekarang, harus melepaskan sifat-sifat duniawi. Solaiman menggambarkan Sulamit seperti kuda yg dipasang pada rata Firaun raja Mesir. Kuda yg dimaksudkan yg menarik rata Firaun itu berbicara tentang gereja penganten yg masih bersifat duniawi 1 Kor.3:1-4. Mesir adalah bayangan dunia ini, Firaun adalah bayangan setan. Ini berarti setan berusaha menjebloskan gereja penganten kedalam keinginan duniawi. Aku menghendaki agar gereja Ku bakal penganten atau gereja penganten, lepas dari keinginan duniawi. Perhatikan bahwa meskipun Sulamit cantik, tapi masih suka bersolek. Gereja penganten mula-mula disamping kecantikan rohani juga masih memperhatikan perhiasan tubuh, tetapi lama kelamaan akan lepaskan diri dari keinginan ini dan fokus pada kecantikan rohani. Raja Solaiman memerintah 40 th, ini menunjuk kepada 40 th Yobel berarti 40 x 50 = 2.000 th adalah masa gereja / Roh kudus.

Laman: 1 2 3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: