3 TIPE GEREJA AKHIR ZAMAN

3 Tipe Gereja di Akhir Zaman

Matius 24

Tanda-tanda akhir zaman mendahului kedatangan Tuhan Yesus. Dalam Matius 24 ada berbagai tafsiran yang dikemukakan oleh hamba-hamba Tuhan dari berbagai organisasi gereja yang adakalanya memiliki kesamaan dalam pemahaman dan ada juga yang bertentangan satu dengan yang lain. Ada yang beranggapan bahwa Matius 24 itu sudah berlaku pada th. 70 Masehi. Ketika Titus kembali menyerang Yerusalem dan menghancurkan Kaabah Herodes dengan berpegang pada Mat. 24:2, sehingga mereka berpendapat bahwa Mat. 24 sudah berlaku pada gereja pertama. Kendatipun gereja pertama adalah permulaan dari akhir zaman. Mereka tidak memperhatikan ayat-ayat selanjutnya dan tidak teliti akhirnya penguraian mereka tentang Mat. 24 menjadi kabur. Mereka berpendapat bahwa Mat. 24:2 ditujukan pada pengertian bangunan yang sesungguhnya.

Memang apabila memperhatikan ayat 2 secara kenyataan itu sudah berlaku dimana Kaabah Herodes telah dihancurkan oleh panglima Titus. Tetapi apabila memasuki Mat. 24:3 dan dihubungkan dengan ayat 2 maka kaburlah penguraian mereka dalam Mat. 24:2. Sedangkan nubuatan itu sebernanya berlaku di ujung akhir zaman. Bait Allah yang hancur itu sebenarnya menyangkut beberapa pengertian rohani. Nampak dalam Wahyu 2 & 3  sebenarnya pada akhir dari pelayanan 12 rasul hujan awal, pelajaran rasuli yang merupakan pelajaran keesaan sudah buyar. Dan apabila diteliti itu bagaikan Kaabah yang hancur karena gereja pertama sudah ada 7 pelajaran yang berbeda-beda, hal ini menunjuk pada 7 organisasi gereja tetapi masih menamakan gereja katolik atau umum. Hanya sidang Filadelfia saja yang tetap mempertahankan pelajaran rasuli, ini yang disebut benih gereja yang tertinggal dalam Yes. 1:9. Jadi apabila kita memperhatikan Mat. 24 dengan memperhatikan ayat 3 jelas bahwa Mat. 24 berlaku diujung akhir zaman dimana Tuhan Yesus secara terang-terangan menyatakan kepada dunia tanda-tanda mendahului kedatanganNya untuk menjemput gerejaNya, Tuhan Yesus dengan kemuliaan dari sorga tidak turun kebumi hanya diawan-awan, perhatikan Matius 24:30-31. Berlainan dengan apabila Dia akan mengakhiri zaman antiKris, dimana Dia akan turun kebumi berpijak diatas bukit Zaitun, Zakaria 14:4 dan Wah. 19:11-21 hubungkan dengan Kisah 1:9-11.

Tanda I :

Mat. 24:4-5 berbicara tentang penyesatan. Munculnya Kristus palsu secara terang-terangan sebagai pribadi yang nampak. Sekarang yang populer adalah seorang yang menamakan Kristus yang sesungguhnya yang berasal dari Korea beroperasi di Amerika dan Eropah dan juga di Korsel. Kemudian ada Kristus palsu yang tidak Nampak secara pribadi, akan tetapi dari pemberitaannya dengan memperhatikan Amsal 30:5-6; Yoh. 8:44; Mat. 15:8-14; Wah. 22:18-19. Untuk mengetahui rahasianya ini ialah perhatikan 3 macam pengajaran :

  1. Pengajaran langsungsung dari Tuhan, Gal. 1:11-12
  2. Pengajaran hukum akal-akal manusia, Mat. 15:8-14
  3. Pengajaran setan-setan, 1 Tim. 4:1-3

Pengajaran manusia dan pengajaran setan kalau mereka tidak sadar, diujung akhir zaman ini akan menjadi alatnya antiKris dan lebih parah lagi menikah dengan antiKris.

Tanda II :

Mat. 24:6-7a akan ada perang sana sini dan Kerajaan melawan Kerajaan dan Bangsa melawan Bangsa. Hal ini sudah berlaku yakni Perang Dunia I & II dan sekarang sedang menuju pada Perang Dunia III, menunjukkan perdamaian dunia sudah dicabut, barulah kita mengetahui bahwa Matius 24 dan Wahyu 6 itu sama, tetapi Wah. 6 harus melalui pengwahyuan.

Tanda III :

Mat. 24:7b Kelaparan dan gempa bumi. Akibat dari gempa bumi dan peperangan maka terjadilah kelaparan dimana-mana yang akan menimpa dunia ini.

Tanda IV :

Mat. 24:9 Kamu akan ditarik dari rumah sembayang dan munculnya kabar penganten / kabar Kerajaan dimana terjadi pertarungan pekabaran disebabkan karena munculnya Injil Kerajaan Mat. 24:14 dihubungkan dengan Wah. 6:7-11. Dalam Mat. 24:29-36 berbicara tentang keangkatan gereja Tuhan hubungkan dengan Wah.6:12-17. Dalam tanda yang IV ini adalah munculnya kabar penganten / Injil Kerajaan artinya Raja mencari Permaisuri, dengan munculnya ini maka seluruh pelajaran itu diwahyukan langsung oleh Tuhan sehingga akan nampak yang mana pelajaran dari Tuhan dan mana pelajaran yang bukan dari Tuhan. Dan ini mempersiapkan diri memasuki kegerakan besar atau hujan akhir.

Sebelum kabar penganten muncul Mat. 24:19 diartikan secara lahiriah bukan secara rohani. Sehingga karena salah pengertian, hamba-hamba Tuhan mengancam sidang jemaat bahwa akhir zaman ini wanita-wanita tidak boleh lagi mengandung dan melahirkan anak dan mendukung program Keluarga Berencana (KB). Sedangkan pemazmur katakan bahwa semua itu adalah anugerah Allah. Harus dibedakan mana arti rohani dan bukan. Jadi jangan masukkan ayat ini dalam pengertian KB. KB adalah suatu program pemerintah untuk membatasi kelahiran dan pemerintah itu adalah wakil Allah Roma 15 dan peraturan itu berlaku bagi orang Kristen selama tidak bertentangan dengan Firman Allah. Orang Kristen yang beriman percaya bahwa Allah sanggup membuka dan menutup rahim.

Jadi pengertian dari pada perempuan yang mengandung dan menyusui itu menunjukkan pada gereja Tuhan yang berlindung pada salah satu organisasi gereja. Untuk memahami bahwa perempuan itu adalah gereja Tuhan perhatikan 2 Kor. 11:2; Hos. 2:18-19; Yer. 2:2; Yes. 54:5; Yes. 62:5; Wah. 12:1-2; Wah. 19:7-9.

I.  Gereja Mengandung.

“Wai bagi segala perempuan yang mengandung,…”   Matius 24:19a

(Terjemahan Lama)

Gereja Mengandung disebut juga gereja Halaman, gereja yang kehidupan rohaninya hanya sampai batas baptisan air dan hanya mementingkan percaya dan bertobat, tetapi sebagian besar mereka itupun tidak dibaptis menurut contoh Tuhan Yesus. Mereka diancam dengan “wai” artinya celaka. Gereja mengandung adalah gereja yang telah mempunyai benih Firman tetapi kehidupan imannya seperti perempuan mengandung. Anak yang masih dalam kandungan ibu belum melihat terang, jadi gereja mengandung adalah gereja yang belum bisa membedakan mana terang dan mana gelap. Rohani dan duniawi dicampur aduk. Pengertian mereka tentang Yoh. 3:16 terlalu sempit dengan keyakinan mereka bahwa asal percaya pada Tuhan Yesus selamat tanpa menuruti teladan Kristus dan teladan gereja pertama. Mereka disebut orang Kristen duniawi. Apabila mereka masuk dalam kebaktian mereka tidak tahu mana pemberitaan Firman Allah yang benar dan tidak. Bagaikan kerbau yang dicocok hidung. Kehidupan rohaninya tidak menjadi berkat sebab pada hari minggu pagi berbakti kepada Tuhan tetapi selesai itu pada sorenya kebioskop, diskotik, mabuk-mabuk dan sebagainya. Mereka belum tau membedakan mana tangan kanan dan mana tangan kiri seperti orang Ninewe dalam Yunus 4:11. Mereka disebut orang Kristen kulit, kristen KTP, kristen karena keturunan bukan karena kelahiran baru. Paulus menulis dalam Roma 1:21-32 mengenal Allah tapi tidak memuliakan Allah, hidup mereka penuh dengan kegelapan dosa dan kejahatan Epes. 4:17-19. Dalam 2 Tim. 3:7-9 senantiasa belajar tetapi tidak pernah sampai pada pengenalan yang benar dan mereka tidak mau maju lagi. Sebenarnya itu bukan kesalahan sidang jemaat tetapi hamba Tuhan karena tidak memperhatikan Maz. 23, Yoh 10 dan nasehat Paulus dalam 1 Tim. 4:12-16. Dalam ukuran gereja Tuhan akhir zaman ini dijaman Roh kudus berdasarkan Roma 8:9 mereka belum milik Kristus tetapi milik organisasi. Dan apabila memperhatikan Wah. 11:2 mereka akan menjadi mangsa atau kawan kerja antiKris. Gereja mengandung dalam ukuran Tabernakel termasuk pada halaman. Di halaman masih mudah kena kotor, kotor berbicara tentang dosa. Itu sebabnya gereja mengandung atau gereja halaman masih banyak yang hidup dalam dosa. Di halaman sering kena hujan dan panas karena tidak ada perlindungan yang sungguh dari Tuhan, sehingga apabila kena pncobaan belum dapat mengatasinya  dan terhanyut dengan keadaan-keadaan duniawi. Lebih-lebih lagi kalau mendapat pelajaran yang salah sama dengan umat Israel ditinggalkan oleh Tuhan. Sebab itu dikatakan dalam Wah. 11:1-2 tidak diukur. Sebab itu Paulus nasehatkan dalam Ibr. 6:1 langsungkanlah pada kesempurnaan. Dalam pekabaran halaman ini terdiri atas dua pekabaran berdasarkan Pil. 1:15-18.

  1. Yang bersungguh-sungguh berarti mereka menjalankan kebenaran Allah yang sesungguhnya ini disebutkan dalam Firman Allah yang menuntut pekabaran berdasarkan 4 Injil sepenuh dan mereka ini akan menembus sampai kamar suci dan kamar maha suci. Mereka adalah yang berkemauan baik.
  2. Pekabaran dengki dan pertengkaran, karena tidak berdiri atas pekabaran yang benar atau 4 Injil dan mereka ini tidak akan maju lagi hanya sampai pada halaman saja. Dan dalam ukuran zaman Roh kudus tidak selamat.

II.  Perempuan yang menyusui anak.

“.. dan yang menyusui anaknya pada masa itu”.  Matius 24:19b

(Terjemahan Lama)

Perempuan yang menyusui anak atau gereja kanak-kanak adalah gereja yang sudah lahir baru dari air dan Roh. Gereja tipe ini masih diancam dengan kata wai atau celaka. Gereja kanak-kanak akan tertinggal dan masuk zaman antiKris. Mereka inilah yang dimaksud dengan benih gereja yang tertinggal dalam Wah. 12:17. Gereja kanak-knak adalah gereja yang sudah lahir baru dari air dan Roh berdasarkan Yoh 3:5 tetapi tidak memperhatikan rahasia Kisah 2:38. Mereka tidak memperhatikan karunia Roh kudus dan buah Roh kudus. Sifat- sifat gereja kanak-kanak adalah :

  1. 1 Kor. 3:1-4 disebut orang Kristen bertabiat duniawi. Memang apabila gereja Tuhan yang sudah lahir baru dari air dan Roh jika ia mati sekarang selamat. Tetapi yang dimaksudkan dengan ini kalau mereka tetap demikian tidak mau maju lagi, bertumbuh, meningkat imannya, maka pada saat gereja Tuhan diangkat mereka akan tertinggal. Sebab itu gereja kanak-kanak ditegur oleh Tuhan supaya mereka meninggalkan gereja kanak-kanak seperti apa yang dimaksud dalam Ibr. 6:1-5. Paulus mengatakan dalam 1Kor. 3:1 belumbisa disebut orang rohani tetapi orang bertabiat duniawi atau kanak-kanak dalam Kristus karena masih mempunyai sifat-sifat seperti :
  • Susu ku berikan pada mu bukannya makanan yakni pemberitaan Firman yang lemah lembut yang mudah dicerna / yang ringan mudah dipahami. Karena mereka belum mampu menerima makanan yang keras / yangberat / yang sukar dicerna, belum bias ditemplak dengan keras sedangkan dalam Tit. 1:13 templak mereka dengan keras supaya sempurna dalam iman. Karena apabila mereka ditemplak dengan keras mereka akan meninggalkan kebaktian dan hanya muncul pada hari-hari tertentu atau pindah gereja lain atau tempat ibadah lain. Mereka tidak mengindahkan lagi kewajiban dalam rumah Tuhan seperti seperti perpuluhan, korbantatangan dll. Mereka tidak mau dosa mereka ditemplak dimukaumum sehingga dan mengatakan gembala siding tidak bijaksana akhinya meninggalkan perhimpunan.
  • Dengki mempunyai roh Kain yang membunuh iman.
  • Pertengkaran yang mengakibatkan perpisahan sedangkan dalam 1Kor. 12:25 jangan ada perceraian dalam tubuh Kristus. Dan sifat ini ada pada kanak-kanak, mudah bertengkar.
  • Pihak memihak, satu pihak Apolos satu pihak Paulus walaupun satu pengajaran. Suka pilih-pilih hamba Tuhan yang berkotbah meskipun satu metode pengajaran, sehingga tidak ada perdamaian dalam sebab pihak memihak itu mengakibatkan pertengkaran yang menuju pada perpisahan. Ini adalah sifat dari gereja kanak-kanak dan menjadi perhatian juga bagi gereja yang sudah terpilih yang sudah dewasa rohani supaya menghindarkan diri dari sifat-sifat gereja kanak-kanak, karena kalau tidak menjadi 5 perempuan yang bodoh.

2.   1 Kor. 6:1-8adalah sifat gereja kanak-kanak yang lain yaitu :

Belum bisa menyelesaikan masalah apabila terjadi sesuatu kesalapahaman, sehingga mereka membawa masalah itu kehakim kafir. Ini terjadi karena :

  • Belum ada yang bijak
  • Tidak ada yang rela diperlakukan tidak adil
  • Tidak ada yang rela dirugikan
  • Tidak mau mengalah

Hal ini karena mereka masih kanak-kanak. Sebab itu hindarilah sifat-sifat ini dan belajar menyelesaikan sendiri apabila terjadi permasalahan.

Sifat kanak-kanak Rohani yang lainnya adalah :

  1. Epes. 4:14, masih mudah diombang ambingkan dengan berbagai pengajaran, belum mempunyai pendirian yang benar dalam pengajaran. Mereka masih sembarangan menerima apa saja yang dikotbahkan, belum bias membedakan mna yang dari Tuhan dan mana yang bukan dari Tuhan. Mereka paling senang dalam ibadah oikumene, sedangkan ibadah oikumene itu apabila terjadi percampuran pengajaran maka termasuk pada katagori perzinahan rohani. Oikumenen yang tidak dipimpin oleh Roh Tuhan akan berakibat fatal menuju pada antiKris dimana pada akhirnya bukan menikah dengan Tuhan tetapi dengan antiKris yang disebut gereja sundal / pelacur Wah. 17. Gereja pertama dibangun berdasarkan pengajaran rasuli Kisah 2:42 kemudian setelah berkembang ditambah dengan pengajaran nabi-nabi Epes. 2:20 yaitu dengan jalan wahyu dan karunia Roh kudus atau pengwahyuan langsung. Sebab itu gereja Tuhan diakhir zaman ini untuk menghindar dari perzinahan rohani atau gereja kanak-kanak harus ada pengwahyuan dari Tuhan yang disebut wahyu pengajaran. Dimana seluruh rahasia Firman Allah dari Kejadian sampai wahyu, diwahyukan Tuhan dengan 2 cara. Sebab itu gereja penganten adalah wasit karena gereja penganten adalah yang sudah dewasa rohani.
  2. Ibr. 5:11-14, menonjolkan pengalaman, yang dilihat dari waktu seharusnya sudah menjadi guru tetapi ternyata masih perlu diajarkan hal-hal yang sangat dasar. Mereka belum mengerti rahasia-rahasia kerajaan Allah atau Firman Allah. Mereka belum faham hakekat keselamatan, tujuan keselamatan dan belum dapat menggunakan akalnya mana yang baik mana yang jahat, mana yang salah mana yang benar. Sehingga apabila muncul hamba-hamba Tuhan yang masih muda dan dipakai oleh Tuhan membuka rahasia-rahasia Firman Allah yang benar timbul roh kedengkian dan membawa pertengkaran. Dan kalau pelajarannya ditemplak ia melapor kepada pemerintah. Sebab itu kabar penganten melalui pengwahyuan dari Tuhan mengingatkan gereja kanak-kanak supaya menyadari keadaannya karena kabar penganten hanya merupakan suatu kesaksian saja Mat. 24:14. Sebab itu gereja kanak-kanak diancam dengan kata wai. Apabila mereka tidak meninggalkan sifat-sifat kanak-kanak rohani setelah mendengar pemberitaan kabar penganten, maka saat keangkatan gereja mereka akan tertinggal. Mereka akan dianiaya oleh antiKris kalau tidak menjadi alatnya antiKris, ini berarti segala kelelahan, kesetiaan, pengorbanan didalam Tuhan menjadi sia-sia. Sebenarnya yang salah disini adalah gembala siding atau pemimpin-pemimpin gereja yang tak mau mengerti kehendak Allah. Sebab itu apabila kita masih tergolong pada gereja kanak-kanak berusahalah menjadi gereja yang dewasa rohani supaya menjadi gereja yang terpilih menjadi penganten Tuhan Yesus. Memang ada beberapa hambatan untuk membawa gereja Tuhan menjadi dewasa rohani terutama karena tidak terbukanya rahasia Firman Tuhan kepada mereka, dilain fihak mereka telah terlanjur fanatic kepada organisasi. Sehingga pelajaran yang benar dianggap pelajaran yang sesat. Seperti contoh orang-orang Parisi menilai pelajaran Tuhan Yesus sesat Mat. 12:22-28.

III.   Gereja yang terpilih.

“.. tetapi karena sebab sekalian orang yang terpilih disingkatkan masa itu”. Matius 24:22b. (Terjemahan Lama)

Gereja yang terpilih yaitu gereja yang sudah dewasa rohani yang sudah dapat membedakan mana baik dan jahat, benar dan salah yang sudah dipertunangkan dengan Kristus 2 Kor. 11:2. Secara lahiriah perhatikan seorang wanita sudah boleh bertunangan apabila genap 17 tahun dan boleh menikah. Tapi dalam dunia modern 21 th. Demikian juga gereja Tuhan, hanya mereka yang sudah dewasa rohani yang bertunangan dengan Tuhan dimana telah memiliki karunia-karunia Roh kudus dan mengetahui jalannya karunia-karunia Roh kudus secara mantap, karena karunia-karunia Roh kudus ini yang membawa pada dewasa rohani sehingga rahasia-rahasia Firman Allah diungkapkan kepadanya 1 Yoh. 2:27; 1 Kor. 2:10-13. Lebih dari pada itu Tuhan menghendaki ia boleh memperoleh pengwahyuan langsung dari Tuhan. Gereja yang sudah dewasa rohani itu nampak dalam kebaktian mereka muncul 1 Kor. 14:26-33 ada mazmur, nubuatan / pengajaran, penglihatan, karunia lidah dan karunia lidah yang diartikan. Rasul Petrus menulis dalam 1 Pet. 2:9-10 sebagai berikut :

  1. Keluarga yang terpilih
  2. Suatu imamat yang berkerajaan
  3.  Suatu bangsa yang kudus
  4. Suatu kaum milik Allah sendiri
  5. Yang memasyurkan segala kebaikan Tuhan
  6. Masuk terangnya yang ajaib
  7. Yang sudah menjadi umat Allah
  8. Beroleh rahmat

Perhatikan perkataan yang telah memanggil kamu keluar dari gelap masuk kedalam terangnya yang ajaib itu. Terang yang ajaib apabila kita perhatikan Tabernakel, saat imam besar masuk ke Kamar Maha Suci setiap tahun untuk mengadakan grafirat untuk memohonkan keampunan dosa bagi dirinya dan keluarganya dan umat Israel maka sinar sorgawi menerangi kamar maha suci sehingga imam besar dapat mengadakan imamat secara sempurna memercik peti perjanjian 7x dengan darah kemudian ia mendengar suara Tuhan. Peti perjanjian dalam kamar mahasuci berbicara kesempurnaan gereja. Jadi gereja Tuhan yang terpilih adalah sudah bersekutu dengan Tuhan mendengar suara Tuhan dan diajarkan rahasia kebenaran Firman Allah. Sehingga mwngetahui persis keselamatan yang telah ditetapkan Allah. Dalam Mat. 24:22 bahwa gereja yang terpilih itu sangat menentukan cepat lambatnya kedatangan Tuhan untuk menjemput gerejaNya. Gereja terpilih ini ialah gereja yang sudah bertunangan dengan Tuhan karena segala kebenaran Firman Allah telah diungkapkan kepadanya, dilengkapi dengan karunia-karunia Roh kudus dan hal ini berjalan terus sampai memasuki kegerakan besar atau hujan akhir yang ditetapkan dalam Yoel 2:22, Zak 10:1, Yak. 5:4 dan rahasia dari Elisa yang meminta 2 belahan Roh pada Elia dan pemungutan mana dua kali ganda memasuki hari sabat.

Gereja yang terpilih apabila memasuki kegerakan besar diujung akhir zaman ini mereka terus disempurnakan roh, jiwa dan tubuh karena akan memimpin kegerakan besar sampai gereja Tuhan menikah dengan Tuhan secara rohani pada hari yang ke 980 Kegerakan Besar. Karena dipotong 280 hari atau 9 bulan  10 hari masa mengandung [ 3,5 th -9 bln 10 hr = 980 hr ]. Dimana pada hari ke 980 pekabaran sudah selesai karena sudah memasuki meterai ke V dan mulai berlaku Amos 8:1-13 pada saat itu pintu kemurahan Allah sudah ditutup. Mereka yang tidak menikah dengan Tuhan akan tertinggal atau gereja yang mengandung, gereja yang menyusui, 5 anak dara yang bodoh yakni mereka yang sudah dewasa rohani tetapi tidak mempertahankan karunia Roh kudus dan tidak mengeluarkan buah Roh kudus mereka yang digambarkan seorang perempuan yang kehilangan sekeping perak. Yang dikatakan oleh rasul Paulus jangan aku yang mengajar,  aku sendiri terbuang. Gereja terpilih adalah gereja yang sudah mengeluarkan buah pertobatan Mat. 3:8 buah pelayanan Yoh. 15:16 untuk mengeluarkan buah-buah pelayanan harus memiliki karunia-karunia Roh kudus, kemudian mengeluarkan buah Roh kudus Gal. 5:22-23, 1 Kor.13:1-13 dan harus setia sampai akhir, karena salah satu buah Roh adalah setiawan, hubungkan dengan Mat. 24:13. Yang telah dipraktekkan oleh rasul Paulus dalam 2 Kor. 6:8-10. Sebab itu rasul Paulus menulis dalam 1 Kor. 11:1 turutlah teladan ku sebagaimana aku telah menurut teladan Kristus. Dalam Mat. 24:28-31 maka gereja yang terpilih inilah yang terangkat perh. Ayat 31 ada penafsir mengatakan bahwa gereja Tuhan yang akan disingkirkandipadang belantara yang disediakan oleh Allah disalah satu tempat dibumi yang dipagari oleh Allah, sepintas lalu itu masuk akal tetapi kalau kita perhatikan Firman Allah dalam Wah. 12:12 bahwa bumi dan laut ini dikuasai oleh iblis berarti kalau gereja Tuhan berada dibumi akan menjadi mangsanya iblis, karena bumi dan laut didalam kekuasaan iblis. Itu sebabnya dalam 1 Tes. 4:17 jelas gereja Tuhan diangkat kea wan-awan jauh dari mata ular dan memperhatikan Mat. 24:31 bahwa Tuhan menjemput gereja diudara. Tempatnya gereja Tuhan nanti berada diawan-awan ditempat hampa udara karena akan menyaksikan zaman antiKris karena apabila kita memperhatikan Zak. 14:4 bahwa kedatangan Tuhan yang kedua kali itu berpijak dibukit Zaitun mengakhiri antiKris dan membangkitkan orang yang sudah mati dalam Tuhan diubahkan bersama-sama dengan mereka yang tertinggal yang ada diawan-awan lalu keawang-awangan yakni sorga dimana ada pesta Anak domba selama 75 hari. Dan yang berpesta dengan Tuhan sesungguhnya adalah gereja penganten. Dalam Zak. 14 dikatakan bahwa mereka yang tidak pergi ke Yerusalem yang tidak mengikuti pesta pondok daun akan kena bala. Pesta ini menunjuk kepada pesta perkaeinan karena pesta ini berlaku sesudah masa penuaian. Sesudah masa penuaian adalah masa perkawinan perh. Zak. 14:16-19. Masa raya pondok daun-daunan itu dimulai pada kegerakan besar. Sebab itu gereja Tuhan yang tidak mengikuti arus kegerakan besar mereka itu akan kena bala atau masuk antiKris. Karena masa itu adalah masa penuaian besar-besaran hal ini perhatikan Wah. 6:7-11 hubungkan dengan Daniel 9:22-27 [27] karena mereka yang turut pesta pondok daun-daunan akan menikah dengan Kristus dan mereka akan masuk 1000 th masa damai memerintah dengan Kristus.

Matius 24:21 : “Hendaklah kamu berdoa minta pelarianmu itu jangan berlaku pada musim dingin dan hari sabat”. Yang dimaksud dengan musim dingin adalah pekabaran sudah selesai, dimana orang-orang mau mencari Firman Allah tetapi tidak ada lagi Amos 8:11-13 mulai berlaku. Ini termasuk pada meterai ke 5 dalam Wah. 6:9-11. Mereka terlambat mencari Tuhan karena tidak memperhatikan kabar penganten Kristus itu berlaku pula pada Mat. 25 tentang 5 anak dara yang bodoh dan gereja yang mengandung dan menyusui. Yang dikatakan mereka mencari minyak dikedai-kedai tapi sudah tidak ada lagi. Hal ini menunjuk pada pekabaran Injil sudah berakhir, Roh kudus tidak bekerja lagi karena gereja Tuhan sudah sempurna roh, jiwa dan tubuh. Roh kudus hanya memelihara mereka yang sudah sempurna pada meterai ke 5 untuk menghindarkan mereka yang sudah siap diangkat pada meterai ke 6 berdasarkan ayat 13-17 dan memberikan kekuatan pada mereka yang akan mati sahid. Roh Tuhan tidak bekerja lagi pada gereja yang mengandung dan menyusui dan 5 perempuan yang bodoh. Sebab itu karena Tuhan mengasihi umat manusia diberikannya peringatan, disini mereka itu akan menyesal tapi sudah terlambat. Sabat : Sabat dimana orang tidak dapat bekerja lagi itu dihubungkan dengan Yoh. 9:4 menunjukkan hari sudah malam dimana orang tidak bias bekerja lagi, barulah hamba-hamba Tuhan yang tolol mengerti. Mereka mau bekerja tapi sudah terlambat. Demikian juga mereka yang bermasa bodoh pada kegerakan besar memasuki pada meterai ke 5 mereka coba melayani Tuhan tetapi sudah tidak ada gunanya lagi. Mereka mengorbankan segala harta benda mereka sama sekali tak ada gunanya lagi, karena pekabaran sudah selesai. Pada meterai ke 5 ini Alkitab akan dibakar oleh antiKris karena pada masa itu adalah menuju pada masa antiKris seperti Yohanes pembaptis menjadi pembuka jalan bagi Kristus. Sebab itu perhatikan kembali Amos 8:11-13 orang beredar-edar mencari Firman Allah tapi tidak ada lagi karena Alkitab telah dirampas dan dibinasakan oleh antiKris atau oleh orang-orang yang telah dikuasai oleh roh antiKris. Karena antiKris itu akan muncul terang-terangan setelah gereja Tuhan diangkat. Karena memasuki sabat yang besar yaitu 1000 yh masa damai. Karena yang memerintah 1000 th masa damai perh. Wah. 20:4-6 yakni mereka yang disebutkan penganten Kristus dan tidak semua yang diselamatkan oleh Tuhan.

Matius 24:21 :

“Karena pada ketika itu akan timbul sengsara yang besar, seperti yang demikian belum pernah berlaku daripada awal kejadian alam sehingga sampai sekarang ini, dan kemudian daripada itu juga tiada akan jadi pula”.  (Terjemahan Lama)

hal ini menunjuk pada masa antiKris yaitu suatu sengsara yang besar karena pada masa itu akan dicurahkan 7 sangkakala dan sangkkala yang ke 5 ada penyiksaan yang luar biasa pada benih gereja yang tertinggal selama 5 bulan penuh. Dan kalau mereka itu lolos diperhadapkan pula dengan, barang siapa yang tidak mempunyai tanda 666 tidak boleh berjual beli. Dan akhir dari pada zaman antiKris itu akan dicurahkan 7 bokor murka Allah yaitu pehukuman yang sempurna. Dan merupakan kehancuran total dari antiKris. Lalu sesudah itu memasuki 1000 th masa damai melalui kebangkitan pertama bagi mereka yang mati dalam Tuhan.

Matius 24:22 :

“Dan jikalau sekiranya tiada disingkatkan masanya, niscaya tiadalah seorangpun yang selamat, tetapi karena sebab sekalian orang terpilih, disingkatkan masa itu”.  (Terjemahan Lama)

Yang dimaksudkan dengan disingkatkan masa itu, pertama adalah satu sabat yang dimaksud dalam Dan. 9:27 (Satu Sabat Terakhir), adalah suatu masa sengsara yang luar biasa selama 7 th. Akan tetapi dibagi dalam 2 bagian yaitu 3 ½  th Kegerakan Besar dan 3 ½ th masa antiKris. Jadi 7 th masa sengsara disingkat menjadi 3 ½ th. Kemudian yang kedua adalah disingkatkan masa itu disebabkan oleh situasi dunia yang terlalu gawat maka kegerakan besar itu berlaku dimuka th yang telah ditetapkan. Inilah yang paling dikuatirkan oleh gereja Tuhan yang tidak siap. Karena dikatakan oleh sebab orang pilihan disingkatkan masa itu. Jadi orang terpilih yang sudah siap mempercepat datangnya kegerakan besar. Dan inilah yang dirindukan oleh orang-orang terpilih karena orang-orang yang terpilih inilah yang mensponsori kegerakan besar. Hal ini akan diterangkan secara jelas dalam Wah. 6 pada meterai 4-6 dan rahasia Daniel 9:22-27..

Dalam Mat. 24:23-26 Kristus palsu menyatakan dirinya secara terang-terangan bukan lagi bersembunyi dibelakang Firman Allah karena dalam Mat. 24:4-5 mereka menyamar dengan memakai Firman Allah yang diselewengkan, dan juga secara terang-terangan hubungkan dengan Wah. 6:1-2. Kristus palsu dan nabi palsu akan Nampak dalam meterai ke 4 pada Wah. 6:7 yaitu memasuki kegerakan besar untuk mengacaukan orang-orang yang beriman. Ingat baik-baik apabila kita memperhatikan Mat. 24:27-31 kedatangan Tuhan seperti kilat memancar dari timur tetapi tidak langsung kebumi. Tuhan Yesus menjemput gerejanya diatas awan-awan berdasarkan 1 Tes. 4:13-17. Dan menurut petunjuk Tuhan berada diatas lembah Megido diatas tanah Palestina yang ada sekarang ini untuk menyaksikan kekejaman antiKris dan kehancuran antiKris. Karena berdasarkan Wah. 12:4,14 ada penafsir mengatakan disingkirkan pada suatu tempat yang ada dibumi. Tetapi Allah berkuasa memagari mereka itu. Mereka tidak perhatikan Wah. 12:12 bahwa bumi dan laut akan dikuasai penuh oleh ular tua yang memberikan kuasa pada antiKris. Jadi yang benar adalah diatas awan-awan. Sebab itu dikatan dalam Wah. 12:14 dipakaikan sayap burung Nasar. Dan sifat dari burung Nasar itu dia terbang jauh tinggi diudara. Dengan memperhatikan kembali 1 Tes. 4:13-17. Sebab itu dalam ayat ke 31 apabila Tuhan membunyikan sangkakala yang besar bunyinya lalu menghimpunkan segala orang terpilih dari segala penjuru alam yaitu dari tepi laut sampai ketepi laut. Karena pada keangkatan gereja Tuhan nanti setan berusaha kerasa untuk menghadangnya dengan memperhatikan Wah. 12:12-18. Gereja yang terpilih itu perhatikan 1 Pet. 2:8-10 itu sebabnya dikatakan masuk dalam terang yang ajaib dan terang yang ajaib itu berada pada kamar mahasuci dalam Tabernakel, dimana ada peti perjanjian berbicara tentang gereja yang sempurna yang sudah bertunangan dan menikah dengan Tuhan. Yang biasa dikatan gereja yang sudah bersekutu dengan Tuhan, dimana setiap kali mereka berhimpun akan nampak 1 Kor. 14:26-33 secara teratur serta mengeluarkan buah-buah Roh kudus berdasarkan Gal. 5:22-23 dan 1 Kor. 13:1-13. Tanda-tanda yang lain perhatikan Mat. 24:32-35 dan perhatikan ayat yang ke 32 tanda yang pertama adalah :

  1. Pohon Ara itu bertunas kembali tetapi didalam Luk. 21:29 bukan saja pohon Ara tetapi tetapi segala pohon yang lain. Pohon Ara berbicara tentang bangsa Israel diujung akhir zaman ini akan kembali ke tanah Kanaan kembali membangun Negara Israel yang sekarang disebut repoblik Israel dimana didalam kitab Yehez. Dinubuatkan bahwa apabila mereka kembali bukan lagi dua Kerajaan tetapi satu Kerajaan, yaitu repoblik Israel yang diumpamakan sebagai tunggul mati, kembali bertunas. Memenuhi kitab Nehemia 1:9; Zak. 8:7-9; Roma 9:9-11 dan perhatikan 11:11-32 dimana umat Israel dimana umat Israel kembali ke Palestina atau tanah Kanaan mendirikan republik Israel. Sebab sejak matinya Tuhan Yesus dikayu salib umat Israel terpencar di 4 penjuru alam mengembara dan tanah mereka itu dirampas dan dijajah oleh bangsa-bangsa lain. Tetapi diujung akhir zaman menjelang kedatangan Tuhan mereka dikembalikan dengan politik Zionisme yaitu kembali ke Yerusalem. Dan pada th 1982 pada bulan juli genaplah nubuatan itu yaitu ibu kota yang di Telavif dipindah ke Yerusalem memenuhi Zak. 8:8-10 yang meskipun ditantang oleh dunia tapi inilah kebenaran Firman Allah dimana Firman Allah digenapkan karena ini adalah suatu tanda kedatangan Tuhan karena ini.
  2. Pohon-pohon ysng lain berbicara Negara-negara yang kehilangan martabatnya kembali mencari kemerdekaan yang pada abad ke 20 ini sesudah perang dunia ke 2 menuntut kemerdekaannya dan tidak dapat dihalangi oleh bangsa-bangsa yang besar yang menjajah mereka walaupun dengan kekuatan pesenjataan modern untuk menghambat kemerdekaan ini tidak berdaya apa-apa. Karena ini adalah suatu nubuatan bahwasanya bangsa yang terjajah akan kembali menuntut kemerdekaannya. Suatu contoh adalah Indonesia, Belanda dengan dibantu oleh sekutu-kutunya sebagai patner perang dunia II tak berdaya untuk menghalangi tuntutan kemerdekaan sehingga harus terpaksa melalui meja bundar menyerahkan kemerdekaan sehingga kepada Indonesia secara penuh, disusul oleh India dan Negara-negara Afrika. Karena penggenapan dari Firman Allah bahwa pohon-pohon yang lain itu berbicara bangsa-bangsa diluar Israel kembali menuntut kemerdekaan dari penjajahan menggenapi nubuatan dalam Alkitab. Sebab Zionisme itu mulai muncul sesudah perang dunia II dan Israel mencapai kemerdekaannya dan mendirikan repoblik Israel pada th 1948. Pada saat itu pohon Ara mulai bertunas kembali dan sekarang bukan saja bertunas tetapi sudah berbuah-buah dan menandakan Tuhan sudah hamper dating menjemput gerejaNya. Jadi Israel adalah pembuka jalan untuk kemerdekaan bangsa-bangsa lain yang terjajah. Bangsa Israel adalah bangsa yang menentukan karena mereka adalah pohon Zaitun yang sungguh dan kita adalah pohon Zaitun hutan perh. Roma 11 dan rahasia itu akan Nampak dalam Zak. 8-12. Dikatakan dalam ayat ke 32 apabila pohon Ara itu carang-carangnya mulai bertunas kamu mengetahui musim panasa sudah hampir. Itu menunjukkan kesusahan besar menimpa dunia yang Nampak dalam Mat. 24 dan Wah. 6 dan umat Israel sekarang bukan saja sudah bertunas tetapi sudah berbuah-buah yang rahasianya Nampak dalam Zac. 8 sudah disempurnakan dimana memperhatikan waktu umat Israel mencari kemerdekaannya kota perjuangannya adalah Tel Avif dan merupakan pusat pemerintahan. Tetapi memasuki th 80an, 1 juli 1982 kota pemerintahan itu dipindah ke Yerusalem.

Dan sekarang menuju pada Zak. 9:9 dimana Keledai-keledai muda sedang dipersiapkan [ hamba-hamba Tuhan muda akan dipakai pada kegerakan besar ]. Itu sebabnya musim kemarau setelah menimpa dunia, dunia ilmu pengetahuan sudah berada pada puncaknya, dunia sudah berada diambang kehancurannya apalagi dengan adanya Wars star untuk penggenapan Luk. 21:6 karena sebab kuat kuasa itu bumi akan bergoncang gancing yang dikatan dalam ayat 36. Tetapi akan hari dan ketikanya tiada diketahui oleh seorang pun walaupun malaekat disurga atau Anak itu hanya Bapa disurga. Apabila kita memperhatikan ayat ini maka kedatangan Tuhan tak ada satupun yang mengetahui tetapi hanya Bapa disorga karena ia dating seperti pencuri pada malam hari 1 Tess. 5:2. Tetapi apabila memperhatikan 1 Tes. 5:4-5 hari kedatangan Tuhan untuk menjemput gerejaNya bukan suatu rahasia bagi gereja Tuhan yang menjadi kekasihNya Tuhan. Karena dikatakan tetapi kamu ini hai saudara-saudara ku tiada didalam gelap sehingga hari itu menimpa kamu seperti seorang pencuri. Rahasia ini akan ditemui dalam Wah. 5:5. Hal ini [ ayat 36 ] terjadi pda saat Tuhan Yesus masih berada dibumi. Dan setelah Dia bangkit maka segala kuasa dibumi disorga diserahkan BapaNya Mat. 28:18-20; Mark. 16:15-20; Pil. 2:9-11.

Itu sebabnya kedatangan Tuhan untuk gerejaNya untuk gereja penganten melalui suatu rahasia yang besar dalam Dan. 9:22-27. Dan penguraiannya itu akan Nampak dalam Wah. 6:7-17. Karena kedatangan Tuhan itu harus didahului oleh kegerakan besar selama 3 ½ th. Itu sebabnya rahasia kedatangan Tuhan untuk menjemput gerejanya tidak ada rahasia atau menimpa tidak seperti pencuri. Sebab itu dalam Mat. 24:25 dikatakan perhatikanlah Aku sudah mengatakan itu kepada mu terlebih dahulu. Artinya kedatangan Tuhan itu untuk menjemput gerejaNya harus memperhatikan kejadian-kejadian akhir zaman dengan memperhatikan Mat. 24:23-26.

Tanda-tanda yang lain dimana kehidupan manusia seperti dizaman Nuh dan dizaman Lot. Dizaman Nuh yang diselamatkan hanya 8 oang, artinya angka kebangkitan. Hanya orang yang dibangkitkan imannya , merekalah yang akan selamat. Sebab itu dalam Epes. 5:14 dikatankan hendaklah engkau bangun dan bangkit dari antara orang mati dan hubungkan dengan Roma 13 dan Yes. 6o:1-2. Jadi diakhir zaman ini bukan saja 8 oang yang akan selamat dan yang akan diangkat oleh Tuhan tetapi semua orang yang memiliki kebangkitan iman sempurna roh jiwa dan tubuh 1 Tes. 5:23-24. Jadi kehidupan manusia dimuka kedatangan Tuhan untuk menjemput gerejaNya kehidupan mereka seperti zaman Nuh dan zaman Lot. Sehingga dalam Mat. 24:22 jika tidak disingkatkan masa itu tidak seorangpun yang selamat dank arena orang terpilih disingkatkan masa itu.

Jadi pergaulan manusia diakhir zaman ini sangat rusak dimana mereka dimana mereka yang tidak memperhatikan perintah Tuhan Yesus, menjadi seperti orang Sodom dan Gomora. Sodom asal kata Sodomi yang kehidupannya seperti binatang. Seperti yang Nampak sekarang kaum hipi dan sex bebas dll. Semua ini adalah tanda-tanda mendahului kedatangan Tuhan Yesus apalagi dengan adanya ilmu pengetahuan modern. Munculnya narkoba embawa kejatuhan sampai kepada anak-anak Tuhan jatuh karena pergaulan yang salah dan juga film-film porno yang diproduksi oleh orang-orang yang dipakai iblis. Dan semuanya ini adalah karena kebenaran Firman Tuhan yang menguji iman gereja Tuhan diujung akhir zaman ini. Jadi merupakan suatu tantangan karena dalam pelajaran Tabernakel merupakan perobekan daging. Termasuk pada pelajaran melintasi pintu Tirai.

Terlebih lagi pada akhir kegerakan besar karena pada masa itu gereja Tuhan sudah disempurnakan berlaku Wah. 6:9-11 meterai ke 5 karena pada masa itu Nampak orang yang benar akan makin benar dan orang jahat akan makin jahat dan pekabaran sudah selesai. Dan orang-orang saleh banyak yang akan dibunuh mati sahid untuk menggenapi bilangan. Dan orang-orang yang mati mulai zaman Habel sampai pada masa itu menuntut pembalasan dari Tuhan pada masa itu dan Mat. 24:40-41 dimana dikatakan pada masa itu ada dua orang diladang dan yang satu diangkat dan yang satu ditinggal dan ada dua orang dikisaran satu diangkat dan satu tertinggal. Hal ini tidak berarti bahwa keangkatan gereja Tuhan setengah diangkat setengah ditinggal atau setengah penduduk dunia terangkat dansetengah penduduk dunia tertinggal.

Tetapi ada suatu perumpamaan disatu rumah suami terangkat dan isteri tertinggal menunjukkan keselamatan itu adalah pribadi perh. Yehez. 14:14,20 dan hubungkan dengan 2 Kor. 5:10. Ini adalah suatu peringatan bagi suami dan isteri dalam hal keselamatan adalah masing-masing. Sebab itu usahakan supaya setiap isi rumah mengenal kebenaran Firman Allah supaya sama-sama terangkat seperti keluarga Nuh dihubungkan denga Roma 9:1-4 dan Roma 10:1-3. Karena kalau tidak mengerti / sadar akan berlaku Firman Tuhan dalam satu rumah terjadi 3 lawan 2 dan 2 lawan 3. Karena dalam pengalaman apabila salah satu dari keluarga itu mencari kebenaran Allah seringkali Nampak satu keluarga menyambut dengan gembira seperti keluarga Nuh. Tetapi ada juga terjadi pertentangan luar biasa karena yang lain tidak menghendaki saudara-saudaranya mencari kebenaran Firman Allah karena kefanatikan organisasi, meskipun pelajaran mereka itu diluar Firman Allah. Sebab itu berlaku ayat 40-41 ini. Didalam ayat 42-44 kembali diperingatkan oleh Tuhan bahwa kedatanganNya untuk menjemput gerejaNya seoangpun tidak ada yang mngetahui memperkuat ayat yang ke 36. Tetapi dalam ayat ke 36 itu telah dijelaskan, itu saat Tuhan masih dibumi. Tetapi setelah Ia mati dan bangkit dari antara orang mati barulah kuasa disorga dan dibumi diserahkan kepada Nya oleh Bapa disorga. Dan rahasia kedatangan Tuhan, bukan rahasia lagi bagi orang yang beriman seperti yang dijelaskan dalam 1Tess. 5:4-5 yang dihubungkan dengan Wah. 5 dan Dan. 9:22-27. Dalam ayat 25-31 disini diberikan peringatan supaya berjaga-jaga dan memperhatikan segala sesuatu yang sedang terjadi. Dan harus dilakukan apa kehendak Allah dan kewajiban yang dipertanggung jawabkan kepadaNya. Oleh karena itu ditekankan tentang pelayanan yang ditetapkan oleh Tuhan supaya melakukan tugasnya bersungguh-sungguh yang digambarkan oleh Tuhan memberikan makanan kepada Nya sewaktu-waktu yang dihubungkan dengan Yoh. 4:34. Dan orang yang melayani pekerjaan Allah dengan bersungguh-sungguh perhatikan ayat 46-47 dimana Ia akan menetapkan dia menjadi milikNya. Tetpi hamba Tuhan yang bermsa bodoh akan dikenakan ayat 48-51 sebab itu Yoh. 9:4 selagi hari masih siang wajiblah ia mengerjakan pekerjaan Allah karena malam akan tiba takseorangpun dapat bekerja. Dan ini berlaku mulai meterai ke 5 yaitu sesudah Tuhan menikah dengan gerejaNya dan saat itu pekabaran sudah selesai karena memasuki zaman antiKris. Dikatakan sewaktu-waktu member makan kepada Ku itu menunjukkan memberi makan kepada jiwa-jiwa. Sebab itu kita yang telah dipanggil oleh Tuhan perh. Yoh. 15:16. Matius 24 : 1-31 adalah inti dan ayat 32 sampai selesai adalah pandangan-pandangan tapi sangat penting. Amen..

2 responses to this post.

  1. Posted by Asam Amino on April 13, 2013 at 2:45 am

    GBU…Brother..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: