Sidang Jemaat Filadelfia Wahyu 3:7-13.

II. NASEHAT UNTUK SIDANG JEMAAT FILADELFIA WAH. 3:7-13

FILADELFIA ARTINYA KASIH PERSAUDARAAN. TERKENAL ATAU TERPUJI KARENA KASIHNYA.

Ayat 7 : Suratkanlah kepada malaekat sidang jemaat yang di Filadelfia seperti yang demikian : Inilah sabda dari pada Dia yang kudus dan yang benar, dan yang memegang anak kunci Daud, yang membuka dan tiada seorangpun yang dapat menutup, dan yang menutup tiada seorangpun yang dapat membuka.

Dalam ayat 7 ini yang berbicara tentang sidang Filadelfia Aku memperkenalkan diri kepada sidang jemaat sebagai Dia yang kudus dan yang benar yang memegang anak kunci Daud, yang membuka dan tiada seorangpun dapat menutup dan yang menutup tiada seorangpun dapat membukanya.

1. Dia yang kudus dan Dia yang benar adalah menunjuk kepada sifat Ku, yang harus menjadi sifat dari pada gereja-gereja Ku. Karena sifat inilah yang mengakibatkan gereja Ku bersekutu dengan Aku.

2. Memegang anak kunci Daud. Daud adalah seorang raja yang berkenan kepada Ku atau kepada Allah. Dan raja Daud ini sangat dikasihi Allah, sebab itu raja Daud diberi hak untuk menduduki tahta kerajaan Allah yaitu : Kerajaan Israel. Umat Israel adalah umat pilihan Ku. Aku disebut akar dan benih Daud. Perhatikan Firman Ku dalam Wah. 22:16 : Aku ini Yesus sudah menyuruhkan malaekat Ku hendak menyaksikan segala perkara ini kepada mu bagi segala sidang jemaat. Akulah akar dan benih Daud, dan bintang fajar yang gilang gemilang. Jadi Daud disini adalah bayangan dari Aku sendiri akulah Dia yang kudus dan benar itu yang memegang anak kunci Daud. Dahulu yang memegang anak kunci Daud adalah Elyakim Bin Hilkia dan Sebna. Perhatikan Firman Ku dalam Yes. 22:15, 20, 22. Kedua orang ini yang memegang anak kunci kerajaan Daud, makanya keduanya dapat melihat segala kekayaan-kekayaan dari kerajaan Daud.

Dalam arti rohani yang disebutkan memegang anak kunci Daud disini adalah kunci membuka rahasia kerajaan sorga. Seperti kerajaan Daud pemegang kunci I adalah Sebna dan Elyakim Bin Hilkia adalah II.

I. Sebna menunjuk rasul Petrus sebagai pemegang kunci pada rasul hujan awal. Perhatikan Firman Ku dalam Mat. 16:18-19. Sebab itu gereja hujan awal yang menjadi ketua para rasul adalah Petrus. Sebab itu perhatikan Firman Ku dalam Kisah 15, bahwa segala ketetapan pelajaran Ku ditetapkan oleh satu badan yang terdiri dari rasul hujan awal dan yang lain hamba-hamba Ku yang Aku sudah lantik yang diketuai oleh rasul Petrus. Surat-surat rasul Paulus yang sebanyak 14 suratan itu diakui oleh rasul Ku Petrus sebagai ketua para rasul, bahwa itu benar dari pada Ku. Seperti yang menjadi kesaksian dari rasul Ku Paulus dalam Gal. 1:11-12 dan Epes. 3:3-4 yang mana seluruh 14 surat itu diwahyukan Tuhan kepadanya dan ini diakui oleh rasul Ku Petrus dalam 2Petrus 3:15-16.

II. Elyakim Bin Hilkia, mebayangi rasul hujan akhir yang diserahkan kunci rahasia kerajaan sorga dalam kabar penganten, yang ditetapkan oleh Aku melalui Roh Ku seperti ketetapan pada rasul Ku Petrus. Sebagaimana rasul hujan awal mempunyai badan yang berkedudukan di Yerusalem diketuai oleh rasul Petrus, demikian juga nanti akan terjadi pada rasul-rasul hujan akhir. Dimana akan ada satu badan yang menetapkan pelajaran kabar penganten yang akan diketuai oleh Petrus akhir zaman, yang diserahkan kunci rahasia kabar penganten. Perhatikan Firman Ku dalam 1Pet. 1:12  sbb : Maka kepada mereka itu sudah dinyatakan bahwa bukannya bagi dirinya sendiri, melainkan bagi kamu, mereka itu sudah melayani didalam segenap perkara, yang sekarang ini kamu diberi tahu oleh orang yang memberitakan kabar kesukaan kepada kamu dengan Roh kudus  yang disuruhkan datang dari sorga; maka perkara itulah malaekat ingin hendak mengetahui. Juga dalam Epes. 3:3-11.

Jadi pembukaan rahasia itu mulai pada waktu rasul hujan awal. Namun yang terutama bagi rasul hujan awal adalah pengwahyuan Firman yang berguna untuk nasehat-nasehat bagi gereja-gereja dari zaman datang kepada zaman, sampai memasuki hujan akhir. Dalam mereka memberikan pelajaran, rasul hujan awal memakai karunia-karunia Roh Ku berdasarkan 1Yoh. 2:27. Inilah yang dipakai oleh hamba-hamba Ku yang muncul dari abad datang kepada abad untuk mengetahui rahasia Firman dalam ilham Roh. Ada kalanya Aku mengajar mereka melalui mimpi, khayal. Tetapi juga terbatas, seperti yang terjadi pada hamba-hamba Ku yang memelopori gereja yang mengakui lahir baru dari pada air dan Roh akhir zaman ini, dimana kedua hamba itu Aku sudah angkat diantara hamba-hamba Ku yang lain. Tetapi apabila masuk kegerakan besar akan muncul 12 rasul hujan akhir yang akan memimpin gereja penganten, dimana Aku akan membuka seluruh rahasia Firman Ku melalui wahyu pengajaran dan akan dibantu oleh hamba-hamba Ku yang lain berdasarkan Epes. 4:11-12. Dan sekarang sudah masanya dimana gereja penganten akan disempurnakan, maka rahasia Firman Ku melalui wahyu pengajaran Aku anugerahkan kepada hamba-hamba Ku yang Aku panggil dan lantik untuk membawa kabar penganten ini dan panggilan Ku itu berlaku dimuka kegerakan besar, dan akan ditetapkan dan dilantik dengan resmi pada waktu kegerakan besar dimulai. Sebab itu perhatikanlah rahasia 70 sabat dalam Daniel 9:27 mengenai satu satu sabat terakhir.

Tentang rahasia kabar penganten yang dibantu oleh Epes. 4:11-12 itu, setelah mereka dibukakan rahasia kabar penganten yang  diberi tugas untuk menyempurnakan gereja penganten yang akan  menikah dengan Tuhan Yesus Kristus, yang akan menghancurkan seluruh pelajaran yang bukan dari Aku.

Ayat 8 : Aku tahu segala perbuatan mu [ tengoklah Aku sudah menghadapkan kepada mu pintu terbuka, yang seorangpun tiada dapat menutupnya ] karena meskipun kuasa mu sedikit, tetapi engkau sudah menurut perkataan Ku dengan tiada menyangkal nama Ku.

Aku tahu segala perbuatan mu, ini menunjuk bahwa perbuatan :

1. Gembala sidang dan sidang jemaat Filadelfia ini adalah menunjukkan kasih mereka, mempunyai hubungan persaudaraan yang diikat oleh kasih Ku, dan kasih itu adalah hukum yang terutama sekali. Itu sebabnya sidang Filadelfia ini disebut kasih persaudaraan. Mereka mempunyai persekutuan yang erat satu dengan yang lain. Sidang ini menjadi contoh dari 6 sidang yang lain.

2. Tengoklah Aku menghadapkan kamu pintu yang seorangpun tiada dapat menutupnya. Aku menghadapkan kepada sidang Filadelfia ini pintu yang terbuka, dan yang membuka pintu itu Aku sendiri. Dan kalau Aku yang membuka, tiada seorangpun dapat menutupnya. Perhatikan Firman Ku dalam Yes. 22:22 sbb : Dan anak kunci istana Daud kububuh kelak diatas bahunya, dan iapun akan membuka, maka seorang pun tiada menutup, dan iapun menutup, maka seorangpun tiada membuka. Ini berbicara Aku yang berkenan membuka rahasia kerajaan sorga / kabar penganten, Firman yang benar kepada sidang jemaat Filadelfia yang melalui hamba-hamba Ku yang Aku lantik, yang berkenan kepada Ku. untuk akhir zaman ini rahasia kabar penganten itu Aku ungkapkan kepada hamba-hamba Ku yang tertentu saja, ialah kamu yang sudah Aku urapi dan Aku sudah lantik. Dan pintu itu Aku sudah buka sekarang dan sebentar lagi Aku akan tutup setelah gereja Tuhan disempurnakan dan menikah dengan Aku. Sebab sesudahnya pernikahan, tidak ada lagi pekabaran seperti yang terjadi sebelum gereja Tuhan disempurnakan. Karena pada masa itu meterai ke 5 dibuka, dimana hamba-hamba Ku yang membawa kabar penganten akan dikejar, dianiaya dan disengsarakan dan mengalami mati sahid.

Ini bukan pintu pekabaran Injil yang terbuka seperti ditafsirkan oleh beberapa hamba-hamba Ku yang sudah menafsir buku wahyu ini, tapi yang sebenarnya ini adalah pintu rahasia kerajaan sorga / rahasia Firman Ku. untuk akhir zaman ini disebut rahasia kabar penganten. Untuk mengetahui bagaimana Aku membuka kunci rahasia Firman Ku perhatikan rasul Ku Petrus dimana Aku berjanji kepadanya, memberikan anak kunci kerajaan sorga dalam Mat. 16:19 sbb : Maka Aku akan memberi kepada engkau anak kunci kerajaan sorga; dan barang apa yang engkau ikatkan diatas bumi, itupun terikat juga disorga, dan barang apa yang engkau orakkan diatas bumi, itupun terorak juga disorga. Dalam ayat ini terdiri dari 2 pengertian :

1. Kepada rasul Ku Petrus Aku akan memberi kunci sesungguhnya dari kerajaan sorga. Bahwa setiap yang hendak masuk kedalam kerajaan sorga harus melalui Petrus. Inilah maksudnya pintu kerajaan sorga dipegang oleh Petrus. Dikatakan apa yang engkau ikat diatas bumi itupun terikat disorga. Dan barang yang engkau orakkan diatas bumi terorak di sorga. Perhatikan Mat. 16:16-19 selama pelayanannya diatas bumi, tapi bukan dia saja, tapi rasul-rasul yang lain juga perhatikan Yoh. 20:21-22. Inilah hak istimewa dari rasul hujan awal tapi meskipun demikian Petrus ketua para rasul dan dialah pemegang kuncinya.

2. Kunci untuk membuka rahasia kebenaran Firman Ku, yaitu rahasia pemberitaan Firman yang benar yang Aku ajarkan langsung kepadanya. Membuka rahasia Firman bagaimana masuk dalam kerajaan sorga. Dan rahasia ini hanya mungkin tatkala ia telah dipimpin oleh Roh Ku. itu sebabnya dalam Kisah 2 pada hari Pentakosta, hal itu digenapkan. Disini rasul Petrus membuka rahasia kerajaan sorga melalui khotbahnya yang berapi-api dalam urapan Roh Ku. perhatikan Firman Ku dalam Kisah 2:37-38 sbb :

Ayat 37 : Setelah didengarnya demikian, maka pedihlah hati orang sekalian, lalu berkatalah mereka itu kepada Petrus dan rasul-rasul yang lain itu : Hai tuan-tuan dan saudara sekalian, apakah yang wajib kami perbuat ?

Ayat 38 : Maka kata Petrus kepada mereka itu : Hendaklah kamu bertobat dan berbaptis masing-masing kamu dengan nama Tuhan Yesus Kristus akan jalan keampunan dosa mu, lalu kamu akan beroleh anugerah Roh kudus.

Ayat 39 : Karena bagi kamulah perjanjian itu, dan bagi anak-anak mu, dan bagi sekalian orang yang jauh-jauh, seberapa banyak yang akan dipanggil masuk oleh Allah Tuhan itu.

Kotbah rasul Petrus pada hari Pentakosta ini telah memenangkan kira-kira 3000 jiwa yang bertobat sekaligus dan minta dibaptis. Secara langsung mereka sudah melalui pintu jalan ke sorga, mewujudkan Firman Ku dalam Yoh. 3:5-7 sbb : Maka jawab Yesus : Sesungguh-sungguhnya Aku berkata kepada mu : Jikalau barang seorang tiada diperanakkan dari pada air dan Roh, tiada boleh ia masuk kedalam kerajaan Allah. Barang yang diperanakkan dari pada tabiat tubuh, tubuh juga; dan barang yang diperanakkan dari pada Roh, Roh juga. Janganlah engkau heran, sebab sudah Ku katakan kepada mu bahwa wajib kamu diperanakkan pula. Memperhatikan Mark. 1:5, Markus menyimpulkan seluruh Israel telah dibaptis oleh Yohanes pembaptis, tetapi dilain Injil bertahap. Jadi 3000 jiwa yang dibaptis pada hari Pentakosta itu adalah merupakan baptisan ulang dengan memakai nama Aku [ Tuhan Yesus Kristus ], hubungkan dengan Kisah 19:1-7. Sekarang siapakah sebenarnya 3000 orang ini ? Mereka adalah orang-orang Yahudi yang beragama dan menamakan dirinya umat pilihan Allah tetapi sebenarnya mereka hanya menatap kerajaan sorga dari jauh, mereka hanya melihat pintu kerajaan sorga tetapi tertutup bagi mereka, belum boleh masuk didalamnya. Tetapi dengan mereka itu mendengar kotbah rasul Ku Petrus pada hari Pentakosta dan mereka bertobat didalam nama Ku [ Tuhan Yesus Kristus ] maka pintu kerajaan sorga terbuka untuk mereka dimana setelah mereka dibaptis dengan air maka mereka beroleh karunia Roh KU.

Mereka yang tidak mengerti lahir baru dari air dan Roh, mereka hanya menatap kerajaan sorga tetapi tidak masuk. Dan rahasia ini akan diterangkan dalam Wah. 12, bagaimana jalan menjadi penganten Ku. Anehnya mereka bermasa bodoh tidak mau bertanya kepada Ku supaya Aku membuka rahasia Firman Ku dan jalan masuk kedalam kerajaan sorga. Apalagi untuk akhir zaman ini perlu mereka mengetahui rahasia pekabaran penganten dan itu hak untuk setiap orang yang berkemauan baik, apalagi kalau ia dipanggil, dipilih ditetapkan lalu disuruh. Tetapi mereka tetap berpegang pada pelajaran bertorat mereka dan menjadi fanatik pada pelajaran itu. Salah benar amen, mereka seperti orang Yahudi yang fanatik kepada hukum Torat. Gereja-gereja ini tidak mau maju lagi, tetap menjadi kanak-kanak rohani yang tidak tau membedakan mana baik dan mana jahat beralun-alun pada pelajaran yang sesat Ibr. 5:11-14; Epes. 4:14-15. Sebab itu mereka diancam dengan Mat. 24:19 wai / celaka bagi perempuan menyusui / kanak-kanak rohani. Apabila mereka tidak sadar pada akhir zaman ini, mereka akan berjabat tangan dengan antiKris Wah. 12:17. Perhatikan juga Mat. 25:1-13 tentang 5 anak darah yang bodoh, mereka itu tidak disempurnakan dan tidak menjadi penganten karena bermasa bodoh dan tidak mau tau rahasia-rahasia Firman Ku / rahasia kabar penganten. Tetapi ada juga diantara mereka yang meminta dan berusaha tapi salah permintaan mereka. Perhatikan Firman Ku didalam Yak. 4:2-3, atau tidak tahu jalannya sehingga Aku tidak bukakan rahasia Firman Ku. tetapi rahasia Firman Ku ini / gereja penganten Aku percayakan kepada hamba-hamba Ku dari sidang Filadelfia. Kenapa Aku membuka rahasia tersebut kepada hamba-hamba Ku dari sidang Filadelfia ? Karena :

  1. Mereka sudah menurut kehendak Firman Ku
  2. Mereka tidak menyangkal iman kepada
  3. Mereka mengasihi Aku dan menyerah kepada kehendak Ku [ Perhatikan rahasia Wah. 10 ]

Sebab itu Aku memberikan hak kepada hamba-hamba Ku dari sidang Filadelfia untuk rahasia Firman Ku ini terlebih juga untuk hamba-hamba Ku pada sidang Filedelfia akhir zaman dimana rahasia kabar penganten Aku ungkapkan kepada mereka itu melalui wahyu pengajaran. Sebab itu sidang Filadelfia ini berdasarkan pada ayat 9 Aku memberi hak kepada hamba-hamba Ku di sidang Filadelfia ini untuk memenangkan jiwa-jiwa dari sidang-sidang yang lain : S. Epesus, S. Pergamus, S. Tiatira, S. Sardis dll. Yang rindu akan kabar kebenaran. Demikian juga untuk gereja Filadelfia modern akhir zaman ini yang Aku percayakan untuk membawakan kabar penganten apalagi untuk memasuki kegerakan besar, banyak dari hamba-hamba Ku / anak-anak Ku dari bermacam-macam gereja yang berada pada 4 penjuru alam akan lari dan bercerai berai satu dengan yang lain untuk mencari kebenaran, mencari kabar penganten karena mereka itu ingin disempurnakan. Sebab itu mereka bersatu dengan gereja yang membawa kabar penganten Kristus, yaitu sidang Filadelfia modern. Sehingga mereka yang mempertahankan pelajaran Torat dan bertorat itu akan berkata : Seperti dalam Yoh. 12:19 sbb : Lalu kata orang Parisi sama sendirinya : Kamu lihat, bahwa usaha mu satupun tiada gunanya; tengok, seisi dunia sudah pergi mengikut Dia.

Walaupun sidang ini kuasanya sedikit, tetapi sidang ini sudah berusaha menurut perkataan Ku, hal ini berarti sidang ini telah menyerahkan segala sesuatu kepada Ku dimana mereka merelakan diri untuk diajar langsung oleh Roh Ku. Meskipun kuasanya sedikit , nampak ke 6 sidang yang lain itu datang menyembah kakinya dan ini berarti Aku beri kuasa kepada sidang ini untuk merebut jiwa-jiwa dari ke 6 sidang yang lain yang sadar. Demikian juga untuk gereja-gereja akhir zaman kepada sidang Filadelfia modern ini Aku beri kuasa untuk merebut jiwa-jiwa dari gereja lain, karena mereka ingin diselamatkan dan disempurnakan jadi gereja penganten. Mereka tidak akan takut sedikitpun akan meninggalkan gereja mereka, meskipun mengalami mati sahid. Nanti pada kegerakan besar, banyak dari gereja-gereja yang lain yang mempunyai pelajaran seperti ke 6 sidang itu akan kehilangan anggotanya bahkan ada juga dari hamba-hamba Ku yang akan menggabungkan diri dengan gereja Filadelfia modern yang membawa kabar penganten, karena sidang ini mempunyai persekutuan yang manis dengan Aku dan penuh dengan kekayaan-kekayaan rohani karena rahasia kabar penganten diungkapkan kepada gereja Filadelfia modern itu. Mereka terdiri dari hamba-hamba Ku dari ke 4 penjuru alam dan dari sidang Filadelfia modern ini akan muncul 12 rasul hujan akhir. Sebab itu gereja hujan akhir tipe Filadelfia itu harus mempunyai standard yang sama dengan gereja hujan awal yang akan diterangkan nanti.

Ayat 9 : Tengoklah, Aku serahkan beberapa orang dari pada jemaat iblis yang mengatakan dirinya orang Yahudi, tapi bukan, melainkan berbuat dusta, tengoklah, Aku akan membuat mereka itu datang menyembah menghadap kaki mu, sehingga mengetahui bahwa Aku ini mengasihi engkau.

Tengoklah Aku serahkan beberapa orang dari pada jemaat iblis yang mengatakan dirinya orang Yahudi tapi bukan melainkan berbuat dusta. Disini nampak bahwa ada orang-orang yang mengaku dirinya orang Yahudi dan orang-orang Yahudi ini berpegang teguh pada hukum Torat dan menamakan diri mereka adalah umat Allah dan pengakuan ini memang benar karena orang Yahudi adalah umat pilihan Allah bahkan mereka adalah Penganten yang dipilih dari suatu bangsa bahkan mereka disebutkan bala tentara Yer. 2:2 sbb : Pergilah engkau berserulah sampai kedengaran kepada segala orang isi Yerusalem demikianlah Firman Tuhan : Bahwa Aku lagi ingat akan rindu mu tatkala engkau muda, akan kasih mu tatkala engkau penganten, tatkala engkau mengikuti Aku dipadang Tiah yaitu dipadang tekukur. Dan mereka juga dijanjikan dengan Aku perhatikan Firman Ku dalam Yes. 54:5 dan Yes. 62:5. Akan tetapi kenapa disebut jemaat iblis karena mereka itu melanggar 10 hukum itu sebabnya dikatakan mereka itu berbuat dusta. Dan dusta ini adalah hukum yang ke 9 Kel. 20:1-17 [ 16 ]. Dan hendaklah kamu mengetahui apabila salah satu hukum ini dilanggar maka semuanya jadi salah Yak. 2:9-10 sbb : Karena barangsiapa yang memegang segenap hukum itu, tetapi melanggar salah satu perkara maka salahlah ia kepada sekaliannya. Itu sebabnya Aku namakan kepada mereka itu jemaat iblis. Pada akhir zaman ini akan nampak dibanyak gereja-gereja yang akan menepuk dada mereka dan mengatakan : Kami adalah umat pilihan Allah, kami akan masuk sorga. Dan hal itu pasti terlebih kepada gereja yang sudah mengaku diri lahir baru dari pada air dan Roh yang menggembar-gemborkan mereka itu penuh dengan Roh Ku dan mengaku diri gereja penganten dan katanya akan menikah dengan Aku meskipun mereka itu berpegang pada pelajaran bertorat. Mereka tidak akan mungkin menjadi gereja penganten meskipun mereka mengatakan bahwa mereka sudah lahir baru dari air dan Roh. Mereka itu sebenarnya sakit rohani karena mereka itu diberi makanan pelajaran yang beracun yaitu pelajaran yang tidak bersandar kepada Roh Ku tetapi kepada akal-akal manusia. Sebab itu perhatikanlah keadaan mereka pada sekarang ini, mereka mengatakan bahwa mereka itu adalah gereja penganten tetapi mereka menentang akan pekerjaan Roh Ku, terutama karunia nubuatan, karunia lidah dan karunia mengartikan karunia lidah [ Kelompok C ]. 1kor. 12:8-11. Yaitu karunia pernafasan tubuh penganten.

Bukankah mereka mengatakan bahwa hanya satu bahasa Roh dan mereka menentang orang yang berkata-kata dengan berbagai-bagai bahasa Roh. Perhatikan Kej. 11. Sebab itu satu kali kelak apabila kabar penganten itu muncul pada kegerakan besar, Aku akan membuat mereka itu datang menyembah menghadap kaki mu, yaitu gereja yang membawakan kabar penganten / sidang Filadelfia modern. Sekali lagi bahwa apabila kegerakan besar akan dimulai pasti mereka akan datang menggabungkan diri dengan gereja penganten, karena Roh Ku menggerakkan mereka untuk mencari kebenaran Firman Ku. Kalau sekarang ini sebelum memasuki kegerakan besar banyak diantara mereka itu mengolok kamu karena mereka masih terpengaruh oleh pelajaran bertorat. Tetapi apabila masanya sudah sampai, mereka akan menyerah kalah dan mengakui bahwa kamu hamba-hamba Ku dari sidang Filadelfia modern yang Aku panggil dan tetapkan serta suruh untuk membawa kabar penganten yang disertai kuasa dan mujizat-mujizat heran, melebihi gereja hujan awal. Lihat pelajaran dari hal pemungutan manna 2x ganda memasuki hari sabat dan pelajaran Hagai 2:10. Ingatlah bahwa sidang Filadelfia modern adalah sidang yang penuh dengan kasih. Perhatikan bahwa buah Roh yang pertama adalah kasih Gal. 5:22-23 dan hubungkan dengan 1Kor. 13:1-13. Dan sekarang siapakah sebenarnya sidang Filadelfia modern itu ? Jawabnya adalah sidang yang mempunyai standard yang sama dengan sidang Filadelfia hujan awal karena sidang ini dibangun oleh 12 rasul hujan awal yang memiliki karunia-karunia jawatan Tuhan sampai pada buah-buah Roh Ku. Demikian juga sidang Filadelfia akhir zaman setelah standardnya sama dengan gereja hujan awal maka akan masuk kegerakan besar. Mereka itu akan dipenuhi dengan kekayaan-kekayaan rohani yang luar biasa karena masa penyempurnaan roh, jiwa dan tubuh. Dalam Yak. 5:7 dikatakan sbb : Sebab itu, hai saudara-saudara ku bersabarlah kamu sehingga sampai pada hari kedatangan Tuhan, tengoklah orang dusun menanti hasil yang berharga keluar dari bumi dengan sabar, sehingga ditimpa hujan pada musim bah dan pada musim kemarau.

Kalau gereja hujan awal merupakan bertunangan dengan Aku 2Kor. 11:2 dan ini berjalan terus sampai masuk kegerakan besar dan setelah kegerakan besar mulai, akan dibawah kepada pernikahan dengan Aku Wah. 12:1-2. Jadi apabila berbicara tentang standard gereja hujan awal maka mereka itu belum mengenal organisasi, mereka mempunyai suatu pandangan yang sama yaitu : Satu Tuhan,satu Iman satu Baptisan Epes. 4:5, dan ini disebutkan organisme. Tetapi untuk akhir zaman dari organisasi-organisasi gereja menuju pada organisme, harus melalui satu jalan yang ditetapkan oleh Aku yaitu mempunyai salah satu gereja yang mempunyai standard yang sama seperti gereja hujan awal dan membawa kepada organisme. Dan kepada kamulah Aku tugaskan untuk menuju kepada rencana yang agung ini.

Ayat 10 : Maka oleh sebab engkau sudah memeliharakan pengajaran Ku dari hal sabar itu, Akupun akan memeliharakan engakau dari pada masa pencobaan yang akan datang keatas segala isi dunia, supaya mencobai segala orang yang duduk dibumi.

Adapun sidang Filadelfia ini adalah sidang yang setia memelihara pengajaran Ku. bukan setia saja tapi mencitai pengajaran Ku. Tetapi sidang ini mengalami banyak hojatan dan olokan, tetapi mereka itu tetap sabar dalam menghadapi segala perkara itu. Demikian juga pengalaman sidang Filadelfia akhir zaman ini, juga akan mengalami hojatan, olokan lebih dari pada sidang Filadelfia hujan awal. Tetapi Aku pesankan biarlah kamu sabar menanggungnya. Bukankah Firman Ku berkata : Bahwa tiap-tiap orang yang mengikut Aku hendaklah ia menyangkal dirinya lalu memikul salib itu tiap-tiap hari Mat. 16:24.

Akupun akan memeliharakan dikau dari pada masa pencobaan yang datang keatas dunia, supaya dicobainya segala orang yang duduk diatas bumi. Sidang Filadelfia ini adalah sidang yang Aku luputkan mereka itu dari pencobaan yang akan menimpa isi dunia ini dan Aku memeliharakan mereka itu. Karena sebelum antiKris berkuasa dengan kejam maka sidang Filadelfia ini Aku singkirkan karena gereja ini adalah gereja penganten. Wah. 6:6c, Wah. 12:6, 14. Gereja inilah yang dimaksud dalam Firman Ku Mat. 24:22.

Ayat 11 : Dengan segera Aku datang, berpeganglah pada barang yang ada pada mu, supaya jangan barang seorang mengambil mahkota mu.

Aku menasehatkan kepada sidang Filadelfia ini supaya berjaga-jaga, karena mereka tidak tahu kapan Aku datang kembali. Suatu teguran yang perlu diperhatikan yang penting ialah : Jangan maut menyambar dengan tiba-tiba perhatikan 1Sam. 20:3b sbb : Tetapi sesungguh-sungguh Tuhan hidup dan nyawa mupun hidup, adalah hanya selangkah jua jaraknya antara Aku dengan maut.

Berpeganglah pada barang yang ada pada mu supaya jangan barang seorang mengambil mahkota mu. Ini menunjuk kepada berpegang pada pelajaran yang Aku berikan langsung ialah : Pengajaran penganten yaitu pelajaran mahkota dan pelajaran ini harus dipertahankan meskipun harus melalui kondisi apapun. Serta berhati-hati dan berjaga-jaga karena iblis selamanya mencari jalan dan mempengaruhi, sebab itu lawanlah dengan iman yang tegu. Perhatikan Firman Ku dalam 1Pet. 5:8-9 . Dan untuk mempertahankan mahkota ini, harus berdiri dengan iman yang teguh 2Tim. 4:8, 1Pet. 5:8, Yak. 1:12. Mahkota ini akan didapat pada hari Tuhan yaitu sesudah kebangkitan yang pertama.

Ayat 12 : Maka orang yang menang, hendak Ku jadikan dia sutu tiang dirumah Tuhan Ku, dan sekali-kali tiada ia akan keluar dari situ; dan Aku akan menyuratkan kepadanya nama Tuhan Ku dan nama negeri Tuhan Ku, yaitu yerusalem yang baru yang turun dari sorga dari pada Tuhan Ku itu, dan lagi nama Ku yang baru itu.

  1. Tiang dalam rumah Tuhan Ku
  2. Aku akan menyuratkan kepadanya nama Tuhan Ku dan nama negeri Tuhan Ku yaitu Yerusalem yang baru yang turun dari sorga dari pada Tuhan Ku.
  3. Nama Ku yang baharu.

Ke 3 perkara ini perlu diperhatikan sebaik-baiknya.

Ad. 1. Suatu tiang dalam rumah tuhan Ku. Apa gunanya tiang, dan kenapa dikatakan tiang dalam rumah Tuhan Ku ? Gunanya tiang : Tiang adalah salah satu bahan bangunan yang sangat penting. Karena tanpa tiang suatu bangunan tak dapat didirikan. Perhatikan tentang pembangunan Tabernakel. Dalam pembangunan Tabernakel ini yang memegang peranan adalah tiang-tiang. Sebab itu apabila Firman Ku berkata bahwa sidang Filadelfia ini menjadi suatu tiang dalam rumah Tuhan Ku, tetapi kepada orang yang menang. Jadi sidang Filadelfia ini meskipun mereka itu dipanggil dan ditetapkan tetapi tidak setia maka dia tidak akan menjadi tiang dalam rumah Tuhan Ku. ingat tanpa orang-orang yang menang ini menjadi tiang maka Yerusalem baru tidak ada. Jadi gereja penganten itu adalah menjadi tiang-tiang di yerusalem baru dan tiang-tiang yang dimaksud disini adalah orang-orang yang menang dan istimewa di Yerusalem baru nanti dan itu hanya khusus dari sidang Filadelfia modern yaitu hamba-hamba Ku yang membawa kabar penganten.

Perhatikan contoh : Dari hamba-hamba Ku gereja hujan awal Gal. 2:9 sbb : Maka tatkala mereka itu sudah tampak anugerah yang telah dikaruniakan kepada Ku itu, lalu Yakub dan Kepas dan Yohanes yang dibilangkan menjadi tiang itupun berjabat tangan dengan aku dan Barnabas dst. Jadi rasul-rasul Ku pada hujan awal adalah merupakan tiang dan juga sidang jemaat pun 1Tim. 3:15. Tetapi harus diperhatikan bahwa yang dimaksudkan dengan tiang-tiang istimewa ialah khusus hamba-hamba Ku yang membawakan kabar penganten, itupun terbatas jumlahnya. Perhatikan Firman Ku dalam 1Kor. 4:15. Dan hamba-hamba Ku itu yang teristimewa di Yerusalem baru tidak banyak hanya 69 orang. Dan ini termasuk 24 ketua-ketua dalam Wah. 4:4, yang berbicara tentang 12 rasul hujan awal dan 12 rasul hujan akhir. Untuk mencari tiang-tiang pelajarilah tiang-tiang dalam Tabernakel Musa.

Tiang-tiang Tabernakel Musa bagian luar :

1. Bagian depan 10 tiang, bagian belakang 10 tiang. Samping kiri 20 tiang dan samping kanan 20 tiang. Pintu masuk halaman 4 tiang, pintu masuk kamar suci 5 tiang dan pintu masuk kamar mahasuci 4 tiang. Jadi jumlah keseluruhannya adalah : 60 + 13 = 73 Tiang dipotong / kurangi 4 ting pintu gerbang, jadi  : 73 – 4 = 69 Tiang. Selain berbicara 69 orang istimewa, nanti di Yerusalem baru, nanti di Yerusalem baru maka 69 tiang ini mempunyai arti rohani yang lain :

  1. 66 buku dari keseluruhan Alkitab :

a. Perjanjian lama 39 buku

b. Perjanjian baru 27 buku

2.    3 oknum Allah : Bapa, Anak dan Roh kudus

Jadi Alkitab ini adalah terdiri dari pada 66 buku adalah menyaksikan 3 oknum Allah yaitu : Bapa, Anak dan Roh kudus. Jadi dalam yerusalem baru adalah persekutuan dengan 3 Oknum Allah dengan orang percaya dan menang dan berdiri atas 66 kitab didalam Alkitab perhatikan Wah. 21:3 sbb : Maka aku dengar suatu suara besar dari pada aras itu mengatakan : Ingatlah bahwa tempat kediaman Allah itu bersama-sama dengan manusia, dan ia akan diam bersama-sama dengan mereka itu, dan mereka itu akan menjadi kaumNya, dan Allah sendiri akan beserta dengan mereka itu. Kembali diperhatikan bahwa di Yerusalem baru itu berdasarkan pada tiang-tiang Tabernakel bahwa ada 69 orang Istimewa atau yang menjadi tiang-tiang di Yerusalem baru dan tanpa mereka Yerusalem baru tidak ada. Tetapi mereka itupun berbeda-beda fungsinya perhatikan 12 rasul hujan awal yang bersama-sama dengan Aku, meskipun 12 rasul itu Aku panggil tetapi ada perbedaan dalam tugas-tugas. Perhatikan tiang-tiang pintu masuk Tabernakel yang diambil dari 12 rasul hujan awal bersama Aku :

1. 4 Tiang pintu masuk halaman adalah 4 orang istimewa

2. 5 Tiang pintu masuk kamar suci adalah 5 orang lebih istimewa

3. 4 Tiang pintu masuk kamar mahasuci adalah 4 orang teristimewa.

Jadi ke 13 Tiang ini adalah : Aku bersama 12 rasul Ku.

12 adalah angka persekutuan.

1 adalah angka keesaan Allah

Rasul-rasul Ku yang teristimewa yang kamu lihat adalah : 1. Rasul Petrus 2. Rasul Yakobus 3. Rasul Yohanes. Dan ke 3 rasul Ku ini selalu bersama-sama dengan Aku, sampai mereka disuatu waktu melihat kemuliaan bersama Aku digunung kemuliaan sedang 9 rasul yang lain tidak.

Tetapi ingat dalam urutan Tiang Tabernakel untuk masuk dalam kamar maha suci, 4 Tiang yang dibayangkan dengan Rasul Petrus, dan Rasul Yakobus dan Rasul Yohanes jangan kamu sama Aku dengan 3 rasul ini, tetapi ini hanya merupakan contoh saja. Pada gereja hujan awal ke 4 rasul yang teristimewa ini adalah :

1)      Rasul Petrus

2)      Rasul Yakobus

3)      Rasul Yohanes

4)      Rasul Paulus

Ad. 2. Aku akan menyuratkan kepadanya nama Tuhan Ku dan nama negeri Tuhan Ku yaitu Yerusalem baru yang turun dari sorga dari Tuhan Ku. ini berarti mereka adalah milik dari Aku. Disini Aku memberi kehormatan kepada mereka yang menang dari gereja penganten untuk memakai nama Ku. sebagai contoh tatkala kamu dibaptis dengan air pada waktu seseorang menerima Aku, saat dia bersedia dibaptis dengan air mencontoi Aku maka nama Bapa, Anak laki-laki dan Roh kudus yaitu Tuhan Yesus Kristus disebutkan dan ditumpangkan tangan diatas kepalanya kepada oknum tersebut. Tetapi nama itu belum dimilikinya mutlak. Nanti kalau dia setia dan menang sampai akhir hidupnya maka nama Ku itu akan diberikan kepadanya menjadi cap atau meterai yang tidak akan hilang lagi dan nama negeri Tuhan Ku yaitu Yerusalem baru. Ini berarti bahwa namanya kelak tertulis disana dan tidak semua orang beriman mempunyai nama di Yerusalem baru. Hanya orang-orang terpilih dan berlayak karena mereka termasuk orang-orang istimewa. Hal ini akan diterangkan pada pasal terakhir dalam buku wahyu.

Ad. 3. Nama Ku yang baharu itu. Nama yang baharu itu adalah suatu rahasia karena adalah nama penganten. Nanti sesudah 1000 th masa damai berakhir baru nama yang baharu itu Aku berikan untuk menggantikan nama-nama dari mereka itu sendiri. Sebagai contoh dalam Alkitab kepada orang yang istimewa dan terpuji imannya yang Aku ganti namanya dan ini adalah merupakan bayangan dari orang-orang istimewa yang Aku berikan nama Ku yang baharu dalam Yerusalem baru. Contoh dalam Alkitab :

  1. Abram Aku ganti menjadi Abraham / Ibrahim
  2. Sarai Aku ganti menjadi Sarah
  3. Yakub aku ganti menjadi Israel
  4. Petrus Aku ganti menjadi Kepas
  5. Saul Aku ganti menjadi Paulus

Inilah sebagian contoh dalam Alkitab. Semua nama itu mempunyai arti penting kepada mereka yang menang termasuk dalam gereja Filadelfia modern, Aku akan berikan kepadanya nama Ku yang baharu dalam Yerusalem baru sebagai tanda penganten yang sampai pada saat ini menjadi rahasia bagi kamu.

Ayat 13 : Barangsiapa yang bertelinga, hendaklah ia mendengar kata Roh kepada segala sidang jemaat.

Teguran ini diberikan / ditujukan kepada gembala sidang dan sidang jemaat dan itu juga untuk umum dan lagi setiap orang yang menerima Aku sebagai Tuhannya. Dan ini berlaku untuk sidang Filadelfia akhir zaman dan menjadi perhatian bagi gereja-gereja. Sebab itu berusahalah kamu memberitakan kabar ini.

Gereja-gereja yang termasuk tipe sidang Filadelfia ini nampak pada :

1. Sebagian kecil dari pada gereja yang sudah lahir baru dari pada air dan Roh.

2. Perhatikan : Sidang Filadelfia modern ini hendaklah memperbaiki tentang pelajaran rasuli akhir zaman yang telah diungkapkan pada pelajaran 7 tingkat iman mengenai karunia jawatan Tuhan. Karena pelajaran rasuli akhir zaman ini dipercayakan kepada sidang Filadelfia akhir zaman.

Catatan : Aku berbicara Tuhan Yesus Kristus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: