RENCANA AGUNG DARI ALLAH UNTUK GEREJA NYA


RENCANA AGUNG DARI ALLAH UNTUK GEREJANYA

YOHANES 19 : 31 -37

 

Kelahiran Tuhan Yesus di Betlehem sampai Ia mati di kayu salib, itu karena Allah mempunyai rencana yang agung bagi umat manusia terutama bagi gerejaNya yang terpanggil dan terpilih oleh Allah Kisah. 2:37-40 seberapa banyak orang yang dipanggil masuk oleh Allah Tuhan itu, menunjukkan tidak semua.

Untuk masuk dalam panggilan dan rencana Allah itu perhatikan Yoh. 6:37 dan mereka itulah yang termasuk dalam Mat. 13:11 : Maka kepada kamu diberi mengetahui rahasia Kerajaan sorga. Dan yang terpanggil dan terpilih ini yaitu yang diberikan karunia Tuhan / anugerah Tuhan lalu menerima Firman Allah dan menurut bukan saja dengan perkataan tetapi juga perbuatan seperti apa yang dimaksud oleh rasul Paulus dalam Roma 15:18. Mereka inilah yang termasuk dalam rencana agung dari Tuhan.

Pertama-tama kali dalam panggilan Allah, ia menjadi anak-anak Allah berdasarkan Roma 8:14-17, kemudian menjadi tunangan Tuhan 2Kor. 11:2 kemudian akan menikah dengan Tuhan diwaktu tertentu seperti Nampak dalam Wah. 12:1-2; Epes. 5:22-23 yang dihubungkan dengan Yes. 54:5; Yes. 62:5. Tetapi melalui suatu proses yang panjang yaitu memakan 2000 th lamanya yang disebutkan zaman Roh kudus.

Itu sebabnya apablila kita memperhatikan kedatangan Tuhan yang pertama kali dimana Dia dikandung melalui seorang perawan yang disebut Maryam yang sedang bertunangan dengan Yusuf dari keluarga yang miskin. Dan itu Nampak didalam Luk. 2 Yesus diserahkan kepada Allah maka Yusuf dan Maryam membawa burung terkukur / merpati dalam Luk. 2:24 dimana Yesus dilahirkan dikandang Betlehem yang sebenarnya secara manusia tiada seorangpun ibu yang ingin melahirkan anaknya dalam kandang binatang betapapun miskinnya dia. Apalagi untuk menghindari infeksi dari bakteri yang bisa membahayakan bayi yang baru lahir. Sebab itu jauh sebelumnya apabila seorang ibu akan melahirkan anaknya seluruh perlengkapan bayi sudah disiapkan dan bersih untuk menghindari infeksi.

Tetapi kelahiran Tuhan Yesus tidak demikian sehingga dia hanya dibungkus dengan kain lampin diletakkan diatas palungan tempat makan binatang. Tetapi Dia tidak terkena infeksi karena Dia adalah Allah yang mahakuasa. Kelahiran Tuhan Yesus dikandang Betlehem menunjukkan Dia lahir didunia bagaikan kandang Betlehem penuh dengan infeksi dosa karena Ia datang bukan untuk orang benar tetapi untuk orang berdosa. Ia dibesarkan ditengah-tengah keluarga yang miskin karena Yusuf adalah seorang tukang kayu dan setelah genap 30 th Iapun dibaptis di sungai Yordan oleh Yohanes pembaptis untuk menggenapi seluruh kebenaran / kehendak Allah. Sesudah itu Ia melayani pekerjaan BapaNya di sorga selama 3 ½ th yang disaksikan oleh 4 Injil.

Kemudian Ia ditangkap ditaman Getsemani diadili oleh Imam Besar Kayafas dan Pontius Pilatus kemudian ditampar, diludahi, dicambuk dan dmahkotai duri lalu memikul salib menuju kepuncak Golgota, lalu disalibkan. Meskipun Ia telah berada dikayu salib Ia masih diolok tetapi semuanya itu untuk menggenapi Yes. 53. Sampai Ia menghembuskan nafasNya yang terakhir Yoh. 19:30 sudalah genap maka berakhirlah zaman Torat berdasarkan Roma 10:4; Epes. 2:15. Dan mulailah zaman anugerah dan kebenaran dengan memperhatikan Yoh. 1:17.

Apabila kita memperhatikan tentang kelahiran dan kematian Yesus adalah tidak wajar secara manusia, tetapi Dia rela demi kepentingan manusia Pil. 2:6-11. Kalau kita memperhatikan Yoh. 19:31 bahwa kematian Tuhan Yesus bukan hari jumat tetapi dimuka sabat yang besar yaitu hari Kamis jam 3 sore yang mempunyai hubungan dengan 14 hari bulan Nisan dalam Kel. 12. Sabat yang besar ini jatuh pada hari kamis menurut kalender Yahudi. Sebab Tuhan Yesus tatkala Ia disalib dan mati kemudian dikuburkan berada diperut bumi selama 3 hr 3 malam Mat. 12:40 . jadi apabila orang Kristen dizaman akhir ini merayakan hari Paskah pada hari jumat adalah suatu kekeliruan yang besar yang tidak disadari oleh begitu banyak hamba Tuhan. Sebab kalau jatuh pada jumat biasa, orang-orang diluar Kristen akan mengkritik, yang sukar diatasi. Apabila memperhatikan Mat. 12:40 ini dan berita sengsara yang disampaikan oleh Tuhan Yesus sendiri bahwa Ia akan mati disalibkan dan  pada hari yang ke 3 akan dibangkitkan. Sayangnya hamba-hamba Tuhan tidak meneliti itu sebabnya ditekankan dalam Yoh. 19:31 karena hari itu adalah hari sabat yang besar. Sebenarnya upacara Paskah ini yang dilakukan umat Kristen sedunia tidak tepat. Ada 2 masalah yang diperhadapkan merupakan suatu kesulitan ialah :

Oleh karena tidak terbukanya rahasia atau kurangnya perhatian oleh hamba Tuhan mereka tidak bisa membedakan sabat mingguan dan sabat yang besar. Dan juga harus memakai kalender Yahudi. Karena kalender Yahudi 1 th 360 hr dengan memperhatikan Wah. 11:2; 12:1.4. sedangkan kalender sekarang adalah kalender Roma setiap th 366 hr tapi setiap th ke 4 365 hr. untuk mencocokkan dengan tahun Yahudi dan minggu Yahudi mengalami kesukaran sehingga  sabat besar dan minggu menjadi kabur. Sehingga diambil suatu garis yang penting adalah pengakuan yang jujur dan sungguh bahwa Yesus itu mati dikayu salib dan dibangkikan pada ahri yang ke 3 dengan penuh kemenangan karena kematian Yesus disamping memenuhi 1Pet. 2:24  juga mengambil anak kunci maut yang ada pada iblis sehingga setiap orang yang percaya kepada Kristus dan yang dibenarkan tidak akan mati dengan memperhatikan 1Kor. 15:25-27, 34-57.

Meskipun kita mengikuti sabat yang besar tetapi kita bersifat seperti orang Parisi yang mengatakan Yesus dicuri atau tidak dibangkitkan maka iman kita menjadi sia-sia. Tetapi meskipun kita tidak mengikuti sabat yang besar tetapi kita mengakui dengan sungguh Yesus telah mati dan dibangkitkan dalam pengakuan yang jujur maka jalan keselamatan terbuka bagi kita dengan memperhatikan 1Kor. 1:18.

Seperti sudah diterangkan bahwa kita berada diujung akhir zaman bukan  untuk mengetahui yang sebenarnya apalagi penanggalan Roma tidak sama dengan penanggalan Yahudi. Kematian Tuhan Yesus di Golgota berdasarkan Yoh. 19:20 menandakan berakhirlah zaman Torat dan segala syariatnya. Dengan memperhatikan Roma 10:4; Epes. 2:15 bandingkan dengan Luk. 16:16 dan zaman Torat beralih kezaman Anugerah dan kebenaran Yoh. 1:17 :

Karena Torat sudah diberi oleh Musa tetapi anugerah dan kebenaran sudah didatangkan oleh Yesus Kristus.

10 hukum Torat itu terbagi atas 4 kasih yakni :

  1. Kasih Agape > Kasih kepada Allah > Hukum I – IV
  2. Kasih Storge > Kasih hubungan darah > Hukum V
  3. Kasih Philia > Kasih sesame manusia > Hukum VI – IX
  4. Kasih Eros > Kasih hawa nafsu > Hukum X

Dalam perjanjian baru disimpulkan menjadi 2 Kasih Mat. 22:34-40 yakni :

  1. Kasih Agape > Hukum I – IV
  2. Kasih Philia > Hukum V – X

Kasih Storge telah hilang, tetapi dimasukkan kepada Kasih Philia karena dikatakan barang siapa yang meninggalkan orang tua, keluarga karena nama Ku ia akan beroleh 100 kali ganda. Atau barang siapa yang tidak membenci orang tua, isterinya dan anak-anaknya karena Aku ia tidak layak. Berarti kasih Sorge lenyap, masuk kepada kasih Philia karena orang tua isteri anak-anak adalah sesame manusia yang tidak terlepasa dari orang lain. Sebab ada kalanya orang tua dan keluarga menjadi penghalang dalam panggilan Allah. Mereka lebih takut kepada orang tua dari pada Tuhan sehingga dalam perjanjian baru kasih Sorge dihapus, lalu dimasukkan dalam kasih Philia Mat. 19:29.

Kemudian kasih Eros itupun dihapus, sebab dikatakan didalam Mat. 5:28 bahwa tiap-tiap orang yang memandang seorang perempuan serta bergerak syawatnya sudahlah ia bersina didalam hatinya. Jadi apabila seorang pria melihat seorang wanita timbul hawa nafsunya, ia sudah besina dalam hatinya. Sedang hati dalam Ams. 4:23 harus dijaga karena dari dalamnya terpancar kehidupan. Sebab dalam perjanjian lama kalau hanya melihat belum berdosa, nanti sudah berbuat baru disebut berdosa dan hukumannya dirajam sampai mati. Tapi dalam perjanjian baru ada pengampunan tetapi ada denda dan jangan berbuat lagi.

Akan tetapi sebagai pembawa kabar penganten diancam oleh 1Kor. 6:12-20 bahkan dalam 1Kor. 7:1 menyentuh perempuanpun tidak diizinkan. Hal ini harus diperhatikan apalagi pembawa kabar penganten yaitu kabar kesempurnaan. Kesucian mempunyai peranan yang penting dalam kehidupan rohani karena orang yang suci hatinya akan memandang Allah Mat. 5:8; Ibr. 12:14.

Perhatikan ayat-ayat yang menyucikan :

  1. Darah Tuhan Yesus  Ibr. 9:14; Wah. 7:14; 1Pet. 2:24;
  2. Firman Allah Yoh. 15:3; Yoh. 17:17
  3.  Baptisan air adalah penyucian untuk menerima anugerah-anugerah Roh kudus Epes. 5:26.
  4.  Roh kudus menyucikan Roma 15:16.

Dalam Yoh. 19:32-33 dikatakan Yesus tidak dipatahkan kakinya sebelum ia mati karena dinubuatkan dalam Yes. 53, tetapi orang yang disalibkan disebelah kanan dan kiri dipatahkan kakinya. Kaki adalah pendirian percaya yang teguh, karena ia memikul tubuh ini. Kalau kaki dipatahkan berarti tidak bias berjalan. Demikian juga kaki rohani kita kalau dipatahkan oleh kuasa kegelapan kita tak bias bersaksi. Sebab itu kaki harus dibasuh oleh Firman Allah Epes. 6:15. Kaki itu sama dengan hati perhatikan Ams. 4:23. Dan itu dinyatakan dalam perjalanan hidup pelayanan kita sesuai Ibr. 12:12-13. Sebab itu angkatlah tangan yang lesu, dan lutut yang tepok dan ratakanlah jalan kaki mu supaya yang timpang itu jangan terpelecok tetapi menjadi sembuh.

Sebab itu jangan sampai kaki iman kita dipatahkan iblis yaitu berjalan diluar kehendak Allah. Yaitu terpengaruh dalam 3 perkara 1Yoh. 2:16-17 yaitu keiginan tubuh keinginan mata dan hidup dengan jemawa. Kalau kita amalkan ini bagaikan kaki itu yang dipatahkan artinya sudah tidak dapat menjadi saksi dan surat yang hidup bagi orang sekalian, bahkan tidak lagi menjadi teladan dengan memperhatikan 2Kor. 3:2-3; 1Kor. 11:1 akhirnya berlaku 2Pet. 2:20-22 yaitu anjing berbalik menjilat muntahnya dan babi yang dimandikan balik kekubangan, karena kaki iman telah dipatahkan iblis.

Ayat 34 : Hanyalah seorang laskar menikam dengan tombak ususnya, maka seketika itu mengalir darah dan air.

Tuhan Yesus tidak dipatahkan kakiNya tetapi laskar Roma telah menikam rusukNya dengan tombak tatkala ia sudah mati, maka sekejab itu mengalirlah darah dan air. Ini terdapat suatu rahasia yang besar karena tatkala Yesus ditusuk oleh lascar maka mengalirlah darh dan air dan ini mengambarkanlahirlah gereja Tuhan yang merupakan tujuan kematian dari pada Tuhan Yesus.

Untuk mencari rahasianya maka kita kembali dalam kitab Kejadian 2:18, 21-24. Waktu Adam tertidur lelap maka Allah mengambil sal;ah satu rusuknya dengan sendirinya Adam harus dioperasi oleh Allah, sudah tentu keluar darah dan air. Dan tulang rusuk yang diambil dari Adam, dijadikannya Hawa yang kemudian jadi isteri Adam.

Itu sebabnya tatkala Yesus ditombak maka keluarlah air dan darah dan itu terjadi seperti Tuhan Yesus telah mati sama dengan Adam tidur lelap. Sebab itu dunia kedokteran tidak takut mengoperasi orang disebabkan Allah pernah mengoperasi Adam, tetapi operasi Adam tidak mempunyai bekas, tapi operasi dokter berbekas. Dan ini mempunyai keajaiban dalam ilmu kedokteran karena untuk mengembalikan hubungan dengan urat-urat yang terputus sebenarnya dalam pandangan kita terlalu sukar akan tetapi para dokter berprinsip sebagaimana Adam telah dioperasi hidup karena Allah sanggup menyambung urat-urat yang putus menjadi satu dan inilah prinsip para dokter.

sebagaimana Adam tidak mempunyai jodoh yang sama dengan dia, itu sebabnya Allah mengoperasi Adam mengambil tulang rusuknya menjadikan Hawa sebagai jodohnya. Sebab itu barang siapa yang dijodohkan Allah jangan diceraikan manusia Mat. 19:6. Itu sebabnya perkawinan manusia ialah ditetapkan dan diikat oleh hukum dunia supaya perceraian tidak seenaknya saja. Dan hukum Allah mulai satu pemberkatan oleh seorang hamba Tuhan dan itu sebabnya perkawinan harus dipelihara apalagi yang membawa kabar penganten yang rahasianya akan diungkapkan tersendiri yang bersumber dari Yes. 55.

Keselamatan rumah tangga itu rahasianya ialah hendaklah isteri tunduk kepada suami seperti kepada Tuhan Epes. 5:22-23. Sama dengan gereja Tuhan harus tunduk kepada Kristus. Tetapi suami harus mengasihi isterinya seperti dirinya sendiri, seperti Yesus mengasihi sidangnya. Sebab itu dalam Kol. 3:18-19 ada persyaratan tunduk pada suami tetapi dengan berpatutan dan dikatakan suami suami jangan kasar kepada isterinya karena ini merupakan hubungan antara Tuhan dan gerejaNya.

Jadi pengorbanan Kristus nyata karena dengan pengorbanan Kristus lahirlah gereja Tuhan. Untuk menjadi gereja Tuhan maka kita perhatikan Yoh. 6:44; 6:37 karena berdasarkan Kisah 2:37-40 ditegaskan bahwa seberapa banyak yang dipanggil oleh Tuhan masuk dalam rencanaNya, dan mengerti akan rencana Allah Mat. 13:11. Dalam memasuki rencana Allah ini perhatikan baik-baik tidak seorangpun datang kepada Bapa Ku kalau tidak ditarik oleh Bapa Ku suka atau tidak karena masuk dalam rencana Allah walaupun tidak mau dengan memperhatikan contoh rasul Paulus dalam Kisah 9.

Dan mereka yang sesudah mendengarkan Firman Allah, mereka itu datang kepada Tuhan karena ditarik oleh kuasa Allah, dengan memperhatikan Yoh. 12:19. Sia-sialah usaha kamu karena dunia mengikut Dia. Sebelum Tuhan Yesus naik kesorga maka untuk masuk rencana Allah perhatikan Kisah 1:5, lalu pada hari Pentakosta baptisan Roh Kudus itu nyata seperti Kisah 2:1-13 adalah wujud dari Kisah 1:5; Yoh. 3:5 dan perhatikan Kisah 2:38 dimana masuk dalam rencana Allah yang pertama adalah bertobat, kemudian dibaptis dengan air dalam nama Tuhan Yesus dan menerima anugerah Roh kudus.

Titik tolak dari anugerah Roh kudus ini adalah baptisan Roh kudus dengan memperhatikan Kisah 10:48 antara lain dikatakan sebab keatas orang kafir juga dicurahkan anugerah Roh Kudus. Jadi anugerah Roh kudus meliputi baptisan Roh kudus. Karena pentingnya baptisan Roh kudus itu perhatikan Kisah 19:2 [ 1-7 ] dimana rasul Paulus bertanya pada murid Yohanes pembaptis, sudahkah kamu memperoleh Roh kudus tatkala kamu percaya ? Anugerah Roh kudus ini meliputi :

  1. Baptisan Roh kudus
  2. Karunia-karunia Roh kudus
  3. Buah-buah Roh kudus

Yang membawa gereja Tuhan menjadi dewasa sehingga menjadi gereja yang terpilih dan bertunangan dengan Tuhan 2Kor. 11:2. Suatu tanda gereja Tuhan bertunangan dengan Tuhan perhatikan 1Kor. 14:26-33 menunjukkan gereja itu hidup karena karunia-karunia ini menunjukkan gereja Tuhan bernafas. Apabila karunia-karunia ini tidak muncul dalam gereja Tuhan, dianggap gereja itu tidak bernafas. Berarti mati rohani seperti sidang Sardis dalam Wah. 3:1 disangka hidup tapi mati. Demikianpun rahasia Firman Allah tertutup baginya karena karunia tidak berjalan / ada. Karena karunia Roh kudus itu diberi Tuhan untuk mengajar perhatikan 1Yoh. 2:27.

Karunia kelompok C tidak berjalan disebakan oleh :

  1. Pemberitaan Firman Allah yang sudah keluar dari kehendak Tuhan.
  2.  Pekerjaan Roh kudus tidak aktif lagi seperti sumbu yang akan padam. Gereja yang menggunakan karunia-karunia Roh kudus pemberitaannya jelas dan meyakinkan serta membawa pada persekutuan dengan Tuhan dan membawa kepada kedewasan rohani perhatikan jemaat Korintus yang penuh dengan karunia dan dikatan oleh Paulus dalam 2Kor. 11:2 sudah ditunangkan dengan Kristus.

Dalam bertunangan dengan Tuhan mulai dari gereja pertama dan seterusnya dan puncaknya nanti diujung akhir zaman dimana gereja Tuhan akan mempersiapkan diri melalui hujan akhir atau kegerakan besar untuk menikah dengan Tuhan. Yang terdiri dari 2 bagian :

  1. Yang mulia > 144.000
  2. Yang kurang mulia semua yang terdiri dari orang-orang Israel dan bukan Israel yang sudah menerima Firman Allah menjadi penurut perkataan dan bukan saja pendengar tapi melakukannya Roma 15:18.

Rahasianya itu perhatikan Yoh. 21:10; Luk. 24:41-42 dimana Tuhan Yesus meminta para rasul memberikan ikan yang baru mereka tangkap, lalu diberikan Petrus ikan goreng sepotong Luk. 24:42 yang rahasianya apabila memberikan ikan kepada Tuhan jangan yang mentah tetapi sudah digoreng. Ikan dalam Mat. 13 berbicara jiwa-jiwa yaitu dalam ayat 47-52. Jadi ikan goreng sepotong berbicara jiwa-jiwa yang sudah sempurna roh, jiwa dan tubuh. Dan ini adalah suatu pekerjaan yang paling berat untuk menjadikan jiwa-jiwa itu ikan goreng sepotong.

Untuk mencapai itu perhatikan pelajaran 7 tingkat iman. Hal ini merupakan suatu tuntutan dan harus menjadi suatu kehidupan karena nanti diakhir zaman sebelum masuk zaman antiKris  maka gereja Tuhan akan diperhadapkan dengan Wah. 19:6-10 perhatikan ayat 7-9 karena ketika kawin Anak domba telah tiba dan isterinyapun sudah sedia. Perhatikan berbahagialah orang yang dijemput pada perkawinan Anak domba itu, harus memakai pakaian perjamuan kawin sebab dalam Mat. 22:11 [ 10-14 ] dimana dikatan : Lalu dilihatnya disitu seorang yang tidak memakai pakaian pesta maka berkatalah ia kepadanya : Hai tolan bagaimanakah engkau masuk kemari dengan tiada memakai pakaian pesta. Ikatlah tangannya dan buang keluar, disana tangis dan kertak gigi. Hubungkan dengan Mat. 25:1-13 dengan 5 gadis yang bodoh. Mereka itulah yang dikatakan perempuan yang kehilangan sekeping perak.

Jadi Allah akan menyempurnakan gereja Nya dan membawa gereja menjadi penganten Anak domba Allah dengan cara menebus dengan darah Anak Nya yaitu Tuhan Yesus dan menyucikan dengan Firman dan Roh Nya melengkapi dengan anugerah-anugerah Roh kudus. Sebab itu betapa Agungnya rencana Allah bagi manusia yang mau percaya kepada Nya dan mau menyerahkan sepenuhnya hidupnya kepada Tuhan untuk dibentuk dan disempurkan roh, jiwa dan tubuh sehingga tidak ada cacat cela pada masa kedatangan Nya kali kedua. 1Tess. 5:23-24. Dan layak menjadi Isteri Anak domba Allah.  Amen

7 Tingkat Iman :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: