DOA YANG SEHARUSNYA…………..

HENDAKLAH BERDOA,  MINTA PELARIAN ITU JANGAN BERLAKU PADA

MUSIN DINGIN ATAU HARI SABAT

MATIUS 24:20-21

Tuhan Yesus menyapaikan kebenaran Firman Allah ini, dimana dikatakan hendaklah kamu berdoa, minta pelarian mu itu jangan berlaku pada musim dingin atau hari sabat.

Ada beberapa hal yang sangat penting yang harus kita perhatikan dalam Firman Tuhan ini :

  1. I.        Apa yang dimaksud dengan berdoa minta pelarian mu itu ?
  2. II.      Firman Tuhan ini ditujukan kepada siapa ?
  3. III.    Apa yang dimaksud dengan musim dingin atau hari sabat ?
  4. IV.    Mengapa pelarian itu jangan pada musim dingin atau hari sabat ?

Pertama kita harus memahami bahwa konteks Mat. 24 ini berbicara tentang akhir zaman, dimana Tuhan berjanji dia akan datang kedua kalinya dalam dua tahap :

  1. Tahap pertama Dia hanya datang diatas awan-awan menjemput gereja Nya yang sudah dewasa rohani sempurna roh, jiwa dan tubuh tidak ada cacat cela atau gereja penganten Kristus 1Tess. 5:23-24; Mat. 5:48; Wah.12:1-2; Epes. 5:26-27,31-32.
  2. Tahap kedua yaitu untuk mengakhiri zaman antiKris dimana Dia akan turun kebumi dan berpijak diatas bukit Zaitun Zac. 14:1-4; Kisah 1:9-12; Wah. 19:11-21.

Ad. I.  Yang dimaksud dengan berdoa minta pelarian mu itu adalah :

Hal ini berbicara tentang bagaimana kita harus mempersiapkan kehidupan rohani kita sesuai dengan kehendak Tuhan atau standard yang telah Tuhan tetapkan sesuai dengan firman Tuhan. Kita harus berdoa dengan sungguh-sungguh dihari-hari ini mencari kehendak Tuhan sehingga kita mengerti dengan benar apa kehendak Tuhan yang sesungguhnya bagi kita diakhir zaman ini ? Jadi jangan kita memakai ukuran rohani kita dengan standard kita sendiri atau standard manusia atau organisasi.

Mari kita perhatikan doa Rasul Paulus dalam Epes. 1:15-23 sebagai berikut :

15 Karena itu, setelah aku mendengar tentang imanmu dalam Tuhan Yesus dan tentang kasihmu terhadap semua orang kudus,

16 akupun tidak berhenti mengucap syukur karena kamu. Dan aku selalu mengingat kamu dalam doaku,

17 dan meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar.

18 Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus,

19 dan betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya, sesuai dengan kekuatan kuasa-Nya,

20 yang dikerjakan-Nya di dalam Kristus dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati dan mendudukkan Dia di sebelah kanan-Nya di sorga,

21 jauh lebih tinggi dari segala pemerintah dan penguasa dan kekuasaan dan kerajaan dan tiap-tiap nama yang dapat disebut, bukan hanya di dunia ini saja, melainkan juga di dunia yang akan datang.

22 Dan segala sesuatu telah diletakkan-Nya di bawah kaki Kristus dan Dia telah diberikan-Nya kepada jemaat sebagai Kepala dari segala yang ada.

23 Jemaat yang adalah tubuh-Nya, yaitu kepenuhan Dia, yang memenuhi semua dan segala sesuatu.

Perhatikan ayat 17 & 18 supaya kita mengenal Dia dengan benar dan supaya Ia menjadikan mata hati mu terang agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilanNya : Betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukanNya bagi orang-orang kudus dan betapa hebatnya kuasaNya ……………..Paulus melihat disini betapa penting gereja Tuhan supaya mengerti apa yang terkandung dalam panggilan Tuhan dimana betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan Tuhan bagi gerejaNya. Hal ini terutama berbicara tentang apa yang dimaksud dalam ayat 23 yaitu : Jemaat yang adalah tubuh Nya yaitu kepenuhan Dia yang memenuhi semua dan segala sesuatu. Untuk lebih jelas kita hubungkan dengan Epes. 4:11-13 sebagai berikut :

11 Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar,

12 untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus,

13 sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus,

Jadi kehendak Tuhan bagi gerejaNya sebagai tubuhNya, dimana Dia sebagai kepala gereja, adalah yang dimaksud dengan ayat 13 yaitu gereja mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus. Dalam Alkitab terjemahan lama [ bode ] Epes. 4:13 berbunyi :

Sehingga kita sekalian sampai kepada persatuan iman dan marifat Anak Allah, dan menjadi orang yang sudah akil balik, sehingga bertambah-tambah sempurna sama dengan Kristus,

Mari kita perhatikan lagi doa rasul Paulus dalam Kol. 1:9-10 sebagai berikut :

9 Sebab itu sejak waktu kami mendengarnya, kami tiada berhenti-henti berdoa untuk kamu. Kami meminta, supaya kamu menerima segala hikmat dan pengertian yang benar, untuk mengetahui kehendak Tuhan dengan sempurna,

10 sehingga hidupmu layak di hadapan-Nya serta berkenan kepada-Nya dalam segala hal, dan kamu memberi buah dalam segala pekerjaan yang baik dan bertumbuh dalam pengetahuan yang benar tentang Allah,

Kalau kita perhatikan bahwa intinya Epes. 1:15-23 dan Kol. 1:9-10 adalah sama yaitu Tuhan menghendaki gereja mengerti kehendak Tuhan dengan sempurna sehingga menjadi sempurna sama seperti Bapa disorga sempurna adanya Mat. 5:48; 1Pet. 1:15-16.

Marilah kita bersama-sama dihari hari ini berusaha mencapai kehidupan roahani sesuai dengan standard yang telah Tuhan tetapkan, pergunakanlah waktu yang ada sesuai dengan kehendak Tuhan, minta hikmat dari Tuhan bagaimana kita menggunakan waktu yang Tuhan anugerahkan kepada kita. Perhatikan Epes. 5:14-18 sebagai berikut :

14 Itulah sebabnya dikatakan: “Bangunlah, hai kamu yang tidur dan bangkitlah dari antara orang mati dan Kristus akan bercahaya atas kamu.”

15 Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif,

16 dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.

17 Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan.

18 Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh,

Ad.II. Firman Tuhan ini ditujukan kepada :

Mereka yang dimaksudkan dalam Mat. 24:19 yang berbunyi :

19 Celakalah ibu-ibu yang sedang hamil atau yang menyusukan bayi pada masa itu.

Dalam Alkitab terjemahan Lama [ Bode ] berbunyi :

Wai bagi segala perempuan yang mengandung dan menyusui anaknya pada masa itu.

Jadi Firman Tuhan ini ditujukan kepada dua golongan yaitu :

  1. Wai bagi perempuan yang mengandung.
  2. Wai bagi perempuan yang menyusui anaknya.

Ada perbedaan dalam Alkitab terjemahan lama dan Alkitab terjemahan baru dalam ayat ini dimana dalam terjemahan lama mengatakan wai bagi perempuan, sedangkan terjemahan baru mengatakan celakalah ibu-ibu. Dalam konteks ini kami memakai terjemahan lama karena ada maksud rohani dalam ayat ini yang lebih tepat memakai terjemahan lama. Karena ini sebenarnya berbicara tentang gereja Tuhan perhatikan 2Kor. 11:2 Paulus menggambarkan gereja Tuhan di Korintus sebagai perawan yang suci yang ditunangkan denga Kristus, karena jemaat Tuhan adalah mempelai perempuan dan Kristus adalah mempelai laki-laki Epes. 5:22-32.

Ad. a. Yang dimaksud dengan perempuan yang mengandung adalah gereja Tuhan yang telah mengandung benih yaitu Firman Allah Luk. 8:11 sebagai berikut :

Inilah arti perumpamaan itu: Benih itu ialah firman Allah.

Yaitu berbicara tentang gereja Tuhan yang telah menerima Firman Allah, menerima Tuhan Yesus sebagai juruselamat tetapi masih hidup dalam kegelapan dosa seperti apa yang dikatan dalam Firman Tuhan :

Roma 1:21-32  Sebab sekalipun mereka mengenal Allah, mereka tidak memuliakan Dia sebagai Allah atau mengucap syukur kepada-Nya. Sebaliknya pikiran mereka menjadi sia-sia dan hati mereka yang bodoh menjadi gelap.

22 Mereka berbuat seolah-olah mereka penuh hikmat, tetapi mereka telah menjadi bodoh.

23 Mereka menggantikan kemuliaan Allah yang tidak fana dengan gambaran yang mirip dengan manusia yang fana, burung-burung, binatang-binatang yang berkaki empat atau binatang-binatang yang menjalar.

24 Karena itu Allah menyerahkan mereka kepada keinginan hati mereka akan kecemaran, sehingga mereka saling mencemarkan tubuh mereka.

25 Sebab mereka menggantikan kebenaran Allah dengan dusta dan memuja dan menyembah makhluk dengan melupakan Penciptanya yang harus dipuji selama-lamanya, amin.

26 Karena itu Allah menyerahkan mereka kepada hawa nafsu yang memalukan, sebab isteri-isteri mereka menggantikan persetubuhan yang wajar dengan yang tak wajar.

27 Demikian juga suami-suami meninggalkan persetubuhan yang wajar dengan isteri mereka dan menyala-nyala dalam berahi mereka seorang terhadap yang lain, sehingga mereka melakukan kemesuman, laki-laki dengan laki-laki, dan karena itu mereka menerima dalam diri mereka balasan yang setimpal untuk kesesatan mereka.

28 Dan karena mereka tidak merasa perlu untuk mengakui Allah, maka Allah menyerahkan mereka kepada pikiran-pikiran yang terkutuk, sehingga mereka melakukan apa yang tidak pantas:

29 penuh dengan rupa-rupa kelaliman, kejahatan, keserakahan dan kebusukan, penuh dengan dengki, pembunuhan, perselisihan, tipu muslihat dan kefasikan.

30 Mereka adalah pengumpat, pemfitnah, pembenci Allah, kurang ajar, congkak, sombong, pandai dalam kejahatan, tidak taat kepada orang tua,

31 tidak berakal, tidak setia, tidak penyayang, tidak mengenal belas kasihan.

32 Sebab walaupun mereka mengetahui tuntutan-tuntutan hukum Allah, yaitu bahwa setiap orang yang melakukan hal-hal demikian, patut dihukum mati, mereka bukan saja melakukannya sendiri, tetapi mereka juga setuju dengan mereka yang melakukannya.

Yunus 4:11 Bagaimana tidak Aku akan sayang kepada Niniwe, kota yang besar itu, yang berpenduduk lebih dari seratus dua puluh ribu orang, yang semuanya tak tahu membedakan tangan kanan dari tangan kiri, dengan ternaknya yang banyak?”

Jadi perempuan yang mengandung atau gereja yang mengandung adalah gereja yang masih hidup dalam dosa, karena pikiran mereka masih dikuasai kegelapan sehingga tidak tau membedakan mana tangan kanan dan mana tangan kiri atau mana yang benar dan mana yang salah. Istilah yang populer adalah kristen tanpa pertobatan [ KTP ]. Mereka belum lahir baru dari pada air dan Roh, biasanya jadi Kristen karena keturunan, karena orang tuanya kristen maka dia ikut jadi Kristen, belum mengalami pembaharuan hidup. Sama seperti benih yang ada dalam kandungan ibu masih dalam kegelapan, tidak berdaya sama sekali, belum mengerti apapun.

Sebab itu dikatakan wai atau celaka, karena kalau tidak bertobat maka tidak mengalami pengangkatan, masuk zaman antiKris dan kalau tetap tidak bertobat maka masuk neraka yang kekal.

Ad. b. Yang dimaksudkan dengan perempuan yang menyusukan anak adalah :

Gereja Tuhan yang masih dalam taraf kanak-kanak rohani. Merekalah yang dimaksudkan oleh Paulus dalam Firman Tuhan :

1 Korintus 3:1-7  Dan aku, saudara-saudara, pada waktu itu tidak dapat berbicara dengan kamu seperti dengan manusia rohani, tetapi hanya dengan manusia duniawi, yang belum dewasa dalam Kristus.

2 Susulah yang kuberikan kepadamu, bukanlah makanan keras, sebab kamu belum dapat menerimanya. Dan sekarangpun kamu belum dapat menerimanya.

3 Karena kamu masih manusia duniawi. Sebab, jika di antara kamu ada iri hati dan perselisihan bukankah hal itu menunjukkan, bahwa kamu manusia duniawi dan bahwa kamu hidup secara manusiawi?

4 Karena jika yang seorang berkata: “Aku dari golongan Paulus,” dan yang lain berkata: “Aku dari golongan Apolos,” bukankah hal itu menunjukkan, bahwa kamu manusia duniawi yang bukan rohani?

5 Jadi, apakah Apolos? Apakah Paulus? Pelayan-pelayan Tuhan yang olehnya kamu menjadi percaya, masing-masing menurut jalan yang diberikan Tuhan kepadanya.

6 Aku menanam, Apolos menyiram, tetapi Allah yang memberi pertumbuhan.

7 Karena itu yang penting bukanlah yang menanam atau yang menyiram, melainkan Allah yang memberi pertumbuhan.

Epes. 4:14  sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan,

Ibr. 5:11-14 Tentang hal itu banyak yang harus kami katakan, tetapi yang sukar untuk dijelaskan, karena kamu telah lamban dalam hal mendengarkan.

12 Sebab sekalipun kamu, ditinjau dari sudut waktu, sudah seharusnya menjadi pengajar, kamu masih perlu lagi diajarkan asas-asas pokok dari penyataan Allah, dan kamu masih memerlukan susu, bukan makanan keras.

13 Sebab barangsiapa masih memerlukan susu ia tidak memahami ajaran tentang kebenaran, sebab ia adalah anak kecil.

14 Tetapi makanan keras adalah untuk orang-orang dewasa, yang karena mempunyai pancaindera yang terlatih untuk membedakan yang baik dari pada yang jahat.

1 Korintus 6:1-7  Apakah ada seorang di antara kamu, yang jika berselisih dengan orang lain, berani mencari keadilan pada orang-orang yang tidak benar, dan bukan pada orang-orang kudus?

2 Atau tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang kudus akan menghakimi dunia? Dan jika penghakiman dunia berada dalam tangan kamu, tidakkah kamu sanggup untuk mengurus perkara-perkara yang tidak berarti?

3 Tidak tahukah kamu, bahwa kita akan menghakimi malaikat-malaikat? Jadi apalagi perkara-perkara biasa dalam hidup kita sehari-hari.

4 Sekalipun demikian, jika kamu harus mengurus perkara-perkara biasa, kamu menyerahkan urusan itu kepada mereka yang tidak berarti dalam jemaat?

5 Hal ini kukatakan untuk memalukan kamu. Tidak adakah seorang di antara kamu yang berhikmat, yang dapat mengurus perkara-perkara dari saudara-saudaranya?

6 Adakah saudara yang satu mencari keadilan terhadap saudara yang lain, dan justru pada orang-orang yang tidak percaya?

7 Adanya saja perkara di antara kamu yang seorang terhadap yang lain telah merupakan kekalahan bagi kamu. Mengapa kamu tidak lebih suka menderita ketidakadilan? Mengapakah kamu tidak lebih suka dirugikan?

Ayat – ayat diatas menggambarkan ciri-ciri gereja Tuhan yang masih dalam tingkatan kanak-kanak rohani yaitu :

  1. Makanan utamanya adalah susu, belum bisa makan makanan keras / belum bisa menerima pengajaran keras / templakan.
  2. Belum bisa dikatakan sebagai manusia rohani tapi masih manusia duniawi
  3. Masih ada iri hati
  4. Masih ada perselisihan
  5. Masih suka pihak memihak / kelompok belum bisa menyatu dalam Kristus
  6. Belum punya pendirian dalam Firman Allah / pengajaran Tuhan
  7. Masih lamban dalam mendengarkan belum mampu memahami kebenaran Allah yang sesungguhnya.
  8. Waktu tidak menjamin kedewasaan rohani, seharusnya sudah menjadi guru tapi kenyataannya masih harus diajar hal-hal yang sangat dasar.
  9. Belum bisa membedakan mana baik dan jahat, karena Pancaindra rohaninya belum berkembang dengan baik. Seperti anak-anak Pancaindra jasmaninya belum berkembang dengan sempurna. Contoh : mata jarak pandangnya masih terbatas sekali, begitu juga dalam membedakan warna. Indra pengecapnya juga masih terbatas, belum bisa membedakan semua rasa dll.
  10. Belum bisa menyelesaikan masalah, makanya pergi kehakim dunia
  11. Tidak mau menderita ketidak adilan / tidak bisa menerima kalaudiperlakukan tidak adil
  12. Tidak mau dirugikan.

Gereja Tuhan yang kanak-kanak rohani ini dikatan celaka karena kalau mereka tidak bertumbuh dewasa meninggalkan sifat kanak-kanak mereka tidak layak menjadi pengantennya Tuhan, sehingga apabila tiba keangkatan gereja Tuhan mereka akan tertinggal masuk zaman antiKris. Dan apabila mereka tidak kuat menghadapi aniaya antiKris dan mengalami 7 sangkakala kemudian menyerah kepada antikris maka akan masuk neraka yang kekal.

Sebab itu Firman Tuhan dalam Ibrani 6:1 -3

Ibrani 6:1-3  Sebab itu marilah kita tinggalkan asas-asas pertama dari ajaran tentang Kristus dan beralih kepada perkembangannya yang penuh. Janganlah kita meletakkan lagi dasar pertobatan dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, dan dasar kepercayaan kepada Allah,

2 yaitu ajaran tentang pelbagai pembaptisan, penumpangan tangan, kebangkitan orang-orang mati dan hukuman kekal.

3 Dan itulah yang akan kita perbuat, jika Allah mengizinkannya.

Dalam Alkitab terjemahan lama berkata langsungkan pada kesempurnaan [ bertumbuh menjadi gereja Tuhan yang dewasa ].

Untuk menjadi gereja yang dewasa butuh pengajaran yang keras / pengajaran yang langsung dari Tuhan, pengajaran tentang salib, tentang menyalibkan kedagingan sehingga muncul manusia Roh perhatikan Yoh. 6:25-66 Firman dan Roh jadi makanan dan minuman kita yang sesungguhnya artinya Firman Allah jadi kehidupan kita, Roh Allah menguasai sepenuhnya kehidupan kita.

Dalam Gal. 5:24-25 berkata :

Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya.

Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh,

Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,

kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.

Gal 5:22-23.

Gal. 5:20 : namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.

Perhatikan pelajaran 7 Tingkat Iman :

Ad. III.  Yang dimaksud dengan musim dingin atau hari sabat adalah :

Musim dingin atau musim salju orang tidak bisa bekerja, hal ini berbicara tentang pekerjaan Tuhan sudah selesai, demikian juga hari Sabat orang tidak bisa bekerja sesuai hukum Torat. Jadi tidak ada lagi ibadah, penginjilan, persekutuan doa, pendalaman Alkitab atau sekolah Alkitab dll, karena gereja Tuhan sudah sempurna.

Hal ini berlaku mulai pada Metrai V Wah. 6:9-11 dimana antiKris mulai membunuh hamba-hamba Tuhan / anank-anak Tuhan khususnya yang ditetapkan untuk mati sahid, sampai pada meterai ke VII Wah. 8-19 dimana antiKris berkuasa penuh atas seluruh bumi. Inilah yang dimaksud dengan Firman Allah dalam Amos 8:11-14.

11 “Sesungguhnya, waktu akan datang,” demikianlah firman Tuhan ALLAH, “Aku akan mengirimkan kelaparan ke negeri ini, bukan kelaparan akan makanan dan bukan kehausan akan air, melainkan akan mendengarkan firman TUHAN.

12 Mereka akan mengembara dari laut ke laut dan menjelajah dari utara ke timur untuk mencari firman TUHAN, tetapi tidak mendapatnya.

13 Pada hari itu akan rebah lesu anak-anak dara yang cantik dan anak-anak teruna karena haus;

14 mereka yang bersumpah demi Asima, dewi Samaria dan yang berkata: Demi allahmu yang hidup, hai Dan! serta: Demi dewa kekasihmu yang hidup, hai Bersyeba! mereka itu akan rebah dan tidak akan bangkit-bangkit lagi.”

Jadi pada masa itu akan ada rasa lapar dan haus akan kebenaran Allah yaitu banyak orang merindukan Tuhan, rindu akan kebenaran Firman Allah dan Roh kudus tapi sayang sekali mereka tidak mendapatkan Nya lagi, karena pintu kemurahan Allah sudah tertutup. Mereka keliling dunia dengan dana yang besar, tapi tetap sia-sia, tidak menemukan lagi ibadah-ibadah, persekutuan doa dan sebagainya, karena semua gereja telah ditutup oleh antiKris, semua Alkitab, buku-buku, sarana rohani dimusnahkan.

Hal ini merupakan peringatan bagi kita yang hidup sekarang ini jangan sampai terlambat mencari Tuhan. Berdoalah sekarang ini supaya kita diberikan rasa lapar dan haus akan kebenaran Firman Allah dan Roh Allah maka kita akan dipuaskan perhatikan Firman Allah dalam  Mat. 5:6 sebagai berikut :

Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan.

Kita harus menginginkan kebenaran yang sesungguhnya yaitu kebenaran dari Allah, kebenaran yang murni, yang tidak bercampur dengan pikiran manusia ataupun roh-roh kegelapan, bagaikan bayi yang merindukan susu murni supaya kita bertumbuh dengan subur menuju keselamatan 1Pet. 2:2 sebagai berikut :

Dan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan,

Sebab itu pergunakanlah waktu yang ada sekarang ini, jangan kita bodoh tapi usahakan untuk mengerti kehendak Allah, mari kita bangkit sekarang ini, jangan sampai terlambat, sesal kemudian tak ada gunanya. Perhatikan kembali Firman Tuhan dalam Epes. 5:14-18.

Ad.IV. Mengapa minta pelarian mu itu jangan jatuh pada musim dingin atau hari sabat :

 

Karena pada masa itu, yaitu masa antiKris akan terjadi apa yang dikatakan dalam Mat. 24:21 sebagai berikut :

Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan yang dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang dan yang tidak akan terjadi lagi.

Jadi penyiksaan dizaman antiKris sangat mengerikan sekali, sebab itu antiKris digambarkan seperti binatang dalam Wah. 13 , dimana tidak ada rasa kemanusiaan sama sekali.

Sebagai gambaran penyiksaan zaman antiKris dikatakan dalam Wah. 9:4-6 sebagai berikut :

4 Dan kepada mereka dipesankan, supaya mereka jangan merusakkan rumput-rumput di bumi atau tumbuh-tumbuhan ataupun pohon-pohon, melainkan hanya manusia yang tidak memakai meterai Allah di dahinya.

5 Dan mereka diperkenankan bukan untuk membunuh manusia, melainkan hanya untuk menyiksa mereka lima bulan lamanya, dan siksaan itu seperti siksaan kalajengking, apabila ia menyengat manusia.

6 Dan pada masa itu orang-orang akan mencari maut, tetapi mereka tidak akan menemukannya, dan mereka akan ingin mati, tetapi maut lari dari mereka.

Disini dikatakan ada 5 bulan lamanya antiKris akan menyiksa gereja Tuhan yang tertinggal karena tidak mengalami keangkatan, siksaan seperti disengat kalajengking sangat sakit. Karena sakit yang tidak tertahankan maka mereka ingin mati, tapi maut lari dari mereka artinya Tuhan tidak izinkan ada kematian selama 5 bulan itu. Jadi walaupun disiksa sedemikian rupa tapi tidak akan mati.

Penyiksaan pada masa itu antara lain :

  1. Ada yang dikuliti seperti kambing, ditaruh jeruk.
  2. Ada yang digantung di Helikopter kemudian dujatuhkan dijurang.
  3. Ada yang ditarik dengan kereta api
  4. Ada yang dimasukkan kedalam mesin penghancur batu
  5. Ada yang dimutilasi dll.

Belum lagi pada masa itu akan ada 7 sangkakala dan 7 cawan murka Allah sebai berikut :

Sebab itu carilah Tuhan dengan sungguh-sungguh dihari-hari ini, jangan jadi orang Kristen yang puas sudah percaya kepada Tuhan Yesus atau sudah bertobat dibaptis penuh Roh kudus, atau sudah puas karena beroleh karunia roh kudus dipakai oleh Tuhan. Tapi berusahalah dengan pertolongan Tuhan melalui Firman Nya dan Roh Nya mencapai kesempurnaan yang dijanjikan oleh Tuhan. Sehingga saat Tuhan datang kali yang kedua untuk mengangkat gereja Nya maka kita akan terangkat masuk dalam kemuliaan Nya berpesta bersama dengan Anak domba Allah yaitu Tuhan Yesus Kristus sebagai mempelai sorga.

Wah. 19 : 6-10 sebagai berikut :

6 Lalu aku mendengar seperti suara himpunan besar orang banyak, seperti desau air bah dan seperti deru guruh yang hebat, katanya: “Haleluya! Karena Tuhan, Allah kita, Yang Mahakuasa, telah menjadi raja.

7 Marilah kita bersukacita dan bersorak-sorai, dan memuliakan Dia! Karena hari perkawinan Anak Domba telah tiba, dan pengantin-Nya telah siap sedia.

8 Dan kepadanya dikaruniakan supaya memakai kain lenan halus yang berkilau-kilauan dan yang putih bersih!” (Lenan halus itu adalah perbuatan-perbuatan yang benar dari orang-orang kudus.)

9 Lalu ia berkata kepadaku: “Tuliskanlah: Berbahagialah mereka yang diundang ke perjamuan kawin Anak Domba.” Katanya lagi kepadaku: “Perkataan ini adalah benar, perkataan-perkataan dari Allah.”

Perhatikan ! Apa isi doa mu dihari-hari ini menunjukkan siapa anda, dan bagaimana anda nanti.

Immanuel Gbu amen.

2 responses to this post.

  1. Posted by James Dapu on Desember 18, 2012 at 6:02 pm

    Puji TUHAN, Haleluyah.
    Terima kasih Om sudah berkenan berbagi dengan sepenuh hati – bersusah-susah mem-posting Pengajaran yang banyak sekali. saya sangat bersyukur kepada TUHAN soalnya banyak Rahasia Pengajaran yang tidak sempat dicatat waktu ikut Sekolah Alkitab.
    TUHAN pasti menilik dan memberkati Om dan Keluarga serta Pelayanan.
    Maju Terus Om, banyak yang menanti posting-posting selanjutnya, terima kasih banyak.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: