RAHASIA KITAB WAHYU

KITAB WAHYU

 

Wahyu kepada Yohanes :

Diungkapkan melalui visiun di Sulawesi Selatan kemudian disempurnakan di Sulawesi Utara.

Pendahuluan :

Judul yang sesungguhnya dari kitab ini adalah : Wahyunya Aku [ Tuhan Yesus ] bukan Wahyunya Yohanes. Rasul Ku Yohanes menerima wahyu ini dari Aku tatkala rasul Ku ini diasingkan / dibuang ke pulau Patmos karena menyaksikan kebenaran Firman Ku [ lihat peta, letaknya pulau Patmos di Asia kecil dilaut tengah ]. Dipulau Patmos inilah Aku menunjukkan kepadanya melalui wahyu / penglihatan hal-hal yang sedang terjadi pada zamannya [ gereja hujan awal ]dan hal-hal yang akan terjadi diakhir zaman yang belum pernah dilihatnya dan ia sendiripun tidak mengerti. Hal ini terjadi selain ditetapkan kepadanya juga disebabkan karena pengalaman rohani yang indah serta persekutuan yang heran dengan Aku.

Rasul Ku Yohanes ini telah mengalami banyak kesusahan, pencobaan dan aniaya yang akhirnya ia diasingkan / dibuang oleh sebab nama Ku. Pengalaman rasul Ku ini mempunyai persamaan pengalaman dengan rasul Ku Paulus dimana ia mempunyai pengalaman rohani yang luar biasa mengagumkan, karena melayani Aku dan mempertahankan kebenaran Firman Ku. Perhatikan 2Kor. 1:8-11; 11:23-30.

Mengapa Aku hanya menyatakan wahyu Ku ini yang luar biasa kepada rasul Ku Yohanes dan bukan kepada rasul Ku yang lain? Ada 3 perkara yang penting yang harus kamu ketahui :

1. Ia seorang rasul yang sangat mengasihi Aku. Selama Aku bersama-sama dengan rasul-rasul Ku dalam menjalankan tugas dari Bapa Ku selama 3 ½ th, maka rasul Ku ini mengasihi Aku terlebih dari rasul-rasul yang lain. Rasul Ku Yohanes sering menyandarkan kepalanya didada Ku Yoh. 13:25 sbb :

Oleh yang demikian sedangkan murid itu bersandar didada Yesus lalu katanya : Ya Tuhan siapakah dia itu. Perhatikan juga Yoh. 21:20-23.

Kenapa dia bersandar didada Ku ? Karena didalam dada terdapat jantung. Jantung adalah lambang kasih yang sesungguhnya. Itu sebabnya ia sangat mengasihi Aku, dan Aku sangat mengasihi dia.

2. Rasul Ku ini adalah seorang rasul yang Aku panggil diusia yang masih muda 20 th. Angka 20 adalah angka kemuliaan / pilihan. Selama Aku melayani pekerjaan Bapa Ku ia adalah seorang rasul yang setia, dimana Aku pergi dia selalu ada. Mereka termasuk rasul Petrus dan Yakobus.

3. Dia adalah rasul yang terakhir. Tatkala ia menerima wahyu ini, rasul-rasul yang lain sudah meninggal [ sebelas rasul yang lain ]. Rasul Ku ini wafat pada th 100 masehi dikota Epesus, dengan kematiannya ini berakhirlah zaman kerasulan gereja hujan awal. Rasul Ku ini mati sahid.

Ke 3 perkara inilah yang menyebabkan Aku menganugerahkan buku wahyu ini kepadanya, sebagai penutup Alkitab, yaitu buku yang ke 66, tetapi sangat penting dan tidak termetrai serta sangat berguna bagi gereja akhir.

Rasul Ku ini diasingkan dan dibuang oleh Kaisar Domitian dari Kerajaan Roma raya dikepulauan Patmos antara th 94 – 96 masehi. Kaisar Domitian adalah seorang kaisar Romawi yang sangat kejam terhadap umat Kristen, yang mempunyai ciri-ciri seperti kaisar Nero yang membunuh Paulus dan Petrus. Pada th 96 masehi tatkala rasul Ku ini berada dipulau Patmos / diasingkan, maka Aku menyatakan kepadanya buku wahyu ini dan setelah selesai pewahyuan dan serta disuratkannya maka kemudian dari pada itu ia dibebaskan dan meninggalkan pulau Patmos, serta menuju ke Yerusalem dan dari sana ia keluar menginjil dengan membawa pekabaran yang keras, sampai ke Epesus dan pada th 100 ia mati sahid.

Wahyu dalam bahasa gerika disebut Apocalipsis artinya mengungkap / membuka tudung. Contoh :

Nabi Musa dalam Kel. 34:29-35. Sesudah nabi ku Musa berpuasa 40 hr 40 malam diatas bukit Zinai dimana ia bersekutu dengan Aku dan Aku menyampaikan Firman kepadanya untuk umat Ku Israel, maka mukanyapun bercahaya-cahaya, karena sifat Ilahi Ku menembus kehidupannya. Tatkala nabi Ku Musa ini selesai berpuasa ia turun dari bukit zinai bertemu dengan Harun dan umat Ku, akan tetapi mereka tidak sanggup memandang mukanya, karena terang Ilahi yang nampak pada mukanya. Untuk menghindari ini, maka nabi Musa memakai tudung untuk menudungi mukanya. Dari belakang tudung ini nabi Ku Musa menyampaikan Firman Ku, kepada umat Israel. Tetapi apabila ia menghadap Aku, maka tudung itu dibukanya.

Adapun buku wahyu ini, berisi nubuatan-nubuatan yang sedang terjadi ditengah-tengah 7 sidang yang ada pada masa itu, dan peristiwa-peristiwa yang akan datang, terutama mengenai akhir zaman sampai kepada bumi baru dan langit baru / Yerusalem baru dan Neraka. Sewaktu rasul Ku ini menerima buku wahyu ini, ia tidak mengerti. Tetapi untuk rasul-rasul hujan akhir dan hamba-hamba Ku yang Aku lantik, buku ini rahasianya akan diungkapkan, sekarang sedang diungkapkan dan buku wahyu ini bukan rahasia lagi. Perhatikan Daniel 9:27; 12:4.

Buku wahyu ini tidak termetrai, tidak seperti kitab Daniel. Bahkan kitab Daniel pun akhir zaman ini akan Aku ungkapkan. Apabila ada hamba-hamba Tuhan yang menutup rahasia buku wahyu ini maka mereka tidak akn disempurnakan. Karena buku wahyu ini mengungkapkan rahasia besar, bagaimana gereja Ku menikah dengan Aku. Masa antiKris dan kebinasaan nya, 1000 th masa damai sementara iblis dibelenggu, juga berbicara bumi baru langit baru, Yerusalem baru, dan neraka terutama kekalahan total dari iblis, dan kemenangan mutlak dari gereja Ku. Dalam perjanjian lama banyak buku-buku yang menyinggung tentang gereja penganten, tetapi haya merupakan bayangan saja, seperti buku Rut, Ester dan Kidung Agung. Tetapi dalam buku wahyu ini diterangkan terperinci tentang rahasia gereja penganten yang akan diungkapkan dalam wah. 12.

Perhatikan pembagian Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru :

A. PERJANJIAN LAMA TERDIRI DARI :

1. Buku-buku Torat / Pentatus / 5 Kitab Musa.

2. Tulisan-tulisan orang suci

3. Kitab Zabur / Mazmur

4. Buku-buku Nabi besar dan Nabi kecil

B. PERJANJIAN BARU TERDIRI DARI :

1. 4 Injil

2. Kisah segala rasul

3. Surat-surat dari rasul-rasul dan murid-murid Ku

4. Buku wahyu.

Penjelasan kusus mengenai perjanjian baru :

Ad. 1. 4 Injil : Dalam 4 Injil terdiri dari :

1. Injil Matius

2. Injil Markus

3. Injil Lukas

4. Injil Yohanes

Ke 4 Injil ini menceritakan pelayanan Ku / pekerjaan Ku selama 3 ½ th dan sedikit tentang rahasia kelahiran Ku. Apabila kamu memperhatikan pelajaran Tabernakel maka ke 4 Injil adalah mengagungkan :

  • Kuasa Ku
  • Kebenaran Ku
  • Kesucian Ku
  • Kemuliaan Ku

Ad. 2. Kitab Kisah segala rasul : Menceritakan tentang pekerjaan rasul-rasul Ku.

Ad. 3. Surat-surat Rasul-rasul & murid-murid Ku. Surat ini dimulai dari surat Roma sampai dengan surat Yehuda. Surat-surat ini mengandung nasehat-nasehat bagi gereja penganten. Dan gereja penganten yang memperhatikan nasehat ini akan disempurnakan, dan kalau sudah sempurna melalui kegerakan besar akan menikah dengan Aku.

Ad. 4. Buku Wahyu : Adalah buku yang terakhir dari Alkitab yang mengungkapkan tujuan dan rencana dari Aku yakni : Pernikahan dengan Aku, sebab itu buku wahyu disebut buku pernikahan. Karena pentingnya buku wahyu ini Aku telah berpesan pada rasul Ku Yohanes, melalui malaekat ku Jibrael, agar jangan memetraikan perkataan didalam buku wahyu ini. Perhatikan Wah. 22:10 :

Lalu kataNya kepada ku janganlah engkau memetraikan segala perkataan nubuat didalam kitab ini, karena masanya sudah dekat.

Lain dengan buku Daniel yang Aku suruhkan supaya dimetraikan Daniel 12:4 dan nanti pada akhir zaman buku Daniel ini akan diungkapkan, bersamaan dengan buku wahyu, karena kedua buku ini mempunyai hubungan yang erat sekali mengenai akhir zaman.

Buku Daniel Buku Wahyu
1. Ditulis oleh Nabi Daniel2. Tempat penulisan di Babilon3. Peristiwa terjadi di Babilon4. Ditulis dalam bahasa Arami, Siria & Ibrani

5. Meliputi Umat Israel samapai akhir zaman

1. Ditulis oleh Rasul Yohanes2. Tempat penulisan di P.Patmos / Epesus3. Terjadi dipulau Patmos4. Ditulis dalam B. Yunani Koine & Ibrani

5. Meliputi gereja Tuhan diakhir zaman

 
  1. A.    Perbandingan Buku Daniel dan Buku Wahyu :
  1. B.    Perbandingan Pribadi Nabi Daniel & Rasul Yohanes :
NABI DANIEL RASUL YOHANES
  1. 1.    Ditawann di Babilonia
  2. 2.    Oleh Raja Nebukadnezar
  3. 3.    Kekasih Allah Daniel 9:23
  4. 4.    Kuasa dunia Babilon
  5. 5.    Bangsawan Daniel 1:3,6
  6. 6.    Terpelajar Daniel 1:4, 17-21
  7. 7.    Lamanya ditawan 70 Th.
  8. 8.    Khayal diberi Allah melalui Malaekat Jibrael Daniel 8:16
  9. 9.    Daniel pingsan saat menerima khayal Daniel 10:8-9

10. Ditawan karena dosa-dosa Umat Israel

  1. 1.    Ditawan di Pulau Patmos
  2. 2.    Oleh Kaisar Domitian
  3. 3.    Kekasih Kristus Yoh. 13:23
  4. 4.    Kuasa dunia Romawi
  5. 5.    Nelayan Mat. 4:21
  6. 6.    Tidak terpelajar Kisah 4:13
  7. 7.    Lamanya ditawan sekitar 3 Th.
  8. 8.    Wahyu diberikan oleh Tuhan Yesus melalui malaekat Jibrael
  9. 9.    Rasul Yohanes pingsan saat menerima Wahyu Wah. 1:17

10. Rasul Yohanes ditawan karena Injil Tuhan Yesus.

Setan tidak menyukai buku wahyu ini, karena buku ini membuka kedok dan siasat jahat dari sisetan. Sebab itu setan menghendaki agar manusia / orang-orang beriman supaya jangan mempelajari dan membaca buku wahyu ini. Untuk itu setan berusaha mencari rupa-rupa jalan / siasat untuk menutup mata rohani gereja-gereja Ku diseluruh bumi. Sebab itu jangan kamu heran kalau ada beberapa pendapat dari berbagai hamba-hamba Ku, diberbagai organisasi didunia ini mengenai buku wahyu ini. Untuk itu Aku berikan pandangan para hamba Ku dari berbagai gereja didunia ini antara lain :

1. Ada diantara hamba-hamba Ku dari aliran Pantekosta menganggap bahwa buku ini, berisi nubuatan-nubuatan dan yang sudah lalu hanya bersifat sejarah saja. Dan hanya untuk gereja mula-mula. Pendapat mereka ini keliru, karena mereka tidak menyelidiki Firman Ku ini dengan seteliti-telitinya. Sebab itu mereka tidak akan disempurnakan jadi gereja penganten, meskipun mereka merindukan hal ini.

2. Ada diantara hamba-hamba Ku dari aliran Katolik yang menganggap / berpendapat bahwa buku wahyu ini berisi beberapa rahasia yang sukar dimengerti dan diartikan. Sebab itu mereka menganjurkan supaya buku ini tidak usah dibaca / dipelajari. Sebab itu mereka takut membaca buku wahyu ini. Pendapat mereka ini pun keliru, dan jangan berharap mereka jadi penganten.

Perhatikan supaya gereja Ku / hamba-hamba Ku yang hidup pada akhir zaman ini, dimana gereja Ku akan disempurnakan menjadi gereja penganten melalui kegerakan besar yang sudah diambang pintu, bukan saja membaca buku wahyu ini, tetapi menyelidikinya dengan seksama. Karena buku wahyu ini berisi perkara-perkara yang heran yang akan diterangkan pasal datang ke pasal. Adapun pengwahyuan sangat berguna bagi gereja Ku / umat manusia 2Tim. 3:16-17; 2Pet. 1:19-21.

Untuk mengetahui rahasia dari buku wahyu ini harus mempunyai kerinduan yang besar dan menyerah total kepada Aku dalam pimpinan Roh Ku, karena Aku yang empunya buku wahyu ini, sebab itu Aku juga yang mengungkapkan rahasia buku wahyu ini. Memang sampai pada saat ini kira-kira 200 hamba-hamba Ku dari berbagai aliran gereja telah berusaha menafsir buku wahyu ini, akan tetapi tafsiran mereka itu banyak yang bertentangan dengan maksud kitab wahyu ini. Sehingga jika tidak berhati-hati, buku tafsiran mereka akan menyesatkan gereja yang lain. Sebab itu waspadalah. Buku wahyu ini pertama-tama ditulis dalam bahasa yunani Koine kemudian dalam bahasa ibrani. Karena pertama-tama kali harus dikirim kepada 7 sidang yang ada di Asia kecil, yang berbahasa Koine. Bahasa Yunani Koine adalah bahasa Internasional pada abad pertama masehi. Rasul Ku Yohanes adalah keturunan bangsa Ibrani / Yahudi. Sebab itu dia mahir dengan bahasa Ibrani, sebab itu dia menulis juga buku wahyu ini dalam bahasa Ibrani. Kenapa rasul Ku ini dapat menulis dalam bahasa Koine ? Karena rasul Ku ini lama tinggal di Epesus menggembalakan sidang disana. Dikota Epesus rasul Ku ini banyak bergaul dengan orang-orang Gerika, disamping itu juga mempelajari bahasa Koine. Sebab itu rasul Ku ini mahir berbahasa Koine, sehingga bisa menulis dengan bahasa itu. Buku wahyu ini ditulisnya pada th 96 masehi dipulau Patmos pada masa pembuangan dan setelah selesai ia menyusun buku wahyu ini, ia dibebaskan kemudian ia menyusun kembali dikota Epesus. Disamping buku wahyu ini, maka rasul Ku Yohanes memiliki satu karunia yang luar biasa, yaitu karunia mengajar. Caranya rasul Ku ini mengajar, hampir sama dengan Aku, dan mempunyai gaya mengajar melebihi rasul yang lain, meskipun ia seorang nelayan. Ia mempunyai kesamaan dengan rasul Paulus.

DALAM BUKU WAHYU INI KAMU TEMUI 7 KATA BAHAGIA :

  1. Wahyu 1:3  berbahagia yang membaca dan mendengar serta melakukan…………
  2. Wahyu 14:13 berbahagia yang mati didalam Tuhan…………
  3. Wahyu 16:15 berbahagia yang berjaga-jaga ………….
  4. Wahyu 19:9 berbahagia yang dijemput pada perkawinan………….
  5. Wahyu 20:6 berbahagia yang masuk bagian dalam kebangkitan I …………..
  6. Wahyu 22:7 berbahagia yang menurut segala perkataan nubuat …………..
  7. Wahyu 22:14 berbahagia yang membasuh jubahnya ………..

Angka 7 menunjukkan angka sempurna, dan didalam buku wahyu ini terdapat 7 perkara yang berlainan disamping 7 sidang dan 7 Roh Allah ialah :

  1. 7 meterai Wah. 6 – 8
  2. 7 sangkakala Wah. 8-11 dan ada hubungan dengan Wah. 16
  3. 7 guruh Wah. 10:3-4
  4. 7 makhluk Wah. 12:-13
  5. 7 bokor murka Allah Wah. 16
  6. 7 bala Wah. 8-21
  7. 7 ciptaan baru yaitu :

1. Langit baru

2. Bumi baru

3. Yerusalem baru

4. Pemerintahan baru

5. Bangsa yang baru

6. Sungai hayat

7. Pohon hayat

Apabila Aku mengungkapkan kepada hamba-hamba Ku tentang rahasia buku wahyu ini, hendaklah kamu ketahui bahwa tak dapat tiada bahwa pengungkapan rahasia ini akan jadi dengan sebenarnya. Perhatikan Wah. 1:3; 22:7.

Wahyu 1:3 > berbahagialah orang yang membacakan dan segala orang yang mendengar perkataan nubuat ini dan memasukkan kedalam hati segala barang yang tersurat didalamnya karena masanya sudah dekat.

Wahyu 22:7 > Ingatlah Aku datang kelak dengan segeranya. Berbahagialah orang yang menurut segala perkataan nubuat didalam kitab ini.

WAHYU KEPADA YOHANES

 

PASAL I RINGKASAN :

1. PENDAHULUAN AYAT 1-3

2. SALAM KEPADA 7 SIDANG AYAT 4 – 6

3. KETETAPAN TENTANG KEDATANGAN KRISTUS AYAT 7 – 8

4. WAHYU KEPADA YOHANES DI P. PATMOS AYAT 9 – 20

I. PENDAHULUAN AYAT 1 – 3

Ayat 1. Bahwa inilah wahyu dari pada Yesus Kristus, yang dianugerahkan Allah kepadanya, supaya ditunjukkannya  kepada hambanya perkara-perkara yang tak dapat tiada akan jadi dengan segeranya; maka disuruhkannya malaekatnya memberi tahu dia kepada hambanya yaitu Yahya.

Judul yang sesungguhnya dari buku wahyu ini adalah : Wahyunya Aku [ Tuhan Yesus Kristus ].

Wahyu artinya : Penyataan. Sebab itu segala sesuatu yang didalamnya semuanya akan terjadi dan akan menjadi pengalaman langsung, bagi gereja Ku dengan pembagian yang ditentukan. Buku wahyu ini sangat penting sekali untuk dipelajari secara teliti oleh hamba-hamba Ku yang bernaung diberbagai organisasi gereja dike 4 penjuru alam. Apalagi pada zaman penghabisan ini karena didalamnya menunjukkan perkara-perkara yang heran yang akan berlaku atau sedang berlaku agar semua hamba-hamba Ku memperhatikannya dan berjaga-jaga. Buku wahyu ini akan mengungkapkan rahasia-rahasia Allah bagi gereja Ku dan umat manusia. Dan buku wahyu ini sangat penting artinya dan tidak dapat dipisahkan dengan buku-buku yang lain. Buku wahyu adalah buku yang terakhir dari Alkitab yang mencakup seluruh perjanjian-perjanjian dalam Alkitab dan menjadi tujuan terakhir bagi gereja Ku. Jadi buku wahyu ini menyimpulkan seluruh 65 kitab yang ada dalam Alkitab. Buku wahyu ini bukan wahyunya rasul yohanes,tetapi adalah wahyunya Aku, yang dianugerahkan Bapa Ku kepada Ku sbb :

  1. Allah Bapa mengaruniakan kepada Ku
  2. Aku [ Tuhan Yesus kristus ] menganugerahkan kepada malaekat Jibrael.
  3. Malaekat Jibrael menganugerahkan itu kepada rasul Yohanes
  4. Rasul yohanes menganugerahkan itu kepada gereja-gereja Ku

Sebenarnya Aku dan Bapa itu sama adanya Yoh. 10:30; 1Yoh. 5:8; Yoh. 1:1; Yes. 9:5. Yang harus kamu perhatikan bahwa dalam kitab wahyu Aku menyatakan diri Ku sebagai Anak Manusia berjubah panjang sampai kekaki, dan bergentang dadakan cindai dari pada emas Wah. 1:13. Pada waktu Aku berada dibumi bersama-sama dengan para rasul Ku, tubuh Ku sangat terbatas, sehingga rahasia kedatangan Ku kedua kali, masih sangat dirahasiakan. Perhatikan Mat. 24:36 sbb :

Tetapi hari dan ketikanya tiada diketahui oleh seorang juapun, meskipun malaekat yang disurga atau Anak itu, melainkan hanya Bapa saja.

Inilah yang menjadi pegangan bagi setiap hamba-hamba Ku yang melayani pekerjaan Ku, bahwa kedatangan Ku tidak seorang pun yang tahu, baik malaekat maupun Aku. Tetapi Aku ucapkan itu sebelum Aku mati dikayu salib. Tetapi setelah Aku bangkit dari antara orang mati maka keadaan itu berubah karena beberapa saat, sebelum Aku terangkat kesorga Aku bersabda kepada rasul-rasul Ku dalam Mat. 28:18-20; Mark. 16:15-20 bahwa segala kuasa baik disorga, baik dibumi maupun dibawah bumi telah diserahkan oleh Bapa Ku disorga kepada Ku. Hal ini berarti rahasia kedatangan Ku berubah. Sebab itu rasul Ku Paulus menulis surat kepada jemaat di Tessalonika bahwa kedatangan Ku mempunyai tanda-tanda 2Tess. 2:1-17. Demikian juga perhatikan 1Tess. 5:4 sbb :

Tetapi kamu ini hai saudara-saudara ku tiadalah didalam gelap, sehingga hari itu menimpah seperti seorang pencuri.

Tetapi dalam keadaan sekarang ini dimana gereja Ku akan disempurnakan Aku diijinkan oleh Bapa Ku untuk menunjukkan perkara-perkara yang akan datang dan rahasia kedatangan Ku ini akan dijelaskan dalam Wahyu 5. Tanda-tanda dari kedatangan Ku, Aku telah peringatkan kepada para rasul Ku dan murid Ku. Perhatikan Firman Ku dalam : Mat. 24:3-51; Mark. 13:3-37; Luk. 21:5-36; Yoh. 16:1-3. Disini Aku sudah peringatkan, apabila segala perkara ini mulai nampak dan berlaku, hendaklah kamu berjaga-jaga karena hari kedatangan Ku sudah dekat sekali. Perhatikanlah Aku sudah mengatakan kepada mu terlebih dahulu. Rahasia kedatangan Ku ini, akan terungkap kepada kamu apabila kamu mempelajari rahasia Daniel 9:23-27. Kemudian hubungkan ini dengan wahyu 6:7-11.

Perhatikan kembali tentang 2 cara pengwahyuan :

1. Pengwahyuan dari Aku

2. Pengwahyuan dari setan

Yang berhubungan dengan buku wahyu ini :

Ad. 1. Pengwahyuan dari Aku.

Allah Bapa memberikan wahyu kepada Ku, kemudian Aku melanjutkan wahyu ini kepada rasul Ku Yohanes melalui malaekat Ku Jibrael dan dengan perantaraan buku ini rasul Ku Yohanes melanjutkan / menyampaikan kepada 7 sidang di Asia kecil Wahyu 1:11.

Ad. 2. Pengwahyuan dari setan.

Setan meniru cara ini memberikan wahyu kepada antiKris dan antiKris melangsungkan kepada rasul-rasul palsu melalui roh jahat, kemudian rasul-rasul palsu dan nabi-nabi palsu menyampaikan kepada gereja-gereja palsu dengan perantaraan pekabaran mereka 2Kor. 11:12-15; Wah. 13 dan Wah. 17.

Malaekat Ku yang menyampaikan wahyu ini kepada rasul Yohanes, adalah malaekat jibrael, itu sama dengan malaekat dalam Wah. 19:10; Wah. 17:1; Wah. 22:8-9; Luk. 1:26-38.

Ayat 2 : Yang menyaksikan Firman Allah dan kesaksian Yesus Kristus yaitu seberapa perkara yang dilihatnya.

Dalam ayat ini Aku memperkenankan rasul Ku Yohanes untuk mencatat segala apa yang didengarnya dan dilihatnya tentang wahyu ini dan segala rahasianya, kecuali mengenai rahasia dari ke 7 guruh yang terdapat dalam Wahyu 10:3-4. Dan ternyata rasul Ku Yohanes dengar-dengaran pada Ku, dan menyimpan rahasia ini sampai pada akhir hidupnya. Sebenarnya apa yang dilihat oleh rasul Yohanes mengenai pewahyuan buku wahyu ini, sebenarnya bagi dia hal-hal itu belum dia mengerti. Hanya dibeberapa ayat diterangkan rahasianya, tetapi inipun masih sangat terbatas. Karena belum waktunya rahasia buku wahyu ini akan diungkapkan. Tetapi kepada kamu hai hamba-hamba Ku adalah sangat berbahagia sekali karena rahasia buku wahyu ini Aku ungkapkan kepada kamu, untuk kepentingan pekerjaan Ku dalam penyempurnaan gereja Ku akhir zaman. Tetapi didalam pembukaan rahasia buku wahyu ini perhatikan Luk. 17:10 sbb :

Demikianlah juga kamu, apabila kamu sudah berbuat segala perkara yang diperintahkan atas mu itu, berkatalah : Bahwa kami ini hamba yang tiada berguna; kami hanya berbuat barang yang wajib atas kami. Perhatikan juga Mat. 3:11; 11:11.

Ayat 3 : Berbahagialah orang yang membacakan dan segala orang yang mendengar perkataan nubuat ini, dan yang memasukkannya kedalam hati segala barang yang tersurat didalamnya; karena masanya sudah dekat.

Bagi mereka yang membacakan dan mereka yang mendengarkan perkataan ini serta menyimpannya dalam hatinya adalah berbahagia. Kedua-duanya beroleh berkat meskipun belum mengerti. Apa sebab ? Setelah rasul Ku Yohanes meninggal dunia, maka tulisannya mengenai buku wahyu ini yang dikirimkannya kepada ke 7 sidang jemaat di Asia kecil, maka buku ini menjadi rebutan. Buku wahyu ini hanya satu, dan dibacakan dari sidang ke sidang dan begitu banyak orang mendengarnya meskipun mereka ini tidak mengerti isinya. Maklumlah karena pada waktu itu belum ada percetakan, mereka hanya menulis diatas kertas papirus atau pada kulit binatang. Buku wahyu ini nanti menjadi perhatian hamba-hamba Ku memasuki zaman akhir. Sehingga kurang lebih 200 ahli-ahli tafsir Alkitab telah mencoba untuk mencari rahasia buku wahyu ini. Akan tetapi banyak diantara mereka yang keliru sama sekali. Tetapi ada diantara mereka itu yang telah Aku ungkapkan sedikit padanya melalui karunia-karunia Roh, tetapi sayangnya mereka telah puas apa yang telah mereka dapat kendatipun, masih jauh dari sempurna. Sebab itu rahasia itu mereka campur dengan akal-akal manusia. Hal ini akan ditemui dalam pasal-pasal yang berikut dalam buku wahyu ini. Tetapi pada kamu rahasia ini Aku ungkapkan. Rahasia dari ayat datang ke ayat dan pasal ke pasal. Dan apabila diungkapkan buku wahyu ini, kamu cetak sebagaimana pengalaman gereja pertama demikian juga pengalaman kamu kelak. Dimana buku wahyu ini akan menjadi rebutan dari gereja-gereja Ku dan hamba-hamba Ku.

II. SALAM KEPADA 7 SIDANG JEMAAT AYAT 4-6.

AYAT 4 : Dari pada Yohanes, datang kepada 7 sidang jemaat yang di Asia, turunlah kiranya atas kamu anugerah dan sejahtera dari pada Dia yang ada, dan yang sudah sedia ada, dan yang akan datang kelak, dan dari pada ke 7 Roh yang dihadapan arasynya.

Adapun buku wahyu ini oleh rasul Ku Yohanes mengirimkannya kepada 7 sidang jemaat di Asia kecil disertai dengan berkat dan anugerah dan sejahtera dari pada Aku. Berarti buku wahyu ini membawa anugerah dan sejahtera kepada 7 sidang jemaat di Asia itu dan setiap orang yang membaca dan mendengarnya. Adapun ke 7 sidang ini kemudian mewakili dari seluruh gereja-gereja pada akhir zaman ini. Sebagaimana ke 7 sidang ini ditegur dinasehatkan, dihiburkan demikian juga gereja-gereja pada akhir zaman ini. Dan sebagaimana ke 7 sidang ini beroleh anugerah dan sejahtera dari pada Aku, demikian juga gereja akhir zaman ini yang membaca mendengar dan mengetahui rahasia buku wahyu ini. Dalam ayat ini rasul Ku Yohanes memperkenalkan Aku kepada ke 7 sidang di Asia sebagai Dia yang ada dan yang sudah sedia ada dan yang akan datang kelak. Ini berarti : Rasul Ku itu memperkenalkan Aku sebagai Allah yang tiada berobah sampai selama-lamanya dari kekal sampai kekal Maleaki 3:6 :

Karena Aku ini Tuhan tiada berubah itulah sebabnya maka kamu hai bani Yakub belum ditumpas.

Dan 7 Roh yang dihadapan aras, ke 7 Roh ini berbicara tentang kesempurnaan pekerjaan Roh Ku dan kuasa, yang bekerja ditengah-tengah sidang. Ingat bahwa ke 7 sidang ini telah dibangun melalui Roh Ku melalui pangajaran rasuli Kisah 2:42; Epes. 2:20.

Ayat 5 : Dan dari pada Yesus Kristus yang menjadi saksi yang setiawan, yaitu yang menjadi sulung, dari antara orang mati, dan yang menjadi penghulu diatas segala raja dunia ini. Maka bagi Dia yang mengasihi kita, dan yang sudah melepaskan kita dari pada segala dosa dengan darah Nya.

Dalam ayat ini rasul Ku Yohanes memperkenalkan Aku dalam jabatan utama yaitu :

  1. Saksi yang setiawan
  2. Sulung dari antara yang mati
  3. Penghulu diatas segala raja dibumi

Ke 3 jabatan Ku ini mempunyai 3 arti yang penting yaitu :

Ad. 1. Saksi yang setiawan . Menunjuk kepada jawatan sebagai seorang nabi [ Aku sebagai nabi ] dalam Injil Yohanes Aku bernama Kalam, karena Aku adalah juru bicara dari Bapa Ku. Sebab itu Aku hanya berkata-kata / menyampaikan Firman setuju dengan kehendak Bapa Ku. Dimana Aku bersaksi, maka kesaksian Ku setuju dengan kebenaran. Perhatikanlah Firman Ku dalam Yoh. 17:8 sbb :

Karena segala Firman yang telah Engkau Firman kan kepada Ku, itulah Aku sampaikan kepada mereka itu, dan mereka itu sudah menerima Dia, dan mengetahui dengan sesungguhnya bahwa Aku datang dari pada Mu, dan lagi mereka itu percaya bahwa Engkaulah yang menyuruhkan Aku.

Dan Aku menjadi saksi yang setiawan dari pada Bapa Ku sampai mati dikayu salib. Sebab itu hendaklah setiap hamba-hamba Ku yang melayani Aku, hendaklah setia sampai akhir. Perhatikan kesetiaan rasul Ku Paulus seperti Firman Ku dalam 2Tim. 4:6-8; Mat. 24:13.

Ad. 2. Sulung dari antara orang mati. Ini menunjukkan jabatan sebagai Imam besar. Dalam perjanjian lama Imam besar membawa binatang sebagai korban sembelihan untuk korban dosa dan perdamaian dengan Allah. tetapi dalam perjanjian baru, Aku dipersembahkan ganti korban binatang dimana tubuh Ku menjadi korban yang hidup, guna menebus isi dunia, supaya manusia diperdamaikan dengan Allah. perhatikan Ibr. 9:11-12; Yoh. 1:29; Ibr. 9:14; 2Pet. 2:24. Dalam 1Kor. 15:20 dikatakan sbb : Tetapi sebenarnya Kristus yang sudah bangkit diantara orang mati, menjadi buah sulung diantara orang yang sudah mati. Sekarang Aku menjadi Imam besar yang duduk disebelah kanan Allah Bapa Ku dantetap berdoa bagi gereja Ku sebagai juru syafaat. Perhatikanlah Firman Ku dalam Ibr. 7:25 sbb : Oleh sebab itulah ia berkuasa juga menyelamatkan dengan sempurnanya segala orang yang menghampiri Allah oleh sebab Dia. Sedangkan Ia hidup senantiasa memohon syafaat, karena mereka itu. Selain menjadi juru syafaat, tugas Ku yang utama yaitu memanggil dan melantik hamba-hamba Ku sampai pada tahun I kegerakan besar [ mulai dari gereja awal ].

Ad. 3. Yang menjadi penghulu diatas segala raja didunia. Ini menunjuk jawatan Ku sebagai Raja diatas segala raja. Sebelum Aku dilahirkan melalui perawan Maryam dengan kuat kuasa Roh Kudus, malaekat Jibrael berpesan kepada Maryam, bahwa Aku yang akan dilahirkan akan menjadi Raja atas benih Yakub sampai selama-lamanya. Luk. 1:33 sbb :

Maka Iapun akan menjadi Raja atas benih Yakub selama-lamanya, dan Kerajaan Nya tiada berkesudahan.

Hubungkan ini dengan Maz. 2:6-8 sbb :

Bahwa Aku telah melantik Raja Ku diatas Sion yaitu bukit kesucian Ku bahwa Aku hendak menyatakan takdir : Tuhan telah berfirman kepada Ku demikian, Engkaulah Anak Ku pada hari ini juga Aku memperanakkan Dikau.

Adam yang pertama menjadi raja atas segala binatang. Dan Adam yang ke dua yakni Aku menjadi Raja atas segala raja. Kej. 1:28; Wah. 19:16. Pelantikan Aku menjadi Raja diatas segala raja dan Tuan diatas sekalian tuan pada waktu 2 saksi terangkat ke sorga Wah. 11. Dan sesudah pelantikan, Aku akan turun ke bumi menghancurkan antiKris dan membangkitkan orang-orang yang beriman. Bersama-sama dengan Aku disorga untuk mengadakan pesta perkawinan Anak Domba selama 75 hari. Kemudian dari pada itu Aku turun bersama-sama dengan orang-orang yang beriman memerintah bersama-sama dengan orang-orang saleh selama 1000 th lamanya. Inilah yang dimaksud dengan menjadi penghulu atas raja diatas dunia ini.

Ayat 6 : Dan yang menjadikan kita suatu Kerajaan dan imam-imam bagi hadirat Bapa Nya, yaitu Allah; baginyalah kemuliaan dan kuasa selama-lamanya. Amen .

Didalam ayat ini nyatalah bahwa dalam Aku kelak kamu akan menjadi raja-raja dan imam-imam dan ini akan diwujudkan dalam 1000 th masa damai. Sebab itu kamu dipilih sebagai keluarga Allah. perhatikan 1Pet. 2:9-10. Yang dipersiapkan untuk Kerajaan 1000 th masa damai dan untuk bumi baru. Sebab itu dengan ketetapan ini hendaklah kamu menghormati Aku dan mengagungkan nama Ku. Sebagai Imam juga sebagai Pengantara. Sebab itu apabila kamu berdoa kepada Bapa Ku melalui Aku, maka Bapa Ku disorga akan menjawab doa mu. Sebab itu melalui doa mu yang sesungguh-sungguhnya, apabila kamu melayani pekerjaan Ku maka banyak orang yang ditarik dan diselamatkan. Perhatikan Firman Ku dalam Yoh. 14:13. Dan barang apapun yang kamu pinta atas nama Ku itulah Aku buatkan kelak supaya Bapa dipermuliakan dalam Anak. Jadi gereja Ku befungsi juga sebagai imam-imam dalam perjanjian baru.

III. KETETAPAN TENTANG KEDATANGAN KRISTUS. AYAT 7-8.

Ayat 7 : Tengoklah Ia datang dengan awan, dan ia akan kelihatan kepada tiap-tiap mata, demikian juga kepada orang yang menikam Dia; maka segala bangsa didunia ini akan memandang Dia serta meratap. Bahkan, amin.

Tengoklah Aku datang dengan awan dan kelihatan pada tiap-tiap mata. Ini berarti supaya tiap-tiap orang memperhatikan dengan seksama kedatangan Ku kedua kali. Adapun kedatangan Ku yang kedua kali sebenarnya dalam dua bagian :

1. Keangkatan gereja penganten. Pada waktu gereja penganten akan disingkirkan dari bumi berdasarkan Wah. 12:6,14 maka Aku turun dari sorga dengan kemuliaan yang besar dan nampak dilangit untuk menjemput gereja Ku diawan-awan Mat. 24:27-31. Berarti Aku hanya diawan-awan, tidak langsung kebumi.

2. Kedatangan Ku yang kedua kali yang resmi. Yaitu pada Bokor murka Allah yang ke 7 dicurahkan dimana ke 2 saksi Ku naik kembali kesorga, dan saat Aku dilantik jadi Raja diatas segala raja, kemudian turun mengakhiri antiKris dan pengiring-pengiringnya. Inilah yang disebut perang Harmagedon. Perhatikan Wah. 16:16 : Maka roh setan-setan pun menghimpunkan segala raja-raja itu berhimpun ketempat yang disebut dalam bahasa Ibrani Harmagedon ayat 12-16. Dan sekaliannya itu berperang melawan Anak Domba itu, tapi Anak Domba itu akan menewaskan mereka itu semua. Ialah Tuan diatas sekalian tuan dan Raja diatas segala raja dan segala yang mengiringkan Dia itu menanglah, yaitu segala yang dipanggil dan yang terpilih dan yang setia Wah. 17:14. Aku datang memerangi antiKris beserta dengan 144.000 anak laki-laki, beserta segala malaekat disorga yang setia kepada Ku Wah. 19:11-12. Kedatangan Ku kali yang kedua itu akan berpijak dibukit Zaitun disebelah timur Yerusalem. Hal ini akan diterangkan dalam Zac. 14:14. Maka pada hari itu kakinya akan berjejak pada bukit Zaitun yang disebelah timur yerusalem dan bukit Zaitun itu akan terbelah dua dari timur ke barat, sehingga jadilah lembah yang sangat besar; dan segenap bukit itu akan lalu keutara dan setengahnya keselatan. Perhatikan sesudah Aku naik kesorga setelah 40 hari Aku bangkit, ada suatu awan yang meraibkan Aku dan terlihat 2 orang memakai jubah putih berdiri dekat mereka itu. Dan waktu Aku terangkat kesorga, Aku disaksikan oleh 500 orang. Perhatikan 1Kor. 15:6; Kisah 1:10. Pada waktu Aku terangkat kesorga dihadapan rasul-rasul Ku dan murid-murid Ku oleh suatu awan dan itu terjadi dibukit Zaitun. Perhatikan Kisah 1:12. Pada waktu Aku terangkat kesorga, Aku diraibkan oleh suatu awan, demikian juga kedatangan Ku kali kedua dengan suatu awan. Awan kemuliaan / pimpinan Roh. Ingat tiang awan yang memimpin umat Israel ke tanah Kanaan. Sebab itu perhatikan pula dalam Kisah 1:11-12 dimana Aku naik dari bukit Zaitun,demikian juga Aku turun dibukit Zaitun pada kedatangan Ku kali kedua.

Adapun kedua orang yang berdiri disisi kanan dan kiri, tatkala Aku terangkat kesorga adalah nabi Ku Musa dan nabi Ku Elia. Mereka juga nampak dalam Injil Lukas 9:8-31 tatkala Aku dan ke 3 rasul Ku naik kegunung kemuliaan untuk berdoa dan berpuasa. Sebagaimana Aku naik kesorga begitupun Aku datang pada kali yang kedua. Seperti apa yang telah diterangkan diatas. Pada kedatangan Ku kali pertama dimana Aku dilahirkan di Betlehem hanya dinyatakan kepada gembala-gembala domba di Efrata. Tapi kedatangan Ku pada kali yang kedua, semua mata memandang dari ke 4 penjuru alam, tapi bukan lagi dengan satu kesukaan tapi dengan ketakutan yang amat besar Maleaki 4:1-6; 2Tess. 1:7-9; Zef. 1:14-17.

Umat Ku Israel keliru dalam hal ini, mereka tidak bisa membedakan tentang kedatangan Ku kali yang pertama dan kedatangan Ku kali yang kedua. Mereka tersesat karena mereka tidak menyelidiki Firman Ku dengan seksama. Mereka hanya mau melihat kemuliaan Ku pada kali yang kedua, dan mereka tidak mau menerima kedatangan Ku kali yang pertama 2000 th yang lalu, dimana Aku sudah dilahirkan dikandang yang hina di Betlehem, serta menderita sengsara, dan mati tersalib digolgota pada th 33 masehi. Nanti Aku datang pada kali yang kedua, baru umat Ku Israel akan terbuka matanya serta menerima Aku tapi kasihan sudah terlambat. Segala bangsa didunia ini akan memandang Dia serta meratap. Mengapa mereka itu meratap ? Karena ratapan menunjuk kepada hukuman. Karena mereka tidak dengar-dengaran pada Injil keselamatan. Tapi mereka yang mendengar, dan mengamalkannya mereka tidak akan meratap, tapi mereka akan menyambut hari itu dengan sukacita. Perhatikan 2Tess. 1:8-10. Kabar ini benar adanya sehingga rasul yohanes berkata amin. Kata amin berasal dari bahasa Ibrani berarti : demikianlah sesungguhnya.

Demikianlah juga kepada orang yang menikam Dia. Banyak hamba-hamba Ku mengajar bahwa orang yang menikam Aku adalah laskar-laskar Romawi, tatkala Aku disalibkan dibukit Golgota. Dan mereka akan dibangkikan terlebih dahulu dan turut menyaksikan kedatangan Ku kali yang kedua. Ini tidak benar, apa sebab ? Karena laskar Romawi yang menikam lambung Ku pada waktu Aku disalibkan, akan dibangkitkan pada kebangkitan kedua, yaitu sesudah 1000 th masa damai berakhir. Zac. 12:10; Yoh. 19:32-37; Wah. 20:4-6; wah. 20:11-15. Yang dimaksud dengan orang yang menikam Aku adalah, orang-orang yang menganiayakan hamba-hamba Ku / anak-anak Ku nanti pada kegerakan besar, disaat gereja penganten disempurnakan dan menikah dengan Aku dalam Mat. 25:40 sbb :

Maka Raja itu akan menjawab, serta bersabda kepada mereka itu : sesungguhnya Aku berkata kepada mu, bahwa barang sebagaimana yang sudah kamu berbuat kepada orang-orang saudara Ku yang terlebih hina ini, itulah perbuatan mu kepada Ku.

Ini berarti apa yang dibuat kepada hamba-hamba Ku, itu akan berlaku kepada Aku juga. Perhatikan Kisah 9:4-5. Dalam ayat ini Saul sedang menganiayakan umat Ku, berarti menikam Aku. Jadi pada waktu Aku datang pada kali yang kedua bahwa mereka yang masih hidup yang sudah turut serta menganiayakan hamba-hamba Ku / anak-anak Ku pada kegerakan besar, dan mereka masuk pada zaman antiKris dan mereka itu masih hidup sampai pada kedatangan Ku kali yang kedua, bahwa mereka bukan saja meratap tapi juga melawan Aku Wah. 17:14.

Ayat 8 : Aku inilah Alif dan Ya, demikianlah Firman Allah Tuhan itu, yang ada, dan yang sudah sedia ada, dan yang akan datang kelak, yaitu yang Mahakuasa.

Ini berarti bahwa segala sesuatu dimulaikan oleh Aku dan tanpa Aku suatupun tak dapat kamu perbuat dan kalau kamu beserta dengan Aku maka Akupun dalam kamu Yoh. 15:5. Sebab itu segala sesuatu yang kamu kerjakan baik kecil atau besar sebelum kamu lakukan bertanyakanlah kepada Ku dahulu dan Aku berikan petunjuk kepada kamu. Karena bila mana kamu memulaikan sesuatu pekerjaan dan sudah bertanyakan kepada Ku dan Aku izinkan berarti Aku turut campur tangan didalam pekerjaan itu sehingga pekerjaan itu akan terwujud karena Aku juga Alfa dan Omega itu. Perhatikan segala sesuatu yang tidak dimulai dengan Aku / tidak bersandar kepada Ku, meskipun sukses pada permulaannya tapi akhirnya akan gagal dan berantakan sama sekali. Sebab itu segala sesuatu yang kamu kerjakan buat Aku, kerjakanlah itu menurut rencana / kehendak Aku dan jalankanlah pekerjaan itu. Luk. 17:10. Dan didalam menjalankan pekerjaan Ku, harus disertai dengan iman dan kesungguhan hati.

Yang ada dan yang sudah sedia ada dan yang akan datang kelak. Perhatikan Wah. 1:4 dan sudah sedia ada, dan yang akan datang kelak. Hal ini berarti Aku tetap menolong gereja penganten, dan melakukan mujizat sampai selama-lamanya.

IV. WAHYU KEPADA YOHANES DI PULAU PATMOS WAH. 1:9-20.

Ayat 9 : Aku ini Yohanes, saudara mu dan tolan mu didalam kesusahan dan didalam kerajaan dan didalam sabar yang ada didalam Yesus, aku telah ada dipulau Patmos dari sebab Firman Allah dan kesaksian dari hal Yesus.

Rasul Ku Yohanes dalam ayat 9 ini menyatakan apakah sebabnya dia berada dipulau Patmos. Pulau Patmos letaknya di Asia kecil, dilaut tengah dilaut Agea kira-kira 130 km dari kota Epesus dan kira-kira 30 km dari Asia kecil. Lihat peta Asia kecil. Rasul Ku Yohanes dibuang karena :

1. Karena membawa Firman Allah.

2. Karena kesaksian dari hal Aku.

Rasul Ku Yohanes diasingkan / dibuang oleh kaisar Domitian dari kerajaan Romawi. Tapi meskipun demikian membawa kebaikan kepadanya, karena dalam pengasingan ini rasul Ku Yohanes memperoleh kesempatan untuk bersekutu lebih heran dengan Aku melalui doa dan puasa. Rasul Ku Yohanes ini diasingkan pada th 94m  s/d  96 m. Pada th 96 m yaitu memasuki th ke 3 dia berada dipulau Patmos ini, dia mengasingkan diri dan berpuasa 7 hr lamanya ditepi pantai. Maka disinilah Aku berkenan memberikan wahyu kepada Yohanes, setelah genap 7 hr ia berpuasa. Disamping ia berpuasa 7hr 7malam lamanya ada sebab-sebab yang lain, yang menyebabkan Aku berkenan memberikan wahyu kepada Yohanes ialah :

  1. Karena ia adalah rasul yang sangat Ku kasihi dan dia sangat mengasihi Aku.
  2. Dia satu-satunya rasul yang mengalami pengasingan / pembuangan.
  3. Rasul Ku yang terakhir meninggal dunia kira-kira th 100 m

Perhatikan :

  1. Semua surat kiriman rasul Yohanes yaitu 1, 2, 3Yohanes berintikan kasih.
  2. Semua surat kiriman rasul Petrus yaitu 1, 2Petrus berintikan pengharapan
  3. Surat Yakobus berintikan iman dan perbuatan

Rasul Ku Yohanes adalah rasul Ku yang paling muda yang Aku panggil. Umurnya waktu itu 20 th. Tapi karena kesetiaannya kepada Ku dan karena penyerahannya yang sungguh-sungguh, maka dianugerahkan buku wahyu ini kepadanya. Pada waktu Aku bersama-sama dengan para rasul Ku, maka rasul Ku ini bersandar pada dada Ku. Perhatikan peristiwa pada perjamuan malam, beberapa saat dimana Aku akan disalibkan Yoh. 13:23-24; Yoh. 21:20. Rasul Ku ini adalah seorang yang pendiam dan penuh kasih.

Ayat 10 : Pada hari Tuhan Aku digerakkan oleh Roh, dan Ku dengar dari belakang Ku, suatu suara yang besar seperti bunyi sangkakala.

Yang dimaksud pada Hari Tuhan pada ayat ini adalah hari minggu, bukan hari sabat. Hari itu dimaksudnya hari kemenangan Ku atas iblis, maut dan neraka. Itulah kebangkitan Ku. Sebab tatkala Aku bangkit dari antara orang mati, Aku menyatakan diri Ku kepada perempuan-perempuan yang datang ke kubur pada dini hari untuk melihat Aku. Perhatikan Firman Ku dalam Luk. 24:3-4 sbb :

Setelah masuk maka didapatinya bahwa mayat Tuhan Yesus itu sudah tiada. Maka sedang mereka itu termangu-mangu, tiba-tiba ada 2 orang terdiri disisinya berpakaian yang bersinar-sinar.

Pada waktu perempuan-perempuan ini sampai kekubur dimana Aku ditaruhkan, batu kubur sudah tergolek dan Akupun sudah tidak ada didalamnya. Mereka merasa heran dan penuh wasangka. Tatkala mereka sedang diliputi dalam keadaan tersebut, tiba-tiba ada 2 orang berdiri disinya berpakaikan pakaian bersinar-sinar dan ke dua orang itu, tidak lain dari Musa dan Elia. Hubungkan dengan Mat. 17:3-4; dan Kisah 1:10. Kedua saksi ini adalah bayangan dari pada hujan awal dan hujan akhir. Hujan awal dipimpin oleh 12 rasul hujan awal dan dimulai pada hari Pentakosta Kisah 2:1-4 dan berakhir pada waktu matinya rasul Yohanes pada th 100 di kota Epesus. Hujan akhir akan dipimpin oleh 12 rasul hujan akhir pada akhir zaman dan akan muncul pada kegerakan besar selama 3 ½ th. Perhatikan pelajaran 70 sabat dalam Daniel 9:23-27 [ 27 ].

Kenapa rasul Ku Yohanes mengatakan hari Tuhan dia mendengar suara dan digerakan oleh suara Roh pada hari itu ? sebab – sebab nya :

Karena pada hari itu, genaplah rasul Ku Yohanes ini berpuasa 7hr 7 malam, yang telah bertarung habis-habisan dengan lapar dan dahaga apalagi ditepi pantai. Dan pada hari yang ke 7 inilah Aku menyatakan kemuliaan kepadanya dan menganugerahkan buku wahyu ini kepadanya. Yang harus dikimkannya kepada 7 sidang di Asia kecil.

Ayat 11: Katanya : Barang apa yang engkau tampak, suratkanlah didalam suatu kitab, lalu kirimkan kepada ke 7 sidang jemaat, yaitu ke Epesus dan ke Smirna dan ke Pergamus dan ke Tiatira, dan ke Sardis dan ke Filadelfia dan ke Laodekia.

Dikatakan kepada rasul Yohanes, barang yang dia nampak hendaklah disuratkannya pada sebuah kitab dan harus dikirimkannya ke 7 sidang yang di Asia kecil dalam pasal 2 & 3 dalam kitab wahyu ini yaitu :

  1. Sidang Epesus
  2. Sidang Smirna
  3. Sidang Pergamus
  4. Sidang Tiatira
  5. Sidang Sardis
  6. Sidang Filadelfia
  7. Sidang Laodekia

Ke 7 sidang inilah yang dibangun oleh para rasul gereja hujan awal dengan pelajaran rasuli, tetapi kemudian dari pada itu sidang-sidang ini dimasuki oleh bermacam-macam pelajaran, dimana sebagian besar tidak lagi berdiri atas pelajaran rasuli, kecuali sidang Filadelfia. Ke 7 sidang ini kemudian mewakili seluruh sidang jemaat dalam organisasi-organisasi gereja diseluruh dunia sekarang ini. Ke7 sidang dalam gereja awal yang sudah berlainan pelajaran satu dengan yang lain menunjuk pada permulaannya terbentuknya organisasi-organisasi gereja yang berlainan pelajaran. Ini akan dijelaskan dalam wahyu 2 & 3.

Ayat 12 : Maka berpalinglah aku menuju kepada suara yang bertutur dengan aku. Sambil berpaling aku tampak 7 kaki dian dari pada emas.

Pada ayat ini pertama-tama rasul Ku Yohanes mendengar suara dan suara itu dari Aku sendiri, tapi ia belum nampak hal itu. Tetapi kemudian dari pada itu segera ia berpaling dimana suara itu datang, kemudian ia melihat ke 7 kaki dian dari pada emas. Angka 7 adalah angka sempurna. Dalam fasal ini terdapat beberapa angka 7 ialah :

  1. 7 Roh ayat 4
  2. 7 sidang jemaat ayat 11
  3. 7 kaki dian ayat 12
  4. 7 lembaga Kristus ayat 13-16
  5. 7 bintang ayat 20

Banyak hamba-hamba Ku senang membaca buku wahyu ini dan mereka merasa puas. Tapi satu perkara yang mereka lupakan bahwa mereka tidak bertanyakan kepada Ku, rahasia dari buku wahyu yang sebenarnya. Ada juga yang bertanyakan kepada Ku dengan jalan doa dan puasa, tapi karena tidak tahu jalannya sehingga rahasia buku wahyu tetap tertutup baginya sehingga mereka menafsir menurut akal-akal mereka dan akhirnya menemui kegagalan. Sering kali juga gagal karena salah permintaan. Perhatikan Firman Ku dalam Yakobus 4:2-3 sbb :

Kamu menaruh keinginan tapi tiada beroleh. Kamu bunuh dan berdengki, tetapi tiada beroleh; kamu berkelahi dan berperang, tetapi tiada beroleh, sebab tiada kamu minta; maka kamu minta, tetapi tiada beroleh; sebab salah permintaan mu, yaitu sebab kamu hendak menghabiskan menurut hawa nafsu mu.

Ingatlah bahwa rasul Ku Yohanes sama sifatnya dengan kamu mempunyai tubuh dan jiwa, sama dengan kamu juga mempunyai pancaindra yang sama. Dan jikalau buku wahyu ini Aku ungkapkan kepadanya, begitu juga Aku ungkapkan kepada kamu yang berada pada akhir zaman ini. Tetapi kepada hamba-hamba Ku harus mempunyai syarat terutama sbb :

  1. Harus penuh dengan Roh Ku dan karunia-karunia Roh Ku dan rela diajar oleh Roh Ku, serta penuh Firman. 1Yoh. 2:27; Yoh. 14:26; Gal. 1:11-12; Epes. 3:3-4.
  2. Harus ada penyerahan yang penuh kesungguhan hati. Perhatikan Yakub disungai Yabok, dimana ia telah beroleh berkat dimana namanya Yakub [ penipu ] diganti dengan nama Israel [ kemenangan ]. Kej. 32:24-30
  3. Harus mempunyai kerinduan yang besar, serta hidup dalam kerendahan dan kesucian. Dalam hal ini Aku tidak menilik rupa orang. Ingat nabi Elia sama sifatnya dengan rasul Yohanes, rasul Paulus, juga sama dengan kamu. Yak. 5:17-18.

Ke 3 syarat ini yang Aku tuntut kepada kamu. Apa sebab Aku tidak membuka rahasia kitab wahyu ini kepada orang lain ? sebabnya adalah :

  1. Mereka sudah puas dengan apa yang dicapainya, meskipun itu diliputi oleh teka-teki.
  2. Tidak merindukan pengwahyuan lagi. Sebab itu Aku tidak memberikan kepada mereka.

Ada hamba-hamba Ku mengajarkan, setelah buku wahyu ini yang Aku anugerahkan kepada Rasul Yohanes, maka tidak ada lagi pengwahyuan pada hamba-hamba Ku. Kemudian mereka itu tersesat karena mereka itu tidak memperhatikan Firman Ku. Tetapi pengwahyuan kemuadian, bukan lagi menambah isi Alkitab, akan tetapi pengwahyuan rahasia-rahasia Firman Ku yang disebutkan wahyu pengajaran. Lihat pelajaran Roh kudus dalam 7 tingkat iman. Bahwa sesungguhnya Aku belum berobah begitu juga perjanjian Firman Ku Ibr. 13:8; Yer. 33:3; Bil. 23:19.

Catatan : Tuhan memperingatkan kepada Kami 7x melalui wahyu, Dia belum pernah berobah sesuai Ibr. 13:8.

Banyak hamba-hamba Ku gagal karena mereka keliru, menjadikan Roh Ku sebagai tamu mereka. Mereka lupa Firman Ku dalam Yoh. 14:16; 1Kor. 3:16-17. Benar mereka merindukan Roh Ku memenuhi mereka, tetapi setelah Roh Ku masuk dalam kehidupan mereka, mereka tidak membiarkan Roh Ku memimpin mereka, karena Roh Ku dianggap tamu. Sifatnya seorang tamu, sudah tentu dia tidak akan tinggal lama dalam rumahnya, tetapi dalam waktu yang terbatas. Walaupun tamu itu disambut dengan segala macam hidangan, tapi satu waktu dia akan meninggalkan rumah itu. Seorang tamu tidak akan memperhatikan keadaan dalam rumah dimana ia bertamu, meskipun rumah itu tidak teratur dansebagainya. Demikian juga Roh Ku dimana pada permulaannya mereka menyambut Roh Ku dengan penuh sukacita, tapi kemudian sesudahnya Roh Ku memberi kehidupan, mereka menganggap Roh Ku adalah tamu dalam kehidupan mereka itu.

Contoh tentang tamu dan penghuni :

Apabila kamu menyambut seorang tamu, walaupun ia seorang tamu agung dimana kamu sambut dia dengan sukacita dan dilayani dengan segala macam hidangan, tetapi bukannya dengan sambutan itu ia akan bertindak dengan sesuka hatinya dalam rumah mu. Keadaan rumah mu yang tidak teratur sama sekali, seperti letaknya perabot-perabot yang tidak teratur sama sekali serta kotor, atap sudah bocor dan sebagainya, sudah tentu tamu ini tidak mengatur rumah mu. Demikian juga peri hal Roh Ku, kalau kamu menganggap Roh Ku sebagai tamu. Tetapi apabila tamu masuk kedalam rumah mu, kemudian kamu berkata kepada tamu itu : Tuan inilah rumah mu dan mulai hari ini kami menyerahkan rumah ini kedalam tangan mu. Dan inilah kuncinya. Dengan sendirinya dia menjadi tuan rumah. Karena dia telah menjadi tuan rumah maka dia bertindak segera untuk mengatur rumah tersebut, untuk memperbaiki segala kerusakan dalam rumah tersebut. Sehingga rumah itu jadi baik, rapi dan menarik kelihatannya. Demikian juga Roh Ku adalah tamu istimewa dari sorga. Tetapi apabila Ia datang memenuhi kehidupan mu, jadikanlah Dia [ Roh Ku ] tuan rumah. Serahkanlah kunci kepada Nya dan menyerahlah kepada Nya dan membiarkan Dia mengendalikan hidup mu. Dan jadikanlah Dia Raja  dalam kehidupan mu, karena dengan demikian segala yang rusak, yang tidak berkenan diperbaikinya, lebih dari pada itu Dia akan mengajar segala rahasia Firman yang tidak kamu ketahui. 1Yoh. 2:27. Ingatlah bahwa Roh Ku adalah Roh mengajar, bukan mendengar dan melihat saja. Sebab itu apabila kamu mendengar dan menerima Roh Ku, Dia akan bersukacita.

Siapakah Roh Kudus itu ? Roh kudus adalah Aku sendiri yang tidak kelihatan Yoh. 14:18 sbb :

Tiadalah Aku  akan meninggalkan kamu piatu. Aku datang kepada mu kelak. Bandingkan dengan ayatnya yang ke 16.

Tapi aneh banyak hamba-hamba Ku yang berteriak di Podium “ Terimalah Yesus sebagai juru selamat “ tetapi heran mereka tidak mau menerima Roh Ku, dan ini adalah satu hal yang menggelikan. Contoh :

1.  A = B dan B = C. Siapa yang menyangkal A, tidak sama dengan menyangkal C ? Demikian juga mereka mengajar bahwa Allah Bapa = Aku, yaitu A = B. Dan kamu ketahui bahwa Allah itu Roh adanya. Perhatikan Yes. 9:5; 2Kor. 3:17; Yoh. 4:23-24; Yoh. 10:30; Yoh. 14:9. Jadi Allah Roh Kudus sama dengan Allah Bapa, karena Ia keluar dari Allah Bapa. Tapi heran kenapa mereka tidak mau mengakui bahwa Roh Ku adalah pribadi Ku yang tiada kelihatan. Perhatikan dan bandingkanlah dengan Maz. 139:7-10; Mat. 18:20. Ingat seperti 2000 th yang lalu Aku mengajar kepada murid-murid Ku, demikian juga Aku mengajar melalui Roh Ku. Karena zaman ini ditentukan kepada Roh Ku / zaman Roh kudus.  Aku datang tidak secara manusia, tetapi dengan tubuh yang mistik yang hanya dapat dilihat dengan mata rohani, dengan cara inilah Aku mengajar kamu.

2.  Aku bertemu dengan keluarga Lazarus. Yoh. 12:1-3; Luk. 12:28-32. Aku datang di Baitani dan bertemu di rumah keluarga Lazarus, karena mereka suka melayani Aku. Mereka terdiri dari 3 bersaudara yaitu : Lazarus, Martha dan Maryam. Ke 3 bersaudara ini menerima Aku dengan cara / sifat masing-masing :

  1. Martha,  sikapnya terhadap Aku ialah : Menganggap Aku sebagai tamu Agung. Sebab itu ia berusaha keras melayani dengan sajian-sajian, untuk Aku dan murid-murid Ku. Dalam hal ini sudah tentu, Aku tidak mengajar dia, karena seorang tamu tidak pantas  mengajar tuan rumah.
  2. Maryam, menganggap Aku sebagai seorang guru atau rabi, bukan tamu. Dan dia datang merendahkan dirinya, merasa tidak berlayak. Dia duduk dikaki Ku, serta mengurapi Aku dengan minyak Narwastu dan menyapu dengan rambutnya. Pada saat itu, Aku mengajar dia dalam keadaan yang sangat terbatas.
  3. Lazarus, ia menganggap Aku sebagai sahabat. Sebab itu ia duduk dan makan bersama-sama dengan Aku. Dalam kesempatan ini Lazarus bercakap-cakap dengan Aku serta bebas bertanyakan dengan Aku secara langsung. Kamu tahu bahwa, sahabat dengan sahabat biasanya terjadi suatu percakapan yang akrab sekali.

Dengan contoh ke 3 bersaudara ini, dalam kamu melayani Aku, contohlah caranya Lazarus, demikian juga kalau kamu hendak diajar oleh Roh Ku rahasia-rahasia Firman, contoilah cara Lazarus ini, bercerita dengan bebas, yang selalu bertanyakan segala sesuatu kepada Ku. Jadi kalau Roh Ku ada dalam kamu dan kamu adalah anak-anak Ku, lebih dari pada itu kamu menjadi kekasih Ku. Roma 8:14-16; 2Kor. 11:2. Sesungguhnya Akulah yang empunya Firman dan kalau kamu mengerti ke 2 contoh ini, maka kamu akan Aku bukakan rahasia Firman Ku. 1Yoh. 2:27; Gal. 1:11-12.

Tentang 7 Kaki Dian :

Rasul Ku Yohanes nampak 7 kaki dian dari pada emas, 7 kaki dian ini adalah berbicara tentang 7 sidang. Adapun ke 7 sidang ini telah dibentuk melalui pelajaran rasuli pada hujan awal, tetapi ke 7 sidang ini mewakili seluruh organisasi-organisasi yang ada diseluruh dunia / muka bumi pada akhir zaman. Jadi sifat dan keadaan, dari pada ke 7 sidang ini pada gereja I, akan nampak pula pada seluruh gereja-gereja akhir zaman ini secara modern yang Aku akan ungkapkan dalam wahyu 2 & 3. Ini punya arti rohani yang heran sebab itu perhatikan baik-baik pada ayat 13, Aku berjalan-jalan ditengah-tengah kaki dian itu. Ini berarti bahwa, Aku berjalan ditengah-tengah sidang Ku sambil memperhatikan segala sesuatu yang terjadi didalamnya. Tidak ada yang tersembunyi dihadapan Ku, karena 2 atau 3 orang berhimpun karena nama Ku maka Aku ada. Perhatikan Mat. 18:20 dan Zac. 4:10. Perhatikan apabila kaki dian itu menyala didalam sidang, berarti Aku ada disana. Lihat pelajaran Tabernakel yang telah diungkapkan mengenai pelajaran kaki dian. Kalau kai dian menyala, berarti pekerjaan Roh Ku berjalan. Dan Aku menetapkan jawatan Ku dalam gereja Ku. Bila mana sidang itu kaki diannya tidak menyala, berarti pekerjaan Roh Ku dan jawatan Ku tidak nampak, maka sidang tersebut adalah sidang yang mati. Aku menjauhkan diri dari sidang itu. Perhatikan pelajaran Tabernakel. Apabila kaki dian tidak menyala, maka kamar suci itu gelap. Jadi apabila kaki dian dalam gereja Ku tidak menyala, berarti Firman Tuhan / pemberitaan gelap, penyembahan gelap adanya. Aku tidak suka pada gelap, tapi Aku suka pada terang, karena Aku terang dunia. Yoh. 8:12 sbb :

Maka bertuturlah Yesus pula kepada mereka itu sambil berkata : Aku inilah terang dunia, siapa yang megikut Aku tiada akan berjalan didalam gelap melainkan beroleh terang hidup itu.

Sebab itu gereja yang tidak mempunyai kaki dian yang menyala, walaupun suci oleh darah Ku, tetapi setan suka berjalan ditengah-tengah mereka itu, karena setan suka pada gelap karena dia adalah raja kegelapan. Kalau gereja Ku kaki dian nya tidak menyala berarti gelap dalam segala perkara. Ingat kalau ruangan gelap orang akan bertabrakan satu dengan yang lain dan berjalanpun meraba-raba. Demikian pun gereja Ku dimana kaki dian tidak menyala maka akan terjadi hal-hal sbb :

  1. Gembala akan bertabrakan dengan tua-tua sidang atau mejelis gereja.
  2. Kaum muda akan bertabrakan dengan kaum ibu dan bapa.
  3. Tua-tua sidang atau majelis gereja akan bertabrakan dengan dengan sidang jemaat dll.

Disamping bertabrakan satu dengan yang lain, memungkinkan terjadi hal-hal yang bertentangan dengan Firman Tuhan seperti : Perzinahan dsb. Karena bukan Roh Ku yang bekerja tapi roh daging / hawa nafsu. Tetapi Aku dapat menolong gereja ini, karena Aku kasih adanya. Dan akan menyala kembali kaki diannya, kalau gereja itu menyerah sepenuhnya kepada pimpinan Roh Ku. Aku sayang kepada gereja-gereja ini, sebab mereka itu adalah imat Ku. Sebab itu kabarkanlah kepada mereka itu bahwa Aku mengasihi mereka seperti Aku mengasihi kamu. Perhatikan Firman Ku dalam Mat. 12:20. Buluh yang terkulai tiada dipatahkannya dan sumbu yang berasap itu tiada dipadamkannya, sehingga ia mengeluarkan hukuman dengan jaya.

Disini kamu melihat Aku tidak suka memadamkan kaki dian. Tetapi Aku suka gereja-gereja Ku menyala kaki diannya, supaya setan tidak berdendang didalamnya. Sebab itu pada akhir zaman ini Aku akan membangkitkan hamba-hamba Ku yang spesial untuk melayani pekerjaan Roh Ku untuk menolong gereja-gereja Ku yang padam kaki diannya. Disini adalah kesempatan yang terakhir kepada mereka, karena sesudah ini kaki dian Aku akan pindahkan. Nanti pada kegerakan besar yang akan datang dan tak akan lama lagi, dan mereka itulah yang Aku akan pakai. Didalam hal ini Aku tidak melihat warna kulit. Suku bangsa mana, organisasi apa, karena mereka itu Aku akan tugaskan untuk membawa kabar penganten keseluruh pelosok dunia, dimana saja umat Ku berada sampai gereja penganten menikah dengan Aku.

CATATAN ISTIMEWA :

Dalam penyempurnaan gereja penganten maka Aku akan memakai hamba-hamba Ku dari sebelah timur yang akan beroperasi pada 4 penjuru alam dan untuk itu hamba-hamba Ku dari Indonesialah yang memeloporinya. Kenapa dari timur ? Karena :

  1. Matahari terbit dari timur
  2. Bulan terbit dari timur
  3. Bintang timur terbit dari timur

Hubungkan ini dengan wahyu 12:1. Ke 3 nya terbit dari timur. Ini berarti sinar harapan dari gereja penganten dalam proses penyempurnaanya mulai dari sebelah timur. Perhatikan rahasia ini dan hendaklah kamu pertahankan. Garis katulistiwa itu melintas pulau Sulawesi. Sebab tu kaki diannya itu akan menyala diatas pulau Sulawesi, dan Aku bertanya sekarang, dimanakah banyak hamba-hamba Ku yang berada di Sulawesi ? Dan kegerakan besar itu akan dimulai dari garis katulistiwa. Ingat apabila orang hendak mendapat cahaya matahari, baik dia orang sehat maupun sakit, dia harus menghadap ke timur dimana matahari terbit. Jadi perhatikan sekali lagi, Matahari, Bulan dan Bintang Timur terbit dari sebelah timur. Maka kamu mengetahui bahwa gereja penganten, bersalut dengan 3 lembaga ini Wah. 12:1-2. Aku peringatkan kamu, kusus untuk hamba-hamba Ku dari timur, jangan kamu berkecil hati karena seakan-akan Aku tidak memakai kamu. Tetapi ada acara lain, yaitu kamu perhatikan baik-baik bahwa sudah cukup Aku memakai hamba-hamba Ku dari bumi belahan barat yang memenangkan jiwa-jiwa dimana Aku melengkapkan mereka itu dengan karunia-karunia mujizat, kesembuhan. Seolah-olah hamba-hamba Ku dari sebelah timur Aku tidak pakai.

Jangan kamu kecewa sekali lagi jangan kamu kecewa. Sekali lagi Aku katakan jangan kamu kecewa, karena Aku mempunyai rencana lain. Karena Aku telah menetapkan dalam kegerakan besar Daniel 9:24-27; Yehz. 37 & 47. Perhatikan jalannya kegerakan besar, pada zamannya rasul yohanes sampai pada abad pertengahan di Asia kecil. Kemudian dari abad pertengahan sampai pada abad 19 maka kaki dian itu Aku pindahkan dari Asia kecil ke Eropah. Sesudahnya itu yaitu memasuki abad 20, Aku pindahkan ke Amerika serikat. Dan sebentar lagi Aku akan pindahkan ke timur, untuk menyongsong kegerakan besar. Dan sekarang Aku sudah pindahkan. Sebab itu Aku minta hamba-hamba Ku bersiap untuk kegerakan besar, dan hamba-hamba Ku di Indonesialah yang akan menjadi pelopornya.

Ayat 13 : Dan ditengah-tengah kaki dian itu seorang yang seperti Anak manusia, berjubah panjang sampai kekaki, dan bergentangdadakan cindai dari pada emas.

Yang dimaksudkan dengan Anak manusia dalam ayat ini, adalah Aku sendiri. Berjubah panjang sampai kekaki dan bergentangdadakan cindai dari pada emas, adalah berbicara tentang pakaian kemuliaan Imam Besar, sebagai Raja dan Imam Besar. Seluruh buku wahyu adalah memberikan kesaksian tentang Aku sebagai Imam Besar dan Raja yang akan datang. Perhatikan Wah. 19:16 sbb :

Pada jubah dan pahanya ada tertulis nama Raja diatas segala raja dan Tuan diatas sekalian tuan.

Kedua jawatan ini mempunyai arti yang sangat penting yaitu :

  1. Sebagai Imam Besar : Aku menyucikan sidang Ku dan melepaskan segala ikatan belenggu dari roh-roh jahat serta pelajaran palsu dan sesat. Lihat pekerjaan Imam besar
  2. Sebagai Raja : Aku akan datang, untuk menghukum musuh / antiKris dkk Wah. 17:14; 19:11-21; Wah. 1:13-16.

Aku akan menyucikan sidang Ku dengan 7 lembaga tubuh Ku yang akan diterangkan satu persatu.

Ayat 14 : Maka kepalanya dan rambutnya putih seperti bulu domba yang putih, putihnya seperti salju; maka matanya seperti nyala api.

a. Maka kepalanya dan rambutnya putih seperti bulu domba yang putih. Wana putih adalah warna kesucian. Yes. 1:18 sbb : Kemudian marilah kamu, hendaklah kita berhukum bersama-sama, demikianlah firman Tuhan. Jikalau segala dosamu bagaikan warna kermisi sekalipun niscaya ia itu akan menjadi putih seperti salju. Jikalau ia itu merah patma sekalipun niscaya ia itu akan menjadi putih seperti bulu kambing domba. Rambut putih dalam ayat ini berbicara orang yang berpengalaman yang patut dihormati. Perhatikan Amsal 20:29 sbb : Mahkota orang muda adalah kuatnya dan rambut putih menjadi kemuliaan orang tua. Jadi disini menunjukkan bahwa Aku yang berpengalaman dalam segala perkara dan hidup Ku penuh dengan kesucian.

b. Matanya seperti nyala api, ini berbicara bahwa mata Ku dapat mengetahui segala perkara, menyelidik sampai tembus batin manusia bahwa tidak ada yang tersembunyi bagi Ku. Zac. 4:10c sbb : Maka mata Tuhan ke 7 biji itu adalah memandang seluruh bumi berkeliling. Api dalam kehidupan sehari-hari banyak menolong manusia, sebagai penerangan, memasak dsb. Karena tanpa api manusia tidak bisa hidup. Bagi gereja Ku yang sudah bertobat, maka mata Ku yang seperti nyala api memberikan faedah baginya, tetapi bagi gereja Ku yang tak mau bertobat, maka mata Ku akan menghanguskan mereka. Ingatlah bahwa api tidak selalu memberi faedah kepada manusia, tetapi bisa juga membawa malapetaka bagi manusia. Begitu juga bagi gereja yang tidak mau bertobat, maka nyala api Ku menghanguskan mereka itu. Allah itu api adanya Ibr. 10:27 sbb : Melainkan ada dasiat orang menantikan hukuman itu dan ada suatu hangat api yang akan melulur segala yang melawan. Contoh tentang Sodom dan Gomora Kej. 18, 19.

Ayat 15 : Dan kakinya serupa tembaga berkilap, seolah-olah merah api didalam tanur; dan bunyi suaranya menderu seperti air yang banyak.

a. Kakinya seperti tembaga berkilap. Tembaga adalah lambang pehukuman Bil. 21:9 sbb :

Maka oleh Musa diperbuat akan seekor ular dari pada tembaga, lalu dibubuhnya diatas sebatang kayu yang tinggi, maka sesungguhnya apabila seorang dipagut ular, serta dipandangnya akan ular tembaga itu, maka tinggallah ia hidup.

Disini Aku dibayangkan sebagai ular tembaga yang mengambil pehukuman bagi umat Israel. Jangan sampai langit menjadi tembaga yang disebabkan dosa-dosa kamu, sehingga doa kamu Aku tidak terima, berarti menunggu pehukuman. Ulangan 28:23.

b. Kaki Ku yang berkilap seolah-olah api dalam tanur. Ini berbicara Aku telah siap untuk menginjak-injak musuh Ku yaitu orang yang tak mau bertobat kepada Ku sehingga hancur binasa untuk selama-lamanya. Tanur adalah berbicara tentang pehukuman. Contoh : Sadrak, Mesak & Abednego yang dimasukkan dalam Tanur api yang dipanaskan 7x, dan tidak binasa karena mereka itu adalah milik Ku. Sebaliknya orang-orang yang memasukkannya kedalam yang binasa. Daniel 3:19. Kaki adalah berbicara tentang pendirian percaya yang teguh. Karena Aku teguh, dalam pendirian percaya Ku. Demikianpun hendaknya menjadi pendirian bagi gereja penganten. Tanur adalah dapur api yang sangat panas. Ini berarti tidak ada musuh yang bisa melawan Aku. Perhatikan Firman Ku dalam Ibr. 1:13; 10:13. Kepada malaekat manakah ada pernah ia berfirman duduklah engkau disebelah kanan Ku, sehingga Aku menaklukkan segala musuh mu menjadi alas kaki mu.

c. Bunyi suaranya menderu seperti air yang banyak. Ini berbicara tentang Firman Ku. Firman Ku mendatangkan faedah baginya seperti manna dari sorga. Juga seperti air yang mendatangkan faedah bagi manusia. Air disini membayangkan Firman. Air itu sangat berguna untuk manusia. Air disini membayangkan Firman. Tanpa air manusia tidak bisa hidup. Begitu juga gereja tanpa Firman Ku tak akan hidup. Ibr. 4:12. Tetapi gereja yang tidak mau bertobat, maka Firman Ku seperti air menderu atau seperti banjir. Sifatnya banjir, dimana saja yang dilaluinya dihancurkannya. Ingat tatkala Aku menurunkan Firman [ Torat dibukit Torsina / Sinai ] suara Ku berbunyi seperti guntur sehingga umat Ku Israel menggeletar ketakutan Kel. 19:17-18. Sekarang suara Ku muncul ditengah-tengah doa dan penyembahan ialah : Suara Nubuatan. Perhatikan dalam sidang yang sudah bertobat, apabila mereka mendengar suara nubuatan, mereka menyambut penuh syukur  karena mereka tahu Allah ada diantara mereka 1Kor. 14:24-25. Tapi gereja yang tidak mau bertobat, suara nubuatan laksana air yang menderu yang sangat dasyat menakutkan mereka. Ada hamba-hamab Ku dari banyak gereja sekarang mengajar bahwa suara nubuatan sudah berhenti. Ya kasihan kepada hamba-hamba Ku ini, karena sebenarnya mereka sudah mengurangi kelengkapan dari penyempurnaan gereja penganten, dari 7 lembaga menjadi 6 lembaga. Suara nubuatan belum berhenti sampai hari ini, tapi nubuatan ini akan berhenti pada waktu gereja terangkat dan sempurna. Wah. 12:6, 14; 1Kor. 12:8-10

ayat 16 : Maka Ia memegang didalam tangan kanan Nya 7 bintang, dan terjulur dari dalam mulutnya sebilah pedang tajam bermata dua dan wajahnya seperti matahari terik.

1. Ia memegang dengan tangan kanan Nya 7 bintang. Tangan kanan berbicara adalah berbicara hamba-hamba Ku yang Aku lantik. Ingat tidak semua hamba-hamba Ku yang Aku lantik untuk melayani pekerjaan Ku, tidak semua hamba-hamba Ku ada didalam tangan kanan Ku. Tangan kanan itu menunjuk kepada kekuatan dan kekuasaan. Kalau Aku memegang hamba-hamba Ku pada tangan Ku, ini berarti :

  1. Aku meninggikan mereka itu
  2. Aku memberi kuasa kepada mereka itu
  3. Aku memelihara mereka itu dalam segala sesuatu
  4. Aku menjaga mereka itu

Hal ini berarti tidak seorang pun atau kuasa apapun yang dapat merampas mereka dalam tangan Ku, karena segala kuasa baik di sorga, baik dibumi maupun dibawah bumi, telah diserahkan oleh Bapa Ku kepada Ku. Mat. 28:18-20; Pil. 2:10. Sebagai contoh adalah nabi Ku Elia. Sampai Aku angkat dia dengan rata sorga, tak ada satu tangan pun yang menjamah dia 1Raja & 2 Raja. Siapakah hamba-hamba Ku yang Aku pegang pada tangan kanan Ku, itulah hamba-hamba Ku yang kaki diannya menyala, yang sudah lahir baru dari air dan Roh dan memiliki karunia Roh dan juga melayani sidang Ku yang kaki diannya pun menyala. Disamping kaki diannya menyala, setiap hamba Ku yang Aku lantik harus hidup dalam kesucian dan kerendahan untuk mengikuti Aku; maka Aku tetap memegang dengan tangan kanan Ku, hamba-hamba Ku itu. Apabila hamba-hamba Ku melanggar hal ini maka tangan Ku juga yang mengobrak abrik hamba-hamba Ku tersebut dan tidak dapat melarikan dirinya. Tangan kanan Ku lebih kuat dari pada tangan kiri. Dan kalau hamba-hamba Ku berada dalam tangan kanan Ku, berarti hamba-hamba Ku sangat kuat dan penuh dengan kuasa. Tapi apabila hamba-hamba Ku melawan kehendak Ku / Firman Ku, maka tangan kanan Ku akan menghempaskan hamba-hamba Ku itu dengan keras.

2. Terjulur dalam mulutnya sebilah pedang tajam bermata dua. Ini berbicara tentang pehukuman. Pehukuman ini untuk :

  1. antiKris dan kawan-kawannya Wah. 19:15 sbb : Dan dari pada mulutnya keluar sebilah pedang tajam, supaya dengan dia itu, Ia boleh memarang segala orang kafir. Maka Ia pun akan memerintah mereka itu dengan tongkat besi dan ialah yang mengirik irikan anggur yaitu kehangatan murka Allah.
  2. ditujukan kepada anak-anak Ku yang tidak mau bertobat Wah. 2:16-18. Ingat bahwa Firman Ku seperti pedang yang ermata dua Ibr. 4:12 yang maha kuasa. Disini kamu nampak bahwa Firman Ku bagai pedang bermata dua. Berarti Firman Ku makan kedua belah pihak yaitu luar dan dalam. Bahagian luar untuk musu, bahagian dalam untuk anak-anak Ku yang tidak mau bertobat. Firman Ku sangat kuasa untuk menghancurkan kuasa kegelapan yang menyerang hamba-hamba Ku / gereja Ku, tetapi juga berkuasa membersihkan hamba-hamba Ku kedalam. Hal ini akan diterangkan dalam Wah. 4 mengenai 4 zat yang hidup.
  3. Wajahnya seperti matahari yang bercahaya, seperti matahari terik. Ini berbicara tentang kemuliaan Ku yang luar biasa. Matahari adalah bayangan Allah Bapa. Maz. 84:12; Ibr. 1:3. Matahari itu panas dan panas itu berbicara tentang Roh Ku. Perhatikan dengan seksama kitab segala rasul dimana Roh Ku sudah mengangkat iman orang percaya dan disanalah pekerjaan Roh Ku dinyatakan dengan heran, seperti panasnya matahari. Apalagi akhir zaman ini dimana gereja penganten akan disempurnakan dan Roh Ku akan bekerja aktif dengan sempurna.

Ayat 17 : Tatkala aku nampak Dia, amak rebahlah aku pada kakinya seperti orang mati. Maka diletakkannya tangan kanannya keatas ku sambil berkata : Jangan takut, Aku inilah yang Awal dan yang Akhir.

Setelah rasul Ku Yohanes nampak Aku dengan penglihatannya, maka rebahlah ia seperti orang mati kedepan, karena cahaya kemuliaan Ku. Ini berbicara tentang :

a. Cahaya kemuliaan Kuakan menghancurkan segala kesombongan keangkuhan manusia supaya bertekuk lutut dihadapan Ku atau jatuh tersungkur dikaki Ku.

b. Cahaya kemuliaan Ku akan membawa pertobatan kepada manusia. Contoh : Rasul Paulus dalam Kisah 9. Saat rasul Yohanes nampak Aku dengan 7 lembaga ayat 13-16, dia jatuh kedepan karena ketakutan melihat kemuliaan Ku yang luar biasa itu. Tetapi Aku memegang tangannya dan berkata : Jangan engkau takut. Dia merasa takut karena penglihatan ini berlainan diwaktu Aku bersama-sama dengan dia sewaktu Aku berada dibumi.

Aku inilah yang Awal dan yang Akhir. Hal ini berarti bahwa Aku adalah dari kekal sampai kekal. Aku tidak berpermulaan dan tidak berkesudahan. Yang Awal dan yang Akhir berarti juga, Aku yang terutama dalam segala perkara.

Ayat 18 : Dan yang hidup. Aku sudah mati, maka tengoklah sekarang Aku hidup selama-lamanya, serta ada pada Ku anak kunci maut dan alam maut.

a. Dan yang hidup. Aku sudah mati, maka tengoklah sekarang Aku hidup selama-lamanya. Ini berarti bahwa Aku telah beroleh kemenangan, serta hidup selama-lamanya. Hidup kekal tidak berkesudahan harinya.

b. Memegang kunci maut dan alam maut. Ini berbicara tentang kematian Ku dan kebangkitan Ku dan Aku sudah beroleh kemenangan dimana kuasa maut telah Aku kalahkan selama-lamanya. 1kor. 15:54-55. Sebab itu Bapa Ku mengaruniakan kunci itu kepada Ku ialah : Kunci maut dan alam maut yang tadi-tadinya dipegang oleh setan. Sebab itu kalau kamu dalam Aku dan Aku dalam kamu maka kamu tidak nampak maut selama-lamanya. Dan Aku telah mengalahkan maut itu Ibr. 2:14.

Ayat 19 : Sebab itu suratkanlah barang yang engkau sudah nampak, baik barang yang ada pada masa ini, baik barang yang pada masa akan datang kelak.

Wahyu ini dinyatakan kepada rasul Ku Yohanes dalam 2 periode :

1. Mengenai gereja-gereja dizaman rasul Yohanes [ 7 sidang ]

2. samapai zaman antiKris.

Jadi wahyu ini menyatakan peristiwa-peristiwa pada zaman rasul Yohanes, kemudian peristiwa-peristiwa yang akan datang mengenai akhir zaman disaat gereja Ku akan disempurnakan. Yang mempunyai hubungan erat dengan Mat. 24, Mark. 13 & Luk. 21. Dan perjanjian ini berlaku pada orang yang beriman dan bagi dunia, yang akan ditemui pada pasal-pasal kemudian.

Ayat 20 : Adapun akan rahasia ke 7 bintang yang engkau sudah tampak ditangan Ku, dan ke 7 kaki dian yang dari pada emas itu, ketahuilah : ke 7 bintang itu, yaitu malaekat ke 7 sidang jumat itu; dan ke 7 kaki dian itu, yaitu ke 7 sidang jemaat itu adanya.

Adapun akan rahasia ke 7 bintang dan ke 7 kaki dian dari pada emas itu, yaitu malaekat ke 7 jemaat itu. Dan ke 7 kaki dian itu ialah : Ke 7 sidang jemaat yang dalam ayat 11. Dimasa itu ke 7 sidang ini mewakili seluruh gereja-gereja akhir zaman ini, meskipun coraknya agak berlainan tetapi kejadian yang berlaku pada sidang mula-mula itu akan berlaku juga pada gereja-gereja akhir zaman secara modern. Rahasia dari pada ke 7 bintang ini adalah ke 7 malaekat sidang yang menggembalakan ke 7 sidang dalam ayat 11 diatas. Menunjukkan bahwa mereka adalah lantikan Ku. Malaekat sidang adalah berbicara tentang gembala-gembala sidang. Ingat sekali lagi bahwa tidak semua hamba-hamba Ku yang melayani pekerjaan Ku, yang Aku lantik. Berbahagialah hamba-hamba Ku yang Aku lantik pada akhir zaman ini, yang Aku tugaskan untuk menyempurnakan gereja penganten. Perhatikan pelajaran pelantikan yang sudah diungkapkan dalam pekerjaan Roh kudus dalam 7 tingkat iman.

Bersambung…….

5 responses to this post.

  1. keren bung ……………..

    Balas

  2. Posted by j on Juni 29, 2013 at 12:34 am

    Trimakasih,,,Tuhan Memberkati dalam pelayanan.
    khotbah harian dimasukkan agak banyak om bherti.

    Balas

  3. Posted by Nababan Margareth on April 6, 2014 at 4:48 am

    aku masih bingung akan semua yg tertulis dalam kitab wahyu,
    aku suka membacanya, krn sprti suatu pandangan dgn apa yg terjadi dimasa depan.
    mungkin aku akan mengerti saat semuanya terjadi..

    thanks admin..

    Balas

    • Berdoa sama Tuhan yang empunya Firman supaya Dia memberikan pengertian Yermia 33:3 dan minta Roh kudus / karunia Roh kudus mengajar kita Yoh. 14:26; Yoh. 16:13; 1Yoh. 2:27 Gbu.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: