Wahyu pasal 2 & 3, 7 Sidang Jemaat di Asia kecil

WAHYU PASAL DUA

PEMBAGIANNYA :

I.            NASEHAT UNTUK SIDANG JEMAAT  EPESUS           AYAT   1 – 7

II.            NASEHAT UNTUK SIDANG JEMAAT SMIRNA           AYAT   8 – 11

III.            NASEHAT UNTUK SIDANG JEMAAT PERGAMUS     AYAT   12 – 17

IV.            NASEHAT UNTUK SIDANG JEMAAT TIATIRA            AYAT   18 – 29

I. NASEHAT UNTUK SIDANG JEMAAT EPESUS.

EPESUS ARTINYA TERPUJI

PENDAHULUAN : Sidang Epesus ini memiliki sejarah karena ditempat inilah  rasul Paulus mendirikan sekolah Alkitab di Tiranus selama 2 th, sehingga sekalian orang yang diam di Asia mendengar Firman. Di Epesus ini pula rasul Ku Yohanes meninggal pada th 100 m [ mati sahid ]. Rasul Yohanes seperti telah diterangkan pada pendahuluan bahwa ia telah dibuang pada th 94 m oleh kaisar Domitian dari kerajaan Roma, dipulau Patmos. Disinilah dia beroleh kesempatan baik bersekutu dengan Aku sehingga pada th 96 m ia memperoleh anugerah dari Aku yang heran yaitu menerima buku Wahyu ini. Setelah ia selesai dengan buku Wahyu ini dan disuratkannya, maka ia dibebaskan dari pulau Patmos dan kembali ke Yerusalem. Kemudian dari Yerusalem kembali ke negeri kafir sampai ke Epesus. Pekabarannya berobah dari pekabaran yang lemah lembut, menjadi pekabaran yang keras. Dimana dia berhadapan sekarang dengan pengajaran palsu dan sesat, yang sudah menjalar dizamannya, banyak nabi-nabi palsu dihadapinya. Pada th 96 m rasul Ku ini berada dikota Epesus dan menulis :

    1. Injil Yohanes
    2. Pertama Yohanes
    3. Kedua Yohanes
    4. Ketiga Yohanes

Rasul Ku ini lebih dahulu menulis buku wahyu baru Injil Yohanes dan 1,2,3 Yohanes. Apa sebab ? Karena dalam suratan buku wahyu ini Aku yakinkan dia lebih dahulu bahwa Aku yang berkuasa dilaut dan didarat. Perhatikan Firman Ku dalam Wah. 10:1-7. Karena itu ia telah menulis Injil Yohanes dan 1,2,3 Yohanes sesudah buku Wahyu. Dan didalam surat 1 Yohanes nyata benar dia menyerang nabi-nabi palsu dan rasul-rasul palsu. 1Yoh. 4:1-6. Setelah rasul Yohanes menulis Injil Yohanes dan 1,2,3 Yohanes maka berakhirlah hidupnya dengan mati sahid pada th 100 dikota Epesus dimana kepalanya dipenggal dimuka kuil Artemis dewa orang Epesus. Rasul Ku Yohanes pernah digoreng diatas kuali yang panas yang berisi minyak tapi tubuhnya tidak apa-apa. Lihat persamaannya dengan 3 orang muda di Babel Daniel 3.

Ayat 1 : Suratkanlah kepada malaekat sidang jemaat di Epesus seperti yang demikian : Bahwa ini lah sabda dari Dia yang memegang 7 bintang ditangan kanan Nya itu, yang berjalan kesana kemari diantara ke 7 kaki dian emas itu :

Dia yang memegang ke 7 bintang ditangan kanan Nya. Ke 7 bintang ini adalah berbicara tentang ke 7 malaekat sidang oleh gembala-gembala dari ke 7 sidang ini. Aku memegang mereka ditangan kanan Ku ini berarti :

  1. Aku meninggikan mereka karena mereka adalah hamba-hamba Ku
  2. Yang Aku lantik
  3. Aku memelihara mereka
  4. Aku menjaga mereka

Sebab itu kalau Aku sudah lantik kamu, tak ada satu tangan yang berani menjamah kamu kecuali Aku luaskan atau izinkan. Berjalan kesana kemari diantara ke 7 kaki dian, ini berarti bahwa Aku berjalan-jalan ditengah sidang tersebut serta memperhatikan apa yang terjadi dalam sidang-sidang tersebut yaitu :

  1. Pemberitaannya
  2. Perbuatannya
  3. Kelakuannya
  4. Doa dan penyembahannya.

Jadi segala sesuatu yang terjadi dalam sidang-sidang ini Aku tau semuanya, tidak ada suatupun yang tersembunyi dihadapan Ku.

Ayat 2 – 3 : Aku tahu semua perbuatan mu dan kelelahan, dan sabar mu, dan Aku tahu bahwa engkau tiada boleh tahan segala orang jahat, tetapi engkau sudah mencoba orang-orang yang mengatakan dirinya rasul, tetapi bukan, dan sudah engkau dapati mereka itu pendusta; dan engkau tahan sabar dan sudah menanggung karena nama Ku dengan tiada jemu.

Memperhatikan ayat 2 & 3 ini bahwa sidang jemaat Epesus ini dipuji oleh karena mereka mempunyai  perbuatan baik yaitu :

  1. Perbuatan
  2. Kelelahan
  3. Sabar
  4. Tak suka melawan / tak tahan segala orang jahat
  5. Mencoba orang yang mengaku diri rasul
  6. Tidak pendusta
  7. Tahan sabar
  8. Menanggung siksa karena nama Ku
  9. Tiada jemu

Dengan ke 9 sifat yang mereka miliki tersebut diatas sidang jemaat Epesus ini merasa puas dan mereka menonjolkan perbuatan mereka ini yang sebenarnya harus menonjolkan buah-buah Roh Ku dalam Gal. 5:22-23. :

  1. Kasih
  2. Suka cita
  3. Perdamaian
  4. Panjang hati
  5. Kemurahan
  6. Kebaikan
  7. Setiawan
  8. Lemah lembut
  9. Tahan nafsu

Memperhatikan ke 9 perbuatan dari sidang jemaat Epesus ini dengan 9 buah Roh ini hampir ada persamaan. Tetapi sayangnya ke 9 perbuatan mereka itu adalah perbuatan akal-akal manusia / peraturan-peraturan manusia. Dan mereka menonjolkan ini sayangnya mereka tidak berimankan kepada Roh Ku sehingga Roh Ku meninggalkan mereka itu. Yang jelas nampak dalam sidang ini mereka kehilangan kasih. Perhatikan ayat 4. Nyata disini bahwa segala perbuatan mereka itu adalah perbuatan karena terpaksa. Mereka menyangka dengan perbuatan-perbuatan saja mereka diselamatkan. Mereka tidak tahu perbuatan tanpa iman adalah mati. Yak. 2:17; 1Kor. 13:1-3. Tak ada suatu perbuatan yang terpuji dihadapan Allah, kalau tidak disertai kasih dan iman yang sempurna. Sidang jemaat Epesus ini seperti sidang jemaat Galatia, yaitu dimulai dengan Roh diakhiri dengan daging atau peri hal duniawi Gal. 3:3; Gal. 5:16-17. Kaki dian dari sidang Epesus ini, seperti sumbu yang berasap yang akan mati tanda kehabisan minyak. Ini berbicara Roh Ku meninggalkan mereka itu. Banyak gereja-gereja akhir zaman seperti sidang jemaat Epesus.

Ayat 4 : Tetapi Aku ada sesuatu hal keatas mu, yaitu engkau telah meninggalkan kasih mu yang mula-mula itu.

Seperti telah diterangkan dalam ayat 2 & 3 tersebut diatas, bahwa sidang jemaat ini sudah kehilangan kasih. Mereka perbuat  perbuatan terpuji, tetapi mereka perbuat bukan dalam Roh tapi dalam daging / akal-akal manusia berarti mereka sudah meninggalkan kasih sebagai hukum yang terutama sekali. Kasih adalah pengikat kesempurnaan Kol. 3:14 : Tetapi yang terutama dari pada sekaliannya itu, kasih yang menjadi pengikat kesempurnaan. Demikian juga dalam 1Kor.13:13.

Ayat 5 : Sebab itu ingatlah dari mana engkau jatuh dan bertobatlah, dan lakukanlah perbuatan yang mula-mula itu; jikalau tiada, Aku akan datang kepada mu, dan mengalihkan kaki dian mu itu dari tempatnya, kecuali engkau bertobat.

Dalam ayat ini diterangkan dan diperingatkan kepada sidang jemaat ini, teguran Ku kepada mereka supaya supaya mereka itu bertobat dan melakukan perbuatan yang mula-mula itu. Ada 3 perkara yang menyebabkan sidang Epesus ini disuruh bertobat :

  1. Perbuatan karena terpaksa
  2. Kehilangan kasih
  3. Meninggalkan Roh Ku

Segala perkara yang diatas ini yang menyebabkan kejatuhan dari sidang jemaat Epesus dan ini adalah perbuatan dosa adanya. Aku menegur sidang jemaat ini agar mereka kembali bertobat dan kembali kepada pimpinan Roh Ku, kembali dan menghormati dan menghargai pekerjaan Roh Ku, supaya sidang ini menyala kembali kaki dian nya. Ingat sekali lagi bahwa perbuatan dari sidang jemaat ini dalam pemandangan Ku, segala perbuatannya sudah bersifat daging, sehingga Roh Ku meninggalkan sidang ini. Mereka kembali kepada akal-akal manusia Mat. 15:8-14. Sifat-sifat dari sidang ini : Mereka coba mengawinkan cara-cara manusia dengan cara-cara Roh Ku, tetapi Roh Ku meninggalkan mereka itu tanpa mereka sadari. Inilah yang disebutkan persinahan rohani. Tadi-tadinya mereka diajar oleh Roh Ku, tetapi kemudian mereka campur dengan akal-akal mereka. Demikian banyak gereja-gereja Ku akhir zaman ini mencontoi  caranya sidang jemaat Epesus. Terutama Aku peringatkan kepada mereka dari aliran gereja yang sudah lahir baru dari pada air dan Roh, yang pada permulaannya mereka benar-benar berdiri atas kehendak Roh Ku, tetapi sekarang sudah bersifat seperti sidang jemaat Epesus. Memang dalam tubuh organisasinya kelihatan menonjol, sudah menjadi besar dan mereka sudah berjasa kepada manusia dengan usaha sebagai berikut :

  1. Mendirikan rumah-rumah yatim piatu
  2. Mendirikan sekolah-sekolah
  3. Mengadakan usaha-usaha sosial

Hal ini mereka perbuat karena organisasi mereka itu sudah cukup kuat. Dan ini dalam pemandangan mereka adalah satu perbuatan kasih. Adapun usaha ini baik tetapi sayangnya mereka tidak lagi mementingkan hal rohani, sehingga tanpa mereka sadar Roh Ku sudah meninggalkan mereka. Karena mereka tidak mengutamakan Aku lagi. Perhatikanlah Firman Ku dalam Mat. 6:33; Kol. 3:1-3. Segala amal dan sosial itu baik, tetapi jangan itu yang diutamakan atau ditonjolkan dan Aku ditinggalkan. Aku tidak suka dengan sifat sidang jemaat ini, tetapi Aku juga masih menunjukkan kesabaran Ku, kemurahan Ku sebab itu Aku suruh mereka bertobat kepada Ku dan kembali pada kasih yang mula-mula dan kembali kepada pimpinan Roh Ku. Siapakah yang bersalah dalam hal ini adalah hamba-hamba Ku yang mengembalakan sidang. Karena gembala sidang yang bertanggung jawab. Perhatikan Firman Ku dalam Ibr. 13:17; Tit. 1:7; 1Tes. 5:12-13. Sebab itu apabila gembala sidang tidak mau bertobat, maka dengan tangan Ku sendiri akan menghancurkan atau menghempaskan mereka itu. Sebab itu perhatikanlah Firman Ku dalam Yak. 3:1 : Hai saudara ku janganlah kamu semuanya hendak  menjadi guru, sebab mengetahui bahwa kami akan menerima hukuman yang terlebih berat. Sebab itu dalam ayat 1 satu tadi Aku memperkenalkan diri Ku, bahwa dalam tangan Ku ada 7 bintang dimana berbicara bahwa ke 7 hamba-hamba Ku dalam ke 7 sidang di Asia kecil, ada dalam tangan Ku ini berarti hamba-hamba Ku ini Aku yang melantik dan Aku tonjolkan untuk mengembalakan sidang Ku sendiri.

Bagi hamba-hamba Ku yang bertipe seperti sidang Epesus ini pada akhir zaman, apabila mereka tidak mau bertobat, Aku akan obrak abrik mereka itu agar supaya domba-domba Ku selamat.

Ayat 6 : Tetapi ada pada mu perkara ini, yaitu engkau benci akan segala perbuatan orang Nikolai, yang Akupun benci juga.

Tetapi sidang Epesus ini ada sesuatu yang terpuji bagi dia yaitu mereka benci kepada pelajaran orang Nikolai, dimana Aku turut benci juga. Bagaimanakah macam pelajaran orang Nikolai itu ? Pelajaran orang Nikolai ini adalah :

  1. Menonjolkan Iman tanpa perbuatan
  2. Tubuh boleh berbuat apa saja, karena tubuh tidak mewarisi kerajaan sorga. Mereka memakai ayat : dari abu engkau dijadikan, engkau kembali ke abu juga. Perhatikan Kej. 3:19, mereka lupa Firman Ku dalam 1Kor. 15:51-52; 2Kor. 5:1-6, 10.
  3. Mencampur adukan penyembahan kafir dan penyembahan kepada Ku. Ini adalah persinahan rohani.

Sebenarnya sidang ini benci akan pelajaran Nikolai tetapi karena Roh Ku sudah meninggalkan mereka, maka pelajaran ini mereka lakukan juga tanpa mereka sadari. Hal-hal ini terjadi juga dalam tubuh gereja-gereja akhir zaman ini yang sudah lahir baru dari air dan Roh, tetapi tidak semua. Dan barang siapa yang merasa terlibat harus bertobat dan sadar jangan sampai terlambat.

Ayat 7 : Barang siapa yang bertelinga, hendaklah ia mendengar kata Roh itu kepada segala sidang jemaat. Maka kepada orang yang menang, kepadanyalah Aku akan memberi makan buah pohon hayat yang didalam Firdaus Allah.

Teguran ini terutama ditujukan kepada sidang jemaat di Epesus, tetapi sesudahnya mereka, teguran ini berlaku untuk sidang lain juga, terutama kepada gereja akhir zaman ini yang perbuatannya sama atau hampir sama dengan sidang Epesus ini. Sidang jemaat Epesus ini dapat diobati, kembali kepada Roh Ku. Kalau tadinya mereka sudah tidak suka pekerjaan Roh Ku dalam sidang dan tidak suka lagi mendengar suara nubuatan sebagai pernafasan tubuh penganten, sekarang mereka harus sadar dan dengar, jika ada kerinduan mau bertobat kembali maka sidang ini akan menjadi gereja penganten. Mereka yang menang akan Aku beri makan buah pohon hayat dalam Firdaus Allah itu. Pohon hayat adalah pohon kehidupan dan Akulah kehidupan itu. Firdaus artinya kesenangan. Firdaus Allah artinya kesenangan bersama Allah / Tuhan. Ingat saat Adam dan Hawa berada ditaman Firdaus, mereka ada persekutuan yang manis dengan Aku dan ada kesenangan serta damai. Jadi mereka yang menang akan masuk dalam Firdaus Allah yaitu persekutuan dengan Aku, tetapi sidang ini tidak menjadi tiang dalam Yerusalem baru. Gereja akhir zaman yang termasuk dalam tipe sidang jemaat Epesus ini nampak pada :

1. Gereja-gereja yang sudah lahir baru dari air dan Roh [ kamar suci ]

2. Sebagian kecil dari gereja halaman.

II. SIDANG SMIRNA.

Nasehat untuk sidang jemaat Smirna ayat 8 – 11.

Smirna artinya : Getah yang berbau harum.

Letaknya Smirna berdekatan dengan Epesus. Sidang ini telah dibentuk melalui pelajaran rasuli, sidang ini adalah sidang yang ke 2 yang Aku tegur. Ingatlah bahwa tiap-tiap teguran itu menyatakan bahwa Aku masih mengasihi sidang itu.

Ayat 8 : Suratkanlah kepada malaekat sidang yang di Smirna seperti yang demikian : Inilah sabda dari pada Dia yang awal dan yang Akhir, yang sudah mati lalu hidup balik.

Aku memperkenalkan diri kepada sidang jemaat Smirna sebagai yang Awal dan yang Akhir, yang sudah mati, lalu hidup balik. Pertama-tama kali Aku tujukan ini kepada gembala sidang di Smirna, kemudian kepada sidang jemaat. Yang awal adalah berbicara bahwa Akulah yang mendahului segala mahluk, dan aku yang terutama sekali. Sebab itu perhatikanlah Firman Ku dalam Kol. 1:15-16 : Dan Ialah yang menjadi bayang Allah yang tiada kelihatan itu, yaitu Anak sulung yang terlebih dahulu segala mahluk. Karena didalam dia itu sudah dijadikan segala sesuatu yang dilangit, dan yang dibumi, yang kelihatan dan yang tiada kelihatan, baik singgasana, baik perintah, baik penguasa, baik kuasa, maka segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan bagi Dia.

Yang Akhir ini ialah : Tidak ada sesuatu yang kekal seperti Aku Yes. 9:5. Yang sudah mati lalu hidup balik ini adalah berbicara tentang kematian dan kebangkitan Ku di kemuncak golgota dimana kuasa maut dan alam maut sudah Aku kalahkan 1Kor. 15:20-22; 1Kor. 15:54-57.

Ayat 9 : Aku tau kesusahan mu dan kepapaan mu tetapi engkau kaya dan Aku tau hujat dari pada orang-orang yang mengatakan dirinya orang Yahudi, tetapi bukan, melainkan suatu jemaat iblis.

Aku memperhatikan keadaan sidang jemaat Smirna ini yaitu mereka mengalami beberapa perkara dalam mereka mengiring Aku yaitu :

  1. Mengalami banyak kesusahan
  2. Mengalami kepapaan
  3. Mengalami hojat
  4. Mengalami serangan iblis

Adapun keadaan sidang jemaat ini berat karena mereka diburu oleh iblis dan iblislah yang mendatangkan kesusahan atas mereka. Sebab itu perhatikanlah Firman Ku dalam 1Pet. 5:7,9 sbb :

Serahkanlah kekuatiran mu kepadanya, karena ialah yang mempedulikan kamu. Hendaklah kamu beringat, hendaklah kamu berjaga-jaga, adapun iblis seteru mu itu seperti singa yang mengaum berjalan-jalan mencari mangsanya. Lawanlah ia dengan imanmu yang teguh, sebab mengetahui bahwa segala sengsara yang semacam itu, juga ada berlaku diatas segala saudara mu yang didalam seluruh dunia ini.

Tetapi meskipun demikian sidang jemaat ini kaya rohani. Sebab itu apabila kamu mengalami pencobaan-pencobaan seperti sidang jemaat ini, maka serahkanlah segala perkara itu kepada Ku. Hendaklah kamu mengetahui bahwa setiap orang yang mengikut Aku, ia akan mengalami sengsara seperti Aku, dan seringkali pencobaan ini datang seolah-olah perkara yang ajaib bagi kita, tetapi hendaklah kamu ketahui, bahwa kamu harus menderita karena nama Ku. Hendaklah kamu bersuka cita 1Pet. 4:12-14 sbb :

Hai kekasih ku, janganlah kamu heran akan hal api pencobaan diantara kamu, yang akan datang keatas mu menguji kamu, seolah-olah suatu perkara yang ajaib berlaku atas mu, melainkan oleh sebab kamu beroleh bahagian didalam sengsara Kristus, bersukacitalah kamu; supaya pada masa kelihatan kemuliaan Nya kelak kamu akan bersuka cita dan bersuka ria. Jikalau kamu terkena cela karena nama Kristus, berbahagialah kamu, karena Roh kemuliaan, yaitu Roh Allah diam diatas kamu.

Ayat 10 : Janganlah engkau takut akan segala kesusahan yang akan engkau rasai kelak. Tengoklah iblis itu hendak memasukkan ½ dari pada kamu kedalam penjara, supaya kamu dicobai; dan kamu mendapat kesusahan kelak 10 hari lamanya. Biarlah engkau setia sehingga mati, dan Aku akan memberi engkau mahkota hayat itu.

Adapun kesusahan yang berlaku dalam sidang ini adalah perbuatan iblis dimana Aku izinkan, karena sidang jemaat Smirna ini adalah :

  1. Kurang kesetiaannya
  2. Kaya rohaninya

Kesetiaan didalam Aku adalah sangat penting, karena tanpa kesetiaan mahkota tidak akan diberikan. Sebab itu hendaklah kamu setia sampai akhir karena kesetiaanlah yang menentukan keselamatan Mat. 24:13 : Tetapi barang siapa yang bertekun sampai akhir ialah akan diselamatkan. Hal ini termasuk pada buah Roh setiawan. Sebab itu meskipun kamu penuh dengan karunia-karunia Roh Ku tapi kalau kamu tidak setia kepada Ku, maka itu akan menjadi sia-sia adanya. Sidang Smirna ini sangat menghargakan Roh Ku, sehingga mereka itu kaya rohani. Apabila mereka itu berhimpun, benar-benar Aku ersekutu dengan mereka, tapi sayang sekali mereka kurang kesetiaannya kepada Ku. Satu perkara yang menjadi kesalahan mereka yaitu, mereka membiarkan orang-orang Yahudi yang mempertahankan hukum Torat masuk berhimpun bersama-sama sidang ini, karena orang-orang Yahudi ini tidak percaya kepada hukum anugerah dan kebenaran. Sebab itu mereka mengalami ocehan dan olokan dari orang-orang Yahudi yang berkumpul bersama-sama dengan mereka. Seperti kamu ketahui bahwa hukum Torat dan syariatnya sudah berakhir dan digenapkan dipuncak golgota tatkala Aku disalibkan Roma 10:4; Yoh. 1:17; Luk. 16:16. Tetapi hukum torat ini masih dipertahankan oleh orang-orang Yahudi dan oleh pengaruh orang Yahudi yang berkumpul bersama mereka itu, menyebabkan sidang Smirna ini kurang setia. Bertepatan dengan itu ada penganiayaan terhadap saksi-saksi Ku [ hamba-hamba Ku ] yang penuh dengan Roh dan iblis mengamuk sampai ke Smirna. Sebab itu Aku peringatkan kepada sidang Smirna ini supaya mereka tetap setia kepada Ku, akhirnya mereka akan beroleh mahkota. Perhatikan Firman Ku dalam Yak. 1:12 : Berbahagialah orang yang sabar menanggung pencobaan, karena sesudah ia tahan uji, ia akan menerima kelak mahkota hidup yang dijanjikan Allah kepada segala orang yang mengasihi Dia. Juga dalam 2Tim. 4:7-8; Mat. 5:10-12. Aku peringatkan kepada mereka atas rencana iblis yang hendak mencobai mereka selama 10 hari. Angka 10 = angka Torat atau 10 hukum atau angka pehukuman, karena siapa yang melanggar hukum Torat ia kena hukum. Seperti telah diterangkan bahwa yang memberikan pencobaan dalam sidang ini adalah orang Yahudi, yang fanatik dalam hukum Torat. Dan orang Yahudi inilah yang mengadukan sidang jemaat Smirna ini, serta memasukkan mereka kedalam kesusahan ini / kedalam penjara. Sebab itu aku berpesan kepada mereka : Agar jangan bersekutu dengan orang-orang yang masih memegang hukum Torat. Templaklah mereka itu supaya mereka keluar dari sidang mu. Sebab itu ingat kalau kamu dipimpin oleh Roh, tidak boleh kamu melakukan hukum Torat. Perhatikan Gal. 5:18 : Tetapi jikalau kamu dipimpin oleh Roh maka tiadalah kamu dibawah syariat Torat Gal. 2:21. Perhatikan juga Firman Ku dalam Gal. 3:11-13 sbb : Maka tiadalah aku menolak anugerah Allah, karena jikalau kebenaran itu datang dengan jalan Torat, maka Kristus mati itu sia-sia adanya. Dan begitu pula tiada seorang pun yang dibenarkan oleh syariat Torat dihadapan Allah. maka hal itu sudah nyata, karena orang benar akan hidup oleh iman. Maka Kristus sudah menebus kita dari kutuk Torat dengan menjadi suatu kutuk karena kita, karena ada tersurat bahwa terkutuklah tiap-tiap orang yang tergantung pada kayu. Sebab itu jangan bergaul dengan orang-orang yang memegang hukum Torat karena mereka itu adalah orang-orang munafik, atau orang yang memegang hukum bertorat perh. 2Yoh. 10-11 sbb : Jikalau barang seorang datang kepada mu dan membawa pengajaran lain dari pada itu, janganlah kamu terima dia masuk kedalam rumah mu, dan jangan memberi salam kepadanya. Karena barang siapa yang memberi salam kepadanya, ia itu sama bersalah didalam perbuatannya yang jahat itu. Bandingkan dengan Gal. 1:6-10.

Ayat 11 : Barang siapa yang bertelinga, hendaklah ia mendengar kata Roh itu kepada segala sidang jemaat. Maka orang yang menang, sekali-kali tiada akan terkena bahaya maut yang kedua itu.

Adapun teguran ini ditujukan kepada gembala sidang Smirna, sebagai gembala sidang dan kemudian kepada sidang jemaat. Dan apabila teguran ini diterima dan memperbaiki keadaan yang salah dan memberi diri dipimpin oleh Roh, maka mereka akan beroleh kebangkitan I, yang berarti mereka akan menjadi umat pilihan Ku dan tidak akan mengalami pehukuman bahkan memerintah dengan Aku 1000 th lamanya dalam 1000 th masa damai. Dan tidak masuk dalam alam maut yang II yaitu neraka. Berarti bebas dalam pehukuman dan hidup kekal bersama-sama dengan Aku. Perhatikan Firman Ku dalam Wah. 20:4-6. Pada akhir zaman ini kamu nampak modelnya sidang jemaat Smirna beroperasi digereja-gereja Ku. Sebab itu Aku peringatkan kepada mereka yang memegang hukum Torat atau yang memegang hukum bertorat. Gereja-gereja yang termasuk pada tipe sidang Smirna akhir zaman ini ialah : Gereja-gereja yang sudah lahir baru dari air dan Roh.

III. SIDANG JEMAAT PERGAMUS

NASEHAT UNTUK SIDANG JEMAAT PERGAMUS WAH. 2:12-17.

PERGAMUS ARTINYA BENTENG YANG KUAT [ BENTENG IBLIS ]

Ayat 12 : Suratkanlah kepada malaekat sidang jemaat yang di Pergamus seperti yang demikian : Inilah sabda dari pada Dia yang berpedang tajam bermata dua itu.

Aku memperkenalkan diri kepada sidang Pergamus ini sebagai Dia yang berpedang tajam bermata dua. Inilah lambang dari pehukuman. Untuk mengetahui pedang bermata dua itu adalah pehukuman, perhatikan Wah. 19:15 sbb :

Dan dari pada mulutNya keluar sebilah pedang yang tajam, supaya dengan dia itu Ia boleh memarang orang kafir, maka Ia pun akan memerintah mereka itu dengan tongkat besi dan ialah yang mengirik-irikan anggur yaitu kehangatan murka Allah.

Perhatikan pula Firman Ku dalam Ibr. 4:12 sbb :

Karena Firman Allah itu hidup dan berkuasa dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua dan makan dalam sehingga menceraikan nyawa dan roh serta sendi dan sumsum dan tahu menyelidiki segala ingatan dan niat hati.

Disini kamu dapat mengetahui bahwa Firman Ku adalah :

  1. Menghukum orang yang melawan Aku terutama antiKris. Contoh pehukuman yang Aku lakukan ialah zaman Nuh dengan air bah Kej. 6 & 7.
  2. Firman Ku menyelamatkan orang percaya. Karena Firman Ku itu hidup dan berkuasa. Ingat bahwa Firman Ku itu adalah juga Aku sendiri Yoh. 1:1

Ayat 13 : Aku tahu dimana engkau diam, yaitu ditempat iblis bertahta. Engkau berpegang pada nama Ku dan tiada menyangkal iman kepada Ku walaupun dimasa Antipas, saksi Ku yang setia itu, yang sudah dibunuh dihadapan kamu, ditempat iblis diam.

Sidang pergamus ini berkembang dengan pengajaran rasuli tetapi kebetulan daerah Pergamus ini adalah daerah dimana iblis bertahta. Tetapi meskipun demikian sidang jemaat Pergamus ini memiliki dua perkara yaitu :

  1. Berpegang kepada nama Ku
  2. Tidak menyangkal iman

Tetapi sidang jemaat Pergamus ini adalah satu sidang yang suka pelesir, suka kepada keduniawian atau bersahabat dengan dunia. Sebab itu Aku benci keadaan sidang jemaat ini, sebab itu Aku tidak mau bersekutu dengan sidang semacam ini, malahan Aku berseteru dengan mereka, perhatikan Yak. 4:4; 1Yoh. 2:15.

Yak. 4:4 : Hai kamu yang disifatkan seperti orang berzina, tiadakah kamu ketahui bahwa persahabatan dengan dunia ini ialah perseteruan dengan Allah ? Sebab itu barang siapa yang mau bersahabat dengan dunia ini, ia itulah seteru Allah.

1Yoh. 2:15 : Janganlah kamu mengasihi dunia atau barang yang ada didalam dunia. Jikalau barang seorang mengasihi dunia, maka kasih Bapa itu tiadalah ada didalam dia.

Dikota Pergamus ini dimana sidang Pergamus itu berdiri, disana pula ada patung Zeus yang didirikan orang. Dan banyak dari anak-anak Ku dari sidang jemaat Pergamus ini, pergi membakar dupa dan menyembah dewa zeus ini, disamping menyembah Aku. Mereka biarkan iblis bertahta dalam sidang ini dan ini berarti ada persekutuan dengan berhala. Perhatikanlah Firman Ku dalam 2Kor. 6:16-17; Hab. 2:18-19.

2Kor. 6:16-17 : Dan apakah perhubungan yang ada diantara rumah Tuhan dengan rumah berhala ? Karena kita inilah rumah Allah yang hidup seperti Firman Allah, bahwa Aku akan diam dan bergerak diantara mereka itu dan Aku akan menjadi Tuhan mereka itu, dan mereka itu akan menjadi umat Ku. Sebab itu keluarlah kamu dari antara orang kafir, dan bercerailah kamu kata Firman Tuhan dan jangan menyentuh barang yang najis; maka Aku akan menyambut kamu.

Hab. 2:18-1 : apa guna kiranya patung pahatan itu, bahwa tukang yang pandai sudah memahat dia. Dan patung tuangan bukankah dia itu pengajar dusta jua adanya ? Bukan diperbuatnya berhala juga yang kelu adanya ? Wai bagi orang yang berkata kepada kayu : Jagalah engkau! Dan kepada batu yang diam itu : Bangunlah engkau ! Bolehkah ia itu mengajar dia ? Bahwasanya jikalau ia itu disalut dengan perak atau dengan emas sekalipun, maka tiada juga nyawa atau nafas didalamnya.

Sifat dari sidang Pergamus ini, bukan saja terjadi pada zaman itu tetapi muncul dibeberapa gereja akhir zaman ini dimana disamping mereka menyembah Aku mereka juga menyembah ilah lain yang menjadi kebencian Ku. Dalam Kel. 20:3-6. Bahwa menyembah ilah lain dihadapan hadirat Ku adalah satu kebencian. Dan kebencian Ku itu sampai pada gilir yang ke 4.

Siapakah Antipas itu ?

Antipas adalah saksi Ku yang setia, dia adalah seorang pahlawan salib yang dengan berani dan setia telah melawan pelajaran-pelajaran palsu dan sesat. Berjuang mati-matian, karena telah berkecamuk dalam sidang Pergamus itu, yaitu pelajaran persekutuan antara Aku dengan dewa Zeus. Hal ini terjadi karena pemimpin sidang Pergamus memasukkan pelajaran palsu dan sesat itu kedalam sidang.

Antipas dibenci kemudian dibunuh / mati sahid karena mempertahankan Firman Ku yang benar dan nama Ku serta menyerang pelajaran palsu yang sedang mengamuk dalam sidang Pergamus. Dan itu harus menjadi pegangan kamu hamba-hamba Ku yang Aku lantik akhir zaman untuk menyempurnakan gereja penganten. Berbuatlah seperti hamba Ku Antipas, biar tubuh binasa asal jiwa dan Roh selamat. Selamatkanlah domaba-domba Ku yang berada dalam gereja-gereja yang bertipe Pergamus ini.

Contoh dalam gereja I, hamba Ku Stepanus yang rela menjadi korban / mati sahid karena mempertahankan Firman Ku. Kisah 7. Jangan takut orang yang membunuh tubuh, tapi tidak berkuasa untuk membunuh jiwa  Mat. 10:28 sbb : Janganlah kamu takut akan orang yang membunuh tubuh, dan yang tiada berkuasa mematikan jiwa, tetapi yang terutama sekali hendaklah kamu takuti Dia, yang berkuasa membinasakan baik tubuh atau jiwa didalam neraka.

Ayat !4 : Tetapi Aku ada sedikit perkara keatas mu, yaitu ada pada mu orang-orang yang berpegang kepada pengajaran Bileam, yang sudah mengajar Balak menyesatkan bani Israel, sehingga mereka itu makan barang yang dipersembahkan kepada berhala, dan lagi berzina.

Nampak disini keadaan sebenarnya yang terjadi didalam sidang Pergamus dimana sidang ini terlibat didalam pelajaran Bileam, jadi terlibat didalam dua perkara yakni :

  1. Penyembahan berhala
  2. Berzina

Pelajaran Bileam ialah : Pengajaran yang mengawinkan adat istiadat kafir dengan Firman Ku yang benar. Penyembahan kepada berhala dan penyembahan kepada Ku. Untuk mengetahui pengajaran Bileam perhatikan Bil. 22,23,24 yang mengakibatkan umat Israel itu terlibat dengan orang-orang Moab, kawin mawin Bil. 25:1 & Bil. 31 sehingga menimpa umat Israel. Perhatikan juga Yudas 11. Pelajaran Bileam ini juga sedang berkecamuk dibanyak gereja akhir zaman ini. Selain dari pada itu termasuk juga dalam pelajaran ini adalah :

  1. Dansa-dansi
  2. Tari-tarian

Adapun dansa dansi dan tari-tarian ini adalah alat iblis dan ini dipakai oleh gereja tipe Pergamus untuk memenangkan orang kafir, karena orang kafir suka pada dansa dansi dan tari-tarian. Yang kamu nampak sekarang ini, bukannya mereka melarang tapi merestuinya. Yang sangat mendukakan hati Ku, seringkali mereka melakukan ini pada waktu mereka menyambut hari natal. Disamping mereka itu menyembah Aku pada hari itu karena memperingati kelahiran Ku, tapi sesudah itu kebaktian mereka ramaikan dengan dansa dansi dan tari-tarian. Itu berarti mereka menyalibkan Aku kedua kali. Perhatikanlah Firman Ku dalam Ibr. 6:6 sbb : lalu berpaling masakan orang itu dibaharukan balik kepada tobat. Oleh sebab mereka itu sendiri sudah mensalibkan Anak Allah serta diberi malu dengan nyata-nyata. Yang biasa mereka sebutkan acara bebas dengan berdansa dansi dan tari-tarian, sehingga terjadilah kontak nafsu birahi antara pria dan wanita yang akibatnya terjadilah perzinahan. Sebab itu pelajaran ini sangat membahayakan perkembangan gereja Ku perhatikan 1Kor. 7:1. Sbb : Menjawab segala pertanyaan didalam surat mu itu, maka baiklah laki-laki jangan menyentuh perempuan.

Pelajaran Bileam termasuk juga :

  1. Ikat pinggang / jimat-jimat / opok-opok .
  2. Percaya kepada dukun, petenung, roh orang mati.

Jadi mereka itu bertuhankan dua, yaitu kepada Ku dan kepada setan. Sebab itu perhatikan Firman Ku dalam Ul. 18:10-12 sbb :

Jangan diantara kamu didapati akan seorang juapun yang menyuruh anaknya laki-laki atau perempuan menerusi api, atau yang bertenung atau orang hobatan atau yang melihat dalam nujum atau orang sulapan, atau juru mantera yang membaca manteranya, atau yang bertanyakan hantu saitan, atau yang tahu ilmu ramal, atau yang bertanyakan orang mati. Karena segala orang yang berbuat demikian, ia itu kebencian kepada Tuhan, dan sebab perbuatan kebencian yang demikian dihalaukan Tuhan, Allah mu, akan mereka itu dihadapan mu dari dalam miliknya.

Perhatikan juga Hab. 2:18-19; 1Kor. 12:2; 2Kor. 6:15-17. Aku benci akan perbuatan sidang Pergamus ini karena Aku tidak mau terang dan gelap dijodohkan. Jadi kesimpulan dari pelajaran Bileam adalah :

  1. Pelajaran suap / sogok
  2. Pelajaran dansa dansi, tari-tarian
  3. Berhala ikat pinggang / jimat-jimat
  4. Percaya pada dukun, nujum, petenung, bertanyakan setan, hobatan, sulapan, bertanyakan orang mati, menerusi api dll.

Pelajaran ini sudah berkecamuk dalam sidang Pergamus, sehingga sidang jemaat Pergamus ini, disamping mereka itu makan perjamuan dengan Aku sebagai peringatan atas korban Ku dipuncak golgota, mereka itu juga makan, yang dipersembahkan kepada berhala. Disamping itu perzinahan merajalela dalam sidang ini diakibatkan karena pelajaran tersebut diatas. Karena pelajaran ini adalah kombinasi dari Firman Ku dengan adat istiadat kafir seperti berhala dsb. Adapun sidang ini adalah sidang yang menuju kepada agamanya antiKris yang kamu akan jumpai dalam Wah. 13, 17, 18. Diakhir zaman ini banyak diantara gereja-gereja Ku terlibat seperti sidang Pergamus ini. Sebab itu Aku minta supaya mereka sadar, yang terlibat seperti sidang Pergamus ini dan kembali kepada Firman Ku yang benar, sebagai susu yang jati 1Pet. 2:2. Karena jika tidak mereka akan menjadi gereja sundal / pelacur, yang akan menikah dengan antiKris bukan dengan Aku.

Ayat 15: Begitu juga ada pada mu orang-orang yang berpegang pada pengajaran orang Nikolai, serupa itu juga.

Ayat 16 : Sebab itu hendaklah bertobat. Jikalau tidak, Aku akan datang kepada mu dengan segeranya, lalu memerangi mereka itu dengan pedang yang dimulut Ku ini.

Dalam ayat 15 & 16 ini kembali diterangkan tentang, selain mereka itu berpegang kepada pengajaran Bileam, mereka juga berpegang pada pengajaran orang Nikolai. Pelajaran orang Nikolai telah diterangkan dalam pasal 2:6. Jadi kombinasi dari pelajaran yang sangat menyesatkan. Sebab itu sidang Pergamus ini adalah sidang yang sebenarnya Aku benci, namun demikian Aku suruh supaya sidang Pergamus ini harus bertobat dan harus meninggalkan pelajaran Bileam dan pelajaran orang Nikolai dan kembali kepada kebenaran Firman Ku. Pelajaran tipe sidang ini pun muncul dalam gereja-gereja Ku pada akhir zaman ini. Sebab itu apabila ada gereja-gereja Ku itu yang terlibat dalam pelajaran-pelajaran seperti sidang Pergamus ini, supaya sadar dan bertobat,  kembali kepada kebenaran Firman Ku. Kalau tidak, mereka akan masuk dalam zaman antiKris selama 3 ½ th dan Aku akan datang dengan membinasakan dengan memerangi mereka dengan pedang yang ada dalam mulut Ku ini, berarti pehukuman tanpa ampun. Itu sebabnya gereja tipe Pergamus ini disebut agamanya antiKris. Sekarang bagaimanakah mereka itu akan bertobat ? Dan bagaimanakah mereka itu akan meninggalkan pelajaran-pelajaran mereka itu ? Jalannya yaitu : Harus meninggalkan pelajaran palsu dan sesat itu dan mendengar Firman Ku yang benar yang disertai pekerjaan Roh Ku [ karunia-karunia rohani ] yang diberitakan oleh hamba-hamba Ku yang Aku lantik pada akhir zaman ini yang Aku tugaskan untuk menyempurnakan gereja penganten, supaya mereka terlepas dari pada pelajaran palsu dan sesat ini, dan tidak menjadi agamanya antiKris.

Sebab itu kepada kamu hai hamba-hamba Ku yang sudah Aku lantik, Injililah mereka itu dan bawalah Firman Ku yang benar dengan tegas dan berterus terang, supaya gereja-gereja Ku akhir zaman ini yang mempunyai pelajaran tipe Pergamus ini, harus insaf dan sadar serta bertobat. Selagi kesempatan masih ada, karena pintu kemurahan Ku masih terbuka. Satu kali kelak, apabila gereja Ku sudah sempurna dan menikah dengan Aku, maka pintu kemurahan Ku, Aku tutup. Orang yang mencari kebenaran Firman Ku pada saat itu, meskipun mereka rindu, mencari Nya tetapi tidak akan dapat menemukan lagi. Perhatikan Amos 8:11-12 sbb :

Bahwasanya hari akan datang kelak, demikianlah Firman Tuhan hua, apabila Aku mendatangkan bala kelaparan dalam negeri, ia itu bukannya lapar akan roti dan bukannya dahaga akan air, melainkan akan mendengarkan segala Firman Tuhan. Maka orang akan mengembara dari pada laut sampai kepada laut dan dari pada utara datang ke timur, orang akan beridar-idar akan menuntut Firman tetapi tiada didapatinya akan dia.

Apa sebab Aku suruh mereka bertobat ? Karena Aku tidak mau seorangpun binasa, karena bagaimanapun, mereka itu adalah umat Ku. Perhatikan 2Pet. 3:8-9 :

Tetapi perkara yang satu ini jangan kamu lupakan hai segala kekasih ku, bahwa satu hari kepada Tuhan, sama seperti 1000 th dan 1000 th sama seperti satu hari. Maka Tuhan tiada berlambatan didalam hal perjanjian itu, sebagaimana ada beberapa orang yang membilangkan hal itu lambat. Melainkan panjang sabar akan kamu, tiada Ia gemar akan seorang pun binasa, melainkan sehingga sekaliannya sampai kepada tobat.

Ayat 17 : Barang siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar kata Roh kepada segala sidang jemaat. Maka kepada orang yang menang, kepadanyalah Aku akan memberi manna yang tersembunyi itu, dan Aku akan memberi kepadanya suatu batu putih dan pada batu itu tersurat suatu nama baharu, yang tiada diketahui oleh seorangpun, melainkan oleh orang yang menerima dia.

Teguran ini disampaikan kepada gembala sidang, kemudian kepada sidang jemaat Tuhan, ini juga teguran bagi gereja-gereja akhir zaman yang terlibat seperti perbuatan sidang Pergamus. supaya mereka kembali kepada kebenaran Firman Ku dan pekerjaan Roh, karena Roh Ku tidak bekerja lagi dalam sidang ini. Karunia Roh tidak bekerja lagi dalam sidang ini, sebab itu mereka harus mendengarkan Firman Tuhan dari hamba-hamba Ku yang Aku lantik, yang disertai oleh Roh Ku, karunia-karunia Roh yaitu kamu. Sebab itu bawalah pekabaran ini dengan jelas dan tegas, laksanakanlah dengan sebaik-baiknya. Ingatlah bahwa darah mereka itu, Aku tuntut kepada mu, apabila kamu tidak memberitakannya. Yehez. 3:18-20. Ingatlah bahwa mereka ingin pekabaran Injil yang benar, yang diberitakan oleh hamba-hamba Ku yang dipimpin oleh Roh Ku / karunia Roh Ku. Mereka lapar akan pekabaran yang demikian, tapi sayang masih kurang hamba-hamba Ku yang memberitakan / melayani perhatikan Roma 10:13-17. Bagaimana mereka tau kalau tidak ada yang mengajarkannya.

Kepada mereka yang menang : Ini maksudnya kepada mereka yang bertobat meninggalkan pelajaran-pelajaran yang menyesatkan dan kembali kepada Firman Ku, dan bersedia dipimpin oleh Roh Ku, akan  Aku anugerahkan kepadanya :

  1. Manna yang tersembunyi [ Firman Ku ] Yoh. 6:31-51
  2. Batu putih dimana didalamnya tertulis nama baharu yang tidak diketahui oleh seorang pun.

Kenapa batu putih ? Karena batu putih adalah tanda kemenangan, berarti bebas dari pehukuman. Gereja tipe Pergamus akhir zaman ini akan bebas dari pehukuman asalkan mereka menyesal dan bertobat, serta datang kepada Ku dan menerima Firman yang benar, mengakui Aku sebagai Gembala yang baik dan Akulah kepala gereja.

RAHASIA TENTANG BATU PUTIH  :

Suatu kebiasaan dari Kerajaan Roma pada masa itu, apabila seseorang berbuat kesalahan yang besar, dia akan diadili sepihak. Kepadanya akan disodorkan setumpukan batu yang terdiri dari batu-batu yang dibungkus yaitu batu putih dan batu hitam. Kemudian batu-batu itu diserahkan kepada siterdakwa, kemudian dengan cara undian disodorkan kepadanya. Apabila siterdakwa terambil pada bungkusan batu putih, maka ia akan bebas dari hukuman. Tetapi apabila ia terambil bungkusan batu hitam, maka ia akan mati dibunuh.

Sebab itu melalui ayat ini, kepada mereka yang bertobat, bebas dari pehukuman. Mereka akan mendiami Yerusalem baru tapi bukan sebagai tiang. Adapun gereja-gereja yang terlibat dalam sidang Pergamus pada akhir zaman ini adalah :

  1. Gereja-gereja halaman
  2. Sebagian dari gereja-gereja yang sudah lahir baru dari air dan Roh.

IV. SIDANG JEMAAT TIATIRA :

Nasehat untuk sidang jemaat Tiatira Wah. 2:18-2

Tiatira artinya bau harum / bau dupa

Ayat 18 : Suratkanlah kepada malaekat sidang jemaat yang di Tiatira itu seperti demikian : Inilah sabda  Anak Allah, yang matanya seperti nyala api, dan kaki Nya seperti tembaga berkilap.

Pada ayat 18 ini , Aku menegur dan menasehati sidang Tiatira ini yang Aku sampaikan kepada malaekat sidang Tiatira yang menjadi gembala pada sidang Tiatira itu, apa yang sedang terjadi didalam sidang tersebut. Didalam ayat ini Aku memperkenalkan diri sbb :

  1. Mata seperti nyala api. Ini menunjukkan Aku memperhatikan / menyelidiki didalam segala sesuatu didalam dan diluar sidang ini, berarti bahwa baik mereka berkumpul bersama-sama ataupun tidak , dimana mereka hidup diluar sidang, tak ada suatupun yang tersembunyi dihadapan Ku. Perhatikan Firman Ku didalam 1Kor. 2:10 dan Maleaki 3:16. Jadi segala sesuatu yang mereka perbuat, tidak ada satu pun yang tersembunyi dihadapan Ku seperti yang terdapat didalam ayat 19-29.
  2. Kaki Ku seperti tembaga berkilap. Kaki berbicara tentang pendirian, perjalanan percaya. Kaki juga berbicara tentang kekuatan pendirian. Tembaga menunjukkan pehukuman. Kaki Ku seperti tembaga yang berkilap menunjukkan kekuatan perdirian yang benar. Aku datang menghukumkan gereja-gereja Ku yang tidak mau bertobat, yang kena pengaruh ajaran-ajaran sesat, yang pada mulanya gereja-gereja Ku ini dibentuk oleh pelajaran Rasuli tapi kemudian terpengaruh dengan rasul-rasul dan nabi-nabi palsu yang masuk dalam sidang tersebut, akhirnya mereka jadi gereja palsu dan sesat seperti Wah. 17.

Apabila gereja ini tidak mau bertobat, akhirnya ia akan menikah dengan antiKris. Sidang Tiatira ini tidak ada lagi, tapi pelajaran sidang Tiatira ini beroperasi terus dalam gereja akhir zaman baik dalam gereja halaman maupun dalam gereja kamar suci. Sidang Tiatira ini Aku tegur karena mereka membiarkan dirinya dipengaruhi oleh nabi-nabi palsu yang menyamar perhatikan 2Kor. 11:13-15 sbb : Karena orang yang semacam itu rasul-rasul palsu, yang bekerja dengan tipu daya, dan yang merupakan dirinya seolah-olah rasul-rasul Kristus. Maka tiadalah ajaib perkara itu, karena iblis sendiripun merupakan dirinya seperti malaekat yang suci. Oleh sebab itu bukanlah suatu hal yang ganjil, jikalau segala pengiringnya juga merupakan dirinya seolah-olah pengiring yang sungguh, maka kesudahan mereka itu dibalas sebagaimana perbuatannya sendiri.

Ayat 19 : Aku tau segala perbuatan mu, dan kasih dan iman dan layan dan sabar mu, dan segala perbuatan mu yang akhir itu terlebih dari pada yang awal.

Memperhatikan ayat ini maka sidang Tiatira ini mempunyai kemajuan, mempunyai 5 perkara yang terpuji :

  1. Perbuatan
  2. Kasih
  3. Iman
  4. Layan
  5. Sabar

Perbuatan yang akhir ini adalah lebih besar dari pada perbuatan yang awal. Yang dimaksud perbuatan lebih dari pada kasih. Aku menasehati sidang ini agar mengasihi Aku, lebih dari segala perkara yang lain, karena meskipun perbuatan ini baik secara pandangan lahir, tetapi mereka tidak mengasihi Aku lebih dari segala perkara dan ini tidak berguna kepada Ku. Perhatikan Mat. 22:37-40 sbb :

Maka kata Yesus kepadanya : Hendaklah engkau mengasihi Allah Tuhan mu dengan sebulat-bulat hati mu, dan dengan segenap jiwa mu, dan dengan sepenuh akal budi mu. Inilah hukum yang terbesar dan yang terutama. Dan hukum yang kedua bersama dengan itu demikian : Hendaklah engkau mengasihi sesama mu manusia seperti diri mu sendiri. Pada kedua hukum ini bergantung segenap kitab Torat dan kitab segala nabi.

Perbuatan baik manusia tanpa Firman adalah bagaikan kain lara Yes. 64:6. Kalau kamu mengasihi Aku, kamu harus menurut segala Firman Ku, lebih dari segala pelajaran manusia. Banyak gereja-gereja akhir zaman ini, menonjolkan 5 perkara diatas . Tetapi mereka makan / menerima pelajaran yang sesat Mat. 15:8-9,13-14. 5 perkara diatas adalah kombinasi dari karunia-karunia Roh dan buah Roh. Sekarang bagaimana dapat menguji pelajaran ini ? Hendaklah kamu menyerah pada Roh Ku, karena Roh Ku akan membuka rahasia pelajaran yang benar 1Yoh. 2:27. Sebab itu apabila kamu terbentur pada kesulitan untuk mengetahui rahasia Firman Ku, bertanyalah kepada Ku yang empunya Firman, bukan kepada manusia. Perhatikan Firman Ku dalam Yer. 33:3 sbb :

Berserulah oleh mu kepada Ku, maka Aku akan menyahut kepada mu dan Aku akan memberitahu kepada mu perkara yang besar-besar dan perkara yang terlindung, yang tiada kau ketahui.

Jangan besandar kepada akal, perhatikan Mat. 15:8-14, karena seringkali akal itu keluar dari maksud Firman Ku. Demikian juga segala manusia itu pembohong adanya. Roma 3:4-5. Dan Aku akan membinasakan hikmat itu, karena manusia dalam hikmatnya sendiri tidak dapat mengetahui hikmat Allah itu. Sebagai contoh tafsiran manusia perhatikan Wah. 4:1-6 tentang 4 zat yang hidup dimana mereka menafsir bahwa itulah : Henokh, Musa, Elia dan Aku. Apabila memperhatikan seakan-akan masuk akal. Tetapi apabila diselidiki itu adalah pelajaran sesat sebab mereka hendak menyamakan Aku dengan nabi-nabi yang lain. Mereka lupa Firman Ku dalam Mat. 11:11 sbb :

Dengan sesungguhnya Aku berkata kepada mu, bahwa diantara segala orang yang dilahirkan oleh perempuan, belum bangkit seorangpun yang lebih besar dari Yohanes pembaptis, tetapi yang terkecil didalam kerajaan sorga, itulah yang lebih besar dari padanya.

Demikian pula dalam pelajaran Tabernakel tentang : 4 tiang dipintu Tirai, dimana mereka samakan dengan 4 zat hidup dalam Wah. 4:6. Walaupun Roh Ku telah Aku curahkan dan Roh Ku sudah berbisik dalam hati mereka, bahwa tafsiran itu tidak benar, tetapi mereka tetap dalam pendiriannya. Sebab itu melalui pembukaan rahasia kebenaran Ku, maka Aku katakan mereka itu memberi pengajaran palsu dan sesat. Pelajaran tersebut adalah pelajaran akal-akal manusia, bukan dari Roh Ku, yang disusun oleh guru-guru mereka atau rabi-rabi besar. Dan hamba-hamba Ku dalam gereja ini takut mengoreksi pelajaran dari rabi-rabi besar mereka, walaupun itu bukan dari pada Aku. Tetapi kepada kamu, contoilah rasul Ku Petrus seorang rasul yang lebih suka mati, dari pada menyangkal pelajaran yang sudah Aku berikan kepadanya. Perhatikan Firman Ku dalam Kisah 4:19-20; 5:29. Sbb :

Tetapi sahut Petrus dan Yohanes itu sambil berkata kepada mereka itu : Timbangkanlah kiranya sendiri, kalau-kalau benar pada pemandangan Allah, menurut kamu ini terlebih dari pada menurut Allah. karena kami ini mustahil akan berhenti mengatakan barang yang sudah kami tampak dan kami dengar itu.

Tetapi sahut Petrus dan rasul-rasul itu serta berkata : Wajiblah orang menurut Allah terlebih dari manusia.

Kalau mereka itu sudah mengetahui bahwa mereka itu sudah berbuat salah, dan tidak lagi menurut Firman Ku, buat apa mereka menyembah Aku, itu hanya mendukakan hati Ku. Dan Aku tidak suka menerima cinta separuh, harus dengan segenap jiwa dan segenap akal budi, karena Aku adalah Allah cemburuan adanya. Sebab itu untuk menolong mereka. Aku akan membangkitkan / memanggil dan melantik hamba-hamba Ku yang berkemauan baik, untuk membawakan kebenaran Firman Ku yang telah Aku ajarkan melalui Roh Ku kepada kamu dan hendaklah kamu beritakan Firman Ku dengan terus terang. Tetapi kalau mereka tidak mau sadar dan bertobat dan meninggalkan pelajaran yang palsu dansesat ini, berarti mereka mendukakan Roh Ku, dan Roh Ku akan meninggalkan mereka, dan apabila Roh Ku meninggalkan mereka itu, mereka akan menghojat Firman Ku yang benar dan Roh Ku, yang diberitakan oleh kamu.

Menghujat Firman sama dengan menghujat Aku juga. Sama dengan menghojat Roh Ku. Karena Roh itu adalah Aku sendiri yang tiada kelihatan. Perhatikan Firman Ku dalam Yoh. 1:1 dan Yoh. 14:16-18. Dan ingat bagi mereka yang coba-coba menghojat Roh Ku, tidak ada ampun, baik didunia maupun diakhirat. Perhatikan Mat. 12:31-32 sbb :

Sebab itu Aku berkata kepada mu : Bahwa segala dosa orang dan hujatnya pun akan diampuni, tetapi menghujat Roh itu, tiada akan diampuni. Dan barang siapa yang mengatakan perkataan yang melawan Anak manusia, ia itu akan diampuni; tetapi barang siapa yang mengatakan perkataan yang melawan Roh Kudus, ia itu tiada akan diampuni, baik didalam dunia, baik diakhirat.

Sebab itu orang yang menghojat Roh kudus / Roh Ku, tidak akan ada ampun. Tetapi bagi mereka yang sudah mengalami kepenuhan Roh Ku dan karunia-karunia Roh Ku perhatikan Firman Ku dalam Ibr. 6:4-5 sbb :

Karena orang-orang yang sekali sudah diterangkan hatinya, dan sudah merasa-rasa karunia yang dari sorga itu, dan sudah sama beroleh bahagian dari pada Roh kudus, dan yang sudah masuk hati Firman Allah yang baik itu, beserta segala kuat kuasa zaman yang akan datang.

Tetapi bagi mereka yang belum mengetahui pekerjaan Roh Ku dan belum mengalami pekerjaan Roh Ku, itu merupakan lampu merah, dan bila ia sadar masih ada kemurahan Ku. Bagi mereka yang sudah beroleh persekutuan dengan Roh Ku, kemudian menghojat Roh Ku, hukuman yang paling ringan, Aku beri kesentuhan. Perhatikan Firman Ku dalam Yehez. 3:20 sbb :

Atau jikalau kiranya seorang yang benar itu undur dari pada jalan yang betul, serta berbuat jahat, dan Ku adakan suatu kesentuhan baginya, sehingga matilah ia, jikalau engkau tiada menasehatkan dia, maka iapun akan mati dalam dosanya, dan segala kebajikan yang telah dibuatnya, itu tiada akan diingat lagi, tetapi darahnya akan Ku tuntut juga dari pada tangan mu.

Sekarang contoh tentang Radio :

  1. Pembicara di studio adalah bayangan Aku
  2. Gelombang udara yang membawa suara kepesawat radio adalah bayangan Roh Ku
  3. Pesawat radio adalah bayangan hamba-hamba Ku

Dalam pelajaran tentang radio ini  Aku memberi contoh :

Ada seorang yang berbicara didalam studio pemancar, kemudian suara itu dibawah oleh gelombang udara dan diterima oleh pesawat radio, apabila radio ini dihidupkan oleh yang empunya. Kemudian radio itu disetel gelombangnya maka kedengaranlah melalui radio itu sura dari pembicara distudio. Suara ini kemudian didengar oleh banyak orang tetapi kebanyakan pendengar ini, karena tidak senang mendengar siaran radio itu, menyatakan bahwa berita melalui radio itu omong kosong dan ini berarti bahwa, sipembicara dari studio itu omong kosong. Tindakan mereka itu aneh ! Karena mereka tidak mau mendengar pidato orang dari studio itu, maka bukan studio yang dirusak atau sipembicara, akan tetapi radio itulah yang mereka rusak, meskipun radio itu tidak ada salahnya. Contoh ini menunjukkan kepada pekabaran Injil Ku. Orang yang berpidato / berbicara distudio itu adalah Aku. Dan pelajaran ini disampaikan oleh Roh Ku kepada hamba-hamba Ku, dan hamba-hamba Ku menyampaikan kepada umum. Karena sebahagian dari mereka itu tidak menerimanya, akhirnya hamba-hamba Ku ini yag dianiaya / dirusak, padahal mereka hanya alat saja. Demikian pun akan jadi kelak pada kegerakan besar yang akan datang , tatkala kabar penganten akan diberitakan / dimasyurkan, maka mereka akan menganiaya / merusak hamba-hamba Ku, yang  Aku lantik dan suruh membawakan kabar penganten. Hamba-hamba Ku ini akan mati sahid, dan mereka yang menganiaya / membunuh hamba-hamba Ku, Aku akan hajar mereka habis-habisan, apalagi kalau mereka itu masuk zaman antiKris, dimana mereka itu ditimpa dengan murka Ku dengan 7 sangkakala dan 7 cawan murka Allah. Tetapi kemudian satu halyang aneh dan menggelikan hati bahwa mereka menyatakan bahwa orang yang berbicara distudio benar adanya ialah Aku. Juga gelombang udara ialah Roh Ku, tetapi yang salah adalah pesawat radio / hamba-hamba Ku yang menyampaikan kebenaran Ku.

Disini kamu nampak bahwa mereka tidak mempersalahkan Aku dan Roh Ku, tetapi hamba-hamba Ku yang Aku lantik itu, yang menjadi alat Ku didunia untuk membawa kabar penganten menurut petunjuk Ku, karena hamba-hamba Ku ini yang Aku ajar. Aku menunggui bibir mulut mereka dalam memberitakan Firman Ku perhatikan Yer. 1:9 sbb :

Maka oleh Tuhan pun diunjukkan tangannya, lalu dicecahnya mulut ku, serta Firman Tuhan kepada ku : Bahwasanya Aku membubuh Firman Ku kedalam mulut mu.

Perhatikan peranan radio dalam waktu perang, apabila perang akan pecah maka dunia bisa mengetahui lewat radio. Apabila keadaan sudah tidak bisa diatasi lagi, maka melalui radio ini masyarakat disuruh bersiap dan mencari perlindungan atau mengungsi, dan jika peringatan ini tidak diperhatikan maka itu salah mereka sendiri. Karena apabila pecah perang maka keselamatan mereka tidak akan terjamin. Demikian yang akan terjadi pada waktu kegerakan besar, hamba-hamba Ku yang Aku lantik, bagaikan radio yang membawakan kabar kesempurnaan / kabar penganten. Kalau mereka mendengar pekabaran penganten ini, tentu mereka segera meninggalkan pelajaran akal-akal manusia, pelajaran palsu dansesat, sehingga tidak akan mengalami penganiayaan antiKris. Melainkan mereka akan diangkat ke ke awang-awangan Wah. 12:6,14. Bagi mereka yang tidak mau percaya dengan pengajaran kabar penganten dan tidak mau bertobat, dan tidak mau meninggalkan pelajaran palsu dan sesat, mereka akan masuk dalam penganiayaan antiKris.

Pekabaran yang benar adalah pekabaran yang diwahyukan atau diilhamkan oleh Roh Ku. 1Yoh. 2:27; Gal. 1:11-12.

Pekabaran yang tidak benar adalah pekabaran yang merusak tubuh penganten, yang akhirnya memberi penyakit kepada tubuh seperti TBC, Kanker dsb. Sebab itu tolaklah pelajaran palsu dan sesat, yang merusak tubuh penganten itu. Ingat bahwa Aku tidak akan menikah dengan gereja yang sakit. Karena orang yang sakit, tidak sempurna lagi, apalagi untuk melahirkan anak laki-laki dalam Wah. 12:5, sesungguhnya  mereka tidak layak.

Ayat 20 : Tetapi Aku ada suatu hal keatas mu, yaitu engkau membiarkan perempuan bernama Izebel yang mengatakan dirinya nabiah, dan yang mengajar serta menyesatkan hamba-hamba Ku, berzinah dan makan barang yang dipersembahkan kepada berhala.

Tetapi Aku ada suatu hal keatas mu, yaitu engkau membiarkan perempuan bernama Izebel yang menyatakan :

  1. Nabiah
  2. Membawa kabar yang menyesatkan sehingga hamba-hamba Ku berzinah
  3. Membawa persembahan kepada berhala.

Siapakah Izebel itu ?

Izebel artinya cantik, dia adalah permaisuri dari raja Ahab. Untuk mengetahui rahasia keberadaan Izebel kitab Raja-raja. Izebel ini yang merestui bangsa Israel itu terlibat dalam penyembahan kepada berhala, dan suka makan sehidangan dengan sajian-sajian berhala.

Jadi sifat-sifat Izebel adalah :

  1. Membunuh hamba-hamba Ku. Perhatikan nabi Elia dikejar-kejar untuk dibunuh.
  2. Berhala
  3. Pencuri / mencuri kebun anggurnya Nabot
  4. Berzinah : Mengajak Yehu, tapi tidak diterima oleh Yehu dan malahan Yehu membunuhnya.

Adapun sidang Tiatira ini, membiarkan Izebel yang menamakan dirinya nabiah yang beroperasi dalam sidang ini, sehingga banyak orang yang disesatkannya termasuk hamba-hamba Ku. gereja Izebel berbicara gereja sundal perhatikan Wah. 17. Disini tempat perhimpunan segala gereja palsu dan sesat dimana munculnya kristus-kristus palsu dan nabi-nabi palsu. Sebab itu Aku peringatkan bahwa hamba-hamba Ku yang membawakan pelajaran palsu dan sesat, mereka itu kena roh Izebel. Adapun Izebel ini telah mempengaruhi Raja Ahab, untuk mendirikan panggung baal, sehingga banyak umat Israel tersesat karena perbuatannya itu. Izebel adalah bayangan gereja sundal, sedangkan Ahab adalah bayangan antiKris. Pada akhir zaman ini muncul pelajaran Izebel dimana-mana dalam bentuk baru yaitu pelajaran kafir / sesat, dikawinkan dengan pelajaran benar, sehingga hamba-hamba Ku jatuh dalam perzinahan rohani.

Pelajaran Izebel yang nampak sekarang dalam gereja-gereja Ku adalah :

  1. Menghina kuasa Ku
  2. Menyamakan Aku dengan nabi-nabi
  3. Baptisan laut kaca dan api, tiruan dari api penyucian
  4. Penyembahan yang bisu dan terkutuk, mereka menganggap Aku ini patung.
  5. Memadamkan Roh Ku
  6. Menghojat Roh Ku
  7. Melarang kawin
  8. Melarang segala jenis makanan
  9. Menyembah Aku juga menyembah berhala
  10. Menambah dan mengurangi Firman Ku

Mengapa mereka berbuat demikian ?

Karena mereka tidak menyelidiki Firman Ku dengan seksama dan berharap pada hikmatnya sendiri, dan tidak mau bertanyakan Aku. Apa sebabnya banyak gereja-gereja Ku menyembah Aku seperti orang yang bisu ? Karena Izebel suka menyembah patung, dan kamu ketahui bahwa patung itu bisu, tidak dapat berkata-kata, kecuali nanti pada zaman antiKris dalam Wah. 13:15. Sebab itu orang yang suka menyembah patung, itu adalah alatnya antiKris dan mereka termasuk gereja sundal. Ini terjadi karena mereka benci mendengar suara Roh Ku atau nubuatan. Mereka lebih suka menyembah Aku dengan berdiam diri laksana patung seperti orang yang bersemedih. Mereka menghina apabila ada gereja-gereja Ku yang berdoa dengan karunia lidah / bahasa Roh, karena mereka tidak mengerti rahasia penyembahan dalam 1Kor. 14. Karunia lidah / bahasa Roh adalah berbicara rahasia dengan Allah, yang menguatkan dirinya sendiri dan apabila diartikan, itu menguatkan sidang jemaat. Sidang jemaat Tiatira tidak mau mendengar suara Ku akibat dari menyusupnya pelajaran-pelajaran palsu dan banyak gereja-gereja Ku akhir zaman ini mengikuti caranya Izebel. Suatu pelajaran yang bukan ditanam oleh Bapa Ku, akan dicabut dan mereka yang mengajar itu dan orang yang mengikuti pelajaran itu akan diancam oleh Firman Ku dalam Mat. 15:8,14. Perhatikan pula kalau Izebel membawa persembahan, dia membawa dupa dan membakar dengan api dihadapan patung baal yang bisu itu. Karena kalau tidak ada dupa dan api penyembahan kepada baal, tidak sempurna. Ini Aku samakan dengan pelajaran dari beberapa gereja Ku akhir zaman ini, yang mengajarkan kalau orang tidak dibaptiskan dilaut kaca sesudah mati dan tidak melalui api penyucian dia tidak sempurna. Hal ini sudah mendukakan Roh Ku karena seakan-akan Roh Ku / Aku tidak mampu untuk menyempurnakan gereja Ku ditengah-tengah dunia ini, sehingga harus melalui lagi baptisan laut kaca dan api penyucian. Mereka lupa bahwa gereja Ku akan diangkat dari bumi ini setelah mereka disempurnakan roh, jiwa dan tubuh 1Tess. 5:23:24; Wah. 12:1

Perhatikan akhir kehidupan dari Izebel ini, ia mati dan tubuhnya dimakan anjing. Anjing berbicara tentang antiKris. Sebab itu bagi gereja-gereja Ku akhir zaman ini yang mengajarkan pelajaran-pelajaran Izebel, kalau mereka tidak sadar dan mau bertobat, mereka akan mengalami apa yang dialami oleh Izebel, yaitu dimakan oleh antiKris perhatikan Wah. 17:15-6

Sebab itu kepada kamu hai hamba-hamba Ku, bawalah kebenaran Firman Ku kepada mereka. Dan kalau kamu tidak mau, maka Aku akan tuntut darah-darah mereka itu dari pada kamu. Yehz. 3:18-20 dan Roma 10:13-17.

Ayat 21 : Aku sudah memberi dia tempo supaya dia sempat bertobat, tetapi dia tidak mau bertobat dari pada zinahnya itu.

Memperhatikan ayat ini, bahwa sampai akhir hidupnya Izebel tidak mau bertobat, meskipun dia melihat mujizat yang terjadi melalui hamba Ku Elia yang Aku pakai. 1Raja. 18, 19. Begitu juga gereja tipe Izebel akhir zaman ini, meskipun mereka melihat mujizat yang luar biasa melalui pekabaran rasul hujan akhir atau melalui hamba-hamba Ku yang Aku lantik pada akhir zaman ini, membawakan kabar penganten Kristus, mereka tetap tidak juga bertobat. Seperti Izebel yang tidak bertobat sampai akhir hidupnya. Sebab itu gereja tipe Izebel ini, akan masuk dalam kesukaran yang besar, yaitu zaman antiKris. Mereka akan menerima murka Ku yaitu 7 sangkakala dan 7 cawan murka Allah.

Ayat 22 : Tengoklah, Aku akan menjatuhkan dia sakit keatas tempat tidurnya, dan mereka yang berzinah dengan dia masuk kedalam kesusahan yang besar, kecuali mereka itu bertobat dari pada mengikut segala perbuatan perempuan itu.

Aku menjatuhkan sakit keatas tempat tidurnya. Orang yang sakit sudah tentu tidak dapat berbuat apa-apa, dan gereja yang sakit rohani, tidak mungkin akan menikah dengan Aku. Aku akan menikah dengan gereja yang tiada bercacat cela, sempurna roh, jiwa dan tubuh. Dan gereja tersebut yang menerima kebenaran Firman Ku, sesungguhnya akan takut menambah dan mengurangi Firman Ku, dan setiap dia mengalami kesulitan, dia bertanya kepada Ku. Yer. 33:3; 2Kor.3:17. Sebab itu Aku peringatkan jangan bersekutu dengan tipe gereja Izebel. Karena sesudah kegerakan besar gereja tipe Izebel tidak akan mengalami pengangkatan, kecuali mereka yang bertobat dan mengikuti pekabaran penganten dimuka kegerakan besar / atau mulainya kegerakan besar. Ini akan diterangkan dalam Wah. 6 pada meterai IV & V. Ingat nanti pada kegerakan besar, banyak dari umat-umat Ku yang berada dalam gereja tipe Izebel itu, akan ada yang meninggalkan gerejanya dan menggabungkan diri dengan gereja penganten Kristus. Maka mereka banyak yang mati sahid dibunuh karena dianggap sebagai penghianat, mereka yang mati sahid selamat tetapi tidak beroleh mahkota hanya pelepah kurma.

Ayat 23 : Dan anak-anaknya akan Ku bunuh dengan bala sampar, dan segala sidang jemaatpun akan mengetahui bahwa Akulah yang menyelidiki jiwa dan hati orang, dan Aku akan membalas kamu menurut perbuatan masing-masing.

Yang dimaksud dalam ayat ini tentang anak-anaknya adalah berbicara tentang pengiring-pengiringnya dari gereja tipe Izebel. Sebab itu dalam Mat. 24:19 mereka diancam dengan celaka / wai, dan Aku mengetahi segala perkara yang terjadi dalam gereja-gereja tersebut dan siapakah pengiring-pengiringnya. Perhatikan Zakaria 4:10; 1Kor. 2:10. Sebab itu mereka yang jadi pengiring gereja Izebel akan Aku hukum dengan 7 sangkakala dan 7 cawan murka Allah. Wah. 8-11, 16. Ingat bahwa tidak ada satupun yang tersembunyi dihadapan Ku, baik tatacara ibadah, kelakuan, perbuatan dan rencana-rencana mereka. Sebab itu Aku tegur supaya mereka itu bertobat.

Ayat 24 : Tetapi kepada kamu segala orang lain di Tiatira Ku katakan seberapa banyak orang yang tiada memegang pengajaran itu, dan yang menurut kata mereka itu / tiada mengetahui segala perkara iblis yang dalam-dalam, maka tiada Aku letakkan keatas mu beban yang lain.

Dalam ayat ini ada sebagian dari jemaat Tiatira yang tidak setuju dengan pelajaran Izebel dan tidak turut melakukannya [ tidak berzinah dengan pelajaran Izebel ] mereka tidak mau tahu tentang siasat iblis yang dalam-dalam itu dan mereka tetap memandang kepada Firman Ku yang benar. Bagi mereka itu, tidak akan masuk dalam zaman kesukaran. Begitu juga anak-anak Ku yang berada dizaman ini, dalam lingkungan gereja tipe Izebel, apabila masuk dalam kegerakan besar mereka inilah yang akan keluar dari gereja tipe Izebel dan mereka akan menggabungkan diri dengan pekabaran penganten. Dan apabila mereka berusaha mengikuti dan mengamalkan pelajaran penganten, maka akan disempurnakan dan menikah dengan Aku.

Ayat 25 : Akan tetapi barang yang ada pada mu, peganglah teguh-teguh sehingga Aku datang.

Barang yang ada pada mu peganglah teguh-teguh ini berbicara pelajaran yang benar yang mereka miliki itu hendaklah dipertahankan sampai akhir kehidupan dan mereka itu akan beroleh mahkota. Ingat bahwa : Pelajaranlah yang menyempurnakan gereja penganten. Pengajaran itu merupakan makanan bagi tubuh rohani. Kalau makanan itu baik segar dan tidak beracun, tentu akan memberi kesehatan bagi tubuh. Tapi kalau makanan basi tidak segar, beracun akan membuat tubuh sakit dan akhirnya mati. Demikian juga dengan pengajaran, jika murni dari Aku, maka tubuh penganten akan menjadi sehat dan akhirnya bertumbuh sampai sempurna menikah dengan Aku. Tetapi kalau pengajaran itu palsu dan sesat, seperti makanan basi tidak segar dan beracun akhirnya merusak tubuh penganten / membuat sakit dan akhirnya mati rohani. Aku tidak akan menikah dengan gereja yang sakit rohani apalagi mati rohani.

Apabila orang makan, tanganlah yang dipergunakan untuk membawa makanan itu masuk kedalam mulut. Tangan itu membayangi kuasa Roh Ku, jadi Roh Ku yang memasukkan makanan itu dalam tubuh penganten. Sehingga Aku datang ini menunjukkan kepada kedatangan Ku untuk menjemput gereja penganten, dimana Aku hanya nampak diawan-awan tidak langsung kebumi. Mat. 24:27-31.

Ayat 26 : Maka orang yang menang, dan yang memeliharakan segala pekerjaan Ku, hingga kesudahannya, maka Aku memberi dia kuasa atas segala orang kafir.

Ayat  27 : sebagaimana:  Ku peroleh dari pada Bapa Ku. Dan ia akan memerintah mereka itu dengan tongkat besi, seperti periuk belanga tanahpun diremukkan orang, yaitu dengan kuasa, sebagaimana Ku peroleh dari pada Bapa Ku.

Dalam ayat 26 ini adalah perjanjian bagi mereka yang setia mempertahankan pekerjaan Ku / pengajaran yang benar sampai akhir dengan gigih menentang pengajaran palsu dan sesat, maka kepada mereka itu, akan memerintah bersama-sama dengan Aku dalam 1000 th masa damai. Inilah yang dimaksud, Aku memberi kuasa atas segala orang kafir. Perhatikan juga ayat 27 dimana mereka itu akan memerintah dengan tongkat besi, berarti dengan kekerasan terlebih lagi Aku.

Apa sebab ? karena sebenarnya sidang ini mempunyai 5 perkara yang terpuji. Memerintah atas segala orang kafir ialah : Karena mereka itulah yang dimenangkan pada waktu nabi Ku Musa dan Elia bernubuat pada 3 ½ th zaman antiKris. Yaitu mereka yang bertobat dari gereja sundal dan memerintah pada 1000 th masa damai. Ini adalah pemerintahan penuh kuasa dimana Aku yang menjadi Raja diatas segala raja dan gereja yang menang akan memerintah bersama-sama dengan Aku.

Ayat 28 : Dan Aku akan memberi dia bintang fajar itu.

Bintang Fajar yang dimaksud disini adalah Aku sendiri. Perhatikan Wah. 22:16 sbb : Akulah akar dan benih Daud, dan bintang fajar yang gilang gemilang itu. Anak laki-laki itu akan beroleh meterai dimana nama dari Aku dan Bapa Ku ada didahinya Wah. 14:1 lihat keterangan Wah.2:27

Ayat 29 : Barang siapa yang bertelinga hendaklah ia mendengar kata Roh kepada segala sidang jemaat.

Teguran ini pertama kali ditujukan kepada gembala sidang, kemudian kepada sidang jemaat dan juga untuk sidang-sidang yang lain untuk diperhatikan. Hal ini berlaku juga bagi gereja akhir zaman. Gereja yang termasuk tipe sidang Tiatira akhir zaman ini nampak pada :

  1. Gereja halaman
  2. Gereja kamar suci
  3. Gereja yang memegang hukum Torat

Dengan catatan tidak semua.

WAHYU PASAL 3

  1. I.                    NASEHAT UNTUK SIDANG JEMAAT SARDIS PASAL 3:1-6
  2. II.                  NASEHAT UNTUK SIDANG JEMAAT FILADELFIA PASAL 3:7-13
  3. III.                NASEHAT UNTUK SIDANG JEMAAT LAODEKIA PASAL 3:14-22

I. NASEHAT UNTUK SIDANG JEMAAT SARDIS PASAL 3 : 1-6

SARDIS ARTINYA BARANG SISA ATAU KETINGGALAN.

Ayat 1 : Suratkanlah kepada malaekat sidang jemaat di Sardis itu seperti yang demikian : Inilah sabda dari pada Dia yang mempunyai ke 7 Roh Allah, dan ke 7 bintang itu : Aku tahu segala  perbuatan mu itu, bahwa engkau sudah disangka hidup, tetapi yang sebenarnya engkau mati.

Dalam ayat ini Aku memperkenalkan diri Ku kepada sidang jemaat di Sardis sebagai :

  1. Dia yang mempunyai ke 7 Roh Allah
  2. Dan ke 7 bintang

Adapun ke 7 Roh Allah itu berbicara tentang, kelengkapan kuasa / kelengkapan Roh Ku yang bekerja. Perhatikan Wah. 4:5; Wah. 5:6.

Dalam perjanjian lama ada 7 Roh yang beroperasi yaitu :

  1. Roh hikmat
  2. Roh akal
  3. Roh bicara                                          Yesaya 11:2
  4. Roh kuat
  5. Roh pengetahuan
  6. Roh hukum
  7. Roh penunuan / membakar             Yesaya 4:4

Apabila itu berjalan sempurna tidak ada satupun rahasia dalam sidang yang tidak diketahui.

Ke 7 bintang ini adalah berbicara tentang hamba-hamba Ku dari ke 7 sidang dalam Wah. 2 & 3. Mereka itu adalah hamba-hamba Ku yang Aku panggil dan lantik dan disuruh melayani / menggembalakan sidang jemaat. Mereka itu ada pada tangan kanan Ku dan Aku memperhatikan segala apa yang dia perbuat.

Adapun sidang Sardis ini disangka hidup tetapi mati seperti mayat yang berjalan. Tetapi mereka menganggap mereka hidup, tetapi dalam pandangan Ku mereka adalah sidang yang mati rohaninya. Memang pada mulanya sidang ini bersandar pada Roh Ku, tapi kemudian berbalik dan bersandar kepada diri sendiri, sehingga Roh Ku tidak bekerja lagi. Sidang ini dimulai dengan Roh dan diakhiri dengan hal duniawi Gal. 3:3 sbb :

Adakah kamu sebegitu bodoh, sedang kamu sudah mulai dengan Roh, sekarang kamu hendak menyudahkan atas peri duniawi.

Sidang ini memadamkan Roh Ku dengan peraturan-peraturan manusia, dengan kekuatan pikiran manusia, sedangkan Aku benci kepada manusia yang berharap kepada kekuatan diri sendiri. Yer. 17:5-6. Disidang ini karunia-karunia Roh tidak bekerja lagi, sebab perbuatan mereka adalah daging semata-mata, perbuatan hawa nafsu mereka turuti dan perbuatan ini bertentangan dengan kehendak Ku / Firman Ku. sebab itu Aku tegur mereka supaya meninggalkan segala perkara itu. Perhatikan Firman Ku dalam Gal. 5:19-21 berbicara buah-buah hawa nafsu. Dan aku menghendaki supaya mereka mengeluarkan buah Roh Ku dalam Gal. 5:22-23.

Ayat 2 : Jagalah dan kuatkan segala yang ada tinggal dan yang hendak mati, karena Aku dapati tiada barang perbuatan mu yang sempurna pada pemandangan Tuhan Ku.

Dalam ayat 2 ini, sidang Sardis hampir tidak ada harapan lagi / akan mati seperti Pelita yang akan padam dan kehabisan minyak. Tetapi walaupun demikian, Aku pesan agar supaya mempertahankan apa yang dimiliki sekarang, meskipun kerohanian mereka sudah akan mati dimana perbuatan mereka tidak ada yang sempurna. Dan Aku menghendaki supaya mereka itu kembali dipimpin oleh Roh Ku, agar supaya kaki dian dari pada sidang ini menyala kembali. Keadaan sidang jemaat Sardis ini nampak pada gereja-gereja Ku akhir zaman, terutama bagi gereja-gereja Ku yang sudah lahir baru dari air dan Roh, dimana pada mulanya mereka dipimpin dan bersandar pada Roh Ku akan tetapi akhirnya mereka sudahi dengan peri hal duniawi / kedagingan Gal. 3:3. Persis sidang jemaat Galatia, mula-mula mereka berpegang pada Injil Ku yang benar melalui pekabaran rasuli dan pengajaran ini yang telah ditetapkan oleh Roh Ku, kemudian mereka berpaling kembali kepada hukum Torat dan injil yang lain [ bukan injil yang benar ]. Sebab itu rasul Ku Paulus menegur sidang jemaat Galatia ini, supaya jangan menerima injil yang lain / pengajaran yang lain, selain dari pada Injil yang mereka beritakan yaitu injil yang sesungguhnya / pengajaran yang benar dari Tuhan. Karena segala sesuatu yang diajarkan oleh rasul Paulus kepada mereka, itu bukan dia terima dari manusia atau dia pelajari, tetapi langsung dia menerima dari Tuhan. Gal. 1: 6-12. Jemaat Galatia ini ditegur supaya mereka kembali berjalan dalam Roh, sehingga tabiat duniawi tidak mereka genapkan Gal. 5:16-18. Sebab itu perhatikan sidang jemaat Smirna. Suatu hal yang nampak dalam pada gereja-gereja yang sudah lahir baru dari pada air dan Roh dimana mereka mempunyai tatacara yang baru yaitu mereka jadikan pengajaran guru-guru besar mereka itu seperti hukum Torat yang disebut pengajaran bertorat. Apakah yang dimaksud dengan pengajaran bertorat ? Pengajaran bertorat merupakan dogmatika gereja ialah : Pengajaran yang disusun oleh guru-guru besar mereka atau rabi-rabi nya yang telah disusun dan ditetapkan melalui Konven atau Konsili dimana pelajaran ini ditetapkan dan seluruh hamba-hamba dan sidang jemaat yang ada dalam organisasi itu harus taat dan mengamalkan semua itu. Pelajaran-pelajaran tidak dapat dirobah, meskipun salah harus ditaati, dan apabila dilanggar akan beroleh sangsi, pertama kali diskors dari jabatan kependetaannya dan kalau tetap mebandel / melawan terus akan dikucilkan. Perhatikan contoh hamba Ku Marthen Luther. Marthen Luther adalah rasul Ku pada abad pertengahan yang sudah mengadakan reformasi dan mempertahankan Firman Ku. ingat berjuta-juta umat Ku jadi korban, karena mempertahankan kebenaran Firman Ku. perhatikan sejarah gereja dari abad ke abad yang walaupun rahasia kabar penganten itu belum diungkapkan, akan tetapi mereka rela mati sahid karena mempertahankan Aku dan Firman Ku yang benar. Demikian hendaknya setiap hamba-hamba Ku yang Aku lantik untuk membawa kabar penganten pada kegerakan besar, harus gigih mempertahankannya. Dan bertarung seperti singa menikas dalam menghadapi :

  1. Pelajaran gereja sundal / pelacur
  2. Pelajaran Torat
  3. Pelajaran bertorat.

Perhatikan bahwa umat Ku Israel yang memegang teguh hukum Torat dimana jika hukum Torat itu dilanggar dan syariat-syariatnya, maka orang yang melanggar diperhadapkan didepan umum dan kemudian dilontar dengan batu sampai pelanggar itu mati. Perhatikan seorang perempuan yang kedapatan berzinah yang dibawa mereka dihadapan Ku, mereka menuntut supaya Aku menghukum perempuan itu menurut hukum Torat. Lalu Aku berkata : Siapa diantara kamu yang tiada berdosa, hendaklah ia dahulu melempar batu kepada perempuan ini Yoh. 8:2-11. Cara ini ditiru oleh gereja yang sudah lahir baru dari air dan Roh yang apabila ada hamba-hamba Ku yang melanggar pelajaran guru-guru besar mereka / pelajaran bertorat, maka hamba-hamba Ku itu dilontari dengan kata-kata fitnahan, hojatan dan sebagainya. Dan kalau melawan atau membandel, hamba-hamba Ku itu akan mendapat tindakan tegas yaitu diskors atau dikucilkan. Atau apabila hamba Ku itu berpindah pada organisasi gereja yang lain, yang menerima kabar penganten Kristus karena tidak mau tunduk pada pelajaran guru-guru besar mereka yang bertentangan dengan Firman Ku.

Sebagaimana ahli Torat dan orang-orang Parisi melakukan itu terhadap Aku, demikian juga hamba-hamba Ku itu akan diperhadapkan kepada pemerintah. Seperti Firman Ku dalam Mat. 24:9,10,15 dan yoh. 16:1-2.

Yang aneh hamba-hamba Ku dari gereja-gereja yang sudah lahir baru dari pada air dan Roh, mereka mengecam dengan keras, pelajaran gereja-gereja yang memegang hukum Torat dengan mengatakan dan mengajar dan memberi tahu bahwa, hukum Torat itu sudah lalu, Aku sudah genapkan itu dibukit golgota, dengan mengambil beberapa ayat dalam Firman Ku seperti Yoh. 1:17; Luk. 16:16; Roma 10:4; Ibr. 8 dll. Tetapi mereka sendiri menggantikan hukum Torat itu dengan pelajaran bertorat, seperti yang sudah diterang diatas. Dan aneh, apabila pelajaran bertorat ini dikoreksi oleh pelajaran kabar penganten, mereka itu menjadi ahli-ahli Torat dan Parisi modern. Untuk mengetahui pelajaran bertorat, hendaklah kamu pelajari seluruh buku-buku mereka, terutama buku Wahyu dan Kidung agung, bahwa menurut mereka itu adalah ilham Roh atau petunjuk-petunjuk Roh Ku. Dan bandingkanlah dengan apa yang Aku ajarkan kepada kamu. Nanti akan nampak penyelewengan-penyelewengan tafsiran mereka. Penyelewengan mereka lebih besar dari pada penyelewengan gereja-gereja yang memegang hukum Torat.

Gereja yang sudah lahir baru dari air dan Roh ini, menyerang mereka yang memegang hukum Torat dengan menekankan bahwa, zaman ini adalah zaman anugerah dan kebenaran / zaman Roh kudus. Akan tetapi apabila karunia-karunia Roh Ku bekerja, mereka padamkan dan mereka hanya memilih mana yang penting buat mereka, begitu juga tentang karunia jawatan Tuhan. Mereka mengakui adanya gembala, penginjil dan guru, tapi tidak mengakui adanya rasul dan nabi. Sama dengan mereka itu mengakui adanya karunia kuasa kesembuhan dan mujizat, tapi karunia nubuatan dan karunia lidah dan karunia mengartikan makna lidah itu, mereka anggap sudah lalu, tidak berlaku lagi, dan masih banyak lagi hal-hal yang lain.

Tetapi guru-guru yang memegang hukum Torat, yang memegang hukum I – X dengan gairah mereka itu melaksanakannya, mereka berusaha untuk dapat melaksanakannya dengan sempurna Kel. 20. Mereka mempunyai keyakinan berdasarkan Firman Ku dalam Mat. 5:48 : Hendaklah kamu sempurna seperti Bapa mu sempurna adanya. Hukum Torat adalah hukum Ku sendiri karena Aku adalah Firman. Perhatikan Yoh. 1:1. Sebab itu mereka diselamatkan dengan memegang hukum ini perhatikan 1Tim. 1:8 sbb :

Tetapi kita mengetahui bahwa syariat Torat itu baik, jikalau orang menjalankannya dengan sepatutnya.

Tetapi hendaklah diketahui bahwa mereka yang memegang hukum Torat dan mengajarkan bahwa dua loh batu yang berisi 10 Firman yang disebutkan hukum Torat itu adalah Aku juga karena Aku itulah Firman. Perhatikan Kel. 20:1-17; Kel. 34:1-5; Kel. 31:18. Tetapi hukum Torat itu adalah mewakili Aku sebelum Aku datang kedunia menjelma menjadi daging, seperti Firman Ku dalam Yoh. 1:14. Sebab itu dua loh batu yang berisi Firman adalah utusan Ku yang mendahului Aku datang kedunia ini untuk menjadi korban menggenapi nubuatan dalam Kej. 3. Dan tentang benih perempuan yang meremukkan ular itu dan tentang penyembelihan domba Kej. 3:15, 21 dan Wah. 13:8 dan rahasia keluaran 12 tentang domba Pasah.

Kalau Aku sudah datang, dengan sendirinya utusan itu tidak berlaku lagi, artinya tugasnya sudah selesai dan ini telah Aku nubuatkan melalui nabi Ku Yermia 31:31-34. Dan kembali disuratkan oleh Paulus dalam Ibr. 8.

Contoh tentang utusan :

Presiden Amerika mempunyai niat untuk datang ke Indonesia. Jauh sebelumnya, beliau telah mengirim seorang utusannya berkuasa penuh atas nama Presiden Amerika, yang biasa disebut duta luar biasa, mendahului pembicaraan-pembicaraan mengenai kedatangan Presiden Amerika. Utusan ini mengadakan pembicaraan-pembicaraan resmi dengan pemerintah Indonesia, menyampaikan rencana kedatangan Presiden Amerika tersebut. Meskipun itu pembicaraan tetapi resmi, dan setelah rampung keseluruhannya dimana pemerintah Indonesia mengetahui kedatangannya, maka diadakan persiapan-persiapan yang diperlukan untuk menyambut kedatangan Presiden Amerika terutama dalam segi keamanan sehingga kedua belah pihak menggerakkan sekuritinya. Dan setelah persiapan ini telah rampung keseluruhannya barulah Presiden Amerika itu datang ke Indonesia. Apabila beliau telah tiba di Indonesia, maka beliaulah yang mengadakan pembicaraan langsung  / resmi dengan pemerintah Indonesia. Bukan lagi utusan, karena Presiden telah mengambil alih pekerjaan utusan itu dan mengadakan keputusan langsung dalam pembicaraan dengan pemerintah Indonesia. Jadi pekerjaan utusan selesai saat Presiden Amerika telah tiba di Indonesia dan mengambil alih seluruh pembicaraan.

Demikian juga dengan hukum Torat. Hukum Torat merupakan utusan  sebelum Aku datang, dan setelah Aku datang maka hukum Torat itu selesai. Ingat bahwa hukum Torat dan segala syariatnya itu hanya sampai pada Yohanes pembaptis Luk.16:16. Kemudian diberitakan tentang Kerajaan Allah itu, yakni tentang Yoh. 3:5. Harus dilahirkan dari pada air dan Roh dan pemberitaan Torat diganti dengan pemberitaan anugerah dan kebenaran Yoh. 1:17 sbb :

Karena Torat sudah diberi oleh Musa, tetapi anugerah dan kebenaran sudah didatangkan oleh Yesus Kristus.

Hendaklah diperhatikan dalam peraturan hukum Torat dan syariatnya, yang dikorbankan adalah binatang untuk pengampunan dosa yaitu : Lembu, domba, kambing, burung tekukur dan merpati. Dalam hukum anugerah dan kebenaran telah dimeterai dengan darah Tuhan Yesus Kristus, yang dikorbankan bagaikan domba diatas puncak golgota. Perhatikan rahasia dari 7 meterai.

Perhatikan tentang Yohanes pembaptis !

Yohanes pembaptis datang mendahului Aku untuk membuka jalan bagi pekerjaan Ku dan setelah Aku mulai melayani pekerjaan Bapa Ku, maka Yohanes pembaptis tunduk kepada Ku Yoh. 3:28-30. Tetapi gereja-gereja yang sudah lahir baru dari air dan Roh, sekarang pada kenyataannya mereka memegang pelajaran dari guru besar mereka dengan pelajaran yang bertorat dengan alasan yang baik sekali didengar bahwa seluruh pelajaran yang telah ditetapkan oleh mereka itu berdasarkan ilham Roh dengan dasar 2Kor. 3:17 dan 1Yoh. 2:27. Tetapi selidiklah dengan saksama apakah benar pelajaran bertorat mereka itu berasal dari pada Roh Ku, dan pelajaran ini dijadikan pelajaran bertorat, apabila diselidiki dan diperhatikan dengan saksama susunan pelajaran mereka itu dan tafsiran-tafsiran mereka, memang ada sebagian dari pada Roh Ku dan sebagian dari akal-akal manusia. Dan kalau telah dicampur dengan akal manusia, mereka diancam oleh Firman Ku dalam Mat. 15:8-14; Wah. 22:18-19 dan Amsal 30:5-6.

Pada zaman Torat berlaku pendewaan kepada Rabi besar, dimana Aku telah menempelak mereka itu dalam Mat. 23. Demikian juga pada gereja-gereja yang sudah lahir baru dari air dan Roh zaman ini, bahwa guru-guru besar mereka itu / rabi-rabinya didewa-dewakan oleh mereka itu dan kamu ketahui Aku benci kepada pendewaan guru-guru besar karena hanya ada satu guru besar ialah Aku. Pada gereja-gereja yang sudah lahir baru dari air dan Roh pada akhir zaman ini ada dua hamba Ku yang besar yang pertama berasal dari Amerika dan yang satu lagi dari Belanda, yang didewa-dewakan oleh hamba-hamba Ku. Dan hamba-hamba Ku itu sudah Aku angkat, dan merekalah yang memelopori gereja-gereja tersebut memasuki akhir zaman. Pelajaran dari kedua rabi ini dijadikan mata pelajaran penting dari gereja-gereja mereka itu sebagai mata pelajaran bertorat. Sehingga barang siapa saja dari hamba-hamba Ku dari gereja-gereja Ku tersebut, maupun dari luar gereja Ku tersebut yang berani melanggar pelajaran tersebut maka mereka akan dicela dan dimusuhi. Apabila yang berbuat itu adalah dari antara mereka sendiri, jika mereka tidak dapat mengatasi, maka mereka mengadakan tindakan skorsing atau dikucilkan. Cara ini secara tidak langsung  dan sadar bahwa mereka telah menyembah kepada kedua hamba Ku ini. Itu sebabnya ketika Aku nampak hal ini terjadi  maka kedua hamba Ku ini Aku angkat / panggil, karena Aku sayang kepada domba-domba Ku. pernah kedua rabi ini mengatakan dihadapan murid-muridnya, sewaktu mereka mengajar disekolah Alkitab di Indonesia, mengatakan bahwa mereka berdua itu tidak akan mati sampai Aku datang. Ternyata kedua rabi ini sudah mati tapi Aku belum datang. Adapun pelajaran-pelajaran yang telah disusun oleh kedua rabi Ku ini sekali lagi Aku katakan, tidak semua salah karena sebagian besar dari Aku. Karena sewaktu kedua rabi Ku ini menyerah dan bersandar kepada Roh Ku, mereka membawa pengajaran yg benar, tetapi saat mereka tidak ada penyerahan dan bersandar pada akal mereka maka pelajaran mereka itu mulai salah. Hal itu akan nampak pada ayat-ayat yang lain.

Dengan tegas Aku katakan kepada kamu bahwa pengajaran kedua rabi Ku ini belum sempurna. [ 3x Tuhan berpesan sebab itu perlu diperbaiki dan disempurnakan sebelum keangkatan gereja penganten Kristus. Kedua hamba Ku ini menyangka bahwa mereka bebas menafsir karena mereka penuh dengan Roh Ku dan Roh Ku tinggal didalam mereka 1Kor. 3:16. Tetapi mereka itu berbuat kesalahan / keliru apa sebab ? Karena mereka salah menafsir dan menggunakan dimana ada Roh Tuhan disitu ada kebebasan. 2Kor. 3:17. Adapun Tuhan itu Roh, dan barang dimana ada Roh Tuhan, disitulah kebebasan. Kata kebebasan ini bukan berarti bebas tanpa bergantung kepada Ku. yang dimaksud dengan kebebasan ini adalah, bebas bertanyakan segala sesuatu kepada Ku. contoh : Rasul Ku Petrus. Tatkala ia hendak melabuhkan pukatnya, ia bertanya lebih dulu kepada Ku. Ditempat mana ? Aku berkata kepadanya labuhkanlah pukat mu disebelah kanan. Perhatikan Firman Ku dalam Yoh. 21:6 : Maka bersabdalah Yesus kepada mereka itu : Labuhkanlah pukat mu disebelah kanan perahu itu, niscaya kamu beroleh. Maka dilabuhkanya pukatnya, lalu oleh sebab terlalu banyak ikan masuk tiada dapat mereka menariknya. Perhatikanlah contoh tentang rasul Ku Petrus ini yang perlu kamu tiru, supaya apabila kamu hendak melayani Aku, mencari rahasia kebenaran Firman Ku, bertanyakan kepada Ku lebih dulu supaya jangan kamu gagal atau salah mengungkapkan kebenaran Firman Ku. ingat bahwa Aku akan mengajar kamu melalui Roh Ku perhatikan 1Yoh. 2:27 : Adapun kamu ini, maka karunia Roh yang telah kamu peroleh dari pada Nya itu tinggl didalam kamu, dan tak usah kamu diajar oleh seorangpun lagi, melainkan karunia Nya itu memberi kamu pengajaran dari hal segala perkara, dan sunggulah karunia itu bukannya palsu, dan seperti kamu sudah diajarnya, maka tinggallah kamu didalam Dia. Atau melalui pengwahyuan Firman yang disebut wahyu pengajaran seperti pengalaman rasul Ku Paulus yang disuratkannya dalam Gal. 1:11-12 : Karena aku memaklumkan kepada mu, hai saudara-saudara ku, bahwa Injil yang telah kuberitakan itu, bukanlah pendapat manusia. Karena bukannya aku ini sudah menerima dia dari pada manusia, dan bukannya pula ia itu kupelajari, melainkan oleh wahyu dari pada Yesus Kristus.

Jadi maksud dari pada 2Kor. 3:17 ini harus menurut kehendak Roh Ku, membiarkan Roh Ku mengajar dan bebaskan diri dari pikiran dan akal-akal manusia. Jangan melakukan seperti apa yang terjadi pada banyak hamba-hamba Ku yang berpegang pada 1Kor. 3:16 dimana sesudah mereka dipenuhi oleh Roh Ku dan mereka menjadi Tabernakel Allah yang hidup, mereka menyangka bahwa oleh karena mereka itu sudah penuh dengan Roh, maka bebaslah mereka itu menafsir sesuka hati. Yang sebenarnya adalah mereka tidak meneliti 1Yoh. 2:27 sebaik-baiknya bahwa karena Roh yang ada pada mereka itu, akan mengajar mereka dan tak usah diajar oleh orang lain. Karunia ini ialah yang termasuk dalam 1Kor. 12:8-11. Dan dengan karunia ini mereka bebas bertanyakan kepada Ku tentang rahasia Firman dan Aku akan memberikan ilham kepada mereka. Perhatikan rahasia pekerjaan Roh Ku yang telah diungkapkan dala 7 tingkat iman. Contoh dari dimana ada Roh disitu ada kebebasan.

TENTANG PENYELAM MUTIARA.

Seorang penyelam mutiara, dia tidak sendirian, tapi dia harus mempunyai kawan, dan memakai alat penyelam yang sempurna. Saat penyelam ini turun kedalam laut yang dalam untuk mencari mutiara dia harus memakai pipa udara yang panjang yang menghubungkan dia dengan tabung oksigen supaya tetap bernafas dan hidup walaupun lama didalam laut untuk mencari mutiara. Diatas laut ada sebuah perahu yang diawasi oleh seorang temannya yang mengawasi perlengkapan oksigen. Selama sipenyelam mengadakan hubungan dengan orang yang diatas perahu yang mengawasi suplai oksigen, maka ia tetap hidup dan bernafas dan bebas mencari mutiara-mutiara. Tetapi apabila sipenyelam ini berani memutuskan hubungan dengan pipa oksigen ini, berarti dia tidak ada lagi hubungan dengan orang diatas perahu yang memegang pipa udara dan alat saluran oksigen maka sipenyelam ini akan mati dan tidak akan menemukan mutiara.

Perhatikan bahwa orang yang memegang alat oksigen ini yang duduk diatas perahu adalah bayangan Aku sendiri. Pipa / saluran udara yang menghubungkan antara penyelam dengan orang yang duduk diatas perahu adalah bayangan Roh Ku. Penyelam-penyelam adalah bayangan dari hamba-hamba Ku. hendaklah diketahui bahwa orang yang dibawah yaitu penyelam dikendalikan oleh orang yang duduk diatas perahu. Berarti Aku yang mengendalikan mereka itu. Jadi hamba-hamba Ku ini Aku lengkapi mereka itu dengan karunia-karunia rohani, sehingga dapat menemukan kebenaran Firman Ku seperti penyelam-penyelam ini yang dilengkapi dengan alat penyelam yang sempurna dan dikendalikan oleh orang yang diatas perahu itu yang mengetahui tentang keadaan bahaya-bahaya yang akan mengancam, sementara penyelam itu ada didasar laut.

Ingat bahwa Firman Ku seumpama mutiara didalam laut. Jadi apabila sipenyelam ini tetap mempunyai hubungan dengan orang yang diatas, maka dia leluasa mendapatkan mutiara-mutiara. Tetapi apabila dia memutuskan pipa / saluran oksigen, berarti dia putus hubungan dengan orang yang diatas dan dia tidak dapat lagi leluasa menemukan mutiara dan akan mati didasar laut. Ini menunjukkan kepada hamba-hamba Ku yang Aku suruh mereka selalu ada hubungan dengan Aku melalui Roh Ku. dan bebas bertanyakan kepada Ku sehingga kebenaran-kebenaran Firman Ku, Aku ungkapkan kepadanya. Tetapi apabila mereka itu memutuskan pipa / saluran oksigen, berarti mereka tidak dapat lagi menemukan kebenaran Firman Ku. Jadi kebebasan dalam Roh perhatikan contoh penyelam ini dimana setelah ia turun kedalam laut mencari mutiara, dia bebas berjalan kesana-kemari didalam laut, tetapi kebebasannya diawasi oleh orang yang memegang pipa / alat oksigen. Demikianlah kebebasan dalam Roh.

Ayat 3 : Sebab itu, ingatlah bagaimana telah engkau terima dan dengar; peliharakanlah itu dan bertobat. Jikalau engkau tidak jaga kelak, Aku akan datang seperti pencuri, dan engkau tiada tahu akan waktunya yang Aku datang kelak kepada mu.

Dalam ayat ini Aku suruh mereka supaya mempertahankan pelajaran yang benar dan bersandar kembali kepada Roh Ku, karena pada mulanya sidang ini telah dibangun melalui pelajaran rasuli yang dipimpin oleh Roh Ku. supaya menolak kembali pelajaran-pelajaran yang tidak benar yang mengakibatkan sidang sudah mati rohani [ disangka hidup tapi mati ]. Demikian juga Aku menghendaki bagi gereja-gereja akhir zaman ini yang keadaannya seperti sidang jemaat Sardis, supaya sadar dan bertobat, menyerah kepada kehendak Roh Ku supaya kaki diannya menyala kembali. Pengertian tentang Aku akan datang seperti pencuri dan engkau tak tahu waktunya yang akan datang mempunyai pengertian sbb : Bila maut datang menyambar hidup mu yang menjadi rahasia pada setiap orang perhatikan 1Sem. 20:3b sbb : Tetapi sesungguh-sungguhnya Tuhan hidup dan nyawamu pun hidup, adalah hanya selangkah jua jaraknya antara aku dengan maut ! Pada hari penyingkiran / pengangkatan gereja penganten Kristus pada saat yang engkau tidak ketahui perhatikan Mat. 24:44. Sebab itu hendaklah kamu bersedia karena Anak Manusia tiba pada suatu saat yang tiada kamu sangka-sangka. Ingat jangan kamu ketinggalan dan menjadi mangsanya antiKris, seperti perempuan yang bodoh dalam Mat. 25:1-13, karena mereka itu akan masuk pada benih perempuan yang tertinggal Wah. 12:17 sbb : Maka naiklah mara naga akan perempuan itu lalu pergi memerangi benih perempuan itu yang lagi tinggal yaitu segala orang yang memegang hukum-hukum Allah serta berpegang pada kesaksian Yesus itu.

Ayat 4 : Tetapi ada juga pada mu di Sardis itu sedikit orang yang belum menajiskan pakaiannya; maka mereka itulah akan berjalan beserta Ku dengan pakaian putih, karena mereka itu berlayak.

1. Tetapi ada juga di Sardis ini sedikit orang yang belum menajiskan pakaiannya, berarti sidang Sardis ini kotor dan najis dimana mereka tidak lagi memelihara rohani yang baik akibat dari Roh Ku sudah meninggalkan sidang itu, pelajaran akal-akal manusia telah masuk didalamnya.

2. Kotor dan najis didalam arti badani, dimana mereka kurang memperhatikan kebersihan kesehatan dll.

Sidang ini hanya sedikit saja yang memelihara pakaian putih, tidak menajiskannya, ini berbicara tentang pakaian kesucian dan kebenaran yang dipeliharanya dan dipertahankannya dan kepada mereka itulah Aku berkenan dan berlayak beserta Ku. Meskipun mereka itu sedikit jumlahnya diantarara sidang Sardis ini, tapi mereka itu menjadi contoh dalam sidang ini karena mereka mempertahankan pelajaran benar yang dari Aku dan tetap menolak pelajaran palsu dan sesat dan tetap mereka memberi diri dipimpin oleh Roh Ku dan hidup dalam kesucian dan kebenaran. Sebab itu mereka dibayangkan seperti orang yang memakai pakaian putih. Hal ini nampak pula dibanyak gereja-gereja Ku diakhir zaman ini, dan apabila kegerakan besar akan muncul maka mereka inilah yang akan menggabungkan diri pada pekabaran penganten Kristus.

Ayat 5 : Maka orang yang menang akan dipakaikan dengan pakaian putih dan sekali-kali tiada Aku akan menghapuskan namanya dari dalam kitab hayat, dan Aku akan mengakui namanya dihadapan Bapa Ku dan dihadapan segala malaekatnya.

1. Perjanjian yang Aku berikan kepada mereka yang menang dalam sidang Sardis ini, akan beroleh dari pada Ku, dipakaikan pakaian putih dari Aku. Ini berbicara pakaian suci dan benar.

2. Tiada menghapuskan namanya dalam kitab hayat itu berarti : Terlepas dari hukuman dan hidup bersama Aku dalam dunia yang baru kelak Wah. 20:11-15.

3. Aku akan mengakui dihadapan Bapa Ku dan dihadapan segala malaekat Nya.

Sebab itu menjadi perhatian bagi kamu kalau kamu berani menyaksikan nama Ku dengan tiada malu, begitupun Aku menyaksikan kesaksian dan keadaan kamu dihadapan Bapa dan segala malaekatNya Mat. 10:32-33.

Ayat 6 : Barangsiapa bertelinga, hendaklah ia mendengar kata Roh kepada segala sidang jemaat.

Teguran ini Aku tujukan pertama-tama kepada gembala sidang di Sardis, kemudian kepada sidang jemaat dan kepada sidang jemaat yang lain. Dan inipun adalah teguran Ku untuk gereja akhir zaman ini yang ada persamaan dengan sidang jemaat di Sardis ini supaya bertobat dan kembali kepada kebenaran Firman Ku. Gereja-gereja akhir zaman ini yang termasuk dalam sidang Sardis ini nampak kepada :

  1. Gereja yang memegang hukum Torat.
  2. Gereja yang sudah lahir baru dari air dan Roh.

II. NASEHAT UNTUK SIDANG JEMAAT FILADELFIA WAH. 3:7-13

FILADELFIA ARTINYA KASIH PERSAUDARAAN. TERKENAL ATAU TERPUJI KARENA KASIHNYA.

Ayat 7 : Suratkanlah kepada malaekat sidang jemaat yang di Filadelfia seperti yang demikian : Inilah sabda dari pada Dia yang kudus dan yang benar, dan yang memegang anak kunci Daud, yang membuka dan tiada seorangpun yang dapat menutup, dan yang menutup tiada seorangpun yang dapat membuka.

Dalam ayat 7 ini yang berbicara tentang sidang Filadelfia Aku memperkenalkan diri kepada sidang jemaat sebagai Dia yang kudus dan yang benar yang memegang anak kunci Daud, yang membuka dan tiada seorangpun dapat menutup dan yang menutup tiada seorangpun dapat membukanya.

1. Dia yang kudus dan Dia yang benar adalah menunjuk kepada sifat Ku, yang harus menjadi sifat dari pada gereja-gereja Ku. Karena sifat inilah yang mengakibatkan gereja Ku bersekutu dengan Aku.

2. Memegang anak kunci Daud. Daud adalah seorang raja yang berkenan kepada Ku atau kepada Allah. Dan raja Daud ini sangat dikasihi Allah, sebab itu raja Daud diberi hak untuk menduduki tahta kerajaan Allah yaitu : Kerajaan Israel. Umat Israel adalah umat pilihan Ku. Aku disebut akar dan benih Daud. Perhatikan Firman Ku dalam Wah. 22:16 : Aku ini Yesus sudah menyuruhkan malaekat Ku hendak menyaksikan segala perkara ini kepada mu bagi segala sidang jemaat. Akulah akar dan benih Daud, dan bintang fajar yang gilang gemilang. Jadi Daud disini adalah bayangan dari Aku sendiri akulah Dia yang kudus dan benar itu yang memegang anak kunci Daud. Dahulu yang memegang anak kunci Daud adalah Elyakim Bin Hilkia dan Sebna. Perhatikan Firman Ku dalam Yes. 22:15, 20, 22. Kedua orang ini yang memegang anak kunci kerajaan Daud, makanya keduanya dapat melihat segala kekayaan-kekayaan dari kerajaan Daud.

Dalam arti rohani yang disebutkan memegang anak kunci Daud disini adalah kunci membuka rahasia kerajaan sorga. Seperti kerajaan Daud pemegang kunci I adalah Sebna dan Elyakim Bin Hilkia adalah II.

I. Sebna menunjuk rasul Petrus sebagai pemegang kunci pada rasul hujan awal. Perhatikan Firman Ku dalam Mat. 16:18-19. Sebab itu gereja hujan awal yang menjadi ketua para rasul adalah Petrus. Sebab itu perhatikan Firman Ku dalam Kisah 15, bahwa segala ketetapan pelajaran Ku ditetapkan oleh satu badan yang terdiri dari rasul hujan awal dan yang lain hamba-hamba Ku yang Aku sudah lantik yang diketuai oleh rasul Petrus. Surat-surat rasul Paulus yang sebanyak 14 suratan itu diakui oleh rasul Ku Petrus sebagai ketua para rasul, bahwa itu benar dari pada Ku. Seperti yang menjadi kesaksian dari rasul Ku Paulus dalam Gal. 1:11-12 dan Epes. 3:3-4 yang mana seluruh 14 surat itu diwahyukan Tuhan kepadanya dan ini diakui oleh rasul Ku Petrus dalam 2Petrus 3:15-16.

II. Elyakim Bin Hilkia, mebayangi rasul hujan akhir yang diserahkan kunci rahasia kerajaan sorga dalam kabar penganten, yang ditetapkan oleh Aku melalui Roh Ku seperti ketetapan pada rasul Ku Petrus. Sebagaimana rasul hujan awal mempunyai badan yang berkedudukan di Yerusalem diketuai oleh rasul Petrus, demikian juga nanti akan terjadi pada rasul-rasul hujan akhir. Dimana akan ada satu badan yang menetapkan pelajaran kabar penganten yang akan diketuai oleh Petrus akhir zaman, yang diserahkan kunci rahasia kabar penganten. Perhatikan Firman Ku dalam 1Pet. 1:12  sbb : Maka kepada mereka itu sudah dinyatakan bahwa bukannya bagi dirinya sendiri, melainkan bagi kamu, mereka itu sudah melayani didalam segenap perkara, yang sekarang ini kamu diberi tahu oleh orang yang memberitakan kabar kesukaan kepada kamu dengan Roh kudus  yang disuruhkan datang dari sorga; maka perkara itulah malaekat ingin hendak mengetahui. Juga dalam Epes. 3:3-11.

Jadi pembukaan rahasia itu mulai pada waktu rasul hujan awal. Namun yang terutama bagi rasul hujan awal adalah pengwahyuan Firman yang berguna untuk nasehat-nasehat bagi gereja-gereja dari zaman datang kepada zaman, sampai memasuki hujan akhir. Dalam mereka memberikan pelajaran, rasul hujan awal memakai karunia-karunia Roh Ku berdasarkan 1Yoh. 2:27. Inilah yang dipakai oleh hamba-hamba Ku yang muncul dari abad datang kepada abad untuk mengetahui rahasia Firman dalam ilham Roh. Ada kalanya Aku mengajar mereka melalui mimpi, khayal. Tetapi juga terbatas, seperti yang terjadi pada hamba-hamba Ku yang memelopori gereja yang mengakui lahir baru dari pada air dan Roh akhir zaman ini, dimana kedua hamba itu Aku sudah angkat diantara hamba-hamba Ku yang lain. Tetapi apabila masuk kegerakan besar akan muncul 12 rasul hujan akhir yang akan memimpin gereja penganten, dimana Aku akan membuka seluruh rahasia Firman Ku melalui wahyu pengajaran dan akan dibantu oleh hamba-hamba Ku yang lain berdasarkan Epes. 4:11-12. Dan sekarang sudah masanya dimana gereja penganten akan disempurnakan, maka rahasia Firman Ku melalui wahyu pengajaran Aku anugerahkan kepada hamba-hamba Ku yang Aku panggil dan lantik untuk membawa kabar penganten ini dan panggilan Ku itu berlaku dimuka kegerakan besar, dan akan ditetapkan dan dilantik dengan resmi pada waktu kegerakan besar dimulai. Sebab itu perhatikanlah rahasia 70 sabat dalam Daniel 9:27 mengenai satu satu sabat terakhir.

Tentang rahasia kabar penganten yang dibantu oleh Epes. 4:11-12 itu, setelah mereka dibukakan rahasia kabar penganten yang  diberi tugas untuk menyempurnakan gereja penganten yang akan  menikah dengan Tuhan Yesus Kristus, yang akan menghancurkan seluruh pelajaran yang bukan dari Aku.

Ayat 8 : Aku tahu segala perbuatan mu [ tengoklah Aku sudah menghadapkan kepada mu pintu terbuka, yang seorangpun tiada dapat menutupnya ] karena meskipun kuasa mu sedikit, tetapi engkau sudah menurut perkataan Ku dengan tiada menyangkal nama Ku.

Aku tahu segala perbuatan mu, ini menunjuk bahwa perbuatan :

1. Gembala sidang dan sidang jemaat Filadelfia ini adalah menunjukkan kasih mereka, mempunyai hubungan persaudaraan yang diikat oleh kasih Ku, dan kasih itu adalah hukum yang terutama sekali. Itu sebabnya sidang Filadelfia ini disebut kasih persaudaraan. Mereka mempunyai persekutuan yang erat satu dengan yang lain. Sidang ini menjadi contoh dari 6 sidang yang lain.

2. Tengoklah Aku menghadapkan kamu pintu yang seorangpun tiada dapat menutupnya. Aku menghadapkan kepada sidang Filadelfia ini pintu yang terbuka, dan yang membuka pintu itu Aku sendiri. Dan kalau Aku yang membuka, tiada seorangpun dapat menutupnya. Perhatikan Firman Ku dalam Yes. 22:22 sbb : Dan anak kunci istana Daud kububuh kelak diatas bahunya, dan iapun akan membuka, maka seorang pun tiada menutup, dan iapun menutup, maka seorangpun tiada membuka. Ini berbicara Aku yang berkenan membuka rahasia kerajaan sorga / kabar penganten, Firman yang benar kepada sidang jemaat Filadelfia yang melalui hamba-hamba Ku yang Aku lantik, yang berkenan kepada Ku. untuk akhir zaman ini rahasia kabar penganten itu Aku ungkapkan kepada hamba-hamba Ku yang tertentu saja, ialah kamu yang sudah Aku urapi dan Aku sudah lantik. Dan pintu itu Aku sudah buka sekarang dan sebentar lagi Aku akan tutup setelah gereja Tuhan disempurnakan dan menikah dengan Aku. Sebab sesudahnya pernikahan, tidak ada lagi pekabaran seperti yang terjadi sebelum gereja Tuhan disempurnakan. Karena pada masa itu meterai ke 5 dibuka, dimana hamba-hamba Ku yang membawa kabar penganten akan dikejar, dianiaya dan disengsarakan dan mengalami mati sahid.

Ini bukan pintu pekabaran Injil yang terbuka seperti ditafsirkan oleh beberapa hamba-hamba Ku yang sudah menafsir buku wahyu ini, tapi yang sebenarnya ini adalah pintu rahasia kerajaan sorga / rahasia Firman Ku. untuk akhir zaman ini disebut rahasia kabar penganten. Untuk mengetahui bagaimana Aku membuka kunci rahasia Firman Ku perhatikan rasul Ku Petrus dimana Aku berjanji kepadanya, memberikan anak kunci kerajaan sorga dalam Mat. 16:19 sbb : Maka Aku akan memberi kepada engkau anak kunci kerajaan sorga; dan barang apa yang engkau ikatkan diatas bumi, itupun terikat juga disorga, dan barang apa yang engkau orakkan diatas bumi, itupun terorak juga disorga. Dalam ayat ini terdiri dari 2 pengertian :

1. Kepada rasul Ku Petrus Aku akan memberi kunci sesungguhnya dari kerajaan sorga. Bahwa setiap yang hendak masuk kedalam kerajaan sorga harus melalui Petrus. Inilah maksudnya pintu kerajaan sorga dipegang oleh Petrus. Dikatakan apa yang engkau ikat diatas bumi itupun terikat disorga. Dan barang yang engkau orakkan diatas bumi terorak di sorga. Perhatikan Mat. 16:16-19 selama pelayanannya diatas bumi, tapi bukan dia saja, tapi rasul-rasul yang lain juga perhatikan Yoh. 20:21-22. Inilah hak istimewa dari rasul hujan awal tapi meskipun demikian Petrus ketua para rasul dan dialah pemegang kuncinya.

2. Kunci untuk membuka rahasia kebenaran Firman Ku, yaitu rahasia pemberitaan Firman yang benar yang Aku ajarkan langsung kepadanya. Membuka rahasia Firman bagaimana masuk dalam kerajaan sorga. Dan rahasia ini hanya mungkin tatkala ia telah dipimpin oleh Roh Ku. itu sebabnya dalam Kisah 2 pada hari Pentakosta, hal itu digenapkan. Disini rasul Petrus membuka rahasia kerajaan sorga melalui khotbahnya yang berapi-api dalam urapan Roh Ku. perhatikan Firman Ku dalam Kisah 2:37-38 sbb :

Ayat 37 : Setelah didengarnya demikian, maka pedihlah hati orang sekalian, lalu berkatalah mereka itu kepada Petrus dan rasul-rasul yang lain itu : Hai tuan-tuan dan saudara sekalian, apakah yang wajib kami perbuat ?

Ayat 38 : Maka kata Petrus kepada mereka itu : Hendaklah kamu bertobat dan berbaptis masing-masing kamu dengan nama Tuhan Yesus Kristus akan jalan keampunan dosa mu, lalu kamu akan beroleh anugerah Roh kudus.

Ayat 39 : Karena bagi kamulah perjanjian itu, dan bagi anak-anak mu, dan bagi sekalian orang yang jauh-jauh, seberapa banyak yang akan dipanggil masuk oleh Allah Tuhan itu.

Kotbah rasul Petrus pada hari Pentakosta ini telah memenangkan kira-kira 3000 jiwa yang bertobat sekaligus dan minta dibaptis. Secara langsung mereka sudah melalui pintu jalan ke sorga, mewujudkan Firman Ku dalam Yoh. 3:5-7 sbb : Maka jawab Yesus : Sesungguh-sungguhnya Aku berkata kepada mu : Jikalau barang seorang tiada diperanakkan dari pada air dan Roh, tiada boleh ia masuk kedalam kerajaan Allah. Barang yang diperanakkan dari pada tabiat tubuh, tubuh juga; dan barang yang diperanakkan dari pada Roh, Roh juga. Janganlah engkau heran, sebab sudah Ku katakan kepada mu bahwa wajib kamu diperanakkan pula. Memperhatikan Mark. 1:5, Markus menyimpulkan seluruh Israel telah dibaptis oleh Yohanes pembaptis, tetapi dilain Injil bertahap. Jadi 3000 jiwa yang dibaptis pada hari Pentakosta itu adalah merupakan baptisan ulang dengan memakai nama Aku [ Tuhan Yesus Kristus ], hubungkan dengan Kisah 19:1-7. Sekarang siapakah sebenarnya 3000 orang ini ? Mereka adalah orang-orang Yahudi yang beragama dan menamakan dirinya umat pilihan Allah tetapi sebenarnya mereka hanya menatap kerajaan sorga dari jauh, mereka hanya melihat pintu kerajaan sorga tetapi tertutup bagi mereka, belum boleh masuk didalamnya. Tetapi dengan mereka itu mendengar kotbah rasul Ku Petrus pada hari Pentakosta dan mereka bertobat didalam nama Ku [ Tuhan Yesus Kristus ] maka pintu kerajaan sorga terbuka untuk mereka dimana setelah mereka dibaptis dengan air maka mereka beroleh karunia Roh KU.

Mereka yang tidak mengerti lahir baru dari air dan Roh, mereka hanya menatap kerajaan sorga tetapi tidak masuk. Dan rahasia ini akan diterangkan dalam Wah. 12, bagaimana jalan menjadi penganten Ku. Anehnya mereka bermasa bodoh tidak mau bertanya kepada Ku supaya Aku membuka rahasia Firman Ku dan jalan masuk kedalam kerajaan sorga. Apalagi untuk akhir zaman ini perlu mereka mengetahui rahasia pekabaran penganten dan itu hak untuk setiap orang yang berkemauan baik, apalagi kalau ia dipanggil, dipilih ditetapkan lalu disuruh. Tetapi mereka tetap berpegang pada pelajaran bertorat mereka dan menjadi fanatik pada pelajaran itu. Salah benar amen, mereka seperti orang Yahudi yang fanatik kepada hukum Torat. Gereja-gereja ini tidak mau maju lagi, tetap menjadi kanak-kanak rohani yang tidak tau membedakan mana baik dan mana jahat beralun-alun pada pelajaran yang sesat Ibr. 5:11-14; Epes. 4:14-15. Sebab itu mereka diancam dengan Mat. 24:19 wai / celaka bagi perempuan menyusui / kanak-kanak rohani. Apabila mereka tidak sadar pada akhir zaman ini, mereka akan berjabat tangan dengan antiKris Wah. 12:17. Perhatikan juga Mat. 25:1-13 tentang 5 anak darah yang bodoh, mereka itu tidak disempurnakan dan tidak menjadi penganten karena bermasa bodoh dan tidak mau tau rahasia-rahasia Firman Ku / rahasia kabar penganten. Tetapi ada juga diantara mereka yang meminta dan berusaha tapi salah permintaan mereka. Perhatikan Firman Ku didalam Yak. 4:2-3, atau tidak tahu jalannya sehingga Aku tidak bukakan rahasia Firman Ku. tetapi rahasia Firman Ku ini / gereja penganten Aku percayakan kepada hamba-hamba Ku dari sidang Filadelfia. Kenapa Aku membuka rahasia tersebut kepada hamba-hamba Ku dari sidang Filadelfia ? Karena :

  1. Mereka sudah menurut kehendak Firman Ku
  2. Mereka tidak menyangkal iman kepada
  3. Mereka mengasihi Aku dan menyerah kepada kehendak Ku [ Perhatikan rahasia Wah. 10 ]

Sebab itu Aku memberikan hak kepada hamba-hamba Ku dari sidang Filadelfia untuk rahasia Firman Ku ini terlebih juga untuk hamba-hamba Ku pada sidang Filedelfia akhir zaman dimana rahasia kabar penganten Aku ungkapkan kepada mereka itu melalui wahyu pengajaran. Sebab itu sidang Filadelfia ini berdasarkan pada ayat 9 Aku memberi hak kepada hamba-hamba Ku di sidang Filadelfia ini untuk memenangkan jiwa-jiwa dari sidang-sidang yang lain : S. Epesus, S. Pergamus, S. Tiatira, S. Sardis dll. Yang rindu akan kabar kebenaran. Demikian juga untuk gereja Filadelfia modern akhir zaman ini yang Aku percayakan untuk membawakan kabar penganten apalagi untuk memasuki kegerakan besar, banyak dari hamba-hamba Ku / anak-anak Ku dari bermacam-macam gereja yang berada pada 4 penjuru alam akan lari dan bercerai berai satu dengan yang lain untuk mencari kebenaran, mencari kabar penganten karena mereka itu ingin disempurnakan. Sebab itu mereka bersatu dengan gereja yang membawa kabar penganten Kristus, yaitu sidang Filadelfia modern. Sehingga mereka yang mempertahankan pelajaran Torat dan bertorat itu akan berkata : Seperti dalam Yoh. 12:19 sbb : Lalu kata orang Parisi sama sendirinya : Kamu lihat, bahwa usaha mu satupun tiada gunanya; tengok, seisi dunia sudah pergi mengikut Dia.

Walaupun sidang ini kuasanya sedikit, tetapi sidang ini sudah berusaha menurut perkataan Ku, hal ini berarti sidang ini telah menyerahkan segala sesuatu kepada Ku dimana mereka merelakan diri untuk diajar langsung oleh Roh Ku. Meskipun kuasanya sedikit , nampak ke 6 sidang yang lain itu datang menyembah kakinya dan ini berarti Aku beri kuasa kepada sidang ini untuk merebut jiwa-jiwa dari ke 6 sidang yang lain yang sadar. Demikian juga untuk gereja-gereja akhir zaman kepada sidang Filadelfia modern ini Aku beri kuasa untuk merebut jiwa-jiwa dari gereja lain, karena mereka ingin diselamatkan dan disempurnakan jadi gereja penganten. Mereka tidak akan takut sedikitpun akan meninggalkan gereja mereka, meskipun mengalami mati sahid. Nanti pada kegerakan besar, banyak dari gereja-gereja yang lain yang mempunyai pelajaran seperti ke 6 sidang itu akan kehilangan anggotanya bahkan ada juga dari hamba-hamba Ku yang akan menggabungkan diri dengan gereja Filadelfia modern yang membawa kabar penganten, karena sidang ini mempunyai persekutuan yang manis dengan Aku dan penuh dengan kekayaan-kekayaan rohani karena rahasia kabar penganten diungkapkan kepada gereja Filadelfia modern itu. Mereka terdiri dari hamba-hamba Ku dari ke 4 penjuru alam dan dari sidang Filadelfia modern ini akan muncul 12 rasul hujan akhir. Sebab itu gereja hujan akhir tipe Filadelfia itu harus mempunyai standard yang sama dengan gereja hujan awal yang akan diterangkan nanti.

Ayat 9 : Tengoklah, Aku serahkan beberapa orang dari pada jemaat iblis yang mengatakan dirinya orang Yahudi, tapi bukan, melainkan berbuat dusta, tengoklah, Aku akan membuat mereka itu datang menyembah menghadap kaki mu, sehingga mengetahui bahwa Aku ini mengasihi engkau.

Tengoklah Aku serahkan beberapa orang dari pada jemaat iblis yang mengatakan dirinya orang Yahudi tapi bukan melainkan berbuat dusta. Disini nampak bahwa ada orang-orang yang mengaku dirinya orang Yahudi dan orang-orang Yahudi ini berpegang teguh pada hukum Torat dan menamakan diri mereka adalah umat Allah dan pengakuan ini memang benar karena orang Yahudi adalah umat pilihan Allah bahkan mereka adalah Penganten yang dipilih dari suatu bangsa bahkan mereka disebutkan bala tentara Yer. 2:2 sbb : Pergilah engkau berserulah sampai kedengaran kepada segala orang isi Yerusalem demikianlah Firman Tuhan : Bahwa Aku lagi ingat akan rindu mu tatkala engkau muda, akan kasih mu tatkala engkau penganten, tatkala engkau mengikuti Aku dipadang Tiah yaitu dipadang tekukur. Dan mereka juga dijanjikan dengan Aku perhatikan Firman Ku dalam Yes. 54:5 dan Yes. 62:5. Akan tetapi kenapa disebut jemaat iblis karena mereka itu melanggar 10 hukum itu sebabnya dikatakan mereka itu berbuat dusta. Dan dusta ini adalah hukum yang ke 9 Kel. 20:1-17 [ 16 ]. Dan hendaklah kamu mengetahui apabila salah satu hukum ini dilanggar maka semuanya jadi salah Yak. 2:9-10 sbb : Karena barangsiapa yang memegang segenap hukum itu, tetapi melanggar salah satu perkara maka salahlah ia kepada sekaliannya. Itu sebabnya Aku namakan kepada mereka itu jemaat iblis. Pada akhir zaman ini akan nampak dibanyak gereja-gereja yang akan menepuk dada mereka dan mengatakan : Kami adalah umat pilihan Allah, kami akan masuk sorga. Dan hal itu pasti terlebih kepada gereja yang sudah mengaku diri lahir baru dari pada air dan Roh yang menggembar-gemborkan mereka itu penuh dengan Roh Ku dan mengaku diri gereja penganten dan katanya akan menikah dengan Aku meskipun mereka itu berpegang pada pelajaran bertorat. Mereka tidak akan mungkin menjadi gereja penganten meskipun mereka mengatakan bahwa mereka sudah lahir baru dari air dan Roh. Mereka itu sebenarnya sakit rohani karena mereka itu diberi makanan pelajaran yang beracun yaitu pelajaran yang tidak bersandar kepada Roh Ku tetapi kepada akal-akal manusia. Sebab itu perhatikanlah keadaan mereka pada sekarang ini, mereka mengatakan bahwa mereka itu adalah gereja penganten tetapi mereka menentang akan pekerjaan Roh Ku, terutama karunia nubuatan, karunia lidah dan karunia mengartikan karunia lidah [ Kelompok C ]. 1kor. 12:8-11. Yaitu karunia pernafasan tubuh penganten.

Bukankah mereka mengatakan bahwa hanya satu bahasa Roh dan mereka menentang orang yang berkata-kata dengan berbagai-bagai bahasa Roh. Perhatikan Kej. 11. Sebab itu satu kali kelak apabila kabar penganten itu muncul pada kegerakan besar, Aku akan membuat mereka itu datang menyembah menghadap kaki mu, yaitu gereja yang membawakan kabar penganten / sidang Filadelfia modern. Sekali lagi bahwa apabila kegerakan besar akan dimulai pasti mereka akan datang menggabungkan diri dengan gereja penganten, karena Roh Ku menggerakkan mereka untuk mencari kebenaran Firman Ku. Kalau sekarang ini sebelum memasuki kegerakan besar banyak diantara mereka itu mengolok kamu karena mereka masih terpengaruh oleh pelajaran bertorat. Tetapi apabila masanya sudah sampai, mereka akan menyerah kalah dan mengakui bahwa kamu hamba-hamba Ku dari sidang Filadelfia modern yang Aku panggil dan tetapkan serta suruh untuk membawa kabar penganten yang disertai kuasa dan mujizat-mujizat heran, melebihi gereja hujan awal. Lihat pelajaran dari hal pemungutan manna 2x ganda memasuki hari sabat dan pelajaran Hagai 2:10. Ingatlah bahwa sidang Filadelfia modern adalah sidang yang penuh dengan kasih. Perhatikan bahwa buah Roh yang pertama adalah kasih Gal. 5:22-23 dan hubungkan dengan 1Kor. 13:1-13. Dan sekarang siapakah sebenarnya sidang Filadelfia modern itu ? Jawabnya adalah sidang yang mempunyai standard yang sama dengan sidang Filadelfia hujan awal karena sidang ini dibangun oleh 12 rasul hujan awal yang memiliki karunia-karunia jawatan Tuhan sampai pada buah-buah Roh Ku. Demikian juga sidang Filadelfia akhir zaman setelah standardnya sama dengan gereja hujan awal maka akan masuk kegerakan besar. Mereka itu akan dipenuhi dengan kekayaan-kekayaan rohani yang luar biasa karena masa penyempurnaan roh, jiwa dan tubuh. Dalam Yak. 5:7 dikatakan sbb : Sebab itu, hai saudara-saudara ku bersabarlah kamu sehingga sampai pada hari kedatangan Tuhan, tengoklah orang dusun menanti hasil yang berharga keluar dari bumi dengan sabar, sehingga ditimpa hujan pada musim bah dan pada musim kemarau.

Kalau gereja hujan awal merupakan bertunangan dengan Aku 2Kor. 11:2 dan ini berjalan terus sampai masuk kegerakan besar dan setelah kegerakan besar mulai, akan dibawah kepada pernikahan dengan Aku Wah. 12:1-2. Jadi apabila berbicara tentang standard gereja hujan awal maka mereka itu belum mengenal organisasi, mereka mempunyai suatu pandangan yang sama yaitu : Satu Tuhan,satu Iman satu Baptisan Epes. 4:5, dan ini disebutkan organisme. Tetapi untuk akhir zaman dari organisasi-organisasi gereja menuju pada organisme, harus melalui satu jalan yang ditetapkan oleh Aku yaitu mempunyai salah satu gereja yang mempunyai standard yang sama seperti gereja hujan awal dan membawa kepada organisme. Dan kepada kamulah Aku tugaskan untuk menuju kepada rencana yang agung ini.

Ayat 10 : Maka oleh sebab engkau sudah memeliharakan pengajaran Ku dari hal sabar itu, Akupun akan memeliharakan engakau dari pada masa pencobaan yang akan datang keatas segala isi dunia, supaya mencobai segala orang yang duduk dibumi.

Adapun sidang Filadelfia ini adalah sidang yang setia memelihara pengajaran Ku. bukan setia saja tapi mencitai pengajaran Ku. Tetapi sidang ini mengalami banyak hojatan dan olokan, tetapi mereka itu tetap sabar dalam menghadapi segala perkara itu. Demikian juga pengalaman sidang Filadelfia akhir zaman ini, juga akan mengalami hojatan, olokan lebih dari pada sidang Filadelfia hujan awal. Tetapi Aku pesankan biarlah kamu sabar menanggungnya. Bukankah Firman Ku berkata : Bahwa tiap-tiap orang yang mengikut Aku hendaklah ia menyangkal dirinya lalu memikul salib itu tiap-tiap hari Mat. 16:24.

Akupun akan memeliharakan dikau dari pada masa pencobaan yang datang keatas dunia, supaya dicobainya segala orang yang duduk diatas bumi. Sidang Filadelfia ini adalah sidang yang Aku luputkan mereka itu dari pencobaan yang akan menimpa isi dunia ini dan Aku memeliharakan mereka itu. Karena sebelum antiKris berkuasa dengan kejam maka sidang Filadelfia ini Aku singkirkan karena gereja ini adalah gereja penganten. Wah. 6:6c, Wah. 12:6, 14. Gereja inilah yang dimaksud dalam Firman Ku Mat. 24:22.

Ayat 11 : Dengan segera Aku datang, berpeganglah pada barang yang ada pada mu, supaya jangan barang seorang mengambil mahkota mu.

Aku menasehatkan kepada sidang Filadelfia ini supaya berjaga-jaga, karena mereka tidak tahu kapan Aku datang kembali. Suatu teguran yang perlu diperhatikan yang penting ialah : Jangan maut menyambar dengan tiba-tiba perhatikan 1Sam. 20:3b sbb : Tetapi sesungguh-sungguh Tuhan hidup dan nyawa mupun hidup, adalah hanya selangkah jua jaraknya antara Aku dengan maut.

Berpeganglah pada barang yang ada pada mu supaya jangan barang seorang mengambil mahkota mu. Ini menunjuk kepada berpegang pada pelajaran yang Aku berikan langsung ialah : Pengajaran penganten yaitu pelajaran mahkota dan pelajaran ini harus dipertahankan meskipun harus melalui kondisi apapun. Serta berhati-hati dan berjaga-jaga karena iblis selamanya mencari jalan dan mempengaruhi, sebab itu lawanlah dengan iman yang tegu. Perhatikan Firman Ku dalam 1Pet. 5:8-9 . Dan untuk mempertahankan mahkota ini, harus berdiri dengan iman yang teguh 2Tim. 4:8, 1Pet. 5:8, Yak. 1:12. Mahkota ini akan didapat pada hari Tuhan yaitu sesudah kebangkitan yang pertama.

Ayat 12 : Maka orang yang menang, hendak Ku jadikan dia sutu tiang dirumah Tuhan Ku, dan sekali-kali tiada ia akan keluar dari situ; dan Aku akan menyuratkan kepadanya nama Tuhan Ku dan nama negeri Tuhan Ku, yaitu yerusalem yang baru yang turun dari sorga dari pada Tuhan Ku itu, dan lagi nama Ku yang baru itu.

  1. Tiang dalam rumah Tuhan Ku
  2. Aku akan menyuratkan kepadanya nama Tuhan Ku dan nama negeri Tuhan Ku yaitu Yerusalem yang baru yang turun dari sorga dari pada Tuhan Ku.
  3. Nama Ku yang baharu.

Ke 3 perkara ini perlu diperhatikan sebaik-baiknya.

Ad. 1. Suatu tiang dalam rumah tuhan Ku. Apa gunanya tiang, dan kenapa dikatakan tiang dalam rumah Tuhan Ku ? Gunanya tiang : Tiang adalah salah satu bahan bangunan yang sangat penting. Karena tanpa tiang suatu bangunan tak dapat didirikan. Perhatikan tentang pembangunan Tabernakel. Dalam pembangunan Tabernakel ini yang memegang peranan adalah tiang-tiang. Sebab itu apabila Firman Ku berkata bahwa sidang Filadelfia ini menjadi suatu tiang dalam rumah Tuhan Ku, tetapi kepada orang yang menang. Jadi sidang Filadelfia ini meskipun mereka itu dipanggil dan ditetapkan tetapi tidak setia maka dia tidak akan menjadi tiang dalam rumah Tuhan Ku. ingat tanpa orang-orang yang menang ini menjadi tiang maka Yerusalem baru tidak ada. Jadi gereja penganten itu adalah menjadi tiang-tiang di yerusalem baru dan tiang-tiang yang dimaksud disini adalah orang-orang yang menang dan istimewa di Yerusalem baru nanti dan itu hanya khusus dari sidang Filadelfia modern yaitu hamba-hamba Ku yang membawa kabar penganten.

Perhatikan contoh : Dari hamba-hamba Ku gereja hujan awal Gal. 2:9 sbb : Maka tatkala mereka itu sudah tampak anugerah yang telah dikaruniakan kepada Ku itu, lalu Yakub dan Kepas dan Yohanes yang dibilangkan menjadi tiang itupun berjabat tangan dengan aku dan Barnabas dst. Jadi rasul-rasul Ku pada hujan awal adalah merupakan tiang dan juga sidang jemaat pun 1Tim. 3:15. Tetapi harus diperhatikan bahwa yang dimaksudkan dengan tiang-tiang istimewa ialah khusus hamba-hamba Ku yang membawakan kabar penganten, itupun terbatas jumlahnya. Perhatikan Firman Ku dalam 1Kor. 4:15. Dan hamba-hamba Ku itu yang teristimewa di Yerusalem baru tidak banyak hanya 69 orang. Dan ini termasuk 24 ketua-ketua dalam Wah. 4:4, yang berbicara tentang 12 rasul hujan awal dan 12 rasul hujan akhir. Untuk mencari tiang-tiang pelajarilah tiang-tiang dalam Tabernakel Musa.

Tiang-tiang Tabernakel Musa bagian luar :

1. Bagian depan 10 tiang, bagian belakang 10 tiang. Samping kiri 20 tiang dan samping kanan 20 tiang. Pintu masuk halaman 4 tiang, pintu masuk kamar suci 5 tiang dan pintu masuk kamar mahasuci 4 tiang. Jadi jumlah keseluruhannya adalah : 60 + 13 = 73 Tiang dipotong / kurangi 4 ting pintu gerbang, jadi  : 73 – 4 = 69 Tiang. Selain berbicara 69 orang istimewa, nanti di Yerusalem baru, nanti di Yerusalem baru maka 69 tiang ini mempunyai arti rohani yang lain :

  1. 66 buku dari keseluruhan Alkitab :

a. Perjanjian lama 39 buku

b. Perjanjian baru 27 buku

2.    3 oknum Allah : Bapa, Anak dan Roh kudus

Jadi Alkitab ini adalah terdiri dari pada 66 buku adalah menyaksikan 3 oknum Allah yaitu : Bapa, Anak dan Roh kudus. Jadi dalam yerusalem baru adalah persekutuan dengan 3 Oknum Allah dengan orang percaya dan menang dan berdiri atas 66 kitab didalam Alkitab perhatikan Wah. 21:3 sbb : Maka aku dengar suatu suara besar dari pada aras itu mengatakan : Ingatlah bahwa tempat kediaman Allah itu bersama-sama dengan manusia, dan ia akan diam bersama-sama dengan mereka itu, dan mereka itu akan menjadi kaumNya, dan Allah sendiri akan beserta dengan mereka itu. Kembali diperhatikan bahwa di Yerusalem baru itu berdasarkan pada tiang-tiang Tabernakel bahwa ada 69 orang Istimewa atau yang menjadi tiang-tiang di Yerusalem baru dan tanpa mereka Yerusalem baru tidak ada. Tetapi mereka itupun berbeda-beda fungsinya perhatikan 12 rasul hujan awal yang bersama-sama dengan Aku, meskipun 12 rasul itu Aku panggil tetapi ada perbedaan dalam tugas-tugas. Perhatikan tiang-tiang pintu masuk Tabernakel yang diambil dari 12 rasul hujan awal bersama Aku :

1. 4 Tiang pintu masuk halaman adalah 4 orang istimewa

2. 5 Tiang pintu masuk kamar suci adalah 5 orang lebih istimewa

3. 4 Tiang pintu masuk kamar mahasuci adalah 4 orang teristimewa.

Jadi ke 13 Tiang ini adalah : Aku bersama 12 rasul Ku.

12 adalah angka persekutuan.

1 adalah angka keesaan Allah

Rasul-rasul Ku yang teristimewa yang kamu lihat adalah : 1. Rasul Petrus 2. Rasul Yakobus 3. Rasul Yohanes. Dan ke 3 rasul Ku ini selalu bersama-sama dengan Aku, sampai mereka disuatu waktu melihat kemuliaan bersama Aku digunung kemuliaan sedang 9 rasul yang lain tidak.

Tetapi ingat dalam urutan Tiang Tabernakel untuk masuk dalam kamar maha suci, 4 Tiang yang dibayangkan dengan Rasul Petrus, dan Rasul Yakobus dan Rasul Yohanes jangan kamu sama Aku dengan 3 rasul ini, tetapi ini hanya merupakan contoh saja. Pada gereja hujan awal ke 4 rasul yang teristimewa ini adalah :

1)      Rasul Petrus

2)      Rasul Yakobus

3)      Rasul Yohanes

4)      Rasul Paulus

Ad. 2. Aku akan menyuratkan kepadanya nama Tuhan Ku dan nama negeri Tuhan Ku yaitu Yerusalem baru yang turun dari sorga dari Tuhan Ku. ini berarti mereka adalah milik dari Aku. Disini Aku memberi kehormatan kepada mereka yang menang dari gereja penganten untuk memakai nama Ku. sebagai contoh tatkala kamu dibaptis dengan air pada waktu seseorang menerima Aku, saat dia bersedia dibaptis dengan air mencontoi Aku maka nama Bapa, Anak laki-laki dan Roh kudus yaitu Tuhan Yesus Kristus disebutkan dan ditumpangkan tangan diatas kepalanya kepada oknum tersebut. Tetapi nama itu belum dimilikinya mutlak. Nanti kalau dia setia dan menang sampai akhir hidupnya maka nama Ku itu akan diberikan kepadanya menjadi cap atau meterai yang tidak akan hilang lagi dan nama negeri Tuhan Ku yaitu Yerusalem baru. Ini berarti bahwa namanya kelak tertulis disana dan tidak semua orang beriman mempunyai nama di Yerusalem baru. Hanya orang-orang terpilih dan berlayak karena mereka termasuk orang-orang istimewa. Hal ini akan diterangkan pada pasal terakhir dalam buku wahyu.

Ad. 3. Nama Ku yang baharu itu. Nama yang baharu itu adalah suatu rahasia karena adalah nama penganten. Nanti sesudah 1000 th masa damai berakhir baru nama yang baharu itu Aku berikan untuk menggantikan nama-nama dari mereka itu sendiri. Sebagai contoh dalam Alkitab kepada orang yang istimewa dan terpuji imannya yang Aku ganti namanya dan ini adalah merupakan bayangan dari orang-orang istimewa yang Aku berikan nama Ku yang baharu dalam Yerusalem baru. Contoh dalam Alkitab :

  1. Abram Aku ganti menjadi Abraham / Ibrahim
  2. Sarai Aku ganti menjadi Sarah
  3. Yakub aku ganti menjadi Israel
  4. Petrus Aku ganti menjadi Kepas
  5. Saul Aku ganti menjadi Paulus

Inilah sebagian contoh dalam Alkitab. Semua nama itu mempunyai arti penting kepada mereka yang menang termasuk dalam gereja Filadelfia modern, Aku akan berikan kepadanya nama Ku yang baharu dalam Yerusalem baru sebagai tanda penganten yang sampai pada saat ini menjadi rahasia bagi kamu.

Ayat 13 : Barangsiapa yang bertelinga, hendaklah ia mendengar kata Roh kepada segala sidang jemaat.

Teguran ini diberikan / ditujukan kepada gembala sidang dan sidang jemaat dan itu juga untuk umum dan lagi setiap orang yang menerima Aku sebagai Tuhannya. Dan ini berlaku untuk sidang Filadelfia akhir zaman dan menjadi perhatian bagi gereja-gereja. Sebab itu berusahalah kamu memberitakan kabar ini.

Gereja-gereja yang termasuk tipe sidang Filadelfia ini nampak pada :

1. Sebagian kecil dari pada gereja yang sudah lahir baru dari pada air dan Roh.

2. Perhatikan : Sidang Filadelfia modern ini hendaklah memperbaiki tentang pelajaran rasuli akhir zaman yang telah diungkapkan pada pelajaran 7 tingkat iman mengenai karunia jawatan Tuhan. Karena pelajaran rasuli akhir zaman ini dipercayakan kepada sidang Filadelfia akhir zaman.

NASEHAT UNTUK SIDANG JEMAAT DI LAODEKIA PASAL 3:14-22

LAODEKIA ARTINYA DEMOKRASI.

 

Ayat 14 : Suratkanlah kepada malaekat sidang jemaat yang di Laodekia seperti yang demikian : Inilah sabda dari Dia yang bernama Amin, yaitu saksi yang setiawan dan benar, awal segala kejadian Allah.

Aku memperkenalkan diri kepada sidang jemaat di Laodekia, terutama kepada gembala sidangnya seperti demikian : Inilah sabda dari pada Dia yang bernama Amin yaitu saksi yang setiawan dan benar awal segala kejadian Allah. hal ini berbicara bahwa segala sesuatu yang belum berlaku Aku sudah mengetahuinya. Dia yang bernama Amin ini, berarti bahwa segala sesuatu yang keluar dari Aku benar adanya. Saksi yang setiawan dan benar perhatikan Wah. 1:5. Sidang Laodekia adalah sidang yang terkaya dari antara ke 7 sidang dalam Wahyu 2 & 3 ini, tetapi bukan kaya rohani melainkan kaya jasmani. Bertentangan dengan jemaat Smirna yang kaya rohani. Sidang jemaat Laodekia ini kaya jasmani tetapi miskin rohani, dan dengan kekayaan ini mereka menonjolkan diri mereka itu. Apa sebab ? Karena sidang jemaat ini tidak mementingkan kerohanian dan Roh Ku tidak bekerja 100 persen sehingga keadaan dari sidang ini suam. Istilahnya dalam sidang Laodekia ini adalah roh pergi datang, bertentangan denga Yoh. 14:16. Bahwa Roh Ku itu bukan sebagi tamu, akan tetapi apabila Roh Ku telah memiliki kehidupan kamu, kamu menjadi rumah Ku dan Aku tinggal dengan kamu selama-lamanya 1Kor. 3:16; 1Kor. 6:19; 2Kor. 6:16. Jadi Roh Ku yang ada didalam kamu itu bukanlah sebagai tamu, tapi Roh Ku itu memiliki kamu selama-lamanya, berarti Roh Ku menjadi Raja dalam kehidupan kamu dan jangan kamu mengikuti caranya sidang Laodekia ini.

Ayat 15 : Aku tahu segala perbuatan mu, engkau itu sejukpun tidak, hangatpun tidak. Aku suka jikalu engkau sejuk atau hangat.

Dalam ayat 15 ini keadaan sidang ini sejuk tidak hangat tidak artinya keadaannya suam. Apa artinya suam ? Keadaan suam adalah sbb : Suatu waktu kalau Roh Ku bekerja, kebaktian hangat, kali lain keadaannya dingin akibatnya sifat dari kebaktian sidang Laodekia ini kelihatannya berapi-api dari luar, tetapi keadaan itu bukan disebabkan oleh panasnya Roh tetapi panasnya emosi karena kebiasaan. Kebaktian nampak ramai kedengaran dari luar karena tepuk tangan yang bersemangat disertai dengan musiknya yang serba komplit karena mengikuti Firman Ku dalam Maz. 47:2; Maz. 150:3-5. Sbb : Hai kamu segala bangsa, bertepuk-tepuklah tangan, pujilah akan Allah dengan bunyi nyanyian yang ramai-ramai. Pujilah akan Dia dengan bunyi nafiri, pujilah akan Dia dengan Dandi dan Kecapi. Pujilah akan Dia dengan Rebana dan Bangsi, pujilah akan Dia dengan Rebab dan Muri. Pujilah akan Dia dengan Ceracak yang merdu bunyinya; pujilah akan Dia dengan Ceracak yang berbunyi beramai-ramai. Tetapi sayangnya kebaktian ini meskipun ramai kedengaran / panas tetapi bukan oleh Roh Ku melainkan oleh roh daging. Aku tidak berkenan dengan kebaktian seperti ini, Aku berkehendak agar kebaktian yang kamu adakan hendaklah hangat dan berapi-api yang dikerjakan oleh Roh Ku. aku benci kepada sidang jemaat yang kebaktiannya keadaannya sejuk, tetapi lebih lagi Aku benci kalau suam. Kenapa kebaktian mereka itu suam ? Karena mereka mengharapkan kekayaan mereka. Mereka merasa lega dengan perkara-perkara jasmani dan kekayaan jasmani. Inilah yang menyebabkan mereka itu menjadi sombong, akibatnya Roh Ku tidak bekerja aktif. Sebenarnya mereka harus berpendirian, kaya jasmani juga kaya rohani. Keadaan seperti ini nampak pada gereja-gereja yang sudah lahir baru dari pada air dan Roh pada akhir zaman ini. Tadinya selagi mereka itu masih sedikit dan keadaannya miskin jasmani tetapi kaya rohani, kebaktian mereka itu sungguh-sungguh dan Roh Ku bekerja aktif. Tetapi sesudah mereka itu menjadi besar dan diberkati dengan hal-hal jasmani sehingga mereka itu membangun gedung-gedung besar dan mewah, keadaan rohaninya menjadi suam. Mereka tidak lagi memperhatikan kebenaran Firman Ku, dan inilah yang dikatakan dalam Gal. 3:3 yaitu dimulai dengan Roh diakhiri dengan daging / perihal duniawi.

Melalui ayat-ayat ini Aku menegur gereja akhir zaman ini supaya sadar dan kembali pada cinta mula-mula.

Ayat 16 : Oleh sebab engkau begitu suam, dan hangatpun tidak, sejukpun tidak, maka Aku hendak meludahkan engkau dari dalam mulut Ku.

Dalam ayat ini sidang Laodekia begitu suam dimana hangat tidak sejukpun tidak, Aku tidak berkenan akan keadaan ini dan merupakan kebencian Ku. sebab itu Aku menegur sidang ini, agar keadaan suam tersebut segera diakhiri. Aku suka sidang ini panas oleh Roh Ku, sebab kalau tidar sadar Aku akan meludahkan sidang ini. Perhatikan Firman Ku : Bahwa barang yang masuk kedalam perut dan terus kepada pelepasan tidak menajiskan, tetapi barang yang keluar dari mulut itulah yang menajiskan Mat. 15:11, berarti sidang ini tidak berkenan kepada Ku. Sebab itu Aku minta supaya sidang ini bertobat,  kembali kepada cinta yang mula-mula karena Aku adalah Allah yang panjang sabar dan penuh kasih. Begitupun teguran-teguran Ku pada gereja akhir zaman yang seperti sidang Laodekia ini.

Perhatikan perbandingan : Mat. 24:19-22.

  1. Gereja yang panas oleh Roh Ku menunjuk kepada gereja penganten
  2. Gereja yang suam menunjuk kepada 5 perempuan bodoh
  3. Gereja yang sejuk / dingin menunjuk kepada gereja sundal

Ingat gereja yang suam itu adalah, gereja yang mengharapkan menjadi gereja penganten, tetapi tertinggal. Perhatikan Wah. 12:17, Mat. 24:19.

Ayat 17 : Dengan sebab kata mu : Aku kaya dan sudahlah aku beroleh kekayaan dan satupun tiada kekurangan kepada ku, padahal tiada engkau mengetahui bahwa engkaulah orang malang, dan yang tiada terkasihan, dan miskin, dan buta, dan telanjang.

Dalam ayat ini sidang jemaat Laodekia menyatakan bahwa mereka adalah sidang yang kaya, tapi bukan kaya rohani melainkan kaya jasmani. Sebab itu mereka merasa bangga diri dengan kekayaan yang ada pada mereka itu. Sidang ini kaya dalam 3 hal :

  1. Kaya benda-benda emas
  2. Kaya pakaian wol
  3. Kaya bahan salef / bahan-bahan kosmetik

Karena mereka kaya dal 3 hal ini, dan mereka tidak merasa kekurangan kepada Ku. Tetapi mereka lupa, bahwa dengan kekayaan jasmani ini mereka tidak perlu sombong tapi mereka harus bersyukur kepada Ku. Dan hendaklah mereka itu mengetahui bahwa kekayaan jasmani  bukan ukuran keselamatan. Perhatikan Firman Ku dalam Mat. 19:23-24 sbb :

Maka kata Yesus kepada murid-murid Nya : Sesungguhnya Aku berkata kepada mu bahwa sukarlah seorang kaya masuk kedalam sorga. Dan lagi pula Aku berkata kepada mu : Lebih mudahlah seekor Unta masuk kelubang jarum dari pada seorang kaya masuk dalam kerajaan Allah.

1. Kata kaya ini dalam 2 tujuan, kaya jasmani tanpa Tuhan walaupun dia hidup benar atau baik.

2. Kaya dosa, baik dosa pribadi, baik dosa pelajaran.

Kedua-duanya itu tidak masuk dalam kerajaan sorga.

Adapun sidang ini dalam pemandangan Ku sangat malang dalam beberapa sebab yaitu :

  1. Tiada terkasihan dalam pemandangan Ku. Karena apa ? Bukan kekayaan jasmani yang dapat menyelamatkan seseorang. Perhatikan Mat. 16:26 sbb : Apakah untungnya kepada seseorang, jikalau ia memiliki seisi dunia tapi jiwanya binasa. Ingat bahwa emas dunia tidak kekal perhatikan Mat. 6:19-20.
  2. Miskin rohani : Berbicara bahwa gereja ini sudah kehilangan anugerah-anugerah Roh Ku dan kuasa Ku. Suara Roh Ku melalui nubuatan tidak kedengaran lagi, pemberitaan Injil menjadi suam.
  3. Buta rohani. Berbicara bahwa gereja ini atau sidang ini tidak lagi mengetahui jalan kebenaran Firman Ku, mereka meraba-raba seperti orang buta, sehingga mereka tidak mengetahui akan rencana Ku. sidang ini tinggal bermasa bodoh, mereka asal berbakti secara kebiasaan saja dan menurut penilaian mereka, perbuatan mereka itu menurut Firman Ku, tetapi mereka tidak lagi mengalami persekutuan manis dengan Aku. Kaki dian sidang ini sudah mati / tidak menyala lagi. Kebenaran Firman Ku sudah tertutup bagi mereka dan muncul akal-akal manusia. Perhatikan Firman Ku dalam Mat. 15:8-14.
  4. Telanjang rohani. Ini berbicara tentang pakaian kemuliaan dan kesucian dan anugerah Roh Ku tidak nampak lagi.

Hal-hal inilah yang terjadi dalam sidang Laodekia, dimana mereka tidak mengetahui sebenarnya, mereka menyangka bahwa dengan kekayaan-kekayaan jasmani yang ada pada mereka itu, merupakan tanda bahwa Aku ada dengan mereka dan ada persekutuan dengan mereka itu. Banyak gereja-gereja Ku akhir zaman ini seperti sidang Laodekia, terutama pada gereja yang sudah lahir baru dari pada air dan Roh, dimana bukanlah kekayaan rohani yang dikejar tetapi kekayaan-kekayaan jasmani. Sehingga mengalihkan kegiatan untuk mencari kekayaan-kekayaan jasmani dengan jalan mendirikan / mengadakan :

  1. Yayasan-yayasan
  2. Pasar derma
  3. Mengadakan loterey
  4. Memperbungakan uang baik melalui Bank atau cara lain
  5. Mengadakan lelang / basar
  6. Berdagang
  7. Dan lain-lain untuk mengumpulkan dana.

Maksud mereka itu berbuat untuk mendapatkan uang sebanyak-banyaknya, tetapi semua kegiatan ini adalah kegiatan daging. Akibatnya Roh Ku undur, karena Roh Ku tidak suka pada perkara-perkara demikian. Mereka melebihkan perkara-perkara jasmani dari pada rohani. Inilah yang diperbuat oeh gereja-gereja yang sudah lahir baru dari air dan Roh pada akhir zaman ini dengan alasan :

  1. Pembangun gedung-gedung gereja yang mengikuti zaman modern
  2. Membangun perumahan-perumahan hamba-hamba Ku yang disesuikan dengan zaman modern
  3. Mendirikan sekolah-sekolah
  4. Mendirikan perumahan-perumahan yatim piatu
  5. Mendirikan rumah-rumah sakit dan poliklinik dll.

Hal ini tentu tidak salah juga tetapi yang Aku maksudkan yang terutama yaitu, kepada sidang jemaat yang menjadi Tabernakel yang hidup dimana Roh Ku berdiam dan bersekutu didalamnya, harus memiliki kekayaan-kekayaan rohani supaya boleh menjadi calon penganten / gereja Ku yang disempurnakan.

Seharusnya yang diutamakan ialah : Penyediaan-penyediaan dana penginjilan itulah yang diperhatikan sesungguhnya.

Ayat 18 : Sebab itu aku ikhtiarkan engkau membeli kepada Ku emas yang sudah beruji dengan api supaya engkau kaya; dan pakaian putih, supaya engkau berkain, dan jangan ketara malu keadaan mu yang bertelanjang, dan lagi celak mencelak mata mu supaya engkau boleh nampak.

Dalam ayat 18 ini dikatan supaya mereka membeli dari pada Ku 3 perkara yang rohani :

  1. Emas rohani
  2. Pakaian putih rohani
  3. Salef rohani

Pengganti dari pada kekayaan jasmani dalam ayat 17, supaya mereka itu kaya rohani dan jasmani.

1. Emas rohani yang sudah beruji dengan api adalah berbicara tentang :

  1. Iman yang sudah teruji dengan segala macam api pencobaan seperti Firman Ku dalam 1Pet. 1:7 sbb : Supaya kesungguhan iman mu yang diuji itu yang lebih indah dari pada emas yang akan binasa walaupun berlebur uji dengan api didapati mendatangkan pujian dan kemuliaan serta kehormatan, pada masa Yesus Kristus kelihatan kelak.
  2. Firman Allah yang sudah teruji kebenarannya perhatikan Maz. 19:8-14.

2. Pakaian putih rohani adalah berbicara :

  1. Pakaian kesucian dan kebenaran perhatikan Firman Ku dalam Epes. 4:24-27
  2. Pakaian penganten perhatikan Firman Ku dalam Wah. 19:7-9

3.  salef rohani, berbicara tentang salef yang digosokkan pada mata untuk menambah kecantikan. Dahulu kala wanita-wanita suka menggosok salef dimatanya, supaya mata itu bercahaya dan menambah kecantikannya. Dan mata itu adalah Pelita tubuh. Yang dimaksud dengan celak mencelak rohani ialah tempelak menempelak agar mata rohani calon penganten menjadi cantik dan pekerjaan ini hanya dilakukan oleh Roh Ku. dan hanya dengan Roh Ku dalam karunia kelompok C teguran Ku datang kepada sidang jemaat yaitu melalui suara nubuatan yang muncul ditengah-tengah sidang pada waktu kebaktian dimana sidang akan dibersihkan dan dibawah pada kekayaan-kekayaan rohani yang heran. Perhatikan pelajaran 1kor. 14 yang sudah diungkapkan dalam pelajaran pekerjaan Roh Ku.

Sidang jemaat Laodekia ini memadamkan suara Roh Ku sehingga mata rohani mereka tertutup pada perkara-perkara yang sedang terjadi dan akan terjadi, karena mereka itu tidak bersandar lagi kepada Roh Ku, tidak lagi menghargai suara Roh Ku. Demikian juga terjadi pada gereja-gereja yang sudah lahir baru dari air dan Roh pada akhir zaman ini, dimana mereka mencari kekayaan-kekayaan jasmani seperti cara-cara mereka dalam ayat 17. Sehingga dalam pemandangan mata jasmani, mereka itu kaya jasmani dan mereka mendirikan rumah ibadah yang mewah, rumah tempat tinggal yang mewah dll. Tetapi mereka telah menjadi miskin rohani dan buta rohani, karena mereka memadamkan suara Roh Ku. Sifat dari suara Roh Ku dalam 1Kor. 14 meneguhkan iman, menasehati dan menghibur, tandanya persekutuan dengan Aku dan suara nubuatan ini adalah pernafasan tubuh penganten. Ingat kalau kita tidak bernafas lagi berarti mati. Tanda orang hidup adalah bernafas dll. Jadi gereja yang memadamkan Roh Ku, berarti gereja yang tidak bernafas lagi secara rohani. Gereja-gereja tersebut adalah gereja-gereja yang sudah mati rohaninya meskipun pada lahirnya mereka itu berbakti pada Ku dengan begitu girang, tetapi bukan girang oleh Roh Ku tetapi oleh emosi. Perhatikan Firman Ku dalam Amos 5:4-5. Gereja tersebut adalah gereja yang sudah mati rohaninya dan gereja yang demikian Aku tidak suka bahkan Aku tidak akan menikah dengan gereja yang mati rohaninya atau sakit rohaninya. Sekarang Aku bertanya siapakah diantara kamu yang suka menikah dengan orang sakit dan orang mati ?

Perhatikan tentang orang mati :

  1. Pertama nafasnya berhenti
  2. Berbau busuk
  3. Cacing makan tubuhnya
  4. Tinggal tulang perhatikan Yehz. 37

Keadaan seperti ini nampak kepada gereja-gereja Ku yang sudah lahir baru dari air dan Roh, keadaan mereka seperti Yehz. 37, merupakan rangka yang berjalan, disangka hidup tapi mati, karena Roh Ku sudah undur meninggalkan mereka. Seperti Simson yang sudah dicukur 7 tokong rambutnya, dimana kuasa Ku telah hilang, mereka tertawan oleh kemanisan dunia. Mata rohani mereka telah menjadi buta, kaki tangan mereka itu telah diikat oleh rantai tembaga adalah berbicara seluruh kegiatan aktifitas mereka itu telah dibelenggu oleh iblis dan apabila mereka tidak akan sadar pehukuman menanti mereka. Sebab itu Aku kehendaki supaya gereja-gereja Ku akhir zaman ini yang seperti sidang Laodekia supaya kembali kepada Roh Ku.

Perhatikan apabila orang sudah mati dan dia mau hidup lagi, maka dia harus bernafas dan nafas itulah yang mengakibatkan dia hidup dan apabila dia berulangkali bernafas, maka udara kotor yang berada dalam tubuhnya itu digantikan dengan udara yang bersih dan akhirnya dia menjadi sehat kembali. Demikian juga Aku kiaskan kepada gereja-gereja Ku sekarang yang mati rohani, kalau dia mau hidup seharusnya mereka itu bernafas kembali supaya hidup dan menjadi kuat kembali. Artinya supaya mereka kembali kepada Roh Ku. Tubuh penganten harus bernafas supaya tetap hidup dan sehat rohaninya. Sebab itu tubuh penganten harus memiliki pernafasan rohani seperti yang telah diterangkan dalam 1Kor. 12:8-11 dalam kelompok c. Sebab itu apabila Roh Ku bekerja dan kemudian terjadi sesuatu, jangan dipadamkan Roh itu, tetapi ujilah segala perkara, mana yang baik itulah yang dipegang perhatikan Firman Ku dalam 1Tess. 5:19-21 sbb : Jangan dipadamkan Roh itu; dan nubuatpun jangan diringankan. Hendaklah segala perkara kamu uji, dan yang baik kamu pegang. 1Kor. 14:29; 1Yoh. 4:1. Segala sesuatu itu harus diuji, apakah itu dari Aku, emosi atau dari iblis. Karena itu dalam 1Kor. 12:8-11 ada karunia membedakan segala Roh, untuk menguji segala karunia-karunia yang muncul dalam sidang atau perseorangan, apakah itu berdasarkan Firman atau tidak. Untuk itu karunia-karunia Roh sangat penting dalam pertumbuhan gereja penganten.

Kalau gereja memadamkan kuasa Roh Ku / nubuatan maka gereja itu akan mati rohani dan orang mati tinggal menunggu untuk dikubur. Tapi kalau dia sadar dan kembali dipimpin oleh Roh Ku, maka dia akan hidup kembali.

Contoh : Lasarus Yoh. 11:39-44

Lasarus adalah salah seorang murid Ku yang mati tatkala Aku tidak berada dirumahnya dan Aku dapati dia telah dikuburkan selama 4 hari, jadi sudah berbau busuk. Meskipun demikian Aku menghendaki dia hidup kembali sebab itu Aku perintahkan kepada orang-orang yang ada beserta dengan Aku, supaya menggolekkan batu kubur yang menutup Lasarus. Aku berfirman suapay Lasarus yang sudah 4 hari mati dikubur, keluar dari kubur dan bernafas kembali, meskipun tubuhnya sudah menjadi busuk, tetapi dengan Firman Ku, dia bernafas kembali seperti semula. Firman Ku adalah hidup dan berkuasa Ibr. 4:12. Sebab itu tatkala Aku berfirman kepada Lasarus ia segera benafas dan bangkit dari dalam kubur dan keluar dalam keadaan terikat dan dibungkus dengan kain kapan, jadi dia tidak bisa bergerak apa-apa. Tali yang mengikat Lasaru ini adalah berbicara tentang tali-tali organisasi yang sudah mengikat dia, sehingga dia tidak bisa bergerak. 4 hari dalam kubur adalah berbicara 4 Injil dengan pekabaran yang mati, karen tidak lagi bersandar pada Roh Ku, tetapi akal manusia Mat. 15:8-14. Dimana kuasa Injil tidak lagi nampak, apalagi karunia Roh Ku. hal ini hendaklah diperhatikan dengan baik oleh gereja yang sudah mati rohani akhir zaman ini, yang digambarkan seperti Lasarus yang mati dalam pemandangan Ku sudah berbau busuk. Kematian rohani itu disebabkan karena pelajaran yang tidak berdasarkan Firman Ku. Perhatikan, kalau mereka sadar dengan contoh ini, maka gereja yang seperti Lasarus ini akan hidup kembali oleh Firman Ku yang benar. Perhatikan pada waktu nafas Lasarus meninggalkan Lasarus, Marta dan Mariam sudah berdoa dan berfirman / berkata-kata. Demikian juga banyak orang Yahudi yang datang, tetapi nafas Lasarus tidak bisa kembali, karena kata-kata mereka adalah kata-kata manusia. Ini adalah gambaran bagi hamba-hamba Ku akhir zaman ini, meskipun hamba-hamba Ku ini berkotbah sambil memakai Firman Ku tetapi pemberitaannya dicampur aduk dengan pikiran manusia / filsafat manusia yang tidak lagi bersandar kepada Roh Ku, sehingga gereja itu mati dihadapan Ku, meskipun mereka berkata mereka itu hidup Wah. 3:1.

Ayat 19 : Maka seberapa banyak orang yang Ku kasihi, Aku tegur dan ajar; sebab itu berusahalah serta bertobat.

Sidang Laodekia ini adalah sidang yang Ku kasihi, karena dibentuk melalui pengorbanan Ku digolgota dan dibangun melalui pekabaran rasuli hujan awal. Sebab itu Aku tegur dan ajar supaya mereka itu bertobat. Aku tidak mau sidang Laodekia ini tetap seperti demikian, sehingga menjadi mangsanya iblis. Sebab itu Aku tegur mereka supaya meninggalkan pelajaran akal-akal manusia yang menjerat mereka karena Aku tidak mau salah satu dari mereka itu binasa. Perhatikan Firman Ku dalam 2Pet. 3:9. Dan kalau mereka itu sudah berbuat dosa Aku adalah setiawan adanya yang mengampuni dosa  bagi mereka yang sadar dan bertobat perhatikan Firman Ku dalam 1Yoh. 2:1-2.

Demikian juga teguran Ku pada gereja-gereja akhir zaman ini yang seperti sidang Laodekia, supaya mereka itu bertobat dan kembali kepada Firman Ku dan Roh Ku dan Aku akan membawa mereka itu sampai disempurnakan. Perhatikan Firman Ku dalam 1Tess. 5:23-24. Sebab itu gereja Ku akhir zaman ini harus kembali kepada standard gereja awal, kemudian masuklah dalam kesempurnaan melalui kegerakan besar sampai menikah dengan Aku.

Ayat 20 : Tengoklah, Aku berdiri dimuka pintu sambil mengetuk, jikalau barang seorang mendengar suara Ku serta membukakan pintu, maka masuklah Aku kepadanya, lalu makan dengan dia dan ia dengan Aku.

Aku berdiri dimuka pintu sambil mengetuk. Ini berarti Aku berdiri dimuka pintu hati sambil mengetok dengan Roh Ku. Bagaimana mengetok dengan Roh Ku ? Yaitu dengan melalui suara nubuatan. Berarti barang siapa yang mendengar dan membuka hatinya, maka masuklah Aku kepadanya dan berpesta dengan dia dan Aku makan sehidangan dengan dia. Sebab itu Aku pesankan bahwa pelajaran Roh Ku yang diajarkan oleh hamba-hamba Ku yang sekarang diajarkannya kepada kamu dan disusunnya untuk diterbitkan. Karena pelajaran tersebut telah teruji dengan api pengujian sehingga dalam pelajaran Roh Ku itu terbukalah rahasia wahyu pengajaran.

Ayat 21 : Maka orang yang menang, Aku memberi dia duduk dengan Aku diatas aras Ku, sebagaimana Aku juga menang serta duduk dengan Bapa Ku diatas aras Nya.

Kepada mereka yang menang Aku janjikan :

1. Akan memerintah dengan Aku pada 1000 th masa damai yang tidak lama lagi yaitu sesudah zaman antiKris, memerintah dengan Aku dibumi. Wah. 20:6.

2. Sesudah 1000 th masa damai, mereka tidak memerintah lagi.

Duduk dengan Aku diaras Ku menunjuk kepada memerintah dengan Aku pada 1000 th masa damai. Jadi sidang Laodekia ini mereka bukan penganten. Tetapi apabila kegerakan besar akan muncul, dan anak-anak Ku pada tipe gereja ini, apabila mereka keluar sebelum kegerakan besar dan menggabungkan diri dengan pekabaran penganten, mereka akan beroleh mahkota dengan Aku selama-lamanya. Karena pada kegerakan besar mereka akan ditugaskan untuk membawakan kabar penganten dan mereka itu akan memerintah dengan Aku selama-lamanya.

Ayat 22 : Barangsiapa yang bertelinga, hendakla ia mendengar kata Roh kepada segala sidang jemaat.

Teguran ini Aku tujukan pertama-tama pada gembala sidang baru kepada sidang jemaat Laodekia dan kemudian kepada sidang-sidang yang lain. Begitu juga Aku tujukan pada gereja-gereja akhir zaman ini yang mempunyai sifat seperti sidang Laodekia ini. Adapun gereja-gereja yang sama sifatnya dengan sidang Laodekia ini nampak kepada :

1. Aliran-aliran gereja halaman

2. Gereja-gereja yang sudah lahir baru dari air dan Roh / gereja kamar suci.

Apa sebab gereja-gereja yang sudah lahir baru dari air dan Roh selalu muncul dalam teguran sidang ini ? Karena mereka sebenarnya adalah calon penganten. Karena mereka selalu membicarakan tentang Roh Ku, sebab itu Aku selalu tegur mereka.  Dari ke 7 sidang yang ada, maka sidang Filadelfia sangat Aku berkenan. Karena itu Aku membuka rahasi-rahasia Firman Ku pada mereka. Demikian juga sidang Filadelfia akhir zaman ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: