DUKA CITA KUDUS

jesus1-main_full

2Korintus 7:10

Sebab dukacita menurut kehendak Allah menghasilkan pertobatan yang membawa keselamatan dan yang tidak akan disesalkan, tetapi dukacita yang dari dunia ini menghasilkan kematian.

Tangisan adalah suatu hal yang universal, hal ini terjadi sejak manusia jatuh dalam dosa. Tangian tidak mengenal siapapun, apakah dia anak kecil, remaja, pemuda, orang tua ataupun kakek nenek dalam segala lapisan masyarakat, pendidikan, kedudukan, sosial budaya, suku, bangsa manapun  yang ada didunia semua mengalaminya.

Hal ini berlaku bagi semua orang, apakah dia beragama ataupun tidak beragama pasti pernah mengalami apa itu tangisan, bahkan kedatangan / kelahiran  manusia kedalam dunia ditandai dengan tangisan. Tidak ada satupun manusia yang lahir di dunia langsung tersenyum apalagi tertawa. Ayub mengatakan dalam Ayub 14:1 sebagai berikut : Manusia yang lahir dari perempuan, singkat umurnya dan penuh kegelisahan [ berpuas-puas dengan kesukaran T.L ].

Jadi jelas siapapun dia yang lahir dari perempuan, pasti mengalami kegelisahan karena kesukaran hidup. Kecuali dia tidak lahir dari perempuan, seperti Adam dan Hawa saat diciptakan mereka ada di Taman Eden tidak mengenal kesukaran, tidak mengenal air mata karena semua kebutuhan mereka jasmani rohani telah disiapkan oleh Tuhan. Tetapi saat mereka jatuh dalam dosa maka mulai saat itu baru mereka mengenal apa itu kesukaran, apa itu air mata.  Dalam Ayub 7:1 sebagai berikut : Bukankah manusia harus bergumul dibumi, dan hari-harinya seperti hari-hari orang upahan.

Ada berbagai ragam tangisan didunia ini,  tapi saya ingin membagi dalam empat  bagian yang besar yaitu :

  1. Tangisan biasa
  2. Tangisan duniawi
  3. Tangisan rohani
  4. Tangisan sia-sia

Ad.1. Tangisan biasa :

Biasanya hal ini terjadi karena kehilangan sesuatu  atau disakiti, dikianati, dilecehkan, sakit dll. misalnya :

  1. Harta benda
  2. Pacar
  3. Istri
  4. Suami
  5. Pekerjaan
  6. Teman
  7. Anak
  8. Orang tua
  9. Sesama manusia
  10. Macam-macam penyakit dll.

Contoh :

  • Hanna menangis karena dihina …. 1sam. 1:7
  • Daud  menangis karena keholangan Absalom anaknya ….2 Sam. 18:33
  • Martha dan Maria karena kehilangan kematian saudara mereka Lazarus Yoh. 11:1-33
  • Hizkia menangis karena akan mati Yes. 38:1-3
  • Dan lain-lain.

Tangisan jenis ini tidak berpengaruh pada kehidupan rohani kita atau menentukan keadaan  kehidupan rohani kita.

Ad. 2. Tangisan duniawi :

Tangisan ini akan menunjukkan siapa kita atau keadaan rohani kita dan tangisan semacam ini akan membawa kita pada kebinasaan.

Contoh :

  1. Bangsa Israel : Bil. 11:4, 10, 13. Mereka menangis ingin makanan daging yang sebetulnya tidak diizinkan Tuhan, tapi karena mereka terus menangis meminta akhirnya Tuhan mengabulkan keinginan mereka yang sebetulnya Tuhan tidak inginkan dan itu mengakibatkan kebinasaan bagi mereka. Bil. 11:18. Hal ini ada hubungan dengan makanan rohani, 1Pet. 2:2; Gal. 1:11-12. Jangan paksa Tuhan untuk memberikan apa yang kita inginkan secara daging, tapi sebetulnya Tuhan tidak kehendaki karena bisa mengakibatkan kebinasaan. 2Tim. 4:3-4.
  2. Orang muda yang kaya : Luk. 18:18-30 [ 23 ]. Ia berduka karena tidak mau kehilangan harta benda demi Kerajaan Allah. Ia lebih suka kehilangan Kerajaan Allah dari pada kehilangan harta benda. Ia lebih menginginkan harta duniawi dari pada apa yang akan diberikan Allah apabila ia mengikut Tuhan.
  3. Istri Simson : Hakim 14:16-17. Tangisan yang menjatuhkanan Simson. Istri yang duniawi / penuh dengan kedagingan bisa menjatuhan siapapun termasuk hamba Tuhan. Dan ini juga berbicara gereja sundal / pelacur, hati-hati jangan bersekutu dengan gereja pelacur, bisa mengakibatkan buta rohani, terbelenggu oleh dunia yang akan membawa kepada kebinasaan. Ini merupakan peringatan bagi gereja penganten, jangan cari pasangan atau berpasangan dengan gereja sundal apalagi sebagai hamba Tuhan. Jangan bersekutu dengan gereja sundal, yang penuh dengan persinahan rohani, perhatikan Simson, dia jatuh karena Delila.
  4. Wahyu 18:9, 11, 15, 19 : Tangisan pengikut antiKris.

Ad. 3. Tangisan kudus :

1.   Tangisan pertobatan :

  • Kisah 2:37 :  Hari Pentakosta umat Israel di Yerusalem.
  • Mat. 26:75 : Rasul Petrus
  • Maz. 51:1-21 : Raja Daud
  • Lukas 7:38 : Tangisan perempuan tuna susila
  • Jangan seperti Yudas menyesal tapi tidak diikuti dengan pertobatan demikian juga umat Israel yang kambuhan Hakim 2:4; 1Sam. 11:4. Jangan jadi Kristen kambuhan kayak penjahat residivis. Perhatikan 2Kor. 7:10 duka cita menurut kehendak Allah…….tetapi duka cita dunia membawa kepada maut.

2.   Tangisan untuk keselamatan orang lain :

  • Lukas 19:41 : Tuhan Yesus menangisi Yerusalem.
  • Roma 9:1-3 : Rasul Paulus menangis karena keluarga dan bangsanya
  • Kisah 20:31 : Tangisan Paulus akan bahaya pengajaran sesat yang akan masuk…….
  • Maz. 126:6 : Tangisan penabur Firman
  • Yermia 13:17 : Tangisan Yermia karena bangsa Israel tidak mendengarkan Firman Tuhan.
  • Yesaya 22:4 : Tangisan Yesaya untuk umat Israel
  • Neh. 1:1-11 [ 4 ] : Tangisan Nehemya karena Yerusalem, orangnya dan pintu, tembok yg telah hancur.
  • Pilipi 3:18 : Tangisan Paulus karena orang yang hidup sebagai seteru salib Kristus.
  • Wah. 5:4 : Tangisan rasul Yohanes karena tidak ada seorangpun yang layak membuka gulungan kitab yang termetrai. Kita perlu berdoa menangis dihari-hari ini supaya Tuhan membukakan rahasia-rahasia Firman Allah yang belum diugkapkan yang masih terselubung.

Ad. 4. Tangisan sia-sia :

  1. Ibrani 12:17 : Tangisan Esau karena meremehkan hak kesulungan
  2. Tangisan gereja Tuhan yang tertinggal karena tidak mempersiapkan rohaninya dengan baik sesuai standard Tuhan, 5 gadis yang bodoh Mat. 25:1-13; Mat. 22:1-14 [ 11-14 ]; Mat. 24:19-21; Mat. 24:30-31; Wah. 12:17.

Apa yang seharusnya kita tangisi ?

Dihari-hari ini Allah mau kita memiliki tangisan yang kudus / dukacita yang kudus :

  •  dukacita menurut kehendak Allah yang menghasilkan pertobatan yang membawa keselamatan dan yang tidak akan disesalkan 2Kor. 7:10b.  

2Pet. 3:9 : Tuhan tidak lalai menepati janji Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.

Nikodemus seorang Parisi bertanya kepada Tuhan dan Tuhan menjawab dia : Sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat kerajaan Allah. Kata Nikodemus kepada Nya : Bagaimanakah mungkin seorang dilahirkan, kalau ia sudah tua ? Dapatkah ia masuk kembali kedalam rahim ibunya dan dilahirkan lagi ? Jawab Yesus : Aku berkata kepada mu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak akan masuk kedalam Kerajaan Allah.  Apa yang dilahirkan dari daging , adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh Yoh. 3:1-6.

Kisah 2:37-38 pada hari Pentakosta orang-orang di Yerusalem yang mendengarkan kotbah Rasul Petrus mereka percaya Yesus Kristus adalah Mesias juruslamat, kemudian mereka menyesal karena mereka tidak percaya dan menyalibkan Tuhan. Setelah mereka percaya Yesus Kristus adalah juruslamat dunia mereka bertanya kepada rasul-rasul, apakah yang harus kami perbuat  ? Rasul Petrus menjawab : Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi diri mu di baptis dalam nama Yesus kristus untuk pengampunan dosa, maka kamu akan menerima karunia Roh kudus.

  • Allah mau supaya kita menangisi dunia ini yang sedang menuju kebinasan, karena mereka tidak mengerti dan tidak sadar akan lawatan Tuhan dihari-hari ini, supaya  mereka mengerti  dan sadar dan bertobat kembali kepada Tuhan. Mari kita tangisi dunia ini seperti tangisan Tuhan Yesus atas Yerusalem  Lukas 19:41.
  • Miliki tangisan rasul Paulus karena saudara-saudara  dan sebangsanya secara jasmani, supaya tidak binasa karena tidak mengerti kebenaran yang sesungguhnya Roma 9:1-3; Roma 10:1-3. Mereka yang hidup sebagai seteru salib Kristus Pil. 3:18.
  • Menangis berdoa berkabung seperti Nehemya karena kehancuran Yerusalem, tembok dan pintu yang sudah terbakar, keadaan Yehuda yang dalam kesukaran, kecelaan Neh. 1:1-4. Hal ini juga berbicara tentang keadaan orang percaya dihari-hari ini yang dalam kehancuran, kecelaan  rohani, hamba-hamba Tuhan yang seharus menjadi pagar tembok yang membentengi jemaat Tuhan dengan kebenaran Firman Allah tidak lagi menyampaikan Firman Allah sebagai kebenaran yang sesungguhnya. Pemberitaannya sudah dicampur dengan akal-akal manusia, filsafat manusia yang bertentangan dengan Firman Allah, pemberitaannya tidak murni lagi sehingga jemaat Tuhan tidak bisa dibangun lemah tidak berdaya terhadap musuh, mudah dikalahkan dan hidup dalam tekanan kuasa kegelapan dan kehancuran rohani. Gereja Tuhan terpecah-pecah tidak ada kesatuan. Mat. 15:8-9; Kol. 2:8; 1Tim. 4-1-2.

Pintu berbicara tentang Tuhan Yesus dimana tidak nampak lagi dalam pemeberitaan, yang ditonjolkan adalah diri sendiri, keberhasil diri, program-progran denominasi sehingga bukan  lagi Tuhan Yesus  yang diutamakan, dimuliakan.  Fokusnya bukan lagi Tuhan Yesus Kristus yang seharusnya jadi pusat pemberitaan. Mari kita menangis, berdoa berkabung akan keadaan jemaat Tuhan, hamba-hamba Tuhan dihari-hari ini supaya dibangun dan membangun seperti gereja mula-mula, membangun dan dibangun berdasarkan pengajaran rasul-rasul dan nabi-nabi yaitu pengajaran yang langsung dari Tuhan Kisah 2:41-42;  Epesus 2:19-22; Galatia 1:11-12; 1Pet. 2:2; Galatia 3;1-3; Galatia 1:6-10.

  • Menangis seperti Nabi Yermia perhatikan Yermia 13:17 Yermia menangis akan kesombongan Kerajaan Yehuda yang tidak mau mendengarkan Firman Tuhan. Mereka lebih suka mendengarkan Nabi-nabi palsu yang memberitakan apa yang mereka inginkan bukan apa yang dari Tuhan. Akibat mereka tidak mau mendengarkan  Firman Tuhan, peringatan Tuhan akhirnya mereka dihancurkan oleh Babel, mereka ditawan dibawah ke Babel oleh raja Nebukadnesar selama 70 tahun.

Yermia 5:31 :  Para nabi bernubuat palsu dan para imam mengajar dengan sewenang-wenang, dan umat Ku menyukai yang demikian ! Tetapi apakah yang akan kamu perbuat, apabila datang kesudahannya ?

Yermia 23:16-17 : Beginilah Firman Tuhan semesta alam : Janganlah dengarkan perkataan para nabi yang bernubuat kepada mu ! Mereka hanya memberi harapan yang sia-sia kepada mu, dan hanya mengungkapkan penglihatan rekaan hatinya sendiri, bukan apa yang datang dari mulut Tuhan; mereka selalu berkata kepada orang-orang yang menista Firman Tuhan : Kamu akan selamat ! dan kepada setiap orang yang mengikuti kedegilan hatinya mereka berkata : Malapetaka tidak akan menimpa kamu !

Yermia 23: 9-32; Yermia 25:11-12.

Akhir zaman ini banyak gereja Tuhan seperti zaman Yermia hanya mau mendengarkan hal-hal yang menyenangkan telinga, tidak mau mendengarkan Firman Tuhan yang sesungguhnya. Banyak nabi-nabi palsu, rasul-rasul palsu akhir zaman yang akan menyesatkan umat Tuhan dengan pengajaran-pengajaran, berita-berita yang menyesatkan yang hanya menyenangkan manusia. Mereka tidak  menemplak dosa-dosa umat Tuhan, mereka itu bukan hamba Tuhan tapi hamba perut, dengan kata-kata mereka muluk-muluk dan bahasa mereka yang manis mereka menipu orang-orang yang tulus hatinya. Mereka hanya menyampaikan sebagian Firman Tuhan bukan seluruh kehendak Tuhan sehingga gereja Tuhan disesatkan dan tidak bisa mencapai kehidupan rohani seperti yang Tuhan kehendaki yaitu menjadi gereja Tuhan yang dewasa secara rohani, menjadi gereja sempurna, menjadi penganten Kristus. 2Kor. 11:12-15; 1Yoh. 4:1-4; Mat. 24:4-5.

2Tim. 4:3-4 : Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya. Mreka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng.

Roma 16:17-18 : Tetapi aku menasehatkan kamu, saudara-saudara, supaya kamu waspada terhadap mereka, yang bertentangan dengan pengajaran yang telah kamu terima, menimbulkan perpecahan dan godaan. Sebab itu hindarilah mereka ! Sebab orang-orang demikian tidak melayani Kristus, Tuhan kita, tetapi melayani perut mereka sendiri. Dan dengan kata-kata mereka yang muluk-muluk dan bahasa mereka yang manis mereka menipu orang-orang tulus hatinya.

Akibat kesombongan mereka tidak mau mendengarkan Firman Tuhan yang disampaikan oleh Yermia-Yermia akhir zaman hamba-hamba Tuhan yang mendapatkan Firman pengajaran yang langsung dari Tuhan, maka saat gereja Tuhan diangkat mereka akan tertinggal dan masuk dalam tawanan Babel akhir zaman atau antiKris dimana mereka akan mengalami penyiksaan aniaya yang begitu mengerikan yang belum pernah terjadi sejak dulu sampai sekarang dan sesudah itu.  Mat. 24:20-21; Wah. 9:4-6. Ditambah lagi dengan pencurahan 7 sangkakala dan 7 cawan murka Allah.

Kepada hamba-hamba Tuhan akhir zaman ini, mari kita memberitakan Firman Allah yang sesungguhnya, sampaikan seluruh maksud Allah supaya darah mereka tidak tertanggung atas kita. Kebenaran Firman Allah harus disampaikan mereka mau dengar atau tidak tetap disampaikan supaya dosa mereka tidak tertanggung atas kita.

Kisah 20:26-27 : Sebab itu pada hari ini aku  bersaksi kepada mu, bahwa aku bersih, tidak bersalah terhadap siapun yang akan binasa. Sebab aku tidak lalai memberitakan seluruh maksud Allah kepada mu.

Yehz. 3:11 : Mari, pergilah dan temuilah orang-orang buangan, teman sebangsa mu, berbicaralah kepada mereka dan katanlah : Beginilah Firman Tuhan Allah; baik mereka mau dengarkan atau tidak.

Yehz. 3:16-21 :

16 Sesudah tujuh hari datanglah firman TUHAN kepadaku:

 17 “Hai anak manusia, Aku telah menetapkan engkau menjadi penjaga kaum Israel. Bilamana engkau mendengarkan sesuatu firman dari pada-Ku, peringatkanlah mereka atas nama-Ku.

 18 Kalau Aku berfirman kepada orang jahat: Engkau pasti dihukum mati! dan engkau tidak memperingatkan dia atau tidak berkata apa-apa untuk memperingatkan orang jahat itu dari hidupnya yang jahat, supaya ia tetap hidup, orang jahat itu akan mati dalam kesalahannya, tetapi Aku akan menuntut pertanggungan jawab atas nyawanya dari padamu.

 19 Tetapi jikalau engkau memperingatkan orang jahat itu dan ia tidak berbalik dari kejahatannya dan dari hidupnya yang jahat, ia akan mati dalam kesalahannya, tetapi engkau telah menyelamatkan nyawamu.

 20 Jikalau seorang yang benar berbalik dari kebenarannya dan ia berbuat curang, dan Aku meletakkan batu sandungan di hadapannya, ia akan mati. Oleh karena engkau tidak memperingatkan dia, ia akan mati dalam dosanya dan perbuatan-perbuatan kebenaran yang dikerjakannya tidak akan diingat-ingat, tetapi Aku akan menuntut pertanggungan jawab atas nyawanya dari padamu.

 21 Tetapi jikalau engkau memperingatkan orang yang benar itu supaya ia jangan berbuat dosa dan memang tidak berbuat dosa, ia akan tetap hidup, sebab ia mau menerima peringatan, dan engkau telah menyelamatkan nyawamu.”

  • Mari kita menangis seperti Rasul Yohanes dalam Wah. 5:4, menangis supaya Tuhan membukakan rahasia-rahasia Firman Allah dan gereja Tuhan mengerti kebenaran-kebenaran Firman Tuhan yang sesungguhnya. Tidak sembarangan menafsir tetapi bertanya-tanyakan Tuhan yang empunya Firman Yermia 33:3; Mark. 4:22; 1Yoh. 2:27; Yoh. 16:13. Ada pengwahyuan pengajaran Firman Allah yang akan menyingkapkan rahasia-rahasia Firman Allah yang belum terungkap sehingga gereja Tuhan dibawah pada persatuan iman,  pengajaran seperti gereja mula-mula yang berpegang pada pengajaran rasul-rasul dan nabi-nabi. Dengan pengajaran ini gereja awal dibawah sampai dewasa rohani bertunangan dengan Tuhan Yesus Kristus 2Kor. 11:2; 1Pet. 2;9-10. Demikian juga gereja Tuhan  akhir zaman ini dengan pengajaran rasul-rasul dan nabi-nabi akan dibawah bukan hanya bertunangan tapi sampai menikah dengan Tuhan Yesus Kristus Wah. 19:7-9; Epes. 5:22-32. Perhatikan Yesaya 33:6; Hosea 4:6; Amsal 14:12.

 Jika Injil yang kami beritakan masih tertutup juga, maka ia tertutup untuk mereka, yang akan binasa. Yaitu orang-orang  yang tidak percaya, yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah jaman ini , sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus, yang adalah gambaran Allah 2Kor. 4:3-4.

Matius 13:11 Jawab Yesus : Kepada mu diberi karunia untuk mengerti rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak.

Matius 13: 16-17 : Tetapi berbahagialah mata mu karena melihat dan telinga mu karena mendengar. Sebab Aku berkata kepada mu :

Sesungguhnya banyak nabi dan orang benar ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya.

Hendaklah kita mengerti apa yang seharusnya kita tangisi, dan kapan kita harus menangis karena sesal kemudian tak ada gunanya. Jangan kamu bodoh , tetapi  usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan Epesus 5:17.

Lukas 23:28 Tuhan Yesus berkata tangisi diri mu dan anak-anak mu.

Mari kita menangis dengan tangisan yang kudus, sekarang ini sebelum terlambat, karena satu saat pintu kemurahan Allah akan tertutup. Jangan kita ingin akan dunia ini, karena dunia dengan segala keinginannya sedang menuju pada kebinasaan. Yesaya 55:6; Amos 8:11-14; 1Yoh. 2:15-17; Wah. 20:11-15.

Yes. 55:6 :

6 Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!

 7 Baiklah orang fasik meninggalkan jalannya, dan orang jahat meninggalkan rancangannya; baiklah ia kembali kepada TUHAN, maka Dia akan mengasihaninya, dan kepada Allah kita, sebab Ia memberi pengampunan dengan limpahnya.

 8 Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN.

 9 Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.

Amos 8:11-14 :

11 “Sesungguhnya, waktu akan datang,” demikianlah firman Tuhan ALLAH, “Aku akan mengirimkan kelaparan ke negeri ini, bukan kelaparan akan makanan dan bukan kehausan akan air, melainkan akan mendengarkan firman TUHAN.

 12 Mereka akan mengembara dari laut ke laut dan menjelajah dari utara ke timur untuk mencari firman TUHAN, tetapi tidak mendapatnya.

 13 Pada hari itu akan rebah lesu anak-anak dara yang cantik dan anak-anak teruna karena haus;

 14 mereka yang bersumpah demi Asima, dewi Samaria dan yang berkata: Demi allahmu yang hidup, hai Dan! serta: Demi dewa kekasihmu yang hidup, hai Bersyeba! mereka itu akan rebah dan tidak akan bangkit-bangkit lagi.”

Barangsiapa yang  mau mengikut Tuhan, dia harus menyangkal diri dan pikul salib setiap hari Luk . 9:23; Gal. 5:24.

Berbahagialah kamu yang sekarang ini menangis karena kamu akan tertawa Lukas 6:21b, Aku berkata kepada mu : sesungguhnya kamu akan menangis dan meratap, tetapi dunia akan bergembiara ; kamu akan berduka cita, tetapi duka cita mu akan berubah menjadi suka cita. Yoh. 16:20.

Kalau anda menangis dengan tangisan yang kudus menurut kehendak Allah dihari-hari ini, maka anda tidak akan menyesal nanti dan anda tidak akan mengalami lagi tangisan selama-lamanya dalam kekekalan di Sorga bersama dengan Tuhan kita Yesus Kristus Wah. 21:1-7 [ 4 ].

Amen God Bless You… Immanuel.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: