PELAJARAN ROH KUDUS

Untitled-1

PELAJARAN ROH KUDUS

Pelajaran Roh Kudus adalah pelajaran yg terpenting bagi gereja, begitu banyak pendapat tentang pekerjaan Roh Kudus. Pekerjaan Roh Kudus ini akan diterangkan bersama dengan susunan Tabernakel. Susunan pekerjaan Roh Kudus akan diuraikan dalam 7 Tingkat Iman.

  1. Mendengar Firman dan Percaya.
  2. Menyesal dan Bertobat
  3. Mengeluarkan buah-buah Pertobatan
  4. Baptisan Air
  5. Baptisan Roh Kudus dan Kepenuhan Roh Kudus
  6. Karunia-karunia Rohani : a. Karunia-karunia Roh Kudus

b. jawatan Tuhan

c. Buah Roh Kudus

d. Rahasia Penyembahan

7. kesempurnaan.

Dalam susunan Tabernakel :

  1. Mendengar dan Percaya > Pintu Gerbang
  2. Menyesal dan bertobat > Pintu Gerbang ke Mezbah Korban Bakaran
  3. Buah-buah Pertobatan > Mezbah Korban Bakaran ke Kolam Pembasuhan
  4. Baptisan Air > Kolam Pembasuhan
  5. Baptisan Roh Kudus Kepenuhan Roh Kudus > Pintu Kemah
  6. Karunia-karunia Rohani > Pelita Emas, Meja Roti Pertunjukan, Mezbah Dupa.
  7. Kesempurnaan > Tirai ke Peti Perjanjian.
    1. Dari Menyesal sampai ke Baptisan Air termasuk pada Halaman > Panggilan
    2. Baptisan Roh sampai Karunia-karunia Rohani termasuk pada Kamar suci > Terpilih
    3. Sempurna dari Tirai sampai Peti Perjanjian termasuk pada Kamar Mahasuci > Setia
    4. Pembagian Pekabaran :
        1. Pekabaran halaman > Pekabaran Pertobatan Pil. 1:15-18 dengan sungguh-sungguh atau berpura-pura Kristus juga dimuliakan.
        2. Pekabaran Kamar Suci > Pekabaran Penyempurnaan Ibr.6:1 ; 1Yoh.2:27
        3. Pekabaran Kamar Mahasuci > Pekabaran Penganten Gal. 1:11-12; Ep. 3:3;  Yer.33 :3

Dipanggil > Dipilih > Setia > Wah. 17:14

Penganten > Iman > Harap > Kasih

Iman > Halaman ;  Harap > Kamar Suci >;  Kasih > Kamar Maha Suci

  1. Pekabaran Halaman > Perempuan yang mengandung
  2. Pekabaran Kamar suci > Perempuan yang menyusui
  3. Pekabaran Kamar Mahasuci > Terpilih / Dewasa Rohani / Penganten.

Mat. 24:19-22; Wah.12:1-2

Bab. I MENDENGAR FIRMAN PERCAYA TERIMA TUHAN YESUS > PINTU GERBANG Yoh. 10:9; Kisah 16:31-32.

Contoh : 1. Tentang Panggilan ialah Abraham Kej. 12

2. umat Israel yang keluar dari Mesir

Sebab itu setiap orang yang mendengar Firman Allah serta percaya, mereka itu telah terpanggil menjadi milik Tuhan. Setelah mereka itu terpanggil dan percaya masuklah mereka dalam Tabernakel . menerima Tuhan Yesus berarti menerima 4 Injil sepenuh. Dikatakan dalam Yoh.8:31 barang siapa yang percaya akan Daku dan memegang teguh perkataan Ku barulah kamu menjadi murid Ku dan dalam Kisah 2:21 barang siapa yang menyeru nama Tuhan ialah akan selamat. Dalam Yoh. 14:6 Aku inilah jalan kebenaran dan hidup. Seorangpun tiada sampai kepada Bapa kecuali dengan Aku.

Mendengar percaya dan terima Tuhan Yesus berari menerima Tuhan karena Tuhan adalah Firman Yoh.1:1. Dalam Yoh. 3:16 karena demikian Allah mengasihi dunia sehingga dikaruniakanNya anakNya yg tunggal, supaya barang siapa yang percaya akan Dia tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal. Ditekankan disini percaya kepada Dia [ Tuhan Yesus Kristus ] bukan percaya kepada percaya tetapi percaya kepada Tuhan dan Tuhan itu Firman. Percaya Tuhan berarti percaya kepada seluruh Firman tidak boleh tambah dan tidak boleh kurang, Wah. 22:18-19; Mat.15:13-14; Amsal 30:5-6.

Perjanjian Lama adalah bayang-bayang Kol. 2:17

Perjanjian Baru adalah wujud Ibr.10:1

Sebab itu setelah orang mendengar Firman dan percaya jangan tinggal disitu saja, tapi dia harus menyesali dosanya dan bertobat.

Bab II. MENYESAL DAN BERTOBAT Kisah 3:19

Tindakan percaya kita selanjutnya adalah menyesal dan bertobat dari segala dosa-dosa kita. Percaya tanpa bertobat itu tidak ada gunanya. Perhatikan padahari Pentakosta setelah mereka mendengar khotbah dari Petrus maka pedihlah hati orang sekalian lalu berkatalah mereka itu kepada Petrus dan rasul yang lain , hai tuan-tuan dan saudara-saudara sekalian apakah yang wajib kami perbuat? Jawab Petrus : Hendaklah kamu bertobat dan berbaptis masing-masing kamu dengan nama Tuhan Yesus sebagai jalan keampunan dosa dan kamu akan beroleh Anugerah Roh Kudus Kisah 2:37-39 . terima Tuhan Yesus disertai dengan penyesalan dan pertobatan menuju pada Pintu Gerbang perhatikan Mat.3:1-12.

Bab III. BUAH BUAH PERTOBATAN Mat. 3:8

Setelah kita menerima Tuhan Yesus dan menyesal dan bertobat, kita harus mengeluarkan buah-buah pertobatan sebagai pembuktian dari pada kita menerima Tuhan Yesus. Dalam pelajaran Tabernakel dari Mezbah Korban ke Kolam Pembasuhan.

Mezbah Korban Bakaran berbicara tentang :

  1. Keampunan dosa
  2. Pertobatan
  3. Perdamaian
  4. Persembahan
  5. Perlindungan
  6. Pertemuan Allah dengan manusia . karena kita tau bahwa M.K.B itu berbicara tentang salib Kristus. Dan pekerjaan salib itu adalah :
    1. Melepaskan kita dari kuasa setan
    2. Menebus kita dari dosa dan akibat dosa
    3. Memperdamaikan kita dengan diri Nya
    4. Menjadikan kita orang baru
    5. Membenarkan kita

Apabila gereja Tuhan mempraktekkan buah pertobatan, inilah yang disebut lahir baru. Kehidupan lama ditinggalkan dan hidup baru dalam Tuhan Yesus. Dalam Tabernakel dari M.K.B ke Kolam Pembasuhan . apabila masuk kedalam Kolam pembasuhan adalah perwujutan dari buah pertobatan dan lahir baru.

Bab. IV. BAPTISAN AIR

Baptisan air adalah perwujutan / pelaksanaan dari buah-buah pertobatan Mat.3:5; Mat.6:16-17. Baptisan air merupakan suatu kewajiban. Yohanes pembaptis menamakan lari dari murka Allah Mat.3:7. Orang yg tidak dibaptis dengan air akan kena murka Allah dan akan mati untuk selama-lamanya. Baptisan air adalah bagian kelihatan dari hal menerima Tuhan Yesus , dan ini pengakuan yg nyata dihadapan umum bahwa seorang telah menerima Tuhan Yesus sebagai juru selamat dan kesaksian yang terjadi tentang apapada dirinya.

Dalam pelajaran Tabernakel bahwa baptisan air menunjuk kepada Kolam Pembasuhan yang merupakan alat terakhir yg ada dalam halaman dimana Imam harus menyucikan dirinya / membasuh sebelum masuk dalam kemah. Bagi ini juga baptisan air suatu hal yg sangat penting sebagai penyucian untuk menerima Baptisan Roh . jadi pengertian Baptisan Air adalah :

  1. Lari dari murka Allah Mat.3:7
  2. Kesudahan segala daging Roma 6:1-14
  3. Jalan keampunan dosa Kisah 2:38
  4. Lahir baru dari air Yoh.3:5a

Baptisan air adalah perintah Allah kepada manusia sebagai jalan keselamatan Mark.16:15-16; Yoh.1:29-33,34 ; Luk.3:2-3; Mat. 3:5; Mat.3:13—17. Tuhan Yesus dibaptis bukan karena Dia berdosa tapi karena dengar-dengaran pada perintah Allah. Kalau Tuhan Yesus sebagai mempelai Laki-laki melakukan demikian maka gereja Tuhan sebagai mempelai perempuan harus juga demikian. Baptisan air sangat penting dan tak dapat diabaikan karenaitulah jalan keselamatan. Tuhan Yesus sebelum mengerjakan pekerjaan BapaNya dibaptis disungai Yordan. Begitu juga kita sebelum melayani Tuhan harus dibaptis terlebi dulu supaya hawa nafsu daging dimatikan.

Baptisan air adalah merupakan penguburan dosa Roma 6:3-4. Orang yang mati akan dikuburkan, bukan ditutup dengan segumpal tanah, akan tetapi harus digali lubang dimasukkan dan ditutup dengan tanah sehingga mayat itu tak kelihatan lagi, dan tidak berbau busuk. Apabila mayat seorang  hanya ditimbun dengan segumpal tanah, apakah akibatnya? Sebab itu Baptisan air dikatakan dalam Firman Allah masuk dan keluar dari dalam air. Perhatikan Mat.3:1-17; Yoh. 3:22-23; Kisah 8:38-40. Baptisan air dalam bahasa Yunani Baptiso yang artinya :

  1. Menyelamkan
  2. Memasukkan kedalam
  3. Mencurahkan kedalam
  4. Membasahkan sama sekali

Dalam bahasa Belanda Dopen yang artinya masuk dan keluar dalam air. Baptisan air adalah salah satu dari 3 saksi dibumi 1 Yoh. 5:6-8 satu kesaksian yang dilihat dan dilaksanakan. Kesaksian yang tak dapat diabaikan tapi harus dilaksanakan  karena itu merupakan suatu kewajiban.

Hal-hal penting yang perlu diketahui tentang Baptisan Air :

  1. Baptisan air itu merupakan nubuatan Yes. 40:1-8
  2. Yohanes pembaptis spesial dilahirkan untuk melakukan baptisan air
  3. Tuhan Yesus dibaptiskan Mat. 3:13-17
  4. TuhanYesus meneruskan pekerjaan Yohanes pembaptis melalui murid-muridnya Yoh.3:22-23; Yoh.4:1-2
  5. Perintah Tuhan Yesus kepada murid-muridNya Mat.28:19; Mark.16:16-19
  6. Baptisan Yohanes pembaptis diulangi lagi pada gereja awal Kisah 19:1-7 dimana ditambah dengan nama Tuhan Yesus Kristus.
  7. Umat Israel dibaptis dalam laut Kolsum / Teberau 1 Kor.10:1-2
  8. Dunia dibaptis dengan air > air Bah

Sebab itu baptisan air menentukan keselamatan, sebab itu jangan diabaikan dan jangan jadikan baptisan air itu permainan Mark. 16:16. Tatkala hari pentakosta Roh Kudus dicurahkan kepada murid-murid Tuhan , rasul Petrus telah berkhotbah dengan penuh kuasa sehingga orang yg mendengar yg berkemauan baik  bertanya : Apakah yg wajib kami perbuat ? Maka kata Petrus : Hendaklah kamu bertobat dan berbaptis dalam nama Tuhan Yesus sebagai jalan keampunan dosa lalu kamu akan beroleh anugerah Roh Kudus Kisah 2:37-38.

Baptisan air adalah jalan keselamatan tanpa melalui jalan ini kita tidak akan sampai ke Sorga. Setiap orang yang menerima Kristus dan tidak melakukan baptisan air karena inilah pintu dan jalan menuju Sorga maka dia digelar pencuri Yoh. 10:1. Sebab itu ditetapkan oleh Tuhan bahwa baptisan air itu hanya satu cara saja Epesus 4:5 satu Tuhan satu Iman dan satu Baptisan. Dalam pelajaran Tabernakel apabila seorang Imam akan masuk kedalam Kamar Suci dia harus membasuh dirinya dahulu dikolam pembasuhan , kalau tidak membasuh dirinya dulu lalu masuk kedalam Kamar Suci / kemah sembayang maka dia akan mati dibunuh.

Baptisan Extra Alkitab / Non Alkitab :

Dikatakan dalam Epesus 4:5 satu Tuhan satu Iman satu Baptisan. Tapi dalam kenyataan banyak cara orang dibaptis.

  1. Baptisan anak-anak. Anak-anak tak perlu dibaptis karena cukup diserahkan saja kepada Tuhan Yesus. Tuhan yesus memberikan contoh dalam Luk. 2:21-24, dan Tuhan Yesus melakukan pula dalam Mark. 10:13-16; Mat. 19:13-15; Luk. 18:15-19 dimana Tuhan Yesus menumpangkan tangan kepada anak-anak dan tidak dibaptis. Alasan mereka yang membaptis anak-anak adalah Yehz. 36:25 disini Tuhan Yesus sendiri yang melakukan bukan oleh hamba Tuhan. Karena ini menunjuk pada air percikan sorga yaitu Roh suci yg sekaligus menyucikan dan menguduskan umat Allah. Roh suci sifatnya ialah : yang menguduskan sidang Titus 3:5-7; Roma 15:16. Perhatikanlah 1Pet.3:21 bahwa air tidak menghilangkan kecemaran tubuh itu sebabnya baptisan air itu adalah jalan keampunan dosa dan prosesnya masih berjalan terus bukan hanya sampai disitu dan selamat. Dalam Roma 6:3-4 adalah baptisan yang dinyatakan sebagai penguburan . orang yg sudah mati membutuhkan kuburan yg dalam dan tanah yang banyak untuk menutupnya. Dan kalau kita menguburkan orang mati dengan segenggam tanah maka mayat itu akan kelihatan dan berbau busuk. Sebab itu hidup yang lama harus dikuburkan dalam air supaya tidak kelihatan dan berbau busuk.
  2. Baptisan bagi orang yang belum tau apa-apa. Orang yg masih cinta dosa apabila kita baptis adalah sia-sia belaka, karena perlu diinjili dahulu dan kalau sadar dan mengaku dosa dihadapan Tuhan Yesus dan kesaksiannya itu didengar oleh beberapa orang barulah ia dibaptis. Sebab itu Tuhan Yesus menyuruh kepada murid-muridNya: Pergilah kamu keseluruh bumi adikanlah sekalian bangsa itu murid Ku. Kata murid berarti harus diajar dulu Mat . 28:19-20 jadi perlu penginjilan.
  3. Baptisan dibawah panji. Baptisan dibawah panji mereka lakukan tanpa memakai air, menurut pandangan mereka bahwa baptisan dibawah panji adalah lebih teguh/lebih kuasa dari baptisan air. Karena perjanjian dibawah panji adalah suatu sumpah, sumpah yg bertentangan dengan kehendak Allah Mat.5:34-35. Menolak air sebagai air baptisan adalah menolak saksi yg telah ditentukan [ tiga saksi dibumi ] darah, air dan Roh 1 Yoh. 5:8. Air sudah ditunjuk sebagai kebenaran yang sama nilai dengan Roh dan darah. Tidak seorangpun yg berhak mengganti air dengan apapun karena apabila mereka itu merobah, itu artinya mereka melawan Firman dan juga melawan Tuhan.
  4. Batisan tanpa nama Allah Tri Tunggal. Ini tidak sah dan tidak berguna, karena nama Tuhan Yesus Kristus sudah diberikan supaya orang selamat Kisah 2:38; Kisah 4:12

Bab V. Baptisan Roh dan Kepenuhan Roh. Kisah 2:1-13; 10:44-48; 19:1-7; Mark. 16:15-18; Yoh. 3:5b

Baptisan Roh kudus dan kepenuhan Roh kudus hanya dikenal dalam perjanjian baru, terutama pada pembentukan gereja hujan awal. Manifestasi Roh itu dinyatakan pada hari Pentakosta Kisah 2:1-13. Dalam pelajaran Tabernakel itu masuk pada Pintu Kemah Kel. 26:36-37 dan Kel. 36:37-38. Pintu Kemah adalah pintu yg ke 2 dari Tabernakel yg memberi jalan kepada ruangan suci. Pintu kemah hampir sama dengan pintu gerbang , perbedaannya adalah : Pintu kemah ada 5 tiang yg dibuat dari kayu Penaga disalut dengan emas dan kakinya terbuat dari Tembaga. Jarak dari Pintu Gerbang ke Pintu Kemah 50 hasta, dan angka 50 adalah angka pentakosta menunjuk pada baptisan Roh dan Kepenuhan Roh. Baptisan Roh adalah realisasi dari pada Firman Allah sendiri dalam Yoh. 3:5b. Baptisan Roh bukan dikerjakan oleh hamba Tuhan akan tetapi oleh Tuhan Yesus sendiri Kisah 2:33. Jadi ada pembagian tugas dalam Yoh. 3:5 :

  1. Dilahirkan dari air [ baptisan air ] dilakukan oleh hamba Tuhan yg dipanggil dan dilantik oleh Tuhan contoh :
    1. Yohanes pembaptis Mat. 3:1-17
    2. Murid-murid Tuhan Yoh. 4:1-2
    3. Perintah langsung dari pada Tuhan Mat.28:19 ; Mark.16:15-18
    4. Dilaksanakan pada gereja awal Kisah 2:37-41; Kisah 8:12-13; Kisah 10:44-48; Kisah 16:32-33; Kisah 19:17
    5. Lahir dari Roh [ baptisan Roh ] dikerjakan oleh Tuhan Yesus sendiri wujud dari Mat. 3:11. Janji Tuhan didalam Yoh. 14:16-18; Yoh. 16:7-15. Jadi seorang hamba Tuhan betapapun erat hubungannya dengan Tuhan dengan jawatan Tuhan yg diberikan kepadanya, tidak ada hak untuk membaptis dengan Rohkudus. Sedangkan dirinyapun harus dibaptis dengan Roh. Dalam perjanjian lama bahwa Roh kudus telah memegang peranan penting karena Roh kudus itu adalah oknum Allah Tri Tunggal yang biasa disebut juga Allah Roh Kudus perh. Kej.1:2. Dalam memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir sampai masuk ketanah Kanaan, Roh kudus itu telah dilukiskan sebagai Tiang awan pada waktu siang dan Tiang api pada waktu malam Kel.13:21-22

Pada zaman perjanjian lama nabi-nabi dan raja-raja dilantik oleh Tuhan, Roh Allah ada diatas mereka. Dalam kitab Yehezkiel dikatakan bahwa Roh Allah yg telah menghentar dia Yehz. 37:1-14. Roh Allah itu ada diatas mereka sampai Tuhan Yesus naik ke Sorga, dengan kata lain berlaku pada zaman Bapa dan zaman Anak. Tetapi 10 hari kemudian dari Tuhan Yesus naik ke Sorga keadaan berobah sama sekali. Roh kudus dicurahkan pada hari Pentakosta / turun dalam bentuk baru dan heran Kisah 2:1-13. Hal ini akan diterangkan selanjutnya.

Baptisan Roh dan Kepenuhan Roh ada bedanya :

Baptisan Roh ialah tanda meterai dimana seseorang dipenuhi dengan Roh kudus dengan tanda berkata-kata dengan salah satu bahasa asing. Inilah yang disebut lahir baru dari Roh. Itu tanda pertama dalam kenyataan bahwa kita telah dibaptis dengan Roh / tanda meterai. Kalau kita menyatakan bahwa kita telah dibaptis dengan Roh tetapi tidak ada tanda yaitu berkata-kata lidah-lidah asing itu tidak benar. Ada yg berpendapat bahwa apabila ia telah dibaptis dengan air, dengan sendirinya ia telah dibaptis dengan Roh. Mreka mengambil contoh pada waktu Tuhan Yesus dibaptis dengan air dikali Yordan Mat. 3:16-17. Memang tatkala seseorang telah menerima Tuhan Yesus dan menyesal dan bertobat mengeluarkan buah pertobatan sampai dibaptis dengan air itu adalah pekerjaan Roh Tuhan. Artinya Roh Tuhan sudah memimpin dia sampai kepada baptisan air dan ini menunjuk pada Roh Tuhan ada diatasnya. Tetapi apabila setelah dia dibaptis dengan air kemudian setelah ia keluar dari dalam air kemudian berkata-kata lidah asing, ini berarti terjadi sekaligus Yoh.3:5. Ada pula yg terjadi dalam Kisah 10:44-48 didahului dengan baptisan Roh baru kemudian dibaptis dengan air. Hal ini sesuatu yg istimewah. Akhir zaman ini nampak terjadi dibanyak gereja dibaptis dengan Ro dahulu baru kemudian dibaptis dengan air. Ada juga yg setelah dibatis dengan Roh tidak mau lagi dibaptis dengan air, hal ini tidak sempurna. Karena mengurangi kebenaran Firman Allah dan meniadakan kesaksian salah satu dalam darah, air dan Roh dimana 3 kesaksiaan ini sempurna. Apabila orang tidak dibaptis dengan air mengurangi lembaga ke Allahan Kol. 2:9. Perhatikan gereja Tuhan harus jadi seperti Kristus, perhatikan Wah.22:18-19 dan Ams. 30:5-6. Baptisan Roh ditandai dengan berkata-kata lidah asing. Apabila dalam persekutuan terdiri dari beberapa orang , kemudian Roh kudus membaptis mereka semua maka akan kedengaran bukan satu bahasa asing saja tetapi berbagai-bagai bahasa asing. Kalau ada 50 orang akan kedengaran 50 atau kurang dari 50 bahasa asing. Karena sering kali 2 org kedengaran satu bahasa tapi Allah kaya dengan bahasa hal itu tidak selamanya terjadi 1 Kor.13:1. Ada juga yg mengajarkan bahwa baptisan Roh itu dalam bentuk satu bahasa mereka mengambil contoh dalam Kej. 11. Tahukah kamu dalam Kej. 11 rahasia satu bahasa satu petuturan? Dalam Kej. 11 ada berbicara tentang Nimrod yang berusaha untuk pesatukan satu bangsa, satu bahasa satu petuturan, kemudian mendirikan menara Babel puncaknya sampai kelangit, hal ini akan diterangkan kemudian.

Baptisan Roh jika memperhatikan Yes. 6:1-8 bara api membayangkan Roh suci. Sebab itu baptisan Roh itumempunyai fungsi :

  1. Membebaskan kita dari kesalahan dan dosa Rom. 8:1-2
  2. Menjadikan kita anak-anak Allah Roma 8:9 dan 14
  3. Memberikan kita perhentian kesenangan Yes. 28:11-12
  4. Memberikan kekuatan Zac.4:6
  5. Memberikan kita kuasa bersaksi Kisah 1:8

Baptisan Roh itu sangat penting, karena sesudah kita dibaptis dengan Roh kita menjadi rumah Allah 1 Kor. 3:16 dan bahkan bersalut dengan Kristus Gal. 3:27; 2 Kor. 5:5 dan Ep. 1:13. Dalam Ep. 1:13 banyak kali salah ditafsir orang , mereka tidak tau bahwa kebenaran itu didatangkan oleh Roh kudus inilah sabda kebenaran Yoh. 16:13-14, mereka lupa sokongan ayat yg lain harus diperhatikan selamanya, 2 atau 3 saksi.

Kepenuhan Roh Kudus :

Kepenuhan Roh adalah akibat dari Baptisan Roh. Apabila kita dibaptis dengan Roh pada hari ini dengan berkata lidah asing dalam bahasa India dan besoknya lagi kita berdoa dan menyembah kembali lagi bahasa India, itu bukan baptisan Roh tetapi kepenuhan Roh. Baptisan Roh bisa hilang tetapi kalau kita berdoa kembali dan kita sambung dengan kata-kata asing itu kepenuhan Roh perhatikan air dalam gelas. Kepenuhan Roh itu adalah Roh kudus bekerja terus dalam satu bahasa asing sebagai pemeliharaan dari baptisan Roh kudus supaya tidak hilang. Apabila bahasa asing itu berobah dari bahasa India ke bahasa yang lain / bahasa Jepang inilah yang disebut karunia lidah. Untuk mengganti bahasa baptisan Roh dan kepenuhan Roh berdoalah kepada Tuhan supaya Tuhan ganti dengan bahasa yang lain , karena Tuhan kaya dengan bahasa. Apabila bahasa baptisan Roh itu berubah dengan bahasa yang lain maka itulah yang dimaksud dengan karunia lidah menunjuk pada kedewasaan rohani. Dari iman kanak-kanak atau perempuan yang menyusui menuju pada perempuan dewasa / terpilih perh. Mat. 24:19-22. Oleh karena itu orang yg sudah mempunyai karunia lidah itu adalah calon penganten. Karunia lidah itu mempunyai peranan penting dalam peningkatan rohani, tanpa karunia lidah tak mungkin karunia-karunia berjalan sebagaimana mestinya. [ 9 karunia Roh kudus ]. Baptisan Roh pada hari Pentakosta terdengar 17 bahasa yaitu : Parti, Madi, Elami, Mesopotami, Yudea, Kapadoki, Pontos, Asia, Prigia, Pampilia, Mesir, Libia, Kireni, Rum, Yahudi, Kereti dan Arab. Hal ini perlu diperhatikan karena ada pelajaran tentang satu bahasa Roh yg menekan, apabila orang berkata-kata dengan berbagai-bagai bahasa itu tidak benar. Manakah yg benar pendapat manusia atau Firman Allah ? perhatikan sekali lagi bahwa baptisan Roh itu adalah berbagai-bagai bahasa, seperti yg tersurat dalam Mark. 16:15-16 dimana dikatakan berkata-kata dalam berbagai bahasa seperti yg terjadi dalam Kisah 2 : 1-13 dan kemudian jadi pengalaman gereja awal Kisah 10:44-48 ; 19:1-7. Dalam kitab Zac. 8:9 dan Hag. 2:10 tentang rahasia dari gereja awal dan gereja akhir bahwa gereja akhir lebih mulia dari gereja awal dimana gereja awal itu bagai membubuh alas dan gereja akhir itu membangun dari membubuh alas sampai sempurna. Ukuran gereja akhir harus mengambil ukuran gereja awal . kalau gereja awal sudah mulia apalagi gereja akhir. Sebab itu perhatikan baik-baik rahasia pekerjaan Roh suci yg diungkapkan pada gereja awal , kalau gereja awal bisa mengalami persekutuan dengan Tuhan apalagi gereja akhir. Lihatlah gereja awal bertunangan dengan Tuhan 2 Kor. 11:2, sedangkan gereja akhir menikah dengan Tuhan Wah.12:1-2; Wah. 19:7-9. Ditinjau dari ilmu pengetahuan dan teknologi ada perbedaan yang jauh sekali abad I dan abad XX an ini. Demikian juga dengan gereja, sebab itu gereja Tuhan akhir zaman ini lebih mulia dari gereja awal . rahasia-rahasia yg belum terungkap pada akhir zaman ini akan terungkap menjadi pengalaman langsung dari gereja akhir. Hal ini akan diterangkan pada kegerakan besar. Untuk memasuki rahasia pekerjaan Roh yg lebih dalam perlu memperhatikan pelajaran tentang peta zaman . untuk memperhatikan rahasianya perhatikan tentang minggu kejadian Kej. 1 bahwa Allah telah menjadikan langit dan bumi dan segala isinya dan hari ke 7 dikuduskannya. 1 hari bagi Tuhan 1000 th bagi manusia Maz. 90:4. Sesudah Adam dan Hawa jatuh dalam dosa dan dikeluarkan dari Taman Eden maka Allah mengadakan pula minggu penebusan. Minggu penebusan itu juga menunjuk pada 7 hari Allah atau 7000 th mulai dari Adam dan Hawa keluar dari Taman Eden sampai pada 1000 th masa damai yg dibagi dalam 4 bagian yaitu :

  1. 2000 th zaman Bapa
  2. 2000 th zaman Anak
  3. 2000 th zaman Roh Kudus
  4. 1000 th zaman Masa Damai [kerajaan Allah didunia diwujudkan, Kristus jadi Raja segala raja]

Untuk mengetahui rahasia Peta Zaman ini perhatikanlah pelajaran tentang 3 raja Israel sebelum terpecah jadi 2 kerajaan.

Raja Saul memerintah 40 th

Raja Daud memerintah 40 th

Raja Soleman memerintah 40 th

Raja Saul membayangi zaman Bapa ia memerintah 40 th atau 40 th Yobel > 40×50 = 2000 [1 th yobel = 50 th]

Raja Daud membayangi zaman Anak ia memerintah 40 th >40 x 50 = 2000 th

Raja Soleman membayangi zaman Roh kudus ia memerintah 40 th > 40 x 50 = 2000 th

Hal ini nampak dalam pelajaran kitab Kidung Agung. Dalam pembagian peta zaman ini maka kita termasuk pada bagian ketiga yaitu zaman Roh kudus yaitu akhir dari zaman Roh kudus. Zaman Roh kudus mulai berlaku tatkala Tuhan Yesus naik kesorga pada th 33 sesudah masehi dan berlaku selama 2000 th lamanya. Perhatikanlah bahwa terhitung tahun Alkitab 360 hari setahun, sedangkan dunia memakai 366 dan 365 setahun. Kita berada pada th 1975 berjaga-jagalah karena waktuNya sudah dekat. Perhatikan rahasia Daniel 9:27 dan tanda-tanda zaman Mat. 24; Mark. 13; Luk. 21 dan Wah. 6. Zaman Roh kudus yg biasa disebut zaman gereja, karena Roh kudus yg memimpin gereja pada kesempurnaan. Pekerjaan Roh kudus menyempurnakan gereja untuk menjadi penganten pelajari rahasia Kej. 24. Pekerjaan Roh kudus sebenarnya pekerjaan Bapa dan Anak dalam penebusan sebab itu dikatakan oleh Tuhan Yesus sendiri dari hak Bapa dan hak Aku diberitakanNya kepada kamu.

Beberapa Pekerjaan Roh suci untuk Dunia dan Perseorangan :

  1. Roh suci menyelidik segala perkara 1 Kor. 2:10-11 nampak disini bahwa pekerjaan Roh suci sama dengan pekerjaan Bapa dan Anak, tak ada yg tersembunyi terhadap Roh suci.
  2. Roh suci berkata-kata Wah. 2:7 berarti Roh suci menyampaikan pesan-pesan Bapa dan Anak.
  3. Roh suci membawa pada kebenaran datang pada kebenaran Yoh. 16:13
  4. Roh suci memanggil dan melantik hamba-hamba Tuhan Kisah 13:2-3 ; 20:28
  5. Roh suci membuka dan menutup pekabaran Injil Kisah 16:7-10
  6. Roh suci memberikan kuasa untuk bersaksi Kisah 1:8
  7. Roh suci menjadikan kita anak-anak Allah Roma 8:9, 14-16
  8. Roh suci meniadakan hukuman bagi kita dan memerdekakan kita dari dosa dan maut Roma 8:1-2.
  9. Roh suci itu mengajar Yoh. 14:26; 1 Yoh. 2:27.
  10. Roh suci menolong kita dalam hal berdoa Roma 8:26-27.
  11. Roh suci menyatakan hukuman, keadilan dan dosa Yoh. 16:8-11.
  12. Roh suci membagikan karunia-karunia rohani 1 Kor. 12:1-11.
  13. Roh suci memimpin kita menyertai kita selama-lamanya Yoh. 14:16.
  14. Roh suci menjadikan kita rumah Allah 1 Kor. 3:16.
  15. Roh suci memberikan keberanian kepada kita 2 Tim. 1:7 dll.

Baptisan Roh dan Kepenuhan Roh dalam pelajaran Tabernakel termasuk pada Pintu Kemah, jadi Pintu Kemah adalah Pintu Roh Kudus. Perhatikan diluar Pintu Kemah adalah Halaman yaitu daerah Torat yg hanya mementingkan pertobatan dan baptisan air. Masih kena panas dan hujan berarti belum ada perlindungan yg sesungguhnya. Sedangkan Pintu Kemah kedalam adalah daerah kemurahan dalam perlindungan Ilahi luput dari hujan dan panas. Dan Tuhan Yesus membuka jalan pada perhubungan dengan Firman Allah , karunia-karunia Roh , jawatan Tuhan dan rahasia penyembahan dalam Roh dalam persekutuan dengan Tuhan. Itu sebabnya Pintu Kemah itu termasuk dalam pelajaran menuju pada kesempurnaan Ibr. 6:1-4; 1 Yoh. 2:27. Jadi orang yg sudah dibaptis dengan Roh akan dibawah masuk dalam pengalaman yg heran dalam persekutuan dengan Tuhan agar dia mengerti tentang rahasia pekerjaan Roh suci yg  dihubungkan dengan 3 alat dalam kamar suci yaitu Pelita Emas, Meja Roti Pertunjukan dan Medzbah Dupa. Banyak anak-anak Tuhan yg sudah mengalami baptisan Roh tetapi tidak pernah maju lagi sehingga apabila orang mengatakan karunia Roh kudus dia menjadi heran. Mereka ini walaupun sudah lama menjadi Kristen tetapi masih tetap kanak-kanak rohani yang berdasarkan Ibr. 5:12-14 sebenarnya mereka sudah menjadi guru. Kanak-kanak rohani mudah terpengaruh dengan pengajaran sesat Eps.4:13-14. Jadi jangan tinggal saja pada baptisan Roh tetapi berusaha rebut karunia-karunia rohani 1 Kor. 14:1.

Bab VI. A. Karunia Roh Kudus

B. Jawatan Tuhan

C. Buah Roh dan Kasih

D. Rahasia Penyembahan Dalam Roh dan Kebenaran

1 Kor. 12 ; 1 Kor. 13 ; 1 Kor. 14 dan Gal. 5:22-23 dalam pelajaran Tabernakel menyangkut 3 alat dalam Kamar suci yaitu : 1. Pelita Emas 2. Meja Roti Pertunjukan 3. Medzbah Dupa.

Pelajaran ini adalah pelajaran yang sangat menentukan apakah kita akan menjadi Penganten atau tidak. Pelajaran ini telah diungkapkan secara ringkas oleh seorang tokoh gereja aliran Pentakosta yaitu Rev. Van Gessel. Baca bukunya yg berjudul “ Penganten Kristus “. Dalam pembahasan Karunia Rohani ini akan dibagi dan diterangkan menurut bagian –bagian nya. Karunia ini harus menjadi pengalaman yg langsung dirasakan oleh setiap orang yg masuk dalam rencana Allah. Karunia ini memegang peranan penting dalam pembentukan dan penyempurnaan gereja penganten. Sebagai Tubuh Kristus tanpa mengalami karunia-karunia ini gereja Penganten tidak dapat disempurnakan.

Dalam pelajaran Kej. 24 tentang rahasia pernikahan Isak dan Ribka menggambarkan rahasia pernikahan Tuhan dan gereja Nya :

  • Ibrahim menunjuk kepada Allah Bapa
  • Ishak menunjuk kepada Allah Anak
  • Elieser menunjuk kepada Roh suci
  • Ribka menunjuk kepada gereja Tuhan / gereja Penganten
  • Dayang-dayang menunjuk kepda gereja bukan penganten

Ribka tatkala ia dilamar oleh Elieser ia diberikan uang mahar yakni :

–          Emas bayangan Roh suci atau sifat Ilahi

–          Perak bayangan Penebusan

–          Pakaian persalinan bayangan karunia-karunia Roh

Ribka adalah seorang yg elok parasnya atau berbicara tentang gereja yg cantik rohaninya apalagi kalau  dia diberikan pakaian penganten lebih cantik lagi. Jadi kalau kita ingin dilamar oleh Tuhan menjadi gereja penganten, kita akan mendapat 3 benda rohani seperti yg diterima oleh Ribka. Gereja Tuhan yg tidak memiliki benda rohani ini tidak akan menikah dengan Kristus. Gereja yg dimaksud dalam arti sempit adalah : setiap orang yg dipanggil dan dipilih oleh Tuhan yg terdiri dari organ yg hidup [ dari segala gereja yg berkemauan baik ] dan yg mencari kebenaran dan menerima Injil sepenuh, yg melalui proses seperti yg telah diterankan dalam 7 Tingkat Iman. Mereka inilah apabila memasuki hujan akhir dalam penyempurnaan gereja penganten, mereka akan ditarik dari rumah sembayang, mereka akan memisahkan diri seperti yg terjadi pada gereja awal. Sehingga orang takut berkumpul bersama-sama dengan mereka karena mereka itu disertai dengan tanda mujizat. Hal ini akan diterangkan dalam 1 Kor. 12:12-27. Gereja penganten berbentuk organisme sebagai Tubuh Kristus dan Tuhan itulah kepala Tubuh itu. Jadi istilah gereja mempunyai 3 pengertian:

  1. Gereja sebagai organisasi
  2. Gereja sebagai tubuh kita menjadi rumah Allah yg hidup 1 Kor. 3:16
  3. Gereja dalam bentuk organisme yaitu : perhimpunan dari setiap orang yg dipanggil dan dipilih ditengah-tengah dunia ini sebagai organ-organ hidup yg ada didalam organisasi gereja atau diluar organisasi gereja yg dipanggil menjadi Tubuh Kristus [ Eklesia ] yg bermotokan satu Tuhan satu Iman satu Baptisan Eps. 4:5 yg mengakui kebenaran Firman Allah atau berdiri atas Injil sepenuh.

Dalam surat rasul Paulus nampak jelas betapa erat hubungannya antara Tuhan dan gerejanya atau pengantennya. Perhatikan beberapa contoh sebagai berikut :

  1. Kristus menjadi kepala tubuh Kol. 1:8
  2. Sidang jemaat adalah tubuh Kristus 1 Kor. 12:27
  3. Sidang jemaat adalah bangunan Allah dan Rumah Allah 1 Kor.3:9,16; 1 Kor. 6:19

Memperhatikan surat rasul Paulus ini bahwa gereja Tuhan organisasi tetapi berbentuk organisme. Untuk mengetahui rahasianya perhatikan panggilan untuk umat Israel. Umat Israel telah dipanggil dan dikeluarkan dari tanah Mesir kemudian menjadi umat Allah sebagai suatu bangsa yg dipilih dari sekian banyak bangsa dimana Tuhan mengenyampingkan bangsa lain dan mengutamakan bangsa Israel atau umat Israel. Dalam perjanjian lama mereka disebutkan penganten dan disebut kekasih Allah Yer. 2:1-2; Yes. 62:5. Sebab itu umat Israel disebut biji mata Allah Zac. 2:8 dan perjanjian ini kekal [rahasia ini akan diterangkan dalam kegerakan besar]. Untuk mengetahui rahasia pembentukan penyempurnaan gereja penganten perhatikanlah pelajaran Tabernakel padang pasir yg kemudian menjadi nyata dalam perjanjian baru, dimana Tabernakel padang pasir berobah menjadi Tabernakel yg hidup yaitu tubuh kita 1 Kor. 3:16 dimana Roh Allah diam dalam kita. Kalau dalam pelajaran Tabernakel padang pasir dimana dikatakan bahwa Tabernakel itu adalah tempat pertemuan Allah dan umat Israel Kel. 25:8, apalagi tubuh kita menjadi tempat kediaman Allah oleh Roh. Tentu lebih mulia dari Tabernakel padang pasir, bukan saja menjadi tempat kediaman Roh Allah tetapi kita akan dibawah menjadi gereja penganten yg akan bersalut dengan Tri Tunggal Allah Wah. 12:1-2 dan Yoh. 14:23. Tapi perwujudan dari kata kami ini akan diwujudkan pada waktu gereja Tuhan sudah menikah dengan Tuhan seperti yg nampak dalam Wah. 12:1-2 tadi. Tugas dari gereja awal / rasul-rasul hujan awal adalah membentuk gereja penganten yg hasil pengorbanan Kristus di Golgota dan batasnya sampai bertunangan dengan Kristus 2 Kor. 11:2 dan ini akan berlaku terus sampai kegerakan besar. Tugas gereja hujan akhir / 12 rasul hujan akhir adalah menyempurnakan gereja penganten sampai menikah dengan Tuhan Yesus Kristus Wah. 12:1-2; Ep. 5:28-33. Sebab itu setiap hamba Tuhan yg membawa khabar penganten harus memelihara rumah tangganya dengan sempurna karena itulah menjadi ukuran. Sebab apabila rumah tangga kacau tidak usah membawa khabar penganten, lihat kedudukan wanita ditinjau dari sudut Alkitab dan pelajaran kepikiran Ku bukan kepikiran mu Yes. 55:8. Gereja penganten akhir zaman akan diukur perh. Wah. 11:1-2, tapi gereja yg bukan penganten tidak akan diukur. Untuk itu gereja penganten harus menyesuaikan diri dengan Firman Allah, bukan Firman Allah menyesuaikan diri dengan gereja penganten, sebab ada yg lebih mengutamakan organisasi dan melanggar Firman Allah. Untuk menyampingkan Firman Allah atau biasa disebut dengan ajaran Firman Allah dibawah, organisasi diatas. Sama dengan Zacheus dia naik pohon Ara dan memandang Tuhan Yesus dibawah. Dan Tuhan Yesus berkata, hai Zacheus turunlah engkau , supaya Zacheus yg pendek itu akan memandang Tuhan Yesus Luk. 19;1-10. Pohon adalah berbicara kehidupan orang Kristen atau organisasi. Gereja hujan awal tidak mengenal organisasi seperti gereja-gereja sekarang. Gereja hujan awal disebut perkumpulan orang-orang kristen Kisah 11:26; Kisah 26:28. Tetapi sesudah gereja awal terbentuk mengakhiri abad I maka gereja terpecah menjadi 7 sidang . perhatikan Wah. 2 & 3 dimana sudah terjadi perbedaan pengajaran dan disini mulai terjadi organisasi buatan manusia sebab itu ditegur oleh Roh Tuhan. Ke 7 sidang dalam Wah. 2 & 3 ini pada gereja awal mereka mewakili organisasi gereja yg beraneka warna pada akhir zaman. Hal ini akan diterangkan dalam Wah. 2 & 3 secara terperinci. Untuk menjadi gereja penganten akhir zaman ini harus mengerti rahasia pekerjaan Roh kudus supaya itu bukan lagi menjadi rahasia, karena Roh kudus yg mengambil alih tugas Tuhan Yesus untuk memimpin gereja Tuhan sampai disempurnakan Yoh. 14:7-13 hal ini akan diterangkan kemudian. Gereja penganten harus memiliki karunia-karunia rohani yg terdapat dalam 1 Kor. 12:1,4,6. Karunia rohani terbagi dalam 3 bagian besar yg dianugerahkan Tuhan Yesus kepada gereja Nya untuk melengkapkan bagi pekerjaan melayani untuk menyempurnakan gereja penganten :

  1. Karunia Roh kudus yg dianugerahkan oleh Roh kudus 1 kor. 12:8-11
  2. Karunia jawatan Tuhan 1 Kor. 12:28-30 dan Ep. 4:11-12
  3. Berbagai-bagai perbuatan ajaib atau kasih yg dikaruniakan oleh Allah Bapa 1 Kor. 13 ; Gal. 5:22-23. Dikatakan berbagai-bagai perbuatan ajaib karena kasih itu ajaib. Belum tentu hamba Tuhan yg terkenal yg memenangkan banyak jiwa dapat mengamalkan kasih itu. Ini akan diterangkan dalam 1 Kor. 13 & Gal. 5:22-23.

TENTANG KARUNIA-KARUNIA ROHANI :

  1. Karunia-karunia Roh kudus terdiri dari 9 karunia 1 Kor. 12:8-11 :
    1. Karunia perkataan hikmat
    2. Karunia perkataan marifat
    3. Karunia iman
    4. Karunia kesembuhan
    5. Karunia mujizat
    6. Karunia nubuat
    7. Karunia membedakan segala roh
    8. Karunia lidah
    9. Karunia mengertikan makna lidah
  1. Karunia Jawatan Tuhan :

Terdiri dari 9 jawatan Tuhan dalam 1 Kor. 12:28-30, kemudian dalam Ep. 4:10-12 menjadi 5 jawatan Tuhan.

1 Kor. 12:28-30                                                          Eps. 4:11-12

  1. Rasul                                                                     1. Rasul
  2. Nabi                                                                       2.    Nabi
  3. Guru                                                                       3.    Guru
  4. Mujizat
  5. Kesembuhan                                                         5.     Penginjil  [ 4, 5, 6 ]
  6. Pertolongan
  7. Pemerintahan
  8. Lidah asing                                                             6.      Gembala  [ 7, 8, 9 ]
  9. Mengertikan makna lidah
  1. III.                Berbagai-bagai Perbuatan Ajaib atau Kasih :

1 Kor. 13:1-13 dan Gal. 5:22-23

  1. Buah Roh Gal. 5:22-23
    1. Kasih
    2. Suka cita
    3. Perdamaian
    4. Panjang hati
    5. Kemurahan
    6. Kebaikan
    7. Setiawan
    8. Lemah lembut
    9. Tahan nafsu / pengendalian diri
    10. 1 Kor. 13:1-13 Berbicara tentang Kasih bagian I dari Gal. 5:22-23 Pembagiannya :
      1. Terutama
      2. Panjang sabar          Dari Bapa
      3. Penyayang
      4. Bersukacita akan yg benar
      5. Menanggung segala perkara           Dari Anak
      6. Percaya segala perkara
      7. Harap segala perkara
      8. Sabar segala perkara                         Dari Roh Kudus
      9. Kekal

Sebab itu kasih dari Allah yaitu kasih Tri Tunggal  [ Bapa, Anak & Roh Kudus ]

Bagian Kasih yg kedua : Kasih adalah Tiada.

  1. Kasih tiada dengki
  2. Kasih tiada memegahkan diri
  3. Kasih tiada sombaong
  4. Kasih tiada melakukan yg tiada senonoh
  5. Kasih tiada mencari keuntungan diri sendiri
  6. Kasih tiada pemarah
  7. Kasih tiada menyimpan kesalahan orang
  8. Kasih tiada gemar akan yg lalim
  9. Kasih tiada berkesudahan / kekal.

Jadi orang yg tidak mempunyai kasih Allah dalam hidupnya akan melakukan 9 perkara yg bertentangan dengan kasih Allah. Ingat kasih itu pengikat yg menyempurnakan Kol. 3:14. Nampak kepada kita susunan dari 3 Karunia Rohani yg menjadi pakaian gereja Tuhan / gereja penganten 2 Kor. 3:3-4. Karunia-karunia ini diberikan oleh Tuhan dikaruniakan oleh Tuhan Yesus sebagai kepala gereja untuk gereja penganten yg terdiri dari segala bangsa, kaum dan bahasa di 4 penjuru alam. Bukan lagi bagi satu bangsa yg khusus seperti dalam perjanjian lama . gereja penganten adalah persekutuan antara orang Yahudi dan Kafir yg dipanggil oleh Tuhan menjadi satu bangsa rohani 1 Pet. 2:8-10. Untuk mengetahui rahasia dari 3 Karunia Rohani ini ikutilah pelajarannya kemudian.

Pembahsan Tentang Karunia Rohani :

  1. Karunia-karunia Roh Kudus 1Kor. 12:8-11.

Karunia ini terdiri dari 9 Karunia Roh kudus yg dikaruniakan oleh Tuhan melalui Roh kudus 1 Kor. 12:4

  1. Karunia perkataan hikmat
  2. Karunia perkataan marifat
  3. Karunia iman
  4. Karunia kesembuhan
  5. Karunia mujizat
  6. Karunia nubuatan
  7. Karunia membedakan segala Roh
  8. Karunia lidah
  9. Karunia mengertikan makna lidah

Ke 9 karunia ini terbagi dalam 3 kelompok

Kelompok A : Wahyu /Hidup           Kelompok B : Kuasa /Bergerak       Kelompok c : Penyembahan

                                                                                                                                                            / Bernafas

1.Karunia perkataan hikmat              1. Karunia Iman                                  1. Karunia nubuatan

2. Karunia perkataan marifat            2. Karunia kesembuhan                    2. Karunia lidah

3. Karunia membedakan sgl roh       3. Karunia mujizat                               3. Karunia M.M. lidah

Karunia kelompok A [ wahyu ] yg terdiri dari perkataan hikmat, perkataan marifat dan membedakan sgl roh adalah berbicara tentang Kehidupan Tubuh Penganten. Ke 3 karunia ini memang diwahyukan oleh Tuhan tidak dpikirkan oleh manusia. Karunia ini menentukan tubuh penganten. Gereja Tuhan yg tidak mempunyai 3 karunia ini akan hilang jalan / akan dijelaskan.

Karunia kelompok B [ kuasa ] terdiri dari karunia Iman, karunia Kesembuhan dan karunia Mujizat. Ini merupakan pergerakan Tubuh Penganten. Karunia ini harus dimiliki oleh seorang penginjil karena dengan karunia-karunia ini akan terbuka ladang-ladang baru bagi Tuhan, karunia ini penting bagi perkembangan pekerjaan Tuhan.

Karunia kelompok C [ penyembahan ] terdiri dari karunia lidah, karunia mengertikan makna lidah dan karunia nubuatan. Ini merupakan pernafasan Tubuh Penganten. Gereja yg tidak mempunyai karunia-karunia ini adalah gereja yg mati dikatakan oleh Firman Allah disangka hidup tapi mati Wah. 3:1. Apabila karunia penyembahan ini tidak jalan berarti gereja Tuhan itu mati rohani.

  1. Karunia Wahyu atau Kehidupan Tubuh Penganten. Roh kudus menggunakan 3 macam karunia dalam menyampaikan wahyu akan kehidupan Tubuh penganten ialah :
    1. Karunia Perkataan Hikmat [ peredaran darah dalam tubuh penganten ] pemberiaan makanan pada tubuh penganten.
    2. Karunia Perkataan Marifat , pembagian makanan dalam Tubuh penganten
    3. Karunia Membedakan Segala Roh, pencernaan makanan dalam Tubuh penganten / pemisahan antara makanan yg berguna dan yg tidak berguna.

Adapun ke 3 karunia diatas ini bekerja menurut fungsinya masing-masing tetapi saling mengikat satu dengan yg lain. Pewahyuan dari ke 3 karunia ini berdasarkan 1 Yoh. 2:27.

  1. Karunia Perkataan Hikmat : karunia ini digunakan oleh Tuhan bagi pembangunan Rumah Allah [ gereja penganten ]. Ada 3 macam hikmat :
    1. Hikmat Allah
    2. Hikmat Manusia / Filsafat
    3. Hikmat Iblis

Ke 3 hikmat ini mempunyai pengaruh kepada manusia dan ke 3 nya saling bertentangan dan beroperasi ditengah-tengah manusia termasuk didalam gereja Tuhan. Hal ini nampak dalam 7 sidang dalam Wah. 2 & 3 pada gereja awal dan untuk gereja akhir ini pun tidak luput bahkan akan muncul dengan cara yg modern. Hikmat manusi dan hikmat iblis tidak akan banyak disinggung dalam pelajaran ini tetapi yg terutama akan diterangkan adalah karunia hikmat dan karunia perkataan hikmat yg dianugerahkan Roh kudus bagi gereja penganten. Hikmat Allah terdiri atas 2 bagian :

  1. Karunia Hikmat
  2. Karunia Perkataan Hikmat

Kedua-duanya bersumber dari Hikmat Allah. Adapun keduanya tidak sama dalam pemakaiannya tapi keduanya tidak bisa terpisahkan satu dengan yg lain. Pada pembangunan Tabernakel Padang Pasir, Tabernakel itu telah dibangun dengan Himat Allah demikian juga pada pembangunan Kaabah Soleman. Dalam perjanjian baru Tubuh penganten Kristus akan dibangun seluruhnya melalui karunia Hikmat dan Perkataan Hikmat. Hendaklah diketahui bahwa Hikmat Allah adalah perkataan Allah [ Firman ] dan juga Kristus sebagai Hikmat Allah 1 Kor. 1:24 & Yoh. 1:1. Karunia ini menjadi bahan penting dan menjadi dasar bagi pembangunan Tubuh penganten sebab itu perhatikanlah pelajarannya tentang karunia hikmat dan karunia perkataan hikmat.

Ad. 1 Karunia Hikmat :

Apakah yg dimaksud dengan karunia hikmat itu ?  Karunia hikmat adalah pengetahuan sempurna tentang Firman Allah dan maksud Firman Allah itu. Seperti diketahui Kristus itu adalah hikmat Allah dan juga Kristus itulah Firman . Jadi karunia hikmat adalah : Pengetahuan sempurna tentang Firman Allah dan rencana Tuhan Yesus sebagai pusat kesaksian. Jadi seorang hamba Tuhan yg mempunyai karunia hikmat dia mengetahui tentang : Pengetahuan sempurna tentang Firman Allah dan apabila orang bertanyakan tentang hal Kristus kepadanya dia tak akan segan-segan menjawabnya. Inilah bagian yg pertama tentang penggunaan karunia hikmat . Bagian kedua dari karunia hikmat ini dianugerahkan kepada hambanya karena jabatannya untuk menyelesaikan persoalan yg terjadi didalam sidang, sehingga soal yg sulitpun dapat teratasi dengan karunia ini.

Contoh :

Tentang raja Soleman, seorang raja yg penuh dengan hikmat dan sangat terkenal pada zamannya 1 Raja 4:29-34. Dengan karunia ini dia dapat menyelesaikan persoalan dari 2 perempuan tuna susila yg memperebutkan seorng bayi. Raja Soleman telah menggunakan karunia ini dengan cara yg luar biasa 1 Raja 3:16-28.

Demikian juga rasul Paulus dalam Kisah 18:12-17 dengan karunia ini dia lolos dari pembunuhan orang Yahudi yg hendak membunuh dia, demikian juga dalam Kisah 23:6-11. Karunia ini tidak dipelajari tapi langsung diwahyukan, atau langsung diilhamkan Tuhan kepadanya.

Ad. 2  Karunia Perkataan Hikmat :

Karunia ini dikaruniakan Roh kudus pada hamba Tuhan atau gereja Tuhan dengan tujuan yg sangat mulia. Apakah yg dimaksud dengan Karunia Perkataan Hikmat ? Karunia perkataan hikmat adalah pengetahuan yg sempurna bagaimana cara meletakkan Firman pada tempatnya seperti :

  1. Caranya menyusun rangka khotbah yg teratur sehingga apabila dibahas melalui karunia perkataan marifat tepat pada sasarannya dan membawa kebangunan rohani kepada para pendengar atau sidang jemaat. Mempunyai karunia ini pendengar dapat diyakinkan , sehingga mereka mengerti rencana Allah dalam hidup mereka.
  2. Menyusun pelajaran atau buku-buku secara teratur dan sistimatis sehingga pembaca mengerti maksudnya. Sebab itu orang yg diberikan karunia perkataan hikmat apabila ia menyusun suatu buku rohani akan menjadi rebutan banyak orang dan menjadi pokok pembicaraan dan penilaian. Karunia perkataan hikmat ini penting sekali dalam pembangunan tubuh penganten menuju kesempurnaan. Dalam Ep. 2:20-22 jelas bahwa tubuh penganten adalah suatu bangunan rohani  [ Rumah Allah ] dimana Allah oleh Roh nya berdiam dan dibangunkan dengan pengajaran rasul-rasul dan nabi-nabi.

Gereja awal telah dibangun dengan pelajaran rasul Kisah 2:42 yg dilengkapi dengan karunia ini 1 Yoh. 2:27 atau dengan jalan pengwahyuan langsung seperti yg dialami rasul Paulus  Gal. 1:11-12 ; Ep. 3:3-4. Karunia ini harus dimiliki oleh rasul dan nabi , penginjil, gembala dan guru. Hendaklah diketahui bahwa karunia dan jawatan saling mengisi [ akan diterangkan dalam karunia jawatan Tuhan ]. Dalam pengajaran Tabernakel, ini termasuk pada Pelita emas dan Meja roti pertunjukan.

  1. B.      Karunia Perkataan Marifat :

Pembagian Makanan Pada Tubuh Penganten. Karunia perkataan marifat ini dianugerahkan oleh Roh kudus untuk kepentingan pembangunan gereja Tuhan / tubuh penganten. Karunia ini penting sekali disamping karunia perkataan hikmat mereka merupkan pasangan yg tidak bisa lepas seperti suami da isteri. Karunia perkataan marifat / marifat tidak terdapat dalam perjanjian lama tapi ada hubungannya dengan Roh penunuan Yes. 4:4. Hanya didalam perjanjian baru karunia ini muncul terutama dalam pembangunan gereja awal.

Perkataan marifat ini terbagi atas 2 bagian :

  1. Karunia marifat
  2. Karunia perkataan marifat

Keduanya hampir sama hanya pemakaiannya agak berlainan dalam pelaksanaan pelayanan. Hal ini nampak dalam penjelasan selanjutnya.

  1. a.       Karunia marifat :

Ini suatu karunia yg heran yg dianugerahkan oleh Roh kepada gereja Tuhan / hamba Tuhan untuk mengetahui rahasia yg tersembunyi dari bathin seseorang. Dengan karunia ini Tuhan mengilhamkan kepadanya rahasia seseorang dalam perbuatan dan kelakuannya. Tidak semua hamba Tuhan memiliki karunia ini, itu hanya diberikan kepada seseorang hamba Tuhan yg mengerti pekerjaan Roh kudus atau jawatannya. Apabila seorang hamba Tuhan mengatakan saya mempunyai karunia marifat tetapi belum dipenuhi oleh Roh kudus, yg ada padanya itulah marifat daging. Telah dikatakan tadi bahwa karunia marifat itu diilhamkam oleh Roh atau dibisikan oleh Roh. Karunia ini nampak jelas kepada rasul Petrus perhatikan Kisah 5:1-11. Dari semua rasul maka rasul Petrus memiliki karunia marifat yg sangat menonjol. Hal ini nampak tatkala hamba Tuhan mengeluarkan rahasia bathin dari Ananias dan Safira, yg bersepakat mendustai Roh Allah dan menyebelahkan harga sebidang tanah yg dipersembahkan dikaki rasul. Hal ini dapat diketahui oleh rasul Petrus dengan menggunakan karunia marifat, akibatnya Ananias dan Safira mati berturut-turut dalam Kaabah. Akibatnya datanglah ketakutan dari sidang jemaat. Hal ini akan berlaku lebih hebat lagi pada gereja akhir [ kegerakan besar ] dimana gereja Tuhan akan disempurnakan. Sebab itu hendaklah kita berhati-hati jangan kita berbuat seperti Ananias dan Safira. Apabila. Hamba Tuhan yg memimpin sidang mempunyai karunia sangat menguntungkan perkembangan sidangnya. Hanya jangan sampai karunia ini salah dipergunakan. Peringatan bagi mereka itu yg mempunyai karunia ini jangan dijadikan tempat ramal yg bukan-bukan yg menjurus kepada ahli nujum sehingga menjadi roh penilik yg akhirnya menjadi penyesat. Hendaklah karunia ini dipakai untuk perkara rohani memperkaya perbendaharaan rohani sidang supaya sidang Tuhan diangkat pada puncak rohani yg tinggi sekali.

  1. b.      Karunia Perkataan Marifat :

Apakah yg dimaksud dengan karunia perkataan marifat ? Karunia perkataan marifat adalah pengetahuan yg seksama mengenai penguraian Firman Allah sehingga rahasia Firman Allah itu terbuka setuju dengan kehendak Tuhan dibawah urapan Roh sehingga dapat mengetahui cara bagaimana pembangunan gereja penganten itu dilaksanakan. Apabila seorang hamba Tuhan mempunyai karunia ini dia dapat mengajar dan berkhotbah hampir sama dengan Tuhan Yesus. Khotbah-khotbahnya akan mengherankan orang karena lain dari penafsir-penafsir Alkitab [ ahli-ahli Theologia modern ] karena khotbahnya penuh dengan kuasa. Rasul yg sangat menonjol memiliki karunia ini adalah rasul Yohanes sehingga dia dapat mengajar hampir seperti Tuhan. Itu sebabnya dia telah menulis dalam 1 Yoh. 2:27 caranya Tuhan mengajar melalui karunia ini. Banyak hamba-hamba Tuhan yg menguraikan Firman dengan karunia ini tetapi masih sangat terbatas. Tetapi memasuki kesempurnaan gereja Tuhan [ kegerakan besar ] karunia ini akan muncul melebihi rasul hujan awal karena kepentingan Kerajaan Allah. Hal ini akan dianugerahkan oleh Tuhan kepada hamba Tuhan yg terpanggil dan dilantik oleh Tuhan masuk rencananya yg besar ini. Hal ini akan diberikan oleh Tuhan kepada 5 jawatan Tuhan Ep. 4:11-12 yg dipersiapkan untuk kegerakan besar. Karunia ini diberikan karena jawatannya disertai dengan penyerahan yg sungguh-sungguh. Karunia ini berjalan dalam 2 cara :

  1. Dibisikkan ditelinga atau merupakan wahyu
  2. Ilham Roh dalam hati 1 Yoh. 2:27

Karunia perkataan marifat ini sering kali tidak berjalan kalau hamba Tuhan itu kurang penyerahan [ doa dan puasa ]. Akhir zaman ini disamping karunia perkataan marifat yg berjalan maka hamba-hamba Tuhan akan ditolong oleh satu karunia dari Tuhan yaitu pengwahyuan dari Tuhan seperti pengalaman rasul Paulus Gal. 1:11-12, untuk rasul Yohanes lihat buku wahyu semua. Cara penerimaan ini akan diterangkan khusus dalam karunia penglihatan.

Karunia perkataan marifat ini diberikan oleh Tuhan karena :

  1. Jabatannya
  2. Pergumulannya / penyerahannya yg disertai doa dan puasa
  3. Hidup dalam kesucian
  4. Hidup dalam kerendahan

Sebab itu dia dapat mengajar atau berkhotbah hampir seperti Tuhan meskipun dia tidak diajar melalui wahyu. Melalui karunia perkataan hikmat dan karunia perkataan marifat maka gereja penganten akan disempurnakan roh, jiwa dan tubuh dan menikah dengan Tuhan Wah. 12:1-2; 1 Tess. 5:22-23 sambil menunggu keangkatannya. Penyempurnaan gereja penganten ini sampai menikah dengan Tuhan Yesus akan dipimpin oleh 12 rasul hujan akhir [ akan diterangkan dalam wahyu 12 ]. Dalam pelajaran Tabernakel karunia perkataan hikmat dan karunia perkataan marifat termasuk dalam Pelita Emas dan Meja Roti Pertunjukan. Tuhan adalah guru yg terbaik / guru besar sebab itu seorang hamba Tuhan yg mempunyai karunia ini akan menjadi guru yg baik dan mengajar seperti Tuhan . hal ini nampak pada rasul-rasul hujan awal.

Contoh : tentang rasul Paulus tatkala dia dipanggil dan dilantik menjadi rasul, Tuhan mengasingkan dia dan mengajar dia dalam 3 tahun lamanya ditanah Arab dengan pembagian sebagai berikut :

  1. Tahun I Tuhan mengajar dia karunia perkataan marifat
  2. Tahun II Tuhan mengajar dia karunia perkataan hikmat
  3. Tahun III Tuhan mengajar dia Wahyu

Itu sebabnya dalam Gal. 1:11-12 dikatakannya bahwa : Injil yg dia beritakan bukan pendapat manusia dan dia terima dari manusia atau dia pelajari  tapi wahyu dari Tuhan, juga Ep. 3:3-4. Hal ini terjadi karena rasul Paulus tidak pernah mengikut Tuhan Yesus seperti 12 rasul yg lain. Oleh karena itu Tuhan mengajar dia langsung melalui pengwahyuan untuk mengimbangi 11 rasul yg lain supaya diantara mereka itu tidak terjadi pertentangan. Segala suratan rasul Paulus telah diakui oleh rasul Petrus sebagai ketua rasul 2 Pet. 3:15-16. Rasul Paulus mengatakan dalam 2 Kor. 12:1-5 tentang kelebihan wahyu yg diterimanya dari Tuhan dan didalam beberapa perkara dia tidak diizinkan menulisnya bahkan menyebutnyapun tidak layak. Lain dengan rasul Yohanes diperintahkan oleh Tuhan melalui malaikat Jibrail apa yg dilihatnya harus disuratkan kecuali rahasia wahyu 10. Rasul Yohanes bukan saja sampai ke Firdaus tetapi sampai kearas yg disebutkan Yerusalem ibu kita . memperhatikan seluruh surat para rasul kita melihat kelebihan dari rasul Paulus dan rasul Yohanes, surat-surat mereka itu adalah nasihat-nasihat bagi gereja penganten dan menjawab segala zaman. Melalui karunia-karunia ini gereja penganten mendapat makanan sehat dari Firman Allah sehingga gereja penganten dibawah pada puncak rohani tertinggi / dewasa rohani dalam Mat. 24:22 disebut gereja terpilih, wah. 12:1-2 perempuan yg disalut dengan Tri Tunggal Allah. Apabila karunia-karunia ini dimiliki oleh hamba-hamba Tuhan dari berbagai gereja / organisasi, maka kefanatikan organisasi itu akan lenyap, maka terwujudlah doa Tuhan Yesus dalam Yoh. 17:21. Karunia-karunia ini akan membawa gereja pada satu persekutuan yg dikerjakan bukan oleh kuat manusia tapi oleh Roh Tuhan .Karunia-karunia ini akan mempersatukan kita dalam tubuh Kristus dan mempersatukan kita dalam satu kepercayaan yaitu : 1 Tuhan, 1 Iman dan 1 Baptisan Ep. 4:5, sebab itu gereja yg mengabaikan karunia ini sukar mengerti rencana Allah.

Dunia sekarang mengenal tentang oikumene suatu usaha yg murni dari tokoh agama tapi dalamnya tidak ada pertemuan pengajaran , masing-masing dengan pengajarannya sendiri. Dengan memiliki karunia-karunia ini segala keputusasaan dari semua orang yg berkemauan baik dapat diatasi dan kerinduan supaya gereja menjadi satu dapat terwujud. Melalui karunia-karunia ini hamba-hamba Tuhan akan dipersekutukan kembali dalam satu pengajaran yg disebut pengajaran rasuli. Pengajaran rasul adalah langsung dari Tuhan baik melalui karunia-karunia atau wahyu langsung. Pengajaran rasuli adala suatu pengajaran paten atau tidak berobah dari zaman datang kepada zaman. Contoh : Apakah surat-surat dari rasul hujan awal berobah sampai hari ini ? Hampir 2000 th lamanya para rasul dan murid-murid Tuhan telah menulis perjanjian baru dan sampai pada saat ini tidak ada perobahan bahkan telah dimeterai oleh Tuhan barang siapa menambah atau mengurangi akan diancam dalam Wah. 22:18-19. Ada seorang ahli tatanegara Perancis Roussau mengatakan pada zamannya bahwa buku yg disusunnya dapat menggantikan Alkitab dan kenyataannya pada akhirnya rumahnya menjadi perpustakaan Alkitab. Selain dari rasul, yg memiliki karunia ini maka Nabi, Penginjil, Gembala dan Guru memerlukan karunia ini.

  • Nabi ada hubungannya dengan karunia marifat
  • Guru ada hubungannya dengan mengajar
  • Penginjil ada hubungannya dengan pemberitaan
  • Gembala ada hubungannya dengan pemberian makanan kepada sidang jemaat

3  Karunia Membedakan Segala Roh.

Karunia membedakan segala roh adalah pencernaan dalam tubuh penganten, pemizahan mana yg berguna dan yg tidak berguna. Karunia ini penting dan perlu dimiliki untuk mengetahui dengan jelas roh apa yg bekerja dalam sidang apakakah roh manusia/daging/emosi, roh iblis atau Roh Allah. Roh Allah itu datangnya dari Allah. Roh daging dari manusia sering disebut roh emosi. Roh iblis datangnya dari iblis biasanya disebut roh kegelapan. Roh manusia bersekutu dengan Roh Allah berdasarkan Roma 8:14-16 menjadikan kita anak-anak Allah. Apabila roh manusia bersekutu dengan roh iblis dengan sendirinya disebutkan anak-anak iblis. Sebab itu perlu kita dilahirkan baru dari air dan Roh supaya kita menjadi rumah Allah dan Roh Allah diam dalam kita, berarti Roh Allah dan roh kita bersekutu satu dengan yg lain . Sebab itu Firman Tuhan memberikan ptunjuk kepada kita berdasarkan Gal. 5:16 berjalanlah kamu dengan Roh niscaya tabiat duniawi tidak kamu genapkan. Dalam Gal. 5:25 jikalau kita hidup oleh sebab Roh itu biarlah juga kita berjalan menurut Roh itu. Ingatlah baik-baik bahwa dengan mempergunakan karunia membedakan segala roh, kita akan mengetahui roh apa yg bekerja dalam sidang. Perlu diketahui bahwa roh-roh iblis/jahat diberikan kesempatan untuk beroperasi baik dalam gereja maupun diluar gereja . Apabila roh itu masuk didalam gereja maka roh jahat itu berusaha menghalangi bahkan kalau dapat menggagalkan pembangunan rumah Allah / gereja penganten. Roh-roh jahat merupakan kekuatan perusak dan penghalang dalam pembangunan rumah Allah rohani yg pekerjaannya mengganggu pertumbuhan / kesehatan rohani gereja penganten dengan segala tipu daya dan muslihatnya berusaha keras untuk menghalangi pertumbuhan rohani anak-anak Tuhan. Sehingga banyak sekali anak-anak Tuhan / gereja Tuhan yg merindukan pertumbuhan rohani yg sehat tetapi karena dihalangi oleh roh-roh jahat ini maka kerinduan itu tetap menjadi kerinduan dan dari tahun berganti tahun tidak ada kemajuan rohani tetap kanak-kanak rohani. Roh-roh iblis itu pandai sekali meniru sehingga dapat memakai hamba-hamba Tuhan dalam jawatan yg paling tinggi ialah rasul dan nabi, karena terpengaruh oleh roh-roh iblis ini yg akhirnya menjadi rasul palsu dan nabi palsu berbulu Domba tapi berhati Srigala. Dengan membawa pengajaran dengan bahasa yg tinggi tapi menyesatkan 2 Kor.11:13-15. Sebab itu untuk mengatasi persoalan ini gereja Tuhan harus memiliki karunia membedakan segala roh terutama untuk gembala sidang. Kenapa kepada gembala sidang yg terutama ? karena dialah yg langsung memimpin dan membina sidang jemaat, supaya dengan karunia ini dia dapat melepaskan domba-dombanya dari roh iblis yg merintangi pertumbuhan rohani.

  1. Dengan adanya karunia ini maka gembala sidang dapat melihat dan mengetahui permainan roh iblis atau roh daging dalam sidang.
  2. Mengetahui bahwa dalam sidang itu benar bahwa hanya Roh Tuhan yg bekerja. Tapi harus diperhatikan bahwa karunia membedakan segala roh ini tidak mempunyai hak atau kuasa untuk mengusir roh-roh jahat atau emosi. Tetapi apabila ia telah mengetahui bahwa roh iblis atau roh daging sedang beroperasi ditengah-tengah ibadah maka dia memanggil nama Tuhan Yesus Kristus / darah Tuhan Yesus Kristus untuk mengusir roh-roh iblis dan roh emosi keluar dari sidang. Dan hanya Roh Allah yg ada dalam persekutuan sidang itu. Apabila gembala sidang memiliki karunia ini paten dan permanen maka sidang akan dibawa kepada pertumbuhan dan peningkatan rohani yg sehat menuju kepada kedewasaan rohani sehingga ditunangkan dengan Tuhan / menikah dengan Tuhan. Sebab itu apabila jalannya ibadah kacau , terutama dalam pemberitaan Firman dan penyembahan ini adalah perbuatan roh-roh jahat sehingga karunia-karunia tidak berjalan sebagaimana mestinya. Apabila dalam kebaktian yg besar dimana seorang gembala harus menghadapi ratusan atau ribuan sidang jemaat maka gembala akan menghadapi ratusan atau ribuan roh-roh yg bersarang dalam anak-anak Tuhan, karena tidak semua anak-anak Tuhan itu dipimpin oleh Roh kudus. Sebab itu sekian banyak anak-anak Tuhan itu terpengaruh dengan roh-roh jahat . jika demikian bagaimana dia membawa sidang jemaat pada pertumbuhan rohani. Tetapi apabila gembala sidang memeliki karunia membedakan segala roh, dia akan membawa sidang pada satu persekutuan Roh yaitu persekutuan dengan Roh Allah . dan kebaktian ini akan berjalan dengan teratur manis dan meyakinkan kehadiran Tuhan sehingga karunia rohani akan nampak seperti yg  tersurat dalam 1 Kor. 14:26-33 dimana muncul :
    1. Karunia mazmur
    2. Karunia nubuatan
    3. Karunia kenyataan / penglihatan / wahyu
    4. Karunia lidah
    5. Karunia mengertikan makna lidah

Apabila karunia ini muncul dalam kebaktian berarti kita bersekutu dengan Tuhan tandanya Allah hadir ditengah-tengah kita 1 Kor.14:24-25. Itulah tanda dari hadirnya Tuhan menggenapi Mat. 18:20 sebagai bukti kehadiran Tuhan. Kebaktian yg seperti ini akan memberikan kesukaan dan kekuatan iman sehingga sejahtera Tuhan akan menjadi milik kita duka cita akan diganti suka cita. Gereja awal dapat berahan dan berkembang karena karunia ini. Kami percaya apabila setiap orang Kristen dimuka bumi ini mengalami karunia-karunia ini pasti dia akan mempertahankan kebenaran Allah hidup atau mati. Seperti apa yg dikatakan oleh rasul Paulus : Hidup adalah Kristus mati adalah untung Pil. 1:21-22. Kenapa rasul Paulus berkata demikian ? perhatikan Pil. 1:23-26; 2 Kor.5:1-9 artinya mati teramat baik karena bersama dengan Kristus di Surga, sedangkan hidup, supaya dia dapat membawa jiwa kepada Tuhan karena itulah mahkota kesukaannya Pil. 4:1.

Contoh kerja roh jahat /iblis dalam satu kebaktian :

  1. Dalam pemberitaan Firman sering terjadi dalam suatu ibadah tatkala Firman sedang disampaikan, apalagi kalau dalam pemberitaan Firman itu dalam urapan Roh kudus yg memberi makanan rohani dalam sidang, maka roh iblis menghalangi dengan cara yg licik yaitu beberapa anak-anak Tuhan atau seseorang karena senangnya mendengar Firman Allah yg membakar rohaninya , sementara Firman diberitakan tiba-tiba berteriak dengan berkata-kata asing untuk memotong pemberitaan Firman supaya tidak sampai pada tujuan. Hal ini terjadi karena hamba Tuhan itu tidak tau peraturan dan kalau hamba Tuhan itu tidak mengerti pekerjaan Roh dihentikannya pemberitaan Firman dan masuklah ia dalam doa. Dia tidak mengerti bahwa dia telah dipermainkan oleh roh iblis, iblis akan tertawa karena dapat menghalangi pemberitaan Firman Allah yg heran hingga tidak sampai pada tujuan yg membangkitkan iman sidang jemaat Tuhan. Sebab itu perhatikanlah baik-baik kalau ini terjadi gembala sidang atau pengkhotbah jangan langsung menengking, tapi sesudah ibadah selesai baru berikan petunjuk/pengertian kepada anak Tuhan itu. Sebab apabila kita salah bertindak anak Tuhan itu bisa mundur. Apabila telah diberikan petunjuk [ peraturan ibadah ] barulah diambil kebijaksanaan penertiban ibadah. Ingatlah baik-baik bahwa kata-kata asing itu tidak dipakai saat berkhotbah tapi dalam penyembahan.
  2. Ada pengkhotbah yg penuh Roh kudus, pada waktu dia membuka Firman Allah, dia mulai berkata-kata asing atau pada pertengahan khotbah dia mulai berkata-kata asing. Disangkanya itu akan menguatkan sidang, tapi sebenarnya sidang tidak mengerti. Sebab itu Paulus menulis dalam 1 Kor. 14:18-19. Jadi dalam berkhotbah jangan memakai kata-kata asing, karena kata asing dipakai dalam penyembahan. Cara-cara itu adalah cara-cara kacau sehingga tidak dapat menguatkan iman. Sedangkan dalam doa dan penyembahan semua orang hanya berkata-kata asing [ karunia lidah / bahasa Roh ] dimana dalam 1 Kor. 14:2-3 berbicara rahasia dengan Allah dan menguatkan iman sendiri, tetapi buat orang yg tidak beriman disangkanya kita gila 1 Kor. 14:23-24, apalagi dalam khotbah tambah tidak mengerti. Ingat baik-baik bahwa dalam 1 Kor. 14:40 bahwa segala sesuatu harus berjalan dengan senonoh dan dengan segala peraturan, sebab itu pelajari baik-baik rahasia pelajaran Tabernakel.
  3. Doa dan penyembahan dalam Roh dan Kebenaran :

Bukan saja dalam pemberitaan Firman roh jahat itu bekerja akan tetapi juga dalam doa dan penyembahan sesudah pemberitaan Firman. Justru didalam penyembahan inilah setan berusaha menghalangi lebih hebat lagi supaya kita tidak dapat bersekutu dengan Tuhan dan karunia-karunia Roh tidak berjalan [ muncul ]. Caranya terbagi dalam dua bagian :

  1. Dalam baptisan Roh :

Sesudah khotbah seringkali hamba Tuhan mengajak sidang jemaat Tuhan yg belum penuh Roh datang kedepan, untuk dibaptis dengan Roh kudus oleh Tuhan. Mereka datang berebutan kedepan dengan maksud yg suci dan kerinduan yg besar ingin dibaptis dengan Roh kudus. Tetapi yg terjadi dalam pelayanan baptisan Roh dimana roh-roh jahat masuk menghalangi baptisan Roh sehingga terjadi hal-hal sebagai berikut : sementara baptisan Roh kudus berjalan maka terjadilah hal-hal yg memalukan dimana ada yg terbanting-banting, ada yg merayap seperti ular, ada yg memukul-mukul bangku/kursi, ada yg menangis tidak sadarkan diri ada yg berkata-kata asing dan keterusan. Hal ini disangka oleh si pengkhotbah bahwa Tuhan sudah bekerja dengan luar biasa dan dia tidak tau iblislah yg bekerja didalam pelayanan itu. Ukuran baptisan Roh perhatikan Kisah 2:1-13; 10:44-48; 19:1-7. Baptisan Roh itu seperti orang yg mabuk air anggur, tidak dikatakan merayap, terbanting-banting, teriak-teriak dan sebagainya. Apabila terjadi diluar Firman maka itu adalah pekerjaan roh jahat sebab itu waspada. Akibat dari baptisan Roh yg dihalangi oleh roh jahat maka tangan luka badan terasa sakit dan tidak ada sejahtera. Perhatikan Roma 14:17 dan ingat bahwa pekerjaan Allah, itu bukan kacau melainkan sejahtera dan tidak kusut 1 Kor. 14:33.

  1. Dalam doa dan penyembahan [bukan dalam baptisan Roh ] :

Dalam doa dan penyembahan terjadi hal-hal / kekeliruan yg tidak disadari atau dimengerti , dimana hamba Tuhan itu tidak dapat membedakan mana baptisan Roh, mana kepenuhan Roh dan mana karunia lidah. Ke 3 karunia ini muncul sehingga bertabrakan satu dengan yg lain perhatikan :

  1. Baptisan Roh kudus adalah satu tanda meterai dimana Roh Tuhan memenuhi kita dengan tanda berbahasa satu bahasa asing. Kisah 2:1-4; 10:44-48, 19:1-7; Ep. 1:13. Tandanya dari baptisan Roh ialah gerakan tubuhnya goyang-goyang seperti orang mabuk anggur manis.
  2. Kepenuhan Roh kudus adalah adalah akibat / lanjutan dari baptisan Roh yg ditingkatkan sehingga dalam doa dan penyembahan walaupun ia masih berbahasa Roh sama seperti dia dibaptis dengan Roh, tetapi dia tidak lagi goyang-goyang namun lebih tenang keadaannya.
  3. Karunia lidah adalah akibat dari baptisan Roh dan kepenuhan Roh yg ditingkatkan sehingga dia berbahasa Roh lebih dari satu bahasa Roh [ bisa berbagai-bagai bahasa ].

Ingatlah bahwa segala sesuatu harus berjalan dengan tertib , teratur dan berjalan dengan peraturannya 1 Kor. 14:40. Tetapi apakah yg terjadi dalam penyembahan timbul perkara-perkara luar biasa ada yang bermazmur ada yg bernubuat ada yg berkarunia lidah sekaligus bersamaan tanpa peraturan. Hal ini terjadi karena tidak adanya peraturan dan setan mengambil bagian terbesar dalam doa dan penyembahan itu karena karena tidak mengerti rahasia doa dan penyembahan. Hamba Tuhan yg tidak mengerti dia akan berteriak halleluyah, padahal karunia-karunia itu harus diatur sesuai dengan 1 Kor. 14:27-33. Tetapi nyata disini bahwa mereka tidak dapat membedakan mana baptisan Roh mana kepenuhan Roh mana karunia Roh. Inilah yg dikatakan rasul Paulus dalam Ibr. 5:12-14; Ep. 4:13-14 kanak-kanak rohani. Tidak bisa membedakan mana yg baik dan yg tidak baik, mana yg benar dan mana yg salah. Hal ini terjadi karena tidak mengetahui rahasia pekerjaan Roh dan tidak memiliki karunia membedakan segala Roh. Ingatla baik-baik bahwa segala kekacauan adalah pengaruh dari iblis sebab itu pergunakanlah karunia membedakan segala Roh. Perhatikan iblis pandai meniru dia juga dapat berkata-kata dengan lidah asing, baik bahasa malaekat maupun bahasa dunia. Karena iblis adalah bekas malaekat kerubium yg diminyaki tetapi melawan Allah dan dicampakkan kebumi. Karena itu ia mengerti bahasa malaekat dan juga bahasa bumi karena dia penghulu dunia Ep. 6:12. Roh jahat sebenarnya tidak usah mengacau jalannya suatu ibadah asal saja hamba Tuhan mempunyai kewibawaan memimpin dan kewibawaan itu datangnya oleh karena hamba Tuhan itu penuh dengan Roh dan memiliki karunia-karunia Roh, terutama membedakan segala Roh dan penuh dengan Firman Allah. Ke 3 faktor inilah yg menentukan sehingga setan takut berdendang [ mengacau ] karena setiap iblis menyusup dalam ibadah hamba Tuhan itu dapat mengetahui melalui karunia ini. Karunia-karunia yg lainpun iblis dapat mengacaunya terutama dalam nubuatan, penglihatan, karunia lidah dan karunia mengertikan karunia lidah yg akan diterangkan kemudian. Disini diberikan beberapa contoh tentang pekerjaan roh iblis yg mengganggu pertumbuhan rohani anak-anak Tuhan yg harus diperhatikan :

  1. Roh sidajal / roh antiKris 1 Yoh. 4:3; 2 Tess. 2:3-12; Wah. 13:1-16
  2. Roh perhambaan / perbudakan Roma 8:15
  3. Roh sesat 1 Yoh. 4:6
  4. Roh penakut 2 Tim. 1:7
  5. Roh cemburuan Bil. 5:14
  6. Roh persundalan Hos.4:12; 5:4
  7. Roh ayan  Luk. 9:42
  8. Roh bisu Luk. 11:14
  9. Roh lemah Luk. 13:11
  10. Roh najis Wah. 16:13-16

Roh-roh ini nampak beroperasi dalam sidang atau diluar sidang ia bekerja untuk melumpuhkan pertumbuhan rohani dari sidang sehingga hilang persekutuan dengan Tuhan dan mengakibatkan terbuang. Sebab itu penting sekali seorang gembala atau hamba Tuhan mempunyai karunia ini. Karunia membedakan segala Roh mempunyai hubungan dengan karunia marifat. Rasul Paulus mempunyai karunia membedakan segala roh yg luar biasa perhatikan Kisah 16:16-18. Rasul Paulus tatkala sedang menginjil ia diganggu oleh seorang budak perempuan yg memiliki roh penilik / roh nujum. Sementara Paulus melayani perempuan ini mengikuti rasul Paulus dan tiba-tiba ia berseru, orang inilah hamba Allah yg Mahatinggi yg memberitakan kepada kami jalan selamat. Memperhatikan seruan dan kesaksiannya ternyata dia mempermuliakan Allah sehingga rasul Paulus mengetahui hal ini dimana setan bernubuat melalui anak  ini . bandingkan hal ini dengan Mark. 1:23-27. Sebab itu berhati-hatilah jangan tertipu oleh iblis dengan munculnya nubuatan dalam sidang. Akibat pembersihan Paulus terhadap budak perempuan yg memiliki jin penilik ini yg memberikan keuntungan kepada banyak orang maka rasul Paulus masuk penjara, tapi karena Paulus benar Tuhan membuat mujizat dimana terjadi gempa bumi dipenjara dan akhirnya kepala penjara dan orang-orangnya bertobat dan dibaptis menerima Tuhan Yesus sebagai juruselamat. Rasul Paulus mengetahui roh apa yg ada dalam budak perempuan itu dan menengking sehingga keluarlah roh penilik yg ada dalam budak itu. Dalam hal ini Paulus juga menggunakan kuasa dan wibawa Mark. 16:16-17. Karunia ini dimiliki oleh rasul, nabi, penginjil, gembala dan guru.

KELOMPOK B > KARUNIA KUASA > PERGERAKAN TUBUH PENGANTEN :

  1. Iman
  2. Kesembuhan
  3. Mujizat

Karunia-karunia yg termasuk dalam kelompok B ini yg merupakan pergerakan Tubuh Penganten adalah karunia yg tidak kalah penting bagi kesehatan tubuh penganten. Walaupun akan dijelaskan terpisah akan tetapi ke 3 karunia ini berkaitan satu dengan yg lain saling mendukung. Karunia-karunia ini sangat bermanfaat bagi :

  1. Kesehatan tubuh penganten
  2. Untuk memenangkan banyak jiwa
  3. Untuk membuka ladang-ladang baru.

Karunia Kuasa Iman :

Karunia kuasa Iman dianugerahkan oleh Roh untuk gereja Tuhan, karena iman sangat penting sekali, merupakan suatu pengakuan percaya dalam tindakan. Jadi percaya disertai tindakan itu iman. Apakah yg dimaksud dengan kuasa iman ?

Iman adalah : Percaya yg sungguh akan hal perkara yg diharapkan dan keyakinan akan perkara yg tidak kelihatan Ibr. 11:1. Disini nyata iman bukan suatu zat yg berwujud yg nampak seperti benda tapi adalah abstrak 2 Kor. 5:7. Pusat dari iman adalah bathin untuk itu perhatikan Roma 10:10. Adapun iman itu datang dari berita dan berita itu Firman Allah Roma 10:14-17.

Iman itu penting sekali karena orang yg tiada beriman tidak berkenan kepada Allah Ibr. 11:6. Jadi iman terbagi atas 2 fungsi :

  1. Adalah alas bangunan iman
  2. Keadaan sebenarnya atas realitas dari iman

Orang yg memeliki iman tak pernah goyah dalam mengiring Tuhan meskipun menghadapi banyak pencobaan dan aniaya karena jelas bahwa sengsara yg dialaminya sekarang ini tidak sebanding dengan kemuliaan yg Allah sediakan baginya, setelah rohnya meninggalkan tubuh jasmaninya Roma 8:18, 34-39. Rasul Paulus telah mempraktekkan iman sampai akhir hidupnya 2 Tim. 4:7-8. Sekali lagi perjalanan orang percaya adalah iman 2 Kor.5:7.

Perhatikan Ibrani 11 seluruhnya. Contoh :

Iman dari Kain dan Habel Kej. 4:3-8 dan Ibr. 11:4. Dalam Ibr. 11:4 > daripada sebab iman juga Habel sudah mempersembahkan kepada Allah satu korban yg terlebih indah daripada Kain dan dari sebab imannya itu sudah disaksikan bahwa ia orang yg benar. Allah menyaksikan dalam persembahannya dan oleh sebab imannya ia berkata-kata lagi walaupun ia sudah mati Kej. 4:4

Dalam Kej. 4:3-8 dan Ibr. 11:4 tidak ada orang yg mengajar mereka macamnya persembahan yg mereka akan persembahkan kepada Allah. Yg mereka tau adalah Firman Allah yg telah disampaikan kepada orang tua mereka yaitu Adam dan Hawa saat mereka melanggar Firman Allah yg telah disampaikan kepada orang tua mereka yaitu mereka melanggar Firman Allah makan buah pengetahuan baik dan jahat sehingga mereka jatuh dalam dosa dan ternyata Firman Allah itu bukan omong kosong, tetapi benar dan kemudian menjadi kenyataan Kej. 2:16-17, 3:1-24. Setelah mereka melanggar Firman Allah kutuk jatuh pada pelaku-pelakunya sbb :

  1. Ular merayap dengan perutnya
  2. Hawa melahirkan anak dengan susah payah
  3. Adam harus bekerja keras harus mengeluarkan keringat baru dapat makan
  4. Adam dan Hawa dikeluarkan dari taman Eden yg penuh dengan kesenangan
  5. Bumi mengeluarkan onak dan duri
  6. Setelah mereka jatuh mereka memakai cawat dari daun pokok Ara timbul rasa malu. Daun pohon ara berbicara kebenaran sendiri.
  7. Allah membuatkan Adam dan Hawa sarung / pakaian dari kulit Domba lalu dipakaikan kepada mereka yg berbicara pakaian kebenaran Allah.

Domba yg disembelih ditaman Eden ini berbicara / bayangan Tuhan Yesus sebagai Anak Domba yg disembelih untuk dosa isi dunia  Wah. 13:8. Peristiwa inilah yg mendorong Habel yg mempersembahkan yg lebih baik daripada kakaknya Kain  kepada Tuhan. Tindakan Habel ini benar dan persembahanya diterima oleh Tuhan ini berarti bahwa persembahan Habel lebih baik dari Kain. Pandangan Habel pada pakaian kulit domba yg dikenakan oleh Allah kepada kedua orang tuanya mempunyai arti yg luar  biasa dimasa mendatang Wah. 13:8 & Yoh. 1:29.

                         PERBEDAAN PERSEMBAHAN KAIN & HABEL                                                                

PERSEMBAHAN KAIN PERSEMBAHAN HABEL
  1. Korbannya adalah tidak berdarah
  2. Korbannya hasil bumi terkutuk
  3. Korbannya binatang yang berdarah
  4. Korbannya adalah binatang yg bernyawa

Nyata kepada kita bahwa persembahan dari Habel ini menunjuk kepada korban Tuhan Yesus di Golgota Yes. 53:4-8; Yoh. 1:29; Wah.13:8; 1 Pet.2:24. Korban persembahan Habel diterima oleh Allah. Habel dalam tindakan persembahan ini berdiri atas iman ia percaya dengan iman bahwa ada satu korban yg lebih besar dari pada korban persembahannya dan darahnya akan menghapuskan dosa umat manusia yg percaya kepada nama Nya ialah : Korban  Tuhan Yesus sebagai anak Allah yg kemudian baru nampak 4000 th sesudah itu yg merupakan realisasi dari Kej. 3:15; Kel. 12:1-11; Yes. 53:1-8; Yoh. 1:29. Sekali lagi dasar dari iman datangnya dari Firman Allah sebab itu tanpa Firman Allah iman tidak akan menjadi sempurna Ibr. 12:2.

Tentang Iman Nabi Nuh Kej. 6, 7 Tuhan berfirman kepada Nuh bahwa Tuhan akan membinasakan bumi pada zamannya dengan air bah karena kejahatan manusia yg bertimbun-timbun sehingga tidak tersabarkan oleh Allah karena segala akal kepikiran dan hati mereka jahat semata-mata dipemandangan Allah Kej. 6:1-11. Setelah Nuh mendengar Firman Tuhan karena dia mendapat karunia dari Tuhan diperhatikannya dan dilaksanakannya Kej. 6:8-11. Nuh yakin bahwa air bah yg dikatakan Tuhan pasti akan datang setuju dengan Firman Allah meskipun selama hidupnya dia belum pernah mengalami hujan deras atau banjir. Tapi Nuh bertindak dengan iman karena dia yakin satu kali kelak air bah yg dikatakan Tuhan itu akan tiba. Hal itu sudah terjadi karena Allah bukan pendusta Bil. 23:19. Nuh membangun Bahtera menurut petunjuk Allah karena dia beroleh hikmat Allah bagaimana cara membuat Bahtera itu. Tetapi anehnya bahtera itu dibangunnya diatas gunung, ini menggelikan hati, sehingga orang-orang yg hidup dizamannya mengolok dia dan menganggap Nuh gila. Tetapi Nuh dengan penuh kesabaran membangun Bahtera itu. Setelah genap 120 th sesudah Firman itu turun barulah air bah itu dinyatakan Kej. 6:3; 10:7-24. Tindakan dari nabi Nuh ini adalah tindakan iman. Andai kata Nuh percaya dan tidak bertindak melaksanakannya, maka imannya mati. Ingat iman tanpa perbuatan mati adanya sama dengan tubuh tanpa roh Yak. 2:17-18, 24-26. Karena Nuh mendengar Firman dan berbuat / melaksanakannya maka inilah yg disebut oleh Firman Iman.

Tentang Rasul Petrus :

  1. Perihal Petrus menangkap ikan ajaib Yoh. 21:1-14
  2. Tentang uang 4 dirham Mat. 17:27

Tatkala Petrus memukat ikan semalam-malaman seekorpun tidak didapatnya. Tapi waktu jumpa Tuhan Yesus ditepi pantai tatkala Tuhan mengajar orang banyak dan memakai perahu Petrus dan Tuhan bertanya kepada Petrus : Adakah ikan yg telah kau dapat ? Tapi Petrus menjawab semalam-malaman kami mencari tapi seekorpun tidak dapat, maka kata Tuhan kepadanya : Labuhkanlah pukatmu ketempat yg dalam . tanpa berpikir panjang Petrus melabuhkan pukatnya ketempat yg dalam dan kemudian diperolehnya ikan yg banyak malahan pukatnya robek. Tindakan Petrus adalah tindakan iman.

Begitu juga dengan uang 4 dirham yg disuruh Tuhan ambil dari mulut ikan yg mula-mula timbul dari tasik. Rasul Petru bertindak menurut petunjuk Tuhan tanpa bertanya lagi, dan uang 4 dirham benar dia dapat dari ikan itu. Ini menunjukkan iman dari Petrus yg teguh. Ke 2 contoh ini penting bagi gereja Tuhan, terutama gereja penganten yg selalu mendengar suara Tuhan / mempelai laki-laki.

KORBAN PERSEMBAHAN KAIN DAN HABEL.

Rahasia korban Kain dan Habel itu menyangkut rahasia gereja pada akhir zaman. Adapun Kain dan Habel diperanakkan dari satu keluarga yaitu keluarga Adam dan Hawa. Keduanya datang kepada Tuhan dan membawa persembahan kepada Allah dengan korban yg berbeda tapi kedua-duanya memiliki 3 perkara yaitu :

  1. Medzbah korban
  2. Korban persembahan
  3. Api dan kayu bakar

Perhatikan Kej. 4:1-5 dimana persembahan Habel diterima oleh Tuhan dan korban Kain ditolak. Kain dan Habel ini membayangkan pada 2 gereja akhir zaman. Tanda dari 2 gereja ini nampaknya sama yaitu :

  1. Masing-masing ada tempat kebaktian / gedung gereja dengan tanda salib
  2. Masing-masing memiliki Alkitab yg sama
  3. Masing-masing punya pujian dan korban
  4. Masing-masing mempunyai tujuan Ibr. 13:13-15

Tetapi gereja yg satu bertipe Habel yaitu gereja yg berkenan kepada Tuhan dan yg kedua bertipe Kain tidak berkenan kepada Tuhan karena tidak memiliki iman. Hal ini tidak usah dicari dari gereja-gereja lain tapi dari gereja kakak adik, yg sudah lahir baru dari air dan Roh. Kenapa terjadi demikian ? Gereja tipe Kain tadi-tadinya mereka itu bersandar kepada Roh Tuhan Gal. 3:3a, tapi kemudian tidak bersandar kepada Roh Tuhan lagi Gal. 3:3b. Mereka tidak sadar sehingga telah mengadakan persinahan rohani sehingga tidak berkenan kepada Tuhan lagi. Pemberitaannya tidak lagi bersandar kepada Roh Tuhan tetapi kepada akal-akal manusia sehingga banyak penafsiran yg keliru dan menyesatkan Mat. 15:13-14. Ini dibayangkan dengan kehidupan Lamekh yg beristeri 2  Kej. 4:23. Disini mulanya poligami menunjuk pada gereja tersebut mengawinkan pengajaran benar dgn pengajaran akal-akal manusia. Untuk itulah baca tafsiran mereka dalam Tabernakel dan Wayu. Gereja tersebut jangan mengharap menjadi penganten Kristus. Kerinduan tetap kerinduan seperti pepatah mengatakan laksana bungkuk merindukan bulan. Meskipun mereka bersaksi bahwa mereka adalah gereja penganten tapi tidak akan menjadi kenyataan. Setinggi-tingginya mereka menerima pelepah kurma yg dibayangkan seperti dayang-dayang yg mengikuti Ribka tatkala menikah dengan Ishak. Ingat bahwa pengajaranlah yg menentukan. Gereja Habel adalah gereja yg mempunyai iman, sebab itu sangat berkenan kepada Tuhan. Lebih dari pada itu selalu bersandar kepada Roh Tuhan dan ingin diajar oleh Tuhan langsung. Gereja inilah yg akan disempurnakan oleh Tuhan menjadi penganten Kristus. Bandingkanlah Wahyu 3 : 7-13. Kemudian riwayat dari ke 2 kakak beradik ini dimana Kain membenci adiknya Habel dan kemudian membunuhnya. Bandingkan dengan Kej. 25:21-28.

Apa sebabnya persembahan kain ditolak oleh Tuhan dan persembahan Habel diterima oleh Tuhan ? Ini adalah bayangan dari ke 2 gereja akhir zaman ini. Gereja akhir zaman yg bertipe Habel penuh dengan karunia-karunia Roh kudus sehingga bersekutu dengan kemuliaan Tuhan akan dibenci oleh gereja tipe Kain yg tidak memiliki karunia-karunia Roh. Meskipun menjadi gereja kakak beradik tapi yg satu memiliki karunia Roh dan yg lain tidak. Gereja tipe Kain ini berusaha dengan keras untuk merusak / menggagalkan. Gereja tipe Kain mereka berbuat demikian karena mereka telah dipimpin oleh roh daging atau roh iblis. Perhatikan 1 Yoh. 3:10-16; Yoh. 8:44 dan Yudas 19. Jangan kamu heran bahwa pekabaran akhir zaman ini saling berlawanan karena disatu pihak dipimpin oleh Roh Tuhan dan dipihak lain dipimpin oleh roh daging dan dipakai oleh roh iblis. Dalam Wah. 2 & 3 nampak kepada kita tentang 7 sidang pada gereja awal. Ke 7 sidang ini dibentuk melalui Roh Tuhan itu sebabnya rasul Yohanes nampak 7 kaki dian dan Tuhan Yesus ada ditengah-tengah kaki dian itu tetapi kemudian berobah dimana 6 sidang itu dimulai dengan Roh dan kemudian diakhiri dengan daging Gal. 3:3, kecuali sidang Filadelfia yg tidak terpengaruh dengan pengajaran akal-akal manusia. Gereja tipe Kain adalah gereja yg kehilangan kasih mula-mula dimana Roh Tuhan tidak lagi bekerja tapi 9 perbuatan baik menurut akal-akal manusia bukan 9 buah Roh kudus. Ini nampak seperti sidang jemaat Epesus Wah. 2:1-7. Akan tetapi gereja tipe Kain ini dapat ditolong apabila sadar dan mau bertobat dan meninggalkan pengajaran akal-akal manusia dan sesat kemudian kembali kepada pengajaran yg benar dimana Roh Tuhan yg mengajar 1 Yoh. 2:27; Gal. 1:11-12. Gereja yg benar ialah menyelidik segala Firman Allah bukan dengan akal-akal manusia tapi Roh Allah 1 Kor.2:13-16. Gereja tipe Kain jika tidak bertobat akan menghadapi kesialan dan kengerian karena Firman Tuhan sudah tersedia Neraka kekal menjadi tempat kediamannya. Mat. 15:8-14; Mat. 13. Gereja Kain jika tidak sadar dan bertobat akhirnya akan menjadi Parisi, Herodiani dan Saduki modern. Dimana mereka beribadat pura-pura dan akhirnya mereka mencari kesalahan dari gereja tipe Habel supaya perkembangannya dilumpuhkan. Tetapi gereja tipe Habel tidak usah takut karena kalau toh harus mati sahid oleh karena mepertahankan kebenaran Firman Allah ini berarti menguji / menggenapi Firman Tuhan dalam Mat. 24:9; Yoh. 16:2; Wah. 6:7-11. Hal ini akan nampak jelas dalam memasuki kegerakan besar dan pada waktu kegerakan besar / pada waktu penyempurnaan gereja Tuhan / gereja penganten yg akan menikah dengan Tuhan Mat. 24; Mark. 13; Luk. 21; Wah. 6:7-11. Sebab itu iman penting sekali karena hanya dengan iman kepada Tuhan Yesus dunia ini dikalahkan 1Yoh. 5:4-5. Adapun iman itu laksana perisai yg dapat menangkis anak panah beracun dari kuasa kegelapan Ep. 6:16. Bagi mereka yg memiliki iman dapat bertahan terhadap serangan dari kuasa kegelapan. Untuk memiliki iman harus penuh dengan Firman dan hidup melalui doa dan puasa. Doa dan puasa adalah tulang punggung iman. Iman seringkali mendapat ujian, jadi apabila orang berkata bahwa ia memiliki iman maka ia akan mengalami ujian berat seperti emas yg dibakar 1 Pet. 1:7. Sama seperti rumah yg digoncangkan oleh angin topan, tapi kalau dasarnya teguh maka rumah itu tidak dapat dirobohkan oleh angin Mat. 7:24-29. Alasan yg kokoh bagi iman gereja Tuhan adalah berdiri diatas Firman Tuhan dan Firman Tuhan adalah Tuhan sendiri 1 Kor. 3:11; Yoh. 1:1. Ditekankan sekali bahwa ujian iman perlu sekali dialami oleh gereja Tuhan supaya dengan ujian iman mendatangkan ketekunan dan Roh Tuhan / kemuliaan Tuhan ada diatasnya dan menjadi kesukaannya 1 Pet. 1:6-7; 4:12-14; 1 Pet. 5:9-10; Yak. 1:2-3. Doa yg tidak disertai dengan iman tidak akan dikabulkan Yak. 1:6-7. Jadi iman adalah kunci bagi orang percaya untuk melihat kuasa Allah bekerja dalam dia. Rahasia kerajaan Allah akan terbuka kepadanya hanya oleh karena iman yg dikerjakan oleh Roh kudus. Untuk mempertahankan iman harus :

  1. Makan Firman Allah selalu dan menerima pengajaran benar, bukan akal-akal manusia 1 Yoh. 2:27
  2. Selalu berdoa dan menyembah dalam Roh dengan tiada berkeputusan 1 Tess. 5:17; Ep. 6:18
  3. Berpuasa dengan teratur dan perhatikan Yes. 58; Mat. 6:16-18 jangan berpuasa seperti Parisi.
  4. Memandang terus kepada Tuhan Ibr. 12:2; 3:12
  5. Melakukan kehendak Allah Yak. 2:17

Sekali lagi hendaklah disadari bagi mereka yg suka makan Firman Allah yg salah [ pegajaran sesat ] akan mengakibatkan imannya akan gugur. Nampak sekarang banyak anak-anak Tuhan yg sudah lahir baru dari air dan Roh sudah tidak mempunyai iman sehingga mereka tidak berdaya terhadap kuasa kegelapan dan terlibat dalam berbagai-bagai dosa, mereka dipermainkan oleh iblis terutama akhir zaman ini akan lebih parah lagi Luk. 18:8.

Contoh tentang tingkatan iman : Mat. 17:1-21 berbicara tentang Tuhan Yesus dengan 3 Rasul disini akan diterangkan akan 3 tingkatan iman berdasarkan ayat-ayat tersebut diatas tentang 3 rombongan / kelompok sbb :

  1. Tuhan Yesus dengan 3 rasul rombongan I
  2. Ke 9 rasul Tuhan dibawah gunung rombongan II
  3. Orang banyak rombongan III

Rombongan I Tuhan Yesus dengan 3 rasul :

Tuhan Yesus dengan 3 rasulnya yaitu Petrus, Yohanes dan Yakobus terpisah dengan 9 rasul yg lain dimana mereka mendaki gunung untuk mengasingkan diri berdoa dan berpuasa. Tatkala mereka sedang berdoa dan berpuasa diatas gunung mereka mengalami persekutuan yg manis dengan kemuliaan Allah dimana ke 3 rasul ini nampak dengan mata rohani Guru mereka / Tuhan Yesus berubah dan mukanya bercahaya-cahaya dan pakaiannya putih seperti salju dan beserta dengan Tuhan ada dua makhluk sorga yaitu nabi Musa dan nabi Elia bercakap-cakap dengan Tuhan Yesus kemudian mereka mendengar suatu suara dari sorga mengatakan : Inilah anak Ku yg kukasihi kepadaNya Aku berkenan, dengarlah oleh mu akan Dia. Ke 3 rasul ini melihat kemuliaan Tuhan sebab mereka sedang berdoa dan berpuasa.

Rombongan II 9 rasul dibawah gunung :

Ke 9 rasul ini hanya tinggal dibawah gunung tidak ikut dengan Tuhan Yesus beserta 3 rasul lain karena mereka malas berdoa dan berpuasa itu sebabnya mereka tidak mengalami persekutuan seperti 3 rasul yg lain bersama dengan Tuhan Yesus. Sebab itu sewaktu mereka berdoa untuk orang sakit [ anak yg gila babi ] mereka tidak dapat mengusir / mengeluarkan setan yg ada pada anak itu ayat 16 mereka gagal. Karena kuasa untuk mengusir setan itu hanya oleh doa dan puasa.

Rombongan III orang banyak :

Rombongan ke 3 ini adalah orang-orang percaya tetapi tidak berdaya sama sekali pada iblis, mereka suka dipermainkan oleh iblis dengan penyakit dll. Memperhatikan ke 3 rombongan ini menggambarkan keadaan dari gereja akhir zaman ini terutama ditujukan kepada merek yg sudah lahir baru dari air dan Roh tetapi sombong rohani dan setelah ditimbang ternyata mereka seperti rombongan II &  III. Perhatikan pembagian sbb :

  1. Gereja yg kuat iman yaitu gereja yg kuat berdoa dan berpuasa secara teratur. Gereja tersebut banyak mengalami mujizat rohani dan jasmani tapi disamping itu banyak mengalami salib. Gereja inilah gerja yg penuh dengan karunia-karunia Roh yg selalu bersekutu dengan Tuhan, gereja ini sangat berkenan kepada Tuhan [ rombongan I ].
  2. Gereja yg lemah iman karena tidak suka berdoa dan berpuasa dan kuasa Allah tidak lagi aktif bekerja. Berdoa untuk orang sakit sering tidak sembuh sehingga iblis senang dan mempermainkan mereka. Karena kuasa Allah tidak lagi bekerja sehingga sering lari ke dokter. Sebab tidak dapat lagi mengusir setan yg mengganggu kesehatan mereka. [ rombongan II ]
  3. Gereja yg tidak memliki iman sama sekali sehingga mujizat tidak nampak lagi, mereka tidak mau berdoa hanya berharap pada doa orang lain. Apabila mereka gagal sering lari kedokter dan kalau gagal lagi mereka lari kedukun [ rombongan III ].

Untuk memperingatkan rombongan II & III ini Tuhan menegur mereka dalam ayat 17 & 21 dimana mereka itu harus percaya. Sekali lagi tulang punggung iman datangnya dari doa dan puasa. Hal ini penting sekali bagi gereja akhir zaman dimana gereja penganten menuju pada proses kesempurnaan yaitu harus hidup dalam doa dan puasa secara teratur disertai pengajaran Firman Allah yg benar. Banyak anak-anak Tuhan atau hamba-hamba Tuhan suka berdoa dan berpuasa akan tetapi karena pemberitaan Firman yg tidak benar, kelelahan mereka menjadi sia-sia. Bukan saja itu tetapi gereja penganten harus menyembah Tuhan dalam Roh dan kebenaran karena ini sangat berkenan kepada Tuhan Allah sehingga mengalami persekutuan dengan Tuhan ditengah penyembahan Yoh. 4:23-24; 1 Kor. 14:26-33 yaitu munculnya karunia-karunia Roh.

Gereja yg lemah iman dan tidak beriman, disamping mereka tidak suka berdoa dan berpuasa mereka juga menerima Firman Allah yg salah karena pemberitaan yg tidak lagi dipimpin oleh Roh Allah. Gereja ini adalah model gereja / sidang Laodekia Wah. 3:14-22 akhirnya iman mereka menjadi lemah karena tidak lagi mengalami persekutuan dengan Tuhan.

Nampak disini kalau salah satu kakinya tidak ada, meja ini tidak dapat berdiri dan tidak dapat dipergunakan perhatikan keterangan ini :

  1. Papan meja :
    1. Sudut atas berbicara tentang iman
    2. Sudut kiri berbicara tentang penyerahan
    3. Sudut kanan berbicara tentang puasa
    4. Kaki meja :
      1. Sudut atas berbicara tentang pengajaran yg benar
      2. Sudut kiri berbicara tentang Roh kudus
      3. Sudut kanan berbicara tentang penyembahan yg benar

Perhatikan :

  1. Tanpa penyerahan, Roh kudus tidak akan bekerja
  2. Tanpa puasa tidak mungkin penyembahan yg benar
  3. Tan pengajaran Firman yg benar tak mungkin iman dikuatkan

Karena pentingnya iman ini maka rasul-rasul Tuhan berkata, ya Tuhan tambahilah iman kami Luk. 17:5. Apalagi pada akhir zaman ini merupakan lampu merah bagi gereja-gereja Tuhan seperti yg dikatakan Tuhan dalam Luk. 18:8. Sebab itu dikatakan oleh Firman Allah : Banyak yg terpanggil tetapi sedikit yg terpilih. Kalau tidak disingkatkan masanya tidak ada orang yg akan selamat. Tapi sebab orang terpilih disingkatkan masa itu. Apa sebab ? Karena akhir zaman banyak orang yg akan gugur imannya 1 Tim. 4:1-5. Tetapi siapa yg memegang teguh iman sampai akhir hidupnya akan selamat Mat. 24:13. Gereja yg tidak mempunyai iman adalah yg sama seperti digambarkan oleh Firman Tuhan dalam Pengk. 12:2-4.

PELAJARAN PUASA :

Puasa adalah suatu pelajaran yg penting yg perlu diketahui oleh seorang hamba Tuhan yg kuat iman sebab mereka tidak pernah melalaikan doa dan puasa.

Contoh :

  1. Nabi Musa bepuasa 2 x 40 hari
  2. Nabi Elia berpuasa 40 hari 40 malam
  3. Tuhan Yesus berpuasa 40 hari 40 malam
  4. Raja Daud adalah seorang yg gemar berdoa dan berpuasa sampai tubuhnya menjadi kurus dan lututnya melentur Maz. 109:24-25.
  5. Rasul Paulus juga sering puasa 2 Kor. 6:5; 11:23-27

Apakah yg terjadi kalau kita berpuasa ? Apabila kita berpuasa akan  terjadi 3 perkara :

  1. Tubuh kita menderita lapar dan haus
  2. Jiwa kita merasa keberatan tindisan
  3. Roh kita menerima berkat rohani

Tujuan utama berpuasa untuk :

  1. Mematikan keinginan hawa nafsu daging
  2. Memperoleh kuasa dari Tuhan untuk mengusir setan
  3. Memperoleh persekutuan yg manis dengan Tuhan dan karunia-karunia Roh.

Apabila nanti memasuki kesempurnaan gereja penganten hendaklah menyalibkan daging dan hawa nafsu. Daging ini membayangkan Tirai yg memisahkan ruang suci dengan ruang mahasuci dalam Tabernakel. Dalam kamar mahasuci terletak peti perjanjian dan peti ini terletak dibelakang tirai sejajar dengan Medzbah Dupa. Peti Perjanjian membayangkan gereja penganten / gereja sempurna. Medzbah Dupa letaknya persis dimuka peti perjanjian, hanya dipisahkan oleh Tirai. Sebab itu tirai daging kita merupakan halangan untuk kita memperoleh persekutuan yg heran dengan Tuhan sehingga kita tidak dapat disempurnakan, sedangkan gereja penganten harus sempurna roh, jiwa & tubuh. Puasa yg benar dan berkenan kepada Tuhan adalah menyetop / menutup mulut badani dan membuka mulut jiwa dan roh. Dalam berpuasa harus mematikan kehendak daging dimana semua panca indra daging harus dimatikan. Ada 5 panca indra yg ada pada kita yaitu : Mata, Telinga, Hidung, Mulut dan Kulit / Perasa. Jadi semua yg bersifat badani harus dimatikan dan semua yg bersifat rohani harus dibuka.

Banyak hamba-hamba Tuhan dan anak-anak Tuhan yg berpuasa tetapi tidak   berhasil karena tidak mengerti rahasia puasa. Kalau berpuasa disangkanya mulut saja yg berhenti makan dan indra yg lain tetap jalan maka ini adalah suatu kesalahan yg besar. Hendaknya semua sifat daging dimatikan baru puasa itu berhasil. Puasa yg benar tidak boleh makan dan minum. Karena dosa yg pertama sudah masuk dalam dunia oleh sebab makan Kej. 3 ingin akan buah pohon pengetahuan baik dan jahat. Dalam berpuasa daging dimatikan / tidak makan tetapi jiwa dan roh dipuaskan. Berpuasa mulut badani harus ditutup sedangkan mulut jiwa dan rohani terbuka. Sebab itu apabila berpuasa hendaklah diperhatikan hal-hal sbb :

  1. Harus membaca atau mempelajari Firman Allah karena Firman Allah adalah makanan bagi jiwa.
  2. Berdoa dan menyembah karena ini adalah makanan bagi roh.

Perhatikan ini sebaik-baiknya, kalau kita berpuasa tetapi tidak membaca Firman Allah dan mempelajarinya dan tidak berdoa dan menyembah akhirnya lemah dan jatuh tidak dapat menyelesaikan puasa sehingga tidak beroleh kuasa. Banyak hamba-hamba Tuhan yg berpuasa demikian juga anak-anak Tuhan gagal karena mengabaikan 2 hal diatas tadi sehingga berbuat dosa dan makan. Hal ini disebabkan karena selama berpuasa tidak suka membaca Firman dan mempelajarinya dan berdoa dan menyembah akhirnya lemah dan jatuh karena :

  1. Tubuh tidak makan
  2. Jiwa tidak makan
  3. Roh tidak makan

Adapula yg berpuasa hanya berdoa saja dan tidak membaca Firman dan mempelajarinya. Ini berarti hanya roh yg mendapat makan inipun terlalu susah karena 1 lawan 2. Juga sebaliknya membaca Firman dan mempelajarinya tapi tidak berdoa akan sama jadinya. Tetapi kalau kita berpuasa dan membaca Firman belajar dan berdoa dan menyembah Tuhan kita dapat bertahan / menang karena meskipun tubuh lemah tapi jiwa dan roh kuat. Dalam berpuasa harus singkirkan diri dari dunia / berasing sebab kalau suka liat dunia maka dunia akan menarik / menggoda kita akhirnya keinginan tubuh timbul kemudian menjamah makanan dan minuman berarti melanggar puasa dan berdosa 1 Yoh. 2:16-17. Sekali lagi berpuasa bukan kenyangkan daging tapi menyalibkan daging, supaya beroleh kekuatan iman dan mengalami persekutuan yg manis dengan Tuhan kemudian Tuhan nampak. Ingat bahwa buah-buah daging adalah : Mabuk berlasat-lasat dan sebagainya 1Pet. 4:1-3; Gal. 5:19-21. Hendaklah kita insafi bahwa salah satu dari buah Roh adalah tahan nafsu / pengendalian diri. Puasa itu menahan hawa nafsu daging juga dalam berpuasa suami dan istri harus bertahar 1 Kor. 7:5 tidak boleh bersekutu / bersetubuh sebaiknya pisah tempat tidur.

Catatan : karunia  iman selain ada pada rasul juga penginjil dan gembala

KARUNIA KESEMBUHAN :                     

Karunia kesembuhan ini adalah dikaruniakan oleh Roh kudus untuk melengkapi pembangunan  tubuh  penganten, karena karunia kesembuhan ini adalah karunia untuk memberikan kesehatan bagi tubuh penganten. Dan kesembuhan ini merupakan suatu kebutuhan vital bagi setiap orang termasuk gereja Tuhan. Hendaklah diketahui bahwa perjalanan gereja Tuhan seringkali menghadapi rintangan oleh bermacam-macam penyakit yg disodorkan oleh iblis untuk melumpuhkan perjalanan hidup gereja Tuhan. Betapapun seseorang ingin berbakti tapi apabila ia diserang oleh suatu penyakit kerinduannya akan terhalang . penyakit adalah penghalang besar bagi setiap anak Tuhan datang berbakti kepada Tuhan. Keadaan ini sangat diperhatikan oleh Tuhan sehingga gereja Tuhan itu diperlengkapi dengan karunia kesembuhan. Disamping untuk kebutuhan gereja Tuhan maka karunia kesembuhan ini dikaruniakan oleh Tuhan untuk kepentingan umum / umat manusia. Karunia ini diberikan untuk mencetuskan kegerakan besar [ kampanye-kampanye kesembuhan Ilahi ] untuk menarik jiwa-jiwa datang kepada Tuhan. Dengan karunia ini gereja Tuhan mengalami kemajuan yg pesat untuk perluasan ladang-ladang Tuhan dan mendirikan sidang-sidang baru. Karunia kesembuhan ini adalah alat penggerak dan pembuka jalan untuk menarik jiwa-jiwa datang kepada Tuhan dan mendatangkan kesukaan yg besar. Perhatikanlah Kisah 8. Tentang pelayanan Pilipus di Samaria dimana kota Samaria gempar dan penuh kesukaan dengan melihat  mujizat-mujizat terjadi banyak orang Samaria terima Tuhan Yesus dan dibaptis.

Begitu juga pengalaman rasul Paulus dan rasul Petrus, sebab itu karunia kesembuhan dapat disamakan dengan kaki yg memberikan kesanggupan kepada tubuh untuk bergerak ketempat-tempat dimana  Roh Tuhan membuka jalan untuk penginjilan. Itu sebabnya karunia kesembuhan termasuk kepada pergerakan tubuh penganten. Tujuan kesembuhan ialah : melepaskan kita dari segala penyakit yg disebabkan oleh kuasa kegelapan / setan Kel. 15:26. Karunia kesembuhan ini bukan hanya berlaku pada perjanjian baru, akan tetapi sudah berlaku sejak perjanjian lama. Banyak nabi dalam perjanjian lama sudah menerima karunia kesembuhan dari Allah seperti Elia, Elisa dll. Dalam perjanjian baru Tuhan Yesuslah yg memelopori karunia kesembuhan ini perhatikan 4 Injil dan Kisah 10:38. Dalam perjanjian lama karunia kuasa kesembuhan ini khusus untuk bangsa Israel. Seringkali untuk orang kafir tetapi untuk maksud tertentu. Tetapi untuk perjanjian baru bagi semua bangsa, baik orang Yahudi maupun orang kafir. Sebagaimana yg disaksikan oleh Yohanes pembaptis Yoh. 1:29, kemudian diperintahkan oleh Tuhan sendiri dalam Mark. 16:15-20; Mat. 28:18-20; 1Pet. 2:24. Hal ini telah dilaksanakan oleh 12 rasul hujan awal baik ditanah yahudi maupun ditanah kafir perhatikan kesaksian rasul Paulus dalam Roma 15:16-19.

Perhatikan bahwa :

  1. Segala penyakit didatangkan oleh iblis Ayub 2:3-8 Allah meluaskan untuk menguji iman.
  2. Akibat dari dosa. Apabila seseorang ditimpa oleh sesuatu penyakit itu disebabkan karena dosa datangnya dari pengaruh iblis Mat. 9:2-6.

Karunia ini akan berjalan terus dan tidak pernah berobah Ibr. 13:8; Yak.5:14-16, apa lagi memasuki kegerakan besar [ kesempurnaan gereja ]. Karunia ini akan didemonstrasikan melalui hamba-hamba Tuhan dengan heran akan berlipat ganda dibandingkan dengan gereja awal. Perhatikanlah hamba-hamba Tuhan memasuki hujan akhir ini William Bran Ham, T.L Osborn, Oral Roberts, Yohan Masbach dll. Dan akan muncul lagi banyak hamba-hamba Tuhan yg melebihi mereka apabila pintu kegerakan besar telah dibuka berdasarkan Daniel 9:27 maka gereja Tuhan akan dipimpin oleh 12 rasul hujan akhir yg akan membawa gereja Tuhan sampai disempurnakan roh, jiwa dan tubuh dan menikah dengan Kristus. Maka karunia ini akan bekerja dengan luar biasa jauh melebihi apa yg dikerjakan oleh 12 rasul gereja awal Yak. 5:7; Wah. 12:1-2. Karunia kesembuhan penting diberikan oleh Tuhan kepada gereja Tuhan karena :

  1. Melepaskan setiap orang percaya dari setiap penyakit yg membawa penderitaan yg diakibatkan oleh perbuatan setan. Dan ini merupakan suatu kebutuhan yang vital untuk gereja Tuhan dan semua orang. Penyakit merupakan hantu bagi setiap orang dan tidak dapat dielakkan apalagi dalam pembukaan meterai ke 4 dalam Wah. 6:7-8.
  2. Untuk mencetuskan kegerakan-kegerakan rohani / kampanya rohani baik dalam bentuk kecil maupun besar baik didalam sidang maupun diluar sidang, sebagai alat untuk memenangkan banyak jiwa untuk Tuhan dan untuk membuka ladang-ladang baru.
  3. Untuk kesehatan tubuh penganten bukan saja sehat rohani tetapi juga sehat  jasmani.

Keuntungan apabila kita disembuhkan melalui Tuhan Yesus melalui karunia ini :

  1. Tubuh disembuhkan
  2. Dosa diampuni
  3. Nama tersurat di Sorga
  4. Tidak dibeli dengan harta / uang tetapi hanya dengan iman
  5. Memperkuat iman Yak. 5:14-16; Mat.20:29-34; Luk. 10:17-20; 18:35-43.

Bagaimana akan beroleh karunia ini ?

  1. Karena jawatannya
  2. Berdiri atas kebenaran firman Allah disertai dengan iman
  3. Sudah lahir baru dari air dan Roh
  4. Harus rajin berdoa dan berpuasa
  5. Hidup kudus dan rendah hati

Bagaimana supaya berhasil dalam pelayanan ?

  1. Membawa Firman Allah dengan terus terang.
  2. Harus mengagungkan nama Tuhan Yesus Kristus karena nama inilah yg mengerjakan segala perkara.
  3. Kita harus yakin bahwa Tuhan menyertai pelayanan kita Mark. 16:15-20
  4. Adalah suatu perjanjian Yoh. 14:12. Kuasa ini tidak hanya diberikan kepada rasul tetapi kepada jawatan-jawatan yg lain terutama kepada penginjl dan gembala. Kepada gembala penting karena untuk menjaga kesehatan sidang.

KARUNIA MUJIZAT :

Karunia ini dikaruniakan Roh kudus untuk pergerakan  tubuh penganten. Karunia kesembuhan dan karunia mujizat hampir tidak bisa dibedakan. Karunia mujizat ini terdiri dari 3 bagian :

  1. Dari Allah
  2. Dari manusia
  3. Dari setan

Sama dengan karunia kesembuhan. Sebab itu manusia diperhadapkan dengan persoalan-persoalan yg rumit karena masing-masing mempunyai kuasa tapi apabila diteliti maka mujizat Tuhan melebihi semua.

Contoh : pertarungan nabi Musa dengan ahli-ahli mantera dari Mesir.

Karunia mujizat biasa disebut karunia ajaib dan karunia ini biasanya muncul ditengah-tengah sidang dan kampanye yg besar baik didalam maupun diluar sidang. Biasanya karunia ini berjalan bersama-sama dengan karunia kesembuhan. Karunia mujizat bertentangan dengan hukum alam atau hukum sebab akibat dan dengan akal kepikiran  manusia. Banyak sekali dalam Alkitab terjadi mujizat baik dalam perjanjian lama maupun dalam perjanjian baru. Tujuan karunia mujizat itu sangat penting tidak kurang penting dengan karunia kesembuhan Ilahi. Karena ini akan membangkitkan iman dari orang percaya, bahwa Allah di Sorga dapat berbuat perkara yg heran yg tidak dapat dibuat oleh manusia dan iblis. Allah sengaja berbuat mujizat untuk melawan mujizat manusia dan iblis. Beberapa mujizat dalam Alkitab yg perlu diketahui :

Perjanjian Lama :

  1. 10 mujizat Tuhan di Mesir
  2. Laut Kolsum / Teberau terbelah Kel. 14:21-22
  3. Memberikan makanan Mana kepada umat Israel di Padang Gurun selama 40 th
  4. Perjalanan umat Israel selama 40 th tubuh mereka tidak sakit, pakaian mereka tidak rusak dan sepatu mereka tidak rusak
  5. Api turun dari langit membakar persembahan dari nabi Elia 1 Raja. 18:38
  6. Tidak turun hujan selama 3,5 th diminta oleh Elia pada zaman raja Ahab

Perjanjian Baru :

  1. Tuhan Yesus memberi makan 4000 dan 5000 orang laki-laki belum termasuk perempuan
  2. Tuhan Yesus menghentikan angin ribut di Tasik
  3. Tuhan Yesus membangkitkan Lazarus
  4. Rasul Petrus membangkitkan Dorkas
  5. Rasul Paulus membangkitkan Eutichus

Sampai  sekarang banyak kesaksian-kesaksian mujizat Tuhan terutama nanti pada kegerakan besar.

Disamping itu iblis juga mengadakan mujizat apalagi menjelang kedatangan Tuhan Yesus kali kedua 2 Tess.2:1-12. Demikian juga pada zaman antikris iblis dapat menurunkan api dari langit Wah. 13. Mujizat yg sangat dinantikan oleh gereja Tuhan memasuki kegerakan besar yaitu pengraiban anak-anak Tuhan dan hamba-hamba Tuhan seperti apa yg dialami oleh Pilipus pada gereja awal. Karunia mujizat demi kepentingan pelayanan, melalui karunia mujizat ini apabila itu terjadi ditengah pelayanan pasti banyak orang akan merasa kagum dan berpaling datang kepada Tuhan. Rasul hujan awal telah dilengkapi dengan karunia mujizat disamping karunia kesembuhan apalagi untuk 12 rasul hujan akhir. Hanya satu perkara yg perlu diperhatikan ada contra mujizat dari iblis yg menyerupai mujizat Allah. Tetapi dengan karunia membedakan segala roh disertai karunia mujizat maka dapat kita ketahui mana mujizat dari Allah mana mujizat dari setan. Disamping mujizat iblis maka manusia pun dapat melakukan mujizat seperti penemuan Radio, TV, pesawat luar angkasa dll. Daniel 12:4. Di Indonesia ada mujizat iblis yg mengherankan :

  1. Mayat orang berjalan dari satu kampung ke kampung yg lain
  2. Kertas disulap jadi uang
  3. Air dimasak berjam-jam tidak mendidih
  4. Ayam dipotong berjalan
  5. Ditembak tidak mempan / menghilang dll

Memperhatikan semua ini maka kita harus waspada. Tetapi hikmat manusia dan hikmat iblis akan dilawan oleh hikmat Allah. Sebab itu gereja Tuhan setelah memperhatikan semua ini hendaklah minta kepada Tuhan supaya karunia mujizat dari Allah dinyatakan bagi gereja Tuhan [ gereja penganten ]. Selain rasul maka penginjil yg utama sekali memiliki karunia ini.

KARUNIA KELOMPOK C : KARUNIA PENYEMBAHAN ATAU PERNAFASAN TUBUH PENGANTEN

Laman: 1 2 3 4 5 6

16 responses to this post.

  1. Posted by James Dapu on Mei 10, 2013 at 4:09 pm

    Hosana – Segala Pujian Bagi TUHAN YESUS KRISTUS .
    Terima kasih banyak Om, TUHAN YESUS Memberkati Om dan Keluarga dalam Pelayanan

    Balas

  2. Posted by stanly Taghupia on Mei 20, 2013 at 7:28 am

    syalom pak,saya bersyukur buat Tuhan yesus Kristus,sya merasa terbangun dan termotifasi dengan pengajaran pak Rolly,kalau bisa saya tau,saya bisa ikuti pengajarannya agar lebih mendalam di situs apa ya pak.terima kasih.JBU

    Balas

    • Syalom juga, maaf saya Pak Berty komunitas kabar penganten Blok terkait dengan Safari dan nafirision. Kalau bisa tau nomor HP nya berapa ya ? No HP saya 081225652889. Makasih, Tuhan Yesus berkati.

      Balas

      • Posted by stanly on Juni 3, 2013 at 11:40 pm

        syalom pak berty,ini saya stanly di ambon,no hp saya 085343009550,saya dengan istri udah bergerak di ambon untuk pengajaran kabar pengantin,mohon bimbingannya,saya ingin belajar banyak hal yg Tuhan berikan,kalau boleh minta gambar2 yg lebih besar terkait peta zaman,rhasia 70 sabath,nti bisa dikirim ke taghupiastanly@yahoo.com ,thx.GBU&Family.

      • halleluyah puji Tuhan kami dukung dalam doa, trima kasih nomornya nanti saya kirim gambarnya, kapan2 nanti sy telepon Gbu Immanuel.

  3. Posted by wahyu winartanty on Juli 31, 2013 at 1:10 pm

    shallom pak…sungguh luar biasa karunia hikmat yang TUHAN sudah anugrahkan kepada bapak…saya yakin dengan tulisan bapak PASTI banyak orang yang diberkati dan dibekali dalam pemahaman firman TUHAN..saya berdoa kiranya TUHAN YESUS KRISTUS yang adalah SUMBER dari segala hikmat dan pengetahuan akan TERUS MEMPERLENGKAPI bapak agar lebih lagi ditambah-tambahkan..supaya banyak orang yang diMENANGKAN bagi kemuliaan TUHAN kita..kiranya TUHAN akan memperhitungkan segala jerih lelah bapak dengan BERKAT yang senantiasa BERKELIMPAHAN baik jasmani maupun rohani…salam kami buat istri, anak dan keluarga…AMIN.

    Balas

  4. syalom pk Pdt.Berty in saya Rey Dari manado

    boleh kirim Semua Gambar-Gambar pengajaran kabar Penganten yang Originalnya Pk,
    soalnya saya mau Perbanyak,, ini Email saya : raytrueworshipers@gmail.com

    Balas

  5. Puji Tuhan Sangat Luar BIasa , Walaupun perjuangan pergumulan mengikuti Kabar Penganten Belum tentu berjalan Mudah, tpy kalau ad penyertaan Tuhan Yesus Semuanya Di mudahkan, pk pdt .. mohon topangan doanya untuk pelyanan saya di sekolah untuk menyebarkan kabar penganten in ……….. Gbu😉

    Balas

  6. Posted by Alwan on Juni 25, 2014 at 2:32 am

    Haleluya Pa…..trimakasih buat tulisannya saya alwan Dari Papua sya juga bru di percayakan untuk mengajar di gereja kami GBI NARWASTU bannyak pembukaan yang saya terima dari tulisan bapa, pa ini email saya (patiti90@yahoo.co.id ) saya bisa minta salinan bapa kalau bapa publikasikan untuk dapat pengarahan lebih lanjut dalam pengajaran karena saya rindu untuk bagikan buat jemaat kami di sini,,, syalom TUHAN berkati slalu bapa dalam Pelayanannya,

    Balas

    • ya sama-sama Tuhan berkati silahkan dicopy aja, saya bisa minta nomor telponnya spy bisa komunikasi dgn lancar. Kalau boleh tau papuanya dimana ?

      Balas

  7. Posted by Christiaan Goudenberg on Oktober 9, 2014 at 9:08 am

    Bapa Berty.

    Bukan saja bagus tapi mengandung kebenaran. Sebetulnya harus disebarkan kabar pengantin ini, juga kepada gereja2 lain (tidak melihat papan nama) Hannya sayangnya terutama di Belanda hannya di miliki beberapa gereja dan tidak ada gairah untuk menyalurkan ibarat air yang tidak mengalir akhirnya menjadi kering. Kirimlah Pemberita Injil untuk membangun Gereja Baru “Kabar Kemanten” bukan hannya mengirim kepada gereja2 yang telah berdiri. Bukankah kebenaran harus disiarkan ?
    Saya mendapat kekuatan dan pesangon untuk kembali ke rumah Bapa di sorga.

    Sekali lagi terima kasih !

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: